Alexandromeo I'm an experienced SEO Specialist who can grow a website through organic channel. I'm also passionate about digital marketing and web development

Apa itu SERP? Pengertian, Fitur, dan Hubungannya dengan SEO

3 min read

Apa itu SERP Adalah -Pengertian, Fitur, dan Hubungannya dengan SEO (1)

Sangat mudah bagi siapapun mendapatkan informasi lewat internet. Saat ini, sudah ada banyak platform media sosial yang merajai internet dan memiliki sangat banyak pengguna. Namun, tahukah Anda bahwa mesin pencari seperti Google masih menjadi andalan ketika ingin mencari sesuatu? Pada tahap ini SERP akan bekerja. SERP adalah halaman hasil pencarian yang tampil ketika seseorang mengetikkan kata kunci di mesin pencari.

Kebanyakan praktisi SEO mempelajari SERP yang ada di Google, karena platform ini adalah mesin pencari terbesar dengan pengguna paling banyak di seluruh dunia. Namun, halaman pencarian ini sebenarnya juga ada di search engine lain seperti Yandex, Bing, Yahoo, dan lain-lain. 

Pada dasarnya, semua halaman hasil pencarian di platform apapun memiliki prinsip yang sama. Konten atau website yang bisa mendapatkan ranking paling atas adalah yang paling berkualitas dan relevan.

Sebenarnya, apa itu SERP? Kenapa SERP sering muncul dalam pembahasan seputar dunia SEO? Dalam artikel ini, Anda akan memahami halaman hasil pencarian yang satu ini secara lebih mendalam. Simak selengkapnya, ya.

Apa Itu SERP?

SERP (Search Engine Result Page) adalah halaman yang muncul di mesin pencari sebagai hasil pencarian dari kata kunci yang dimasukkan pengguna. Misalnya, Anda memasukkan kata kunci ‘Cara belajar bermain gitar’ pada mesin pencari Google, artikel-artikel yang berkaitan dengan cara belajar atau tutorial bermain gitar akan muncul pada sebuah halaman baru, bukan? Halaman inilah yang dinamakan SERP.

Tampilan halaman hasil pencarian ini terdiri dari dua jenis konten, yakni konten gratis dan konten berbayar. Konten gratis biasanya akan muncul paling atas dan memiliki keterangan iklan/ads. Konten atau artikel berbayar ini erat kaitannya dengan SEM (Search Engine Marketing). 

Selain itu, ada juga konten-konten organik yang berasal dari website seperti yang biasa Anda lihat. Google memberikan tampilan SERP yang berbeda-beda bagi tiap pengguna, walaupun para pengguna tersebut memasukkan kata kunci yang sama. 

Hal ini karena halaman hasil pencarian Google bekerja dengan cara melihat faktor-faktor seperti lokasi pengguna, riwayat pencarian, media sosial, dan pengaturan lainnya. Faktor-faktor ini berguna agar hasil pencarian yang pengguna dapatkan bisa relevan dengan yang ia cari.

Hubungan SERP dan SEO

Anda yang pernah mempelajari atau baru mulai mempelajari SEO tentunya akan sering mendengar istilah SERP. Mengapa demikian? Apa hubungan antara SEO dan SERP? SERP merupakan tujuan akhir dari segala optimasi SEO yang dilakukan oleh seorang pemilik website.

Intinya, SEO adalah upaya-upaya untuk menempati ranking paling tinggi di SERP secara organik. Karena sifatnya organic, SEO merupakan cara yang murah, bahkan gratis untuk mengoptimasi website Anda agar muncul paling atas di SERP.

Namun, hanya halaman SERP saja yang akan menguntungkan website Anda. Bayangkan Anda sedang menggunakan mesin pencari dan memasukkan kata kunci, Anda pasti akan memilih konten yang Anda lihat di halaman pertama saja, bukan? 

Sangat jarang seseorang menelusuri SERP hingga ke halaman kedua. Bahkan, menurut survey dari Backlinko, hanya sekitar 0,78% pengguna mesin pencari saja yang menelusuri dan meng-klik website yang berada di halaman kedua SERP. 

Inilah alasan kenapa optimasi SEO yang baik sangat penting bagi sebuah website, agar bisa tampil di halaman pertama dan posisi teratas pada SERP.

Fitur-fitur SERP

Setelah mempelajari apa itu SERP dan apa hubungannya dengan SEO, Anda pasti ingin mengetahui fitur-fitur SERP agar bisa memanfaatkannya saat mengoptimasi website Anda. Simak penjelasan lengkapnya berikut ini, ya.

Fitur pertama SERP yakni feature snippets, yang berarti fitur untuk menampilkan sedikit cuplikan artikel pada website yang menurut Google paling relevan dengan kata kunci yang Anda masukkan. Featured snippets terletak pada bagian paling atas SERP, karena itu sering mendapat sebutan ranking #0.

Cuplikan yang ditampilkan mesin pencari sebagai featured snippets tidak hanya berupa paragraf saja, tapi juga ada yang berbentuk list dan video. Website yang ditampilkan pada bagian ini adalah website yang mendapatkan ranking tinggi di halaman hasil pencarian dan struktur artikelnya rapi juga ramah SEO.

2. Rich Snippets

Rich Snippets merupakan cuplikan yang berisi informasi lebih lengkap daripada pencarian biasa. Misalnya, pada artikel yang sesuai dengan keyword yang Anda cari, SERP juga memuat review sebuah website atau informasi pendukung lainnya. Jika Anda memiliki website untuk bisnis, memasang rich snippets sangat berguna bagi bisnis Anda.

Ketika tampil di halaman hasil pencarian, website bisnis Anda akan tampak lebih menonjol dan terkesan professional. Ini membuat website memiliki potensi yang besar untuk dikunjungi orang-orang dibandingkan kompetitor bisnis Anda yang tidak memiliki rich snippets.

3. Knowledge Cards

Fitur lain dari SERP adalah Knowledge Cards yang menampilkan jawaban singkat dari sebuah kata kunci yang Anda masukkan. Misalnya, Anda mencari ‘Tanggal kemerdekaan Indonesia’ maka mesin pencari akan langsung menampilkan jawaban singkat ’17 Agustus 1945’.

Dengan begitu, pengguna tidak perlu membaca satu artikel penuh hanya untuk mendapatkan jawaban singkat dari pertanyaan umum yang mereka ajukan. Data yang tampil pada knowledge cards tidak selalu berasal dari sebuah website, tapi juga bisa dari pihak ketiga yang terpercaya dan terhubung dengan Google secara langsung.

4. Knowledge Panel

Knowledge panel berguna untuk memberi informasi paling penting dari kta kunci yang Anda masukkan. Pada tampilan hasil pencarian Google misalnya, Knowledge Panel akan tampil dalam bentuk kotak di bagian kanan layar.

Data yang tampil pada Knowledge Panel berasal dari sumber terpercaya seperti Wikipedia atau website resmi dari lembaga yang Aanda cari. Selain itu, Knowledge Panel juga menampilkan link ke beberapa website atau media sosial yang berkaitan dengan keyword yang Anda cari. 

Jika ingin memunculkan Knowledge Panel ketika website bisnis Anda dicari oleh pengguna, maka Anda harus melakukan optimasi SEO yang baik.

5. Hasil Pencarian Pendukung

Ada beberapa hasil pencarian pendukung yang biasanya tampil dari halaman hasil pencarian, misalnya:

Berita utama – Berguna untuk menampilkan berita terbaru yang berhubungan dengan kata kunci.

Video – Menampilkan hasil pencarian video dari kata kunci yang dicari, biasanya berasal dari Youtube.

Image Packs – Menampilkan thumbnails dari gambar-gambar yang berkaitan dengan kata kunci, fitur ini terhubung dengan Google Images.

Marketplace – Jika Anda menggunakan kata kunci berkaitan dengan barang atau produk tertentu maka Google akan menampilkan produk tersebut lengkap dengan harga dan di website/marketplace mana Anda bisa membelinya.

6. Orang Juga Bertanya (People Also Ask)

Fitur keenam SERP yakni People Also ask/Orang Juga Bertanya. Biasanya, isi dari fitur ini adalah pertanyaan yang sering diajukan oleh pengguna terkait kata kunci tersebut. Misalnya Anda memasukkan kata kunci ‘Apa itu SERP’ nantinya Google akan menampilkan pertanyaan lain terkait kata kunci tersebut, seperti ‘Apa pengertian SEO On Page?’

Jika ingin website Anda muncul di fitur ini, website tersebut harus memiliki fitur yang relevan dan informative sehingga bisa menjawab pertanyaan pengguna dengan baik.

Kesimpulan

Setelah mengetahui apa itu SERP dan fitur-fiturnya, Anda bisa memanfaatkan halaman hasil pencarian ini untuk mengembangkan website Anda. Mengenali SERP adalah hal penting dalam optimasi SEO, agar website Anda bisa menempati ranking teratas dan tampil di halaman pertama pencarian. Semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda yang ingin menambah wawasan seputar SERP.

Alexandromeo I'm an experienced SEO Specialist who can grow a website through organic channel. I'm also passionate about digital marketing and web development