Alexandromeo I'm an experienced SEO Specialist who can grow a website through organic channel. I'm also passionate about digital marketing and web development

8 Tools Cek Ranking Website yang Akurat dan Terbaik

3 min read

Cek Ranking Website dan Pastikan Konten Anda di Posisi Terbaik

Memiliki website dengan ranking yang baik tentu menjadi impian banyak orang. Pertanyaannya adalah bagaimana cara cek ranking website di Google dan apa saja tool maupun situs cek ranking website yang bisa digunakan? Daripada penasaran, simak saja pembahasan di bawah ini!

8 Situs Cek Ranking Website yang Akurat

Saat ini sendiri ada beberapa cara cek ranking website yang bisa Anda lakukan tergantung tools yang digunakan, di antaranya sebagai berikut:

1. SERPRobot

Salah satu cara untuk melihat ranking website adalah menggunakan SERPRobot. Keunggulan dari cara ini adalah Anda bisa melihat peringkat website berdasarkan penggunaan kata kunci yang menjadi target.

Tool ini juga memiliki layanan Search Engine Result Page Analytics atau SERP Analytics. SERP adalah halaman pada mesin pencari untuk menunjukan hasil pencarian pengguna.

Langkah untuk melakukan pengecekannya adalah sebagai berikut:

  • Pertama pilih Region atau lokasi website.
  • Selanjutnya masukan domain website.
  • Lalu masukkan keyword website. Anda bisa memasukkan sampai 10 keyword.
  • Setelah selesai, klik Check SERP Now.

2. Alexa Rank

Situs cek ranking website lainnya yang bisa Anda gunakan adalah Alexa Rank. Ini merupakan tool buatan Amazon yang bisa menunjukkan posisi website secara global. Selain itu, Anda juga bisa melihat posisi website di tiap negara.

Cara untuk melakukan pengecekan juga sangatlah mudah. Anda hanya tinggal memasukkan nama domain website pada kolom pengecekan, lalu klik Find. Setelah itu akan muncul informasi tentang domain yang Anda cari.

Tool ini juga bisa Anda gunakan untuk membandingkan performa website Anda dengan website lainnya. Selain itu, Anda juga bisa melihat performa dari tiap kata kunci yang ada.

3. SERP Checker

Cara lainnya yang juga bisa Anda lakukan untuk cek ranking website adalah menggunakan SERP Checker. Ini merupakan salah satu tool gratis yang menyediakan informasi tentang ranking website dengan lengkap.

Proses pengecekan bisa Anda lakukan dengan memasukan salah satu kata kunci, lokasi, bahkan perangkat yang menjadi target. Saat hasilnya muncul maka Anda bisa membandingkan ranking yang didapatkan dengan website pesaing lainnya.

Salah satu kelemahan dari tool ini adalah karena gratis, maka Anda hanya bisa melakukan pencarian sebanyak lima kali tiap harinya. Selain itu, Anda juga perlu menjadi user terdaftar untuk menggunakan tool ini.

4. Ahrefs

Jika berbicara tentang situs cek ranking website, maka salah satu yang terkenal adalah Ahrefs. Ini merupakan tool berbayar yang banyak digunakan untuk melihat performa website.

Salah satu keunggulan dari aplikasi ini adalah interface yang sangat user friendly dan mudah dimengerti bahkan oleh pengguna baru. Selain itu, proses analisis dengan tool ini juga cukup sederhana.

Hasil analisis juga akan ditampilkan dengan format grafis yang menarik dan mudah untuk dipahami. Keunggulan interface inilah yang menjadi salah satu alasan orang banyak menggunakan tool ini.

Anda hanya tinggal memasukan nama domain ke kotak pencarian. Nantinya tool ini akan melakukan analisis dengan memunculkan informasi terkait performa dan kualitas website.

Selain untuk melihat peringkat website, tool ini juga bisa Anda gunakan untuk melihat peringkat kata kunci. Selain itu, Anda juga bisa melihat volume pencarian sampai keyword density.

5. SEMRush

Tool lainnya yang juga bisa Anda gunakan untuk melihat peringkat website adalah SEMRush. Pada dasarnya, tool ini digunakan untuk mencari kata kunci yang populer.

Namun, tool ini juga memiliki fitur untuk melihat bagaimana kinerja dari website berdasarkan kata kunci yang digunakan. Tool ini juga akan menampilkan peringkat dari website lain yang menggunakan kata kunci sama atau mirip.

Sama seperti tool lainnya, cara melihat peringkat website dengan menggunakan tool ini juga sangat mudah. Anda hanya tinggal mengetikkan nama domain ataupun kata kunci yang ingin dicari pada kolom pencarian.

6. Google Keyword

Situs ini sebenarnya lebih berfokus untuk melihat dan mencari penggunaan kata kunci. Anda bisa melihat seberapa banyak orang yang mencari kata kunci tersebut.

Namun di sisi lain, tool ini juga bisa Anda gunakan untuk melihat performa dan peringkat website yang menggunakan kata kunci tersebut. Anda bisa melihat sejauh mana penggunaan kata kunci tersebut pada konten yang Anda buat.

Keunggulan lain dari menggunakan situs ini adalah Anda juga bisa melihat seberapa sulit kata kunci tersebut, apa saja kata kunci alternatif, dan juga bagaimana performa website pesaing.

7. Google Search Console

Situs lainnya yang juga bisa Anda gunakan untuk mengoptimalkan posisi website adalah Google Search Console. Sebagian orang juga mengenalnya dengan nama Google Webmasters Tools.

Ini merupakan layanan dari Google dan berguna untuk membantu meningkatkan performa website dalam mesin pencari. Situs ini biasa digunakan untuk menaikkan optimasi website agar mudah untuk ditemukan.

Selain bisa membantu untuk melihat peringkat Google, situs ini juga bisa Anda gunakan untuk melihat impresi, banyaknya klik, dan juga performa lainnya pada website Anda.

Google Search Console juga menyediakan XML Sitemap yang bisa Anda gunakan. Fungsinya adalah membantu Google untuk lebih mengenal website atau konten yang Anda buat.

8. What’s My SERP

Situs lainnya yang juga bisa membantu untuk melakukan cek ranking di Google adalah What’s My SERP. Situs ini bisa melihat performa website sesuai penggunaan kata kunci.

Salah satu keunggulan dari situs ini adalah Anda bisa memasukkan langsung sampai 10 kata kunci yang saling terkait. Hasilnya tentu saja akan jauh lebih lengkap.

Selain berdasarkan kata kunci, situs ini juga bisa melihat performa website berdasarkan negara. Hal ini akan sangat Anda perlukan, terutama untuk website atau konten yang lintas negara.

Cek Ranking Website Anda dengan Tools di Atas Sekarang Juga!

Agar bisa mendapatkan banyak keuntungan dari website, maka pastikan Anda selalu cek ranking website secara berkala. Hal ini bertujuan untuk memastikan website Anda berada di posisi terbaik sehingga mudah untuk menemukannya.

Cara cek ranking website di Google sangatlah mudah. Ada banyak tool maupun situs yang layanannya bisa Anda gunakan, baik berbayar ataupun versi gratis. Layanan tersebut juga akan sangat membantu untuk melihat performa dari website Anda.

Nantinya, Anda juga akan lebih mudah memahami apakah strategi konten yang Anda gunakan sudah tepat atau belum. Selain itu, Anda juga bisa melihat bagaimana performa dari website pesaing lainnya.

Alexandromeo I'm an experienced SEO Specialist who can grow a website through organic channel. I'm also passionate about digital marketing and web development