Alexandromeo I'm an experienced SEO Specialist who can grow a website through organic channel. I'm also passionate about digital marketing and web development

21 Cara Optimasi SEO WordPress untuk Tingkatkan Trafik Website

7 min read

21 Cara Optimasi SEO WordPress untuk Tingkatkan Trafik Website

Cara mengoptimalkan SEO WordPress sangat penting untuk Anda ketahui sebagai langkah optimasi trafik website. Melalui teknik SEO, situs jadi lebih berpotensi tampil di urutan teratas mesin pencari. Ini tentu sangat penting sebagai metode branding, terutama bagi Anda yang menjalankan bisnis online.

Selain itu, WordPress adalah platform website yang menyediakan berbagai plugin dan juga tools yang bisa Anda gunakan untuk optimasi trafik secara organik. Metode pengoperasiannya juga sangat mudah. Lantas, apa saja cara mengoptimalkan SEO di WordPress? Yuk, simak selengkapnya dalam artikel ini!

21 Teknik SEO WordPress untuk Meningkatkan Trafik

Langsung saja, berikut adalah berbagai teknik optimasi pencarian untuk website berbasis WordPress. Simak penjelasannya secara lengkap:

1. Riset Keyword

Cara untuk melakukan optimasi trafik website pertama, yakni dengan riset keyword. Tujuan riset keyword sendiri adalah untuk menemukan kata kunci pencarian yang tepat dan sesuai dengan target audiens dan jenis website Anda. 

Selain itu, kata kunci juga harus bisa memberikan suggest atau jawaban untuk berbagai istilah yang sering dicari oleh audiens di mesin pencari. Kemudian, pilihlah kata kunci yang relevan dengan jenis situs Anda. Lalu, pilih kata kunci dengan tingkat persaingan yang relatif menengah atau rendah agar optimasinya lebih efektif.

Anda bisa menggunakan berbagai tools riset keyword seperti Ubersuggest, Google Analytic, dan berbagai tools riset dan analisis keyword gratis lainnya. Selain itu, Anda juga bisa menggunakan tools premium untuk riset keyword seperti Ahrefs dan SemRush untuk optimasi kata kunci pada mesin pencari.

2. Install Plugin Optimasi SEO 

Hal utama yang bisa Anda lakukan untuk optimasi trafik pada mesin pencari, yaitu dengan menginstal plugin yang memiliki kontrol penuh dan tools untuk optimasi SEO. Terdapat berbagai plugin yang bisa Anda gunakan. Mulai dari Yoast dan juga All in One SEO.

Selain itu, Anda juga bisa menggabungkan berbagai plugin agar optimasi konten website jadi lebih efektif. Melalui plugin optimasi SEO, Anda bisa membuat konten web yang nantinya akan teroptimasi dengan struktur SEO. 

Struktur tersebut secara otomatis akan memberikan saran optimasi agar konten jadi berpotensi tampil di urutan teratas mesin pencari. Sehingga, Anda tidak perlu lagi melakukan optimasi secara manual dengan berbagai tools secara terpisah.

3. Gunakan Header Secara Tepat pada Konten Website

Cara mengoptimalkan SEO di WordPress ketiga adalah dengan menggunakan header secara tepat pada konten website. Contohnya, penggunaan H1 untuk judul konten dan H2 untuk sub judul konten. Kemudian, H3 untuk penjelasan dari setiap bagian pada konten tersebut.

Cara ini dinilai cukup efektif untuk membantu Google mengoptimalkan kata kunci yang terdapat pada konten website. Selain itu, pemetaan header pada konten ini juga akan meningkatkan visibilitas kata kunci jika Anda meletakkannya di bagian H2.

4. Gunakan Keyword Turunan pada Konten Website

Tahukah Anda, semakin banyak kata kunci yang terdapat pada konten web, maka akan semakin optimal dan luas jangkauan konten tersebut di mesin pencari. Karena itu, salah satu cara optimasinya, yakni dengan memberikan kata kunci turunan pada unggahan konten website Anda.

Melalui kata kunci turunan ini, konten Anda jadi mempunyai jangkauan yang luas dengan berbagai keyword di mesin pencari. Sehingga, konten tersebut akan lebih optimal dan dapat terindeks oleh kata kunci lain sesuai dengan target audiensnya.

5. Gunakan Keyword Utama pada Awal Paragraf Konten

Pada saat awal proses indexing, Google akan membaca konten dari mulai judul, struktur konten, kata kunci, dan paragraf awal konten tersebut. Nah, pada paragraf awal ini Google akan melakukan indexing dengan cara mencari keyword utama pada awal paragraf tersebut.

Ini merupakan teknik indexing Google untuk menentukan kata kunci konten. Jadi, pastikan Anda meletakan kata kunci utama dan juga kata kunci turunan pada awal paragraf konten website. Sehingga, konten lebih teroptimasi saat indexing Google.

Salah satu cara SEO WordPress yang paling mudah, yakni dengan menambahkan link internal yang menuju ke konten atau halaman website lain. Caranya juga sangat mudah. Anda hanya perlu menginput sebuah kata yang unik dan terkait dengan tautan halaman yang ingin Anda tuju.

Kemudian, masukkan tautan internal yang menuju ke halaman tersebut pada kata unik tadi. Ini merupakan cara optimasi yang juga bertujuan untuk mempromosikan halaman atau konten lain pada website yang Anda kelola.

7. Gunakan Gambar Pendukung Konten

Selain text, konten yang teroptimasi SEO harus mempunyai gambar pendukung. Gambar pada konten ini bertujuan untuk meningkatkan visibilitas konten agar lebih optimal dalam mesin pencari.

Selain itu, gambar pada konten merupakan hal penting yang akan membuat audiens tertarik untuk mengakses konten web Anda. Oleh karena itu, pastikan bahwa Anda menggunakan gambar dengan resolusi tinggi dan relevan dengan keyword konten.

8. Masukkan Alt Text pada Gambar Sesuai dengan Keyword Konten

Alt text merupakan salah satu metode optimasi SEO images yang bertujuan untuk mengoptimalkan gambar konten agar relevan dengan kata kunci. Pada saat proses indexing, Google akan mengindeks gambar dan juga melakukan sinkronisasi antara gambar konten dengan keyword yang Anda gunakan pada konten tersebut.

9. Posisikan Gambar pada Bagian Atas Konten

Selain memberikan alt text gambar yang sesuai dengan keyword, Anda juga harus menempatkan gambar tersebut pada bagian awal atau atas konten. Posisi gambar pada bagian atas atau awal konten web akan membuat Google langsung membaca gambar tersebut sebagai gambar yang relevan dengan konten Anda.

Kemudian, pastikan juga bahwa posisi gambar terletak pada sekitar area kata kunci dalam konten website Anda. Sehingga, alt text dan keyword konten dapat terindeks oleh Google dua kali lipat dan lebih optimal.

Secara default, konten yang telah teroptimasi oleh plugin SEO WordPress akan menghasilkan struktur permalink yang lumayan panjang. Struktur default tersebut akan berupa tanggal dan nama URL. Contohnya seperti di bawah ini.

https://makinrajin.com/2017/08/10/judul-postingan

Namun, permalink yang disukai Google harus mengandung judul atau kata kunci konten. Jadi, pastikan Anda membuat permalink pada konten web Anda sesuai dengan kata kuncinya. Kemudian, buatlah permalink konten dengan jumlah kata yang pendek agar performa optimasinya lebih efektif. Berikut contohnya:

https://makinrajin.com/judul

11. Tentukan SEO Title

SEO title merupakan judul halaman yang akan muncul dalam pencarian Google. Berbeda dengan judul yang biasa, SEO title spesifik bertujuan untuk mengoptimasi konten pada mesin pencari.

Jika Anda menggunakan Yoast, maka Anda bisa memasukkan judul konten ke kolom SEO Title. Biasanya, Yoast secara otomatis akan mengoptimasi SEO title setelah Anda masukan judul konten pada kolom SEO title. Selain itu, Anda disarankan untuk meletakkan keyword pada awal title tag.

12. Buat Meta Description Konten yang Menarik

Meta description adalah gambaran yang akan menampilkan rangkuman isi konten. Melalui meta deskripsi, audiens akan membacanya kemudian mengetahui gambaran secara keseluruhan terkait isi konten website.

Oleh karena itu, pastikan isi dari meta description yang Anda buat ini terlihat menarik di mata audiens. Bisa berupa poin penting dan kalimat yang menarik. Selain itu, pastikan meta description memuat kata kunci konten.

13. Beri File Nama Gambar yang Relevan dengan Keyword

Seringkali terlupakan, padahal gambar konten harus mempunyai nama file yang relevan dengan kata kunci konten. Selain itu, buatlah tanda pemisah antara tiap kata pada nama file gambar tersebut. Tanda pemisah ini berfungsi untuk membantu Google membaca kata kunci satu persatu dalam nama file gambar tersebut.

14. Sebaran Keyword yang Merata pada Seluruh Bagian Konten

Focus keyword merupakan istilah pencarian utama untuk konten dan juga halaman website Anda. Jika Anda menyisipkannya beberapa kali pada seluruh bagian konten, maka Google akan mengetahui bahwa konten Anda tersebut membahas informasi yang secara spesifik berkaitan dengan keyword konten.

Namun, perlu Anda ingat pemetaan keyword ini jangan berlebihan. Sebab, Anda bisa terkena penalti karena melakukan keyword stuffing. Jadi, pastikan bahwa Anda membuat konten yang relevan dengan kata kunci utamanya. Selain itu, pastikan persebaran kata kuncinya merata dan tidak menumpuk pada satu bagian saja.

15. Optimasi Video Konten

Cara SEO WordPress selanjutnya, yakni dengan optimasi konten video. Konten video memiliki tempat tersendiri bagi pengunjung website. Bahkan, menurut Wyzo, 69% audiens lebih memilih video ketika mempelajari produk atau materi. Video juga akan membantu 82% bisnis untuk meningkatkan waktu kunjungan pembaca.

Saat menggunakan video dalam optimasi SEO, perhatikan juga sumber file Anda. Khusus untuk hal ini, YouTube menjadi sumber terpopuler dan efektif. Karena mempunyai mesin pencari yang banyak digunakan audiens kedua setelah Google. Sehingga, perluasan target audiensnya juga jadi lebih mudah. 

16. Gunakan SSL pada Website Anda

SSL adalah sebuah teknologi proteksi keamanan yang akan mengenkripsi koneksi antara situs web dengan browser. Melalui SSL, nantinya para hacker jadi tidak dapat mengakses informasi sensitif pada web Anda. Misalnya detail data pengguna atau konsumen, data transaksi, atau data bisnis pada website tersebut.

Google akan mengindeks SSL pada struktur website sebagai proses pemetaan situs tersebut pada SERP mesin pencari. Ini karena Google perlu menjamin keamanan situs tersebut bagi para audiens. Biasanya, website yang menggunakan SSL pada struktur enkripsinya mempunyai label gembok pada bagian address bar browser.

17. Optimasi Kecepatan Situs

Selain enkripsi dan pengamanan situs web, Google juga akan mengindeks kecepatan akses pada sebuah website. Ini merupakan salah satu faktor yang mempengaruhi urutan situs web Anda dalam mesin pencarian. 

Jika situs memiliki loading akses yang mencapai lebih dari lima detik, maka perlu ada optimasi akses tambahan. Hal tersebut menandakan bahwa situs memiliki loading akses yang lambat. Jadi, pastikan bahwa Anda menggunakan server yang menyediakan layanan akses dengan kecepatan bandwith yang tinggi.

18. Aktifkan Caching Konten

Cara Mengoptimalkan SEO di WordPress selanjutnya adalah dengan mengaktifkan caching pada unggahan konten. Cache pada situs web adalah salah satu strategi yang umum untuk mempercepat loading akses sebuah website. 

Melalui sistem caching, salinan file pada website akan tersimpan sementara di browser para pengunjung situs. Jadi, saat pengguna tersebut mengakses situsnya kembali, browser akan menggunakan file yang tersimpan ini tanpa harus memuat halaman web dari awal. 

Hasilnya, loading akses situs pun jadi lebih cepat. Strategi ini tentu sangat bagus untuk upaya optimasi kecepatan website. Sehingga, Google akan mengindikasikan bahwa situs web Anda telah teroptimasi secara maksimal dari segi kecepatan akses.

19. Tambahkan Domain Situs ke Google Search Console

Google Search Console merupakan sebuah software gratis yang berbasis web dan berfungsi memantau indikator terkait seberapa efektifnya optimasi SEO pada website. Melalui tools ini, Anda akan mendapatkan berbagai insight yang terkait dengan visibilitas website dan peringkat situs Anda di Google, termasuk:

  • Ranking rata-rata situs Anda di SERP.
  • Jumlah klik menuju situs yang dihasilkan dari mesin pencarian Google.
  • Pencarian atau kata kunci mana yang secara spesifik mengarahkan audiens menuju halaman situs web Anda.
  • Core Web Vitals atau kumpulan metrik peringkat terbaru dari Google yang berfungsi untuk mengukur performa situs. Mulai dari loading akses, jumlah kunjungan, interaktivitas, dan juga stabilitas visual website.

20. Optimasi Pencarian Pada Bing dan Yandex

Selain Google, cara SEO WordPress juga harus Anda optimalkan pada mesin pencari lain, seperti Bing, dan juga Yandex. Meskipun Google menjadi yang paling populer dalam market search engine, namun sebaiknya tambahkan juga domain situs Anda pada Search Engine Bing dan Yandex.

Bing sendiri menempati posisi kedua sebagai mesin pencarian terbaik dengan rasio sebesar 26,5% untuk semua pencarian kata kunci. Bahkan, Bing juga sangat populer di kalangan profesional yang notabenenya bekerja menggunakan sistem Microsoft. 

Sementara itu, Yandex merupakan search engine yang populer di Rusia dengan jumlah pencarian mencapai rasio 20,7% kata kunci. Sehingga penting untuk Anda pertimbangkan jika website menargetkan audiens secara internasional. Caranya, yakni membuat dua versi website berbahasa Inggris.

Kemudian, untuk menambahkan situs web Anda ke Bing dan juga Yandex sangatlah mudah. Anda hanya perlu membuka tools Webmaster untuk Bing dan Yandex. Setelah itu, silahkan login akun. Kemudian, pilih dan masukan domain situs Anda pada tools webmaster tersebut, lalu tunggu proses indexing selesai.

21. Buat Konten Website yang SEO Friendly

Terlepas dari tools optimasi, cara meningkatkan trafik situs web yang utama adalah dengan membuat unggahan konten yang SEO friendly. Artinya, konten tersebut memiliki struktur sesuai dengan kaidah indexing Google. Dalam hal ini, konten SEO friendly harus bisa memenuhi beberapa ketentuan antara lain sebagai berikut:

  • Berikan informasi yang jelas dan tulis seluruh poin penting yang menjawab pertanyaan dari audiens target.
  • Buat artikel asli dan hindari duplikasi konten. Sehingga, konten Anda akan terjamin originalitasnya. Hal tersebut akan membantu Google mengindikasikan keaslian konten tangan pertama. 
  • Gunakan gaya bahasa yang mudah untuk dipahami oleh audiens.
  • Tulisan mudah untuk terbaca. Gunakan paragraf yang pendek dan pada  tiap paragraf terdiri dari tiga sampai lima kalimat. Selain itu, Anda juga dapat menggunakan poin atau daftar urut agar audiens jadi bisa langsung mengetahui intinya.
  • Buat judul yang menarik audiens. Lalu, hindari juga pembuatan judul dengan penggunaan kata yang terlalu panjang. 

Sudah Paham Cara Optimasi SEO WordPress?

Intinya, mengoptimalkan SEO di WordPress sangatlah penting untuk meningkatkan visibilitas situs web dalam mesin pencari. Oleh karena itu, pastikan situs web Anda terkelola dengan baik sesuai dengan struktur standar SEO dan indexing Google. Semoga bermanfaat!

Alexandromeo I'm an experienced SEO Specialist who can grow a website through organic channel. I'm also passionate about digital marketing and web development