Alexandromeo I'm an experienced SEO Specialist who can grow a website through organic channel. I'm also passionate about digital marketing and web development

12 SEO Tools Terbaik untuk Menganalisis Website Anda

4 min read

SEO Tools, Mengenal Fungsi dan Rekomendasinya!

SEO atau Search Engine Optimization adalah sebuah teknik untuk meningkatkan performa sebuah website dengan cara memudahkan orang dalam mencari subjek tersebut. Membuat tulisan yang SEO friendly tentunya tidak bisa dilakukan sendiri. Terdapat alat bernama SEO tools untuk memudahkan creator dalam menulis. 

12 SEO Tools Terbaik 

Alat bantu untuk membuat bacaan atau unggahan agar disukai Google adalah SEO tools. Terdapat banyak sekali perangkat SEO yang bisa Anda gunakan dan pelajari lebih lanjut. Berikut ini adalah sekilas tentang beberapa di antaranya:

1. Google Analytics

google analytics
Doxa Digital

SEO Tools pertama yang dapat meningkatkan performa situs Anda adalah Google Analytics. Google Analytics sendiri merupakan sebuah alat yang bisa Anda gunakan untuk memantau trafik website. Sehingga, Anda bisa dengan mudah melihat jumlah audiens yang mengunjungi website.

Hal tersebut akan sangat membantu pembuatan konten. Karena jika performa website menurun, Anda dapat dengan sigap mengganti atau memperbaiki konten yang ada. Lebih dari itu, Google Analytics juga memiliki fitur lain yang sangat menguntungkan, seperti:

  • Realtime, fitur ini membantu Anda untuk melihat demografi pengunjung, keywords yang paling banyak dicari, top locations, hingga page view per menit.
  • Demografi audiens, pada fitur ini Anda dapat lebih detail mengenali audiens dan jumlah pengguna baru, hingga lokasi audiens.
  • Visitor’s Behavior, fitur ini dapat mengetahui perilaku atau respon pengunjung setelah melihat website.

2. Google Search Console

gsc sebagai salah satu seo tools andalan
Garuda

Google Search Console adalah perangkat SEO lain yang juga disediakan oleh Google. Sebelum berubah nama menjadi Google Search Console, dulunya alat ini bernama Google Webmaster Tools. Fungsi utamanya adalah untuk membantu para pemilik website mengetahui kinerja website secara organik.

Ada banyak sekali fitur dan manfaat yang tersedia di Google Search Console. Seperti menemukan keyword paling populer untuk bisnis Anda, mengetahui halaman paling populer, dan mengetahui asal pengunjung.

Selain itu, Anda juga dapat mengetahui perangkat yang digunakan pengunjung, hingga mengetahui frekuensi backlink ke website menggunakan alat ini. Karena adanya berbagai fitur menarik yang tersedia di Google Search Console ini, performa website Anda pasti akan meningkat.

3. Google Keyword Planner

google keyword planner - seo tools terbaik
Keyword Tool

Keyword atau kata kunci adalah hal yang sangat penting dalam performa sebuah website. Adanya keyword akan membantu Anda untuk menyusun bacaan dengan rapi. Sehingga pengunjung yang mencari dengan keyword tersebut akan langsung tertuju pada konten di website Anda.

Namun, untuk mengetahui keyword apa yang sesuai untuk website, Anda perlu menggunakan SEO tools, yaitu Google Keyword Planner. Layanan Google Keyword Planner ini masih berada dalam satu situs yang sama dengan Google Ads. Sehingga Anda harus memiliki akun Google Ads terlebih dahulu.

Melalui alat ini, Anda dapat melakukan riset pada keywords target. Selain itu, terdapat juga fitur discover new keywords bagi Anda yang ingin melihat keywords baru.

4. Google Pagespeed Insight

google pagespeed insight
Developers

Performa SEO nyatanya tidak hanya ternilai dari isi konten dan kesesuaian kata kunci yang Anda gunakan. Salah satu hal yang mungkin banyak terlupakan dalam mengembangkan sebuah website adalah kecepatan website tersebut untuk terakses. Pasti tidak nyaman jika pengunjung website terkendala loading yang lama.

Agar dapat mengatasi hal tersebut, Anda dapat menggunakan salah satu perangkat SEO dari Google, yaitu Google Pagespeed Insight. Alat ini akan membantu Anda untuk melihat performa website. Khususnya ketika website tersebut sedang dalam proses pembukaan oleh pengunjung.

Tak hanya kecepatan website. Terdapat juga beberapa tools lainnya yang bisa Anda gunakan seperti field data, origin summary, lab data, opportunities, diagnostics, dan passed audits. Terdapat rentan skor tertentu untuk menilai performa website di GPI, nilai maksimal skor adalah 100 yang menandakan performa website yang baik.

google trends
Niagahoster

Dalam mengelola sebuah website, tentunya Anda harus menyajikan konten dan unggahan yang up to date dan sedang dalam trend. Hal tersebut tentu akan meningkatkan performa website yang Anda kelola. Namun, terkadang sulit untuk menemukan topik dan bahasan yang pas untuk sebuah konten.

Karena itu, Google Trends hadir sebagai salah satu SEO Tools untuk membantu Anda menentukan topik bahasan yang sedang trending. Google Trends sendiri merupakan salah satu alat SEO yang berguna untuk memprediksi serta mengetahui hal yang saat ini sedang trending.

Beberapa fitur Google Trends antara lain adalah melakukan riset keyword yang Anda inginkan, menampilkan keyword sejenis, menemukan pencarian trending, hingga mampu memprediksi trend mendatang. 

6. Ahrefs

ahrefs - seo tools terbaik
Glints

Rekomendasi tools terbaik selanjutnya adalah Ahrefs. Ahrefs sendiri merupakan salah satu alat SEO yang ada sejak tahun 2011. Situs berbayar ini mulanya hanya menyediakan layanan analisa backlink dari sebuah website. Namun, saat ini Ahrefs semakin berkembang dan memiliki banyak sekali fitur unggulan.

Berikut ini adalah beberapa fitur dari Ahrefs:

  • Sites Explorer untuk menganalisis backlink ke sebuah situs.
  • Content Explorer untuk mencari tahu konten yang sedang trending.
  • Keyword Explorer untuk mencari tahu keyword apa yang cocok dengan sebuah topik.
  • Rank Tracker untuk mengetahui ranking atau performa dari sebuah situs.
  • Site Audit untuk menganalisa kesalahan yang terjadi selama pengembangan website.

7. Yoast SEO

yoast seo

Yoast SEO merupakan salah satu SEO Tools terbaik dan paling banyak digunakan oleh orang yang berkecimpung dalam dunia website. Pengoperasiannya sangat mudah. Karena dapat terintegrasi dengan WordPress yang mana adalah situs pengelolaan website populer.

Selain itu, Yoast SEO juga gratis. Meskipun ada versi premiumnya, namun kebanyakan fiturnya gratis. Melalui Yoast SEO, Anda dapat dengan mudah mengetahui apakah bacaan yang akan Anda unggah sudah sesuai dengan kaidah SEO atau tidak. Terdapat juga catatan evaluasi untuk perbaikan konten Anda.

8. SEMrush

semrush
Glints

Rekomendasi perangkat SEO selanjutnya adalah SEMRush. Sesuai dengan namanya, SEMrush sendiri banyak berguna untuk keperluan Search Engine Marketing. Namun, Anda juga bisa menggunakannya untuk melakukan analisa SEO. Karena memiliki fitur yang sama dengan alat SEO lainnya.

Tools berbayar ini dilansir memiliki lebih dari 12 juta bank data keywords yang tentunya akan sangat membantu Anda dalam melakukan optimasi situs. Fitur lain yang tersedia adalah keyword research, technical SEO, competitor analysis, hingga local SEO yang sangat membantu pengembangan website.

9. Moz

moz
Banyumedia

Moz adalah salah satu SEO tools yang juga memiliki banyak pengguna. Fokus utama Moz adalah untuk meningkatkan viabilitas sebuah situs agar bisa terjangkau banyak pengguna. Beberapa keuntungan menggunakan Moz antara lain adalah memiliki fitur domain authority yang dapat mengukur data website dari skornya.

Selain itu, Moz juga memiliki data yang lengkap dan mudah dibandingkan. Moz juga memiliki fitur Moz Bar yang memungkinkan Anda untuk mencari data pengguna regional atau berdasarkan daerah. Fitur link explorer, keyword explorer, serta rank tracker juga dapat membantu Anda meningkatkan kualitas website.

10. Ubersuggest

seo tools - ubersuggest
Redcomm

Ubersuggest adalah salah satu tools yang juga banyak digunakan oleh para developer website. Alat SEO ini memiliki klaim all in one dan memungkinkan penggunanya bisa melakukan berbagai macam hal yang berkaitan dengan SEO. Fitur unggulan pada Ubersuggest adalah Keyword Discovery.

Selain itu, terdapat juga fitur data kompetitor yang memungkinkan Anda untuk dapat mengetahui strategi kompetitor. Jika Anda sedang tidak memiliki ide, jangan bingung. Karena Ubersuggest juga menyediakan fitur ide konten terkini dan menarik untuk situs yang Anda kelola.

11. Word Tracker

wordtracker
WordTracker

Mengembangkan situs dengan keperluan SEO akan bergantung pada pemilihan kata kunci. Oleh karena itu, Anda memerlukan SEO Tools yang dapat membantu untuk mengetahui kata kunci yang cocok, seperti Word Tracker.

Ketika menggunakan Word Tracker, Anda dapat mengetahui kata kunci populer hingga kata kunci yang cocok untuk topik yang sedang Anda kembangkan. Alat ini juga cukup mudah digunakan.

12. Word Stream

wordstream
Metawebsite

Word Stream juga merupakan salah satu alat SEO yang berguna untuk mengetahui dan mencari kata kunci yang tepat untuk sebuah topik dalam pengembangan website. Alat SEO gratis ini juga sangat mudah digunakan bahkan untuk pemula.

Terdapat beberapa fitur seperti data kata kunci unik, kata kunci yang relevan, hingga spesifikasi lokasi kata kunci untuk optimasi website.

Mana SEO Tools Pilihan Anda?

Itulah penjelasan mengenai beberapa SEO Tools yang bisa Anda gunakan untuk meningkatkan performa website. Memahami dan mempelajari setiap tools tentu akan membantu Anda memutuskan mana yang terbaik untuk website. Selamat mencoba!

Alexandromeo I'm an experienced SEO Specialist who can grow a website through organic channel. I'm also passionate about digital marketing and web development