Alexandromeo I'm an experienced SEO Specialist who can grow a website through organic channel. I'm also passionate about digital marketing and web development

Apa itu Google Trends? Ini Definisi, Fungsi, dan Cara Menggunakannya!

3 min read

Apa itu Google Trends? Ini Definisi, Fungsi, dan Cara Menggunakannya!

Google Trends adalah sebuah tools yang sangat bermanfaat untuk mengatasi berbagai kebutuhan dalam proses membuat ide konten website. Sebagai orang yang berkecimpung dalam proses pembuatan konten di blog atau website, tentu Anda pernah mengalami stak atau kehabisan ide dalam menentukan topik bahasan

Karena tools untuk cara riset keyword dan menentukan kata kunci tidak semuanya tersedia secara gratis, maka menggunakan tools ini adalah solusinya. Bagi Anda yang penasaran tentang tools keluaran Google ini, mari simak selengkapnya dalam artikel berikut sampai habis!

Google Trends adalah platform besutan Google yang berfungsi sebagai tools penyedia data trending topik dan seberapa sering kata kunci dicari oleh audiens di mesin pencarian Google. Selain itu, tools ini juga menyediakan data penting tentang volume pencarian serta informasi seputar akses geografi dari pencarian keyword.

Mengingat Google merupakan mesin pencari paling populer di dunia, maka tak heran jika platform ini juga menyediakan trending keyword dengan tingkat akurasi tinggi. Berbeda dengan tools riset keyword gratis, tools Google ini akan memberikan Anda rekomendasi kata kunci berdasarkan dari peristiwa yang sedang hangat (viral).

Platform ini pertama kali rilis pada tahun 2006. Kemudian, merilis versi terbarunya di tahun 2018. Tools ini membawa berbagai jenis fitur penting, salah satunya adalah memberikan rekomendasi trending topik. Kemudian, mengidentifikasi serta menemukan keyword trend pencarian berdasarkan letak geografis di wilayah Anda.

Setelah mengetahui definisinya, berikut ini adalah fungsi Google Trends yang telah terangkum secara lengkap:

Fungsi pertama dari tools keluaran Google ini, yaitu untuk mengetahui trending topik terkait konten viral berdasarkan kata kunci. Ketika melihat kumpulan topik yang sedang populer di mesin pencari, tentu akan bermanfaat untuk meningkatkan trafik.

Nantinya, Anda dapat memilih jenis konten yang sedang viral berdasarkan kata kunci tertentu sesuai dengan jenis website Anda. Kemudian, Anda dapat melakukan riset dan mengeksekusinya dengan versi terbaru. Sehingga, dengan adanya topik trending ini Anda jadi punya ide tambahan untuk pembuatan konten marketing.

2. Menentukan Target

Melalui tools Google ini, Anda dapat melihat trafik yang ditargetkan secara cepat sesuai dengan data penargetan. Selain itu, layanan ini juga memungkinkan para penggunanya untuk melihat data statistik terkait letak wilayah, bahasa, dan rentan usia. 

Nantinya, data statistik ini dapat Anda jadikan target audiens untuk penentu kata kunci dalam konten website Anda.

3. Analisis Frekuensi Keyword

Google Trends juga dapat melihat frekuensi terkait seberapa sering suatu kata kunci tampil pada mesin pencari dan menentukan jenis topik tertentu berdasarkan wilayah akses pengunjung. Sehingga, dengan data ini Anda dapat menetapkan tujuan promosi dan layanan iklan apa yang cocok digunakan pada daerah tertentu.

Selain itu, pada hasil pencarian keyword nantinya juga akan menampilkan grafik trending keyword dengan durasi waktu tertentu. Ini tentu saja sangat bermanfaat untuk melengkapi data insight ketika menganalisis sebuah keyword.

4. Menentukan Keyword SEO

Tak hanya sebatas analisis keyword saja, layanan Google ini juga bisa Anda jadikan sebagai tools untuk menentukan kata kunci SEO. Melalui data topik terpopuler ini, nantinya akan tampil kata kunci terbaik sesuai dengan jenis bisnis Anda. Kemudian, Anda bisa mengeksekusinya dalam konten atau iklan bisnis.

Tools ini akan menampilkan kata kunci paling populer secara default. Namun, Anda juga bisa mengubah data pencarian kata kunci dari mesin pencari ke YouTube, Google News, dan seluruh platform keluaran Google tergantung kebutuhan Anda.

5. Memprediksi Tren

Karena tools ini telah menyediakan data keseluruhan terkait tren pencarian yang sedang viral. Tentu saja, hal ini akan memudahkan Anda dalam membuat unggahan konten web yang efektif terutama untuk peningkatan SEO. 

Jadi, Anda bisa memprediksi konten apa yang akan viral selanjutnya. Namun, sebelumnya Anda juga harus mengetahui bahwa kompetitor bisnis Anda di luar sana pasti menggunakan tools ini juga untuk mendapatkan data trending topik yang sama.

Setelah mengetahui definisi beserta fungsinya, berikut adalah cara menggunakan Google Trends yang perlu Anda ketahui. Simak penjelasan lengkapnya:

1. Akses dan Login 

Langkah pertama yang harus Anda lakukan untuk menggunakan tools ini, yaitu dengan mengakses situs resminya terlebih dahulu. Anda bisa mengetik kata kunci Google Trend pada browser atau mengunjungi langsung situsnya di link berikut trends.google.co.id

Setelah itu, Anda akan masuk pada halaman awal situs. Namun, sebelum masuk ke halaman utamanya, Anda perlu melakukan login atau daftar akun terlebih dahulu. Perlu diingat, tools ini hanya dapat Anda akses menggunakan akun Gmail saja. 

2. Ubah Lokasi

Setelah berhasil masuk pada halaman utama, selanjutnya Anda perlu merubah lokasi akses. Pada bagian pojok kanan atas situs akan tampil logo bendera dan tulisan Amerika Serikat. Nah, silakan ubah lokasi akses tersebut sesuai dengan lokasi yang ingin Anda jadikan sebagai lokasi akses. 

Pastikan Anda mengubah lokasi akses ini sesuai dengan target wilayah yang ingin Anda jadikan sasaran konten promosi bisnis Anda. Selain itu, lokasi akses ini juga nantinya akan menampilkan data kata kunci dan konten terpopuler sesuai dengan lokasi akses yang Anda pilih. 

3. Tuliskan Target Kata Kunci 

Setelah itu, silakan masukkan kata kunci yang ingin Anda analisis. Kemudian akan tampil tabel grafik tren pengguna yang mencari kata kunci tersebut selama satu tahun terakhir. 

Namun, Anda juga bisa mengatur rentang waktu pencarian dari tools Google Trends ini. Caranya, yaitu silakan pilih Custom Time Range di bagian atas tabel. Selain grafik, di bawahnya Anda juga bisa menemukan analisis ketertarikan pengguna dengan keyword tertentu sesuai dengan lokasi akses pengguna.

Kemudian di bagian paling bawah terdapat fitur related topics  yang juga merupakan fitur penting dalam layanan ini. Melalui fitur ini, Anda akan diberikan data terkait daftar topik dan query yang berkaitan dengan kata kunci yang Anda cari. 

4. Bandingkan dan Pilih Keyword Terbaik

Terakhir, silakan bandingkan dan pilih kata kunci terbaik berdasarkan keyword yang telah Anda riset sebelumnya. Agar dapat membandingkan performa antar kata kunci, Anda hanya perlu memasukkan keyword yang telah Anda pilih ke kolom ‘Compare‘ di bagian atas halaman. 

Nantinya, akan tampil grafik persentase beserta dengan informasi lainnya sebagai perbandingan indikator kesuksesan kata kunci. Setelah itu, silakan Anda riset dan bandingkan kata kunci tersebut. Kemudian, tentukan kata kunci mana yang sekiranya paling related dan efektif untuk konten promosi pada bisnis Anda.

Intinya, Google Trends adalah tools yang sangat efektif untuk riset keyword. Jika Anda butuh jasa riset keyword terbaik dan sesuai target, Anda juga bisa mendapatkannya di Makinrajin. Selain itu, tersedia layanan optimasi SEO dan pembuatan website dengan harga murah dan berkualitas!

Alexandromeo I'm an experienced SEO Specialist who can grow a website through organic channel. I'm also passionate about digital marketing and web development