Alexandromeo I'm an experienced SEO Specialist who can grow a website through organic channel. I'm also passionate about digital marketing and web development

13 Tools Riset Keyword Gratis untuk Riset Kata Kunci Akurat

7 min read

6 Tools Riset Keyword Gratis yang Perlu Anda Coba

Keyword atau kata kunci pencarian memiliki peran yang sangat penting ketika Anda menjalankan digital marketing untuk bisnis Anda. Mencari dan menentukan keyword atau kata kunci pencarian merupakan hal yang tidaklah mudah, namun kini telah ada beberapa tools riset keyword gratis yang dapat Anda gunakan. 

Keyword memiliki peran yang sangat penting terutama untuk SEO atau Search Engine Optimization dan juga layanan Google Ads bagi digital marketing bisnis Anda. Mencari dan menentukan keyword yang akan digunakan merupakan langkah awal yang harus Anda lakukan dengan baik agar Anda dapat memperoleh hasil yang maksimal dalam menjalankan digital marketing untuk bisnis Anda.

Dengan menargetkan keyword yang tepat dalam SEO untuk digital marketing bisnis Anda, maka halaman website Anda bisa berada pada hasil pencarian teratas terhadap suatu keyword atau kata kunci. Sementara dalam layanan Google Ads, dengan menggunakan keyword yang tepat maka Anda akan dapat memaksimalkan efisiensi biaya yang Anda gunakan untuk layanan ini.

13 Tools Riset Keyword Gratis yang bisa Anda Coba

Untuk mencari keyword yang tepat kini telah tersedia beberapa tools riset keyword gratis yang dapat Anda gunakan. Berikut ini adalah beberapa tools riset keyword gratis yang dapat Anda gunakan untuk mencari keyword yang tepat untuk digital marketing bisnis Anda.

1. Google Search Suggestion

google search suggestion

Tools riset keyword gratis yang pertama dan paling mudah Anda gunakan adalah Google Search Suggestion. Ketika Anda menggunakan fitur pencarian di Google maka otomatis Google akan memberikan beberapa saran keyword yang relevan dengan keyword utama yang Anda gunakan untuk mencari sesuatu.

Sebagai contoh, ketika Anda memasuk kalimat “layanan hosting” maka Google akan secara otomatis memberikan saran keyword lainnya seperti “layanan hosting murah”, “layanan hosting terbaik”, layanan hosting WordPress”, “layanan hosting Indonesia” dan masih banyak lagi saran lainnya.

Saran keyword dari Google ini juga sering disebut dengan Long-tail Keyword. Long-tail Keyword ini juga termasuk jenis keyword yang sangat cocok untuk sebuah website yang masih baru karena tingkat persaingannya yang cukup rendah. Ketika Anda riset keyword dengan menggunakan Google Search Suggestion, maka gunakanlah mode incognito agar Google tidak membaca riwayat pencarian Anda.

2. Google Keyword Planner

google keyword planner

Tools riset keyword gratis yang kedua adalah Google Keyword Planner. Google Keyword Planner adalah tools gratis yang diberikan oleh Google ketika Anda menggunakan layanan Google Ads untuk bisnis Anda. Tools ini memiliki dua fitur utama yang dapat Anda gunakan. 

Fitur yang pertama adalah discover new keyword. Dengan menggunakan fitur ini Anda akan dapat memasukan sampai sembilan kata kunci dan kemudian melihat data dari keyword tersebut seperti jumlah pencarian rata-rata dari keyword tersebut, trend dari keyword tersebut sampai dengan level persaingan keyword tersebut.

Fitur yang selanjutnya adalah get search volume and forecast. Fitur ini hampir sama seperti fitur yang pertama, perbedaannya adalah jumlah keyword yang dapat Anda cari datanya. Pada fitur ini Anda dapat memasukan lebih banyak keyword dan bahkan tabel keyword yang telah Anda persiapkan. Tools ini ternyata juga sering digunakan untuk SEO dalam mencari data mengenai sebuah kata kunci.

3. Google Trend

google trend

Tools riset keyword gratis berikutnya adalah Google Trend. Tools ini merupakan tools gratis dari Google yang diberikan untuk Anda yang ingin mencari tahu keyword apa saja yang saat ini sedang banyak dicari oleh pengguna layanan Google. Selain itu juga melalui tools ini Anda dapat melihat seperti apa grafik trend pencarian terhadap suatu keyword.

Tools ini juga memiliki beberapa kelebihan yang bisa Anda manfaatkan. Kelebihan tersebut adalah seperti mudah untuk digunakan, dapat mencari keyword yang sedang trending di suatu wilayah tertentu, seperti suatu negara tertentu dan rentang waktu yang dapat Anda sesuaikan. Selain itu juga tools ini akan memberikan Anda saran ide keyword-keyword yang masih relevan yang bisa Anda gunakan.

Tools ini juga merupakan salah satu tools yang akan sangat bermanfaat untuk sebuah website yang menyediakan informasi seperti website berita. Dengan menggunakan tools ini, maka website tersebut dapat mengetahui hal-hal terbaru apa saja yang saat ini sedang banyak orang-orang cari di Google.

4. Ahrefs Keyword Generator

tools riset keyword gratis: ahrefs keyword generator

Tools riset keyword gratis yang selanjutnya adalah salah satu tools yang cukup terkenal bagi orang-orang yang bekerja di dunia digital marketing, tools ini bernama Ahrefs Keyword Generator dari Ahrefs.

Ahrefs memang merupakan sebuah tools berbayar yang tidak asing bagi para praktisi di dunia digital marketing. Namun bagi Anda yang ingin mencari data keyword dengan gratis maka Anda dapat menggunakan Ahrefs Keyword Generator ini.

Tools ini akan memberikan data yang cukup lengkap kepada Anda. Ketika Anda mencari data tentang suatu keyword, maka tools ini akan memberikan data tersebut seperti berupa jumlah pencarian rata-rata, tingkat kesulitan keyword tersebut dan bahkan tools ini juga akan memberikan cukup banyak ide keyword yang relevan dan bisa Anda gunakan.

5. Wordtracker

wordtracker

Tools riset keyword gratis yang bernama Wordtracker ini juga cukup sering orang-orang gunakan untuk mencari data terhadap suatu keyword. Tools ini akan memberikan Anda beberapa data ketika Anda menggunakannya.

Beberapa data tersebut adalah seperti jumlah rata-rata pencarian, informasi grafik histori atau trend terhadap suatu keyword, bagaimana tingkat persaingan sebuah keyword dan bahkan tools ini akan memberikan ide keyword lainnya yang masih sangat relevan dengan keyword utama yang Anda cari.

Tools ini juga memiliki kelebihannya lainnya yaitu adanya perbedaan data yang terbagi berdasarkan metode digital marketing seperti apa yang Anda gunakan. Dengan adanya fitur ini, maka Anda dapat menyesuaikannya dengan metode digital marketing seperti apa yang sedang Anda jalankan untuk bisnis Anda.

6. Kwfinder

tools riset keyword yang mudah - kwfinder

Tools riset keyword gratis berikut ini sering menjadi andalan orang-orang yang ingin mencari data mengenai keyword yang akan mereka gunakan, tools ini bernama Kwfinder. Untuk dapat menggunakan tools ini, maka Anda harus membuat akun terlebih dahulu yang dapat Anda buat secara gratis.

Tools ini akan memberikan data hampir sama seperti beberapa tools yang telah disebutkan sebelumnya. Namun ada salah satu fitur gratis unggulan yang dapat menjadi daya tarik tersendiri dari tools Kwfinder ini.

Fitur tersebut adalah fitur yang dapat menganalisa keyword-keyword apa saja yang ada pada sebuah website. Fitur ini akan sangat berguna bagi Anda yang ingin mengetahui keyword-keyword apa saja yang kompetitor bisnis Anda gunakan pada website mereka.

7. Ubersuggest

ubersuggest landing page - tools riset keyword gratis dengan fitur maksimal

Bagi para praktisi SEO atau Search Engine Optimization di Indonesia pasti sudah tidak asing dengan tools riset keyword gratis yang bernama Ubersuggest ini. Ubersuggest merupakan tools riset keyword yang dibuat oleh praktisi SEO terkenal yang bernama Neil Patel.

Ubersuggest sebenarnya adalah sebuah tools SEO berbayar yang memiliki beberapa fitur yang akan cukup membantu optimasi SEO website bisnis Anda. Beberapa fitur tersebut adalah seperti site audit yang akan membantu Anda melakukan audit website Anda. Backlinks yang akan membantu optimasi off-page website Anda. Bahkan sampai informasi mengenai traffic juga bisa Anda dapatkan.

Ubersuggest juga menyediakan fitur riset keyword gratis kepada Anda. Fitur gratis ini akan memberikan Anda data-data mengenai suatu keyword. Data-data tersebut seperti trend dan juga jumlah pencarian rata-rata keyword tersebut. Selain itu terdapat juga fitur content ideas yang akan membantu memberikan ide untuk membuat sebuah konten.

8. SEMRush Keyword Tool

semrush landing page

Tools riset keyword yang berikutnya berasal dari salah satu tools yang sudah terkenal yang bernama SEMRush keyword tool. SEMRush merupakan sebuah tools SEO yang memiliki banyak sekali kegunaan dan sering menjadi pilihan sebagai tools utama untuk melakukan optimasi SEO pada sebuah website.

Tools SEMRush merupakan tools yang memiliki berbagai macam fitur untuk keperluan optimasi sebuah website bisnis. Mulai dari fitur site audit yang akan membantu Anda melakukan audit website dan optimasi on-page dan off-page website bisnis Anda. Fitur traffic untuk melihat jumlah kunjungan website bisnis Anda. Sampai fitur untuk melakukan analisis perkembangan algoritma Google.

Tools ini akan juga bisa Anda gunakan secara gratis dengan mengakses keyword magic tools SEMRush. SEMRush akan memberikan Anda data-data mengenai keyword yang Anda ingin tahu dan beberapa keyword relevan lainnya yang bisa Anda gunakan. Namun untuk membuka informasi data yang lebih lengkap, Anda tetap harus berlangganan tools ini.

Baca Juga: 11 Digital Marketing Tools Terbaik untuk Meningkatkan Penjualan Anda

9. Soovle

soovle - tools riset keyword sederhana

Soovle merupakan sebuah tools riset keyword gratis yang cukup unik. Hal ini karena Soovle akan memberikan Anda informasi mengenai keyword-keyword yang relevan dengan keyword utama yang sedang Anda cari dari berbagai macam platform mesin pencarian yang terkenal.

Soovle akan memberikan Anda informasi keyword-keyword apa saja yang sering orang-orang gunakan dari berbagai macam platform. Platform mesin pencarian tersebut adalah seperti Google, Yahoo, Youtube, Wikipedia, Bing, dan Answer. Tools ini merupakan tools yang sangat cocok untuk Anda yang melakukan optimasi di berbagai platform tersebut.

Namun dibalik ke Soovle memiliki beberapa kekurangan. Kekurangan tersebut adalah seperti jumlah hasil ide keyword yang relevan tidak terlalu banyak untuk masing-masing platform. Hasil hanya menampilan ide keyword saja tanpa informasi data lainnya. Dan tidak ada spesifikasi atau filtering area lokasi pada tools tersebut.

10. WordStream

wordstream keyword research

Tools riset keyword gratis berikutnya adalah WordStream. WordStream adalah sebuah tools yang akan sangat membantu Anda untuk menganalisa keyword apa saja yang digunakan website bisnis kompetitor Anda. Tools ini merupakan sebuah tools yang akan sangat membantu Anda yang memakai layanan Google Ads.

Hal ini karena tools ini bisa terintegrasi dengan layanan Google Ads yang sedang Anda gunakan. Anda dapat melakukan analisis keyword Google Ads apa saja yang kompetitor Anda gunakan. Anda juga dapat mengambil data tersebut dan kemudian memasukkannya ke dalam layanan Google Ads Anda.

Cara menggunakan tools ini juga sangatlah mudah. Anda cukup memasukan link website kompetitor Anda, dan juga lokasi. Kemudian tools riset keyword gratis ini akan memberikan Anda informasi mengenai keyword apa saja yang kompetitor Anda gunakan, berapa besar pencarian rata-rata keyword tersebut dan juga informasi biaya yang perlu Anda persiapkan untuk menggunakan keyword tersebut.

11. MOZ Keyword Explorer

moz landing page

MOZ merupakan sebuah tools digital marketing yang sudah tidak asing bagi orang-orang yang menjalankan digital marketing. Tools ini memiliki berbagai macam fitur yang akan membantu optimasi sebuah website dan menjalankan digital marketing untuk website bisnis Anda. 

Tools digital marketing yang bernama MOZ ini memang merupakan sebuah tools digital marketing berbayar yang sering menjadi pilihan banyak orang dalam melakukan digital marketing website mereka. Namun MOZ juga menyediakan berbagai macam fitur gratis yang bisa Anda gunakan. Anda terlebih dahulu harus membuat Akun untuk menggunakan fitur gratis ini.

Beberapa fitur tersebut adalah seperti fitur untuk melakukan analisa kompetitor Anda, mulai dari keyword yang mereka gunakan, sampai dengan performa website bisnis kompetitor Anda. MOZ juga tentunya menghadirkan fitur riset keyword gratis yang dapat Anda gunakan untuk mencari sebuah keyword dan ide keyword relevan lainnya dengan data-data yang cukup lengkap.

12. LSI Graph

lsi graph

Tools riset keyword gratis selanjutnya adalah LSI Graph. LSI Graph adalah salah satu tools riset yang akan memberikan Anda data mengenai keyword yang sedang Anda cari dan keyword-keyword yang relevan lainnya yang bisa Anda gunakan untuk website bisnis Anda.

LSI Graph adalah tools berbayar yang menyediakan fitur gratis yang dapat digunakan untuk keperluan Anda. Tools ini memiliki kelebihan dimana ketika Anda mencari data mengenai sebuah keyword, maka tools ini selain memberikan Anda ide keyword relevan lainnya dan juga data-data dari keyword-keyword tersebut, Anda juga akan memperoleh data penting lainnya.

Data penting lainnya tersebut adalah informasi mengenai halaman-halaman website apa saja yang memiliki performa dari keyword tersebut. Dengan menggunakan data tersebut, Anda akan lebih mengenal apa saja website bisnis yang menjadi kompetitor Anda. Untuk menggunakan LSI Graph ini, Anda terlebih dahulu harus membuat akun untuk mengakses fitur ini.

13. Keyword Everywhere

Tools riset keyword gratis yang terakhir adalah Keyword Everywhere. Tools ini berbeda dengan tools riset keyword gratis yang disebutkan sebelumnya. Perbedaanya adalah karena tools ini merupakan sebuah extension atau sebuah alat tambahan yang perlu Anda download terlebih dahulu. 

Setelah mendownload atau menginstall extensions ini, maka tools ini akan otomatis memberikan Anda ide-ide keyword yang relevan lainnya ketikan Anda menggunakan Google Chrome, Mozilla Firefox atau YouTube. Dengan menggunakan tools ini juga termasuk salah satu cara termudah untuk mendapatkan ide keyword lainnya.

Hal ini karena Anda tidak perlu membuka tools lainnya, cukup dengan mencari informasi seperti biasanya maka tools ini akan memberikan Anda ide-ide keyword relevan yang lainnya sesuai dengan keyword yang Anda gunakan ketika Anda mencari sesuatu di Google Chrome, Mozilla Firefox, atau YouTube.

Mana Tools Riset Keyword Gratis Favorit Anda?

Itulah beberapa tools riset keyword gratis yang dapat Anda gunakan. Menentukan keyword yang tepat dengan tools-tools tersebut akan membantu Anda mencapai target yang Anda inginkan. Selain beberapa tools tersebut ada juga metode atau cara lainnya yang bisa Anda gunakan untuk website bisnis Anda.

Cara tersebut adalah dengan menggunakan jasa riset keyword. Jasa ini telah terbukti mampu memberikan Anda keyword-keyword yang tepat bagi website bisnis Anda. Penyedia jasa ini tentunya memiliki cara riset keyword yang profesional dan telah teruji keberhasilannya.

Makinrajin menyediakan jasa riset keyword yang mampu memberikan rekomendasi keyword yang sesuai dengan website Anda. Kami berharap website Anda bis mendapatkan peringkat tertinggi untuk keyword dari kami.

Alexandromeo I'm an experienced SEO Specialist who can grow a website through organic channel. I'm also passionate about digital marketing and web development