Alexandromeo I'm an experienced SEO Specialist who can grow a website through organic channel. I'm also passionate about digital marketing and web development

Apa Itu Keyword? Pengertian, Fungsi, dan Jenis Keyword

4 min read

Apa Itu Keyword? Pengertian, Fungsi, dan Jenis Keyword

Dalam pembuatan situs website, kata kunci atau keyword adalah sebuah tools terpenting agar situs web yang Anda buat lebih teroptimasi. Penggunaan kata kunci dalam situs web berfungsi agar web atau blog tampil dalam ranking teratas situs mesin pencari Google.

Sebagai langkah awal, Anda perlu melakukan riset keyword untuk menentukan kata kunci apa yang tepat untuk optimasi web tersebut. Namun, pada intinya masih banyak lagi komponen kata kunci yang mesti Anda perhatikan agar situs web Anda bisa menjadi yang teratas. Yuk, simak penjelasannya!

Apa Itu Keyword?

Keyword adalah sebuah susunan kata kunci yang sering diketik oleh pengguna saat melakukan pencarian data di internet. Kata-kata inilah yang tersimpan dan menjadi standar mesin pencari untuk menganalisis kebutuhan pengguna internet.

Fungsi Keyword

Setelah mengetahui apa itu keyword, tentu Anda penasaran apa sih fungsi kata kunci dalam pengelolaan sebuah situs website, berikut penjelasannya:

1. Mengoptimasi Situs Web

Sebagian orang mungkin sudah sangat terbiasa dengan tools website ini. Bahkan, bagi seorang spesialis onpage SEO Optimization, hal ini mungkin sudah umum menjadi makanan sehari-hari. Namun, pada kenyataannya, bukan berarti keyword hanya sebatas kata kunci semata, lho.

Jadi, kata kunci juga memiliki arti sebagai kata yang paling umum terbesit dalam benak pengguna internet ketika hendak melakukan pencarian informasi di mesin pencari. 

Dari pengertian di atas, dapat disimpulkan bahwa saat Anda hendak membuat blog atau website, Anda tidak boleh asal-asalan dalam menentukan kata kunci. Mengapa demikian, karena kata kunci merupakan bagian dari Search Engine Optimization Web (SEO), yang merupakan unsur penting dalam sebuah website.

Dalam pengelolaan situs website, Anda tentu menginginkan situs yang Anda kelola mendapatkan trafik kunjungan situs dengan skala yang besar. Hal ini bisa Anda dapatkan jika Anda berhasil melakukan analisis kata kunci yang tepat pada mesin pencari Google.

Baca Juga: Mengenal Long Tail Keyword dan Manfaat Rahasia Bagi SEO Website Anda

Salah satu fungsi keyword adalah untuk optimasi situs web, jadi Anda tentu saja bisa mendapatkan ranking terbaik di mesin pencari, bila kata kunci yang Anda masukan relevan. Namun, ada beberapa tahapan yang harus Anda lewati untuk menemukan kata kunci terbaik dalam mesin pencari. Berikut tahapannya:

  • Lakukan riset dan analisis kata kunci.
  • Setelah melakukan riset dan menemukan berbagai data kata kunci, silahkan pilih kata kunci yang paling relevan dengan situs web Anda.
  • Kemudian, eksekusi kata kunci tersebut dalam bentuk optimasi struktur web, dan juga optimasi fitur web dengan cara membuat artikel yang mengandung kata kunci tersebut.

Jika Anda berhasil melakukan tahapan tersebut, maka situs web Anda dijamin akan teroptimasi di urutan teratas mesin pencari.

2. Mengundang Trafik Kunjungan Audiens

Dengan memanfaatkan riset kata kunci yang relevan, tentu saja situs yang Anda kelola sudah pasti akan tampil dalam deretan teratas mesin pencari Google. Hal ini tentu akan membuka peluang untuk para audiens meng-klik dan mengunjungi situs website Anda.

Baca Juga: Apa Itu Short Tail Keyword? Pengertian, Manfaat, dan Tips Mengoptimalkannya

Namun, tentunya untuk mendapatkan trafik kunjungan audiens dengan jumlah besar, Anda tidak cukup saja melakukan riset kata kunci sebagai bentuk optimasi situs. Anda perlu menambahkan unsur lain dalam Search Engine Optimization Web SEO agar kata kunci tersebut lebih optimal penggunaanya.

Berikut ini dasar-dasar SEO yang mesti ada dalam sebuah situs web:

  • Tools SEO: Alat optimasi yang telah terintegrasi secara teknis dengan mesin pencari. Dengan tools ini, situs web yang Anda kelola akan diarahkan agar lebih optimal sesuai standar ketentuan Google.
  • Google Ads: Jika Anda berpikir bahwa dengan optimasi gratis saja tidak cukup untuk menaikkan peringkat situs web, Anda bisa mencoba beriklan di Google, agar situs web Anda lebih optimal lagi. Sehingga, Anda tidak perlu repot-repot untuk optimasi web secara keseluruhan.
  • Konten Berkualitas: Tanpa adanya konten web yang berkualitas, tentu audiens tidak akan tertarik untuk mengunjungi situs Anda. Terlepas dari keyword adalah unsur yang utama dalam optimasi, jika konten web Anda tidak berkualitas, kata kunci sebagus apapun tidak akan bekerja optimal.

3. Meningkatkan Brand Awareness & Omset Penjualan Bisnis

Fungsi dari analisis kata kunci tentu pada umumnya adalah sebagai optimasi brand awareness produk. Di era digital ini, penjualan dan promosi produk secara online dengan platform situs website sudah terbukti menjadi salah satu cara paling efektif meningkatkan brand awareness bisnis.

Dengan brand yang mulai dikenal oleh masyarakat luas, tentunya omset penjualan secara otomatis akan ikut naik. Hal ini tentu sangat bermanfaat, terutama bagi Anda yang sedang menjalankan bisnis secara daring dengan memanfaatkan media situs web sebagai wadah promosi produk secara digital.

Baca Juga: Apa itu Keyword Stuffing? Pengertian dan Bahayanya Bagi Website

4. Budget Optimasi Web Relatif Rendah

Saat Anda melakukan riset kata kunci, kemudian kata kunci tersebut relevan, tentu hal ini akan mengantarkan situs Anda dalam deretan teratas situs web dalam mesin pencari. Dan tanpa Anda sadari, Anda telah melakukan optimasi tersebut secara gratis, alias tanpa biaya sepeserpun.

Bahkan, pada umumnya untuk mengoptimasi situs web lewat jasa optimasi, hal ini tentu akan memakan budget yang cukup besar, walaupun pada akhirnya situs Anda berhasil teroptimasi.

Jadi, jika Anda berhasil melakukan riset kata kunci dan sukses melakukannya, Anda tentunya telah menghemat biaya optimasi web dan biaya promosi produk bisnis. 

Baca Juga: Apa itu Keyword Density dan Cara Mengoptimalkannya untuk SEO

Jenis Keyword

Berdasarkan fungsinya, keyword adalah sebuah komponen optimasi web dan memiliki beberapa jenis berdasarkan cara kerja situs. Berikut penjelasannya:

1. Informational

Berdasarkan namanya, jenis kata kunci ini memiliki sifat menentukan informasi tertentu dalam keseluruhan isi konten. Jenis kata kunci ini umumnya digunakan oleh situs website yang menjelaskan informasi tertentu terkait suatu hal pada isi konten. Ciri-ciri kata kunci informational, antara lain:

  • Memberikan informasi tentang suatu hal atau peristiwa.
  • Terdapat solusi pemecahan masalah.
  • Keyword utama website atau blog pemberi informasi.
  • Intensitas pencarian biasanya sangat tinggi.

Contoh kata kunci ini adalah cara membuat kue, cara mempercepat koneksi internet, cara memasang iklan, dan lain sebagainya.

2. Investigational

Jenis kedua dari kata kunci atau keyword adalah investigational. Pada konteksnya, kata kunci ini merupakan kata kunci berdasarkan riset atau investigasi dalam hal kehidupan sehari-hari manusia. 

Kata kunci jenis ini bersifat umum, dengan target audiens yang mencari informasi sebagai referensi serta pembanding terhadap suatu permasalahan. Jenis kata kunci ini, biasanya dicari audiens sebagai jawaban dari pilihan dan pertanyaan-pertanyaan tertentu. 

Lalu, audiens juga akan melakukan pencarian lanjutan melalui kata kunci informatif setelah melakukan riset investigasi. Contoh, Destinasi tujuan wisata di Jakarta, Daftar negara tersantai di dunia, dan Ragam jenis racikan buah nanas.

3. Transactional 

Pada dasarnya, jenis ini hampir sama dengan jenis investigation. Namun, perbedaannya terdapat pada tujuan perbandingannya, yaitu mencari opsi mengenai suatu produk yang akan audiens beli. Perbandingan tersebut bisa berupa manfaat, harga, keunggulan, serta kekurangan dari suatu produk. 

Contoh, Harga ponsel dibawah 3 juta, jasa seo di Jakarta, dan tempat wisata di Bandung.

Baca Juga: Mengenal Buying Keyword untuk Inspirasi Website Anda

4. Navigational

Navigational keyword adalah sebuah istilah yang dicari para audiens saat mereka ingin mengunjungi sebuah situs web untuk mengetahui brand tertentu. Dengan kata lain, keyword navigational ini termasuk branded keyword yang cukup potensial.

Selain itu, para Marketer juga sering menggunakan jenis kata kunci ini ketika konsumen berada dalam tahap pertimbangan pembelian atau purchase funnel. Contoh dari kata kunci jenis ini adalah “jaket olahraga Adidas”.

5. Commercial

Kata kunci ini merupakan jenis kata kunci yang digunakan oleh para pelaku bisnis. Biasanya, penggunaan kata kunci ini adalah untuk keperluan komersial bisnis dengan menerapkan sistem iklan di dalamnya. Contoh, ponsel terbaik, obat jerawat terbaik, dan jaket kulit terbaik.

Baca Juga: List High Paying Keyword untuk Meningkatkan Penghasilan Web Anda

Tips Riset Keyword Agar Lebih Optimal

Berikut ini adalah hal-hal yang perlu Anda perhatikan ketika hendak melakukan riset kata kunci:

  • Sesuaikan dengan jenis website.
  • Lakukan pencarian kata kunci.
  • Buat kata kunci turunan.
  • Eksekusi dalam Konten yang menarik.

Cari Jasa Riset Keyword? Makinrajin Solusinya!

Sekian pembahasan tentang apa itu keyword. Kesimpulannya, keyword adalah komponen penting dalam optimasi website. Jika Anda tidak mau repot melakukan optimasi, Anda bisa menggunakan jasa riset keyword di Makinrajin.  Tersedia juga jasa SEO dan seluruh keperluan digital marketing dengan kualitas terbaik.

Alexandromeo I'm an experienced SEO Specialist who can grow a website through organic channel. I'm also passionate about digital marketing and web development