Alexandromeo I'm an experienced SEO Specialist who can grow a website through organic channel. I'm also passionate about digital marketing and web development

Cara Mengetahui Backlink Kompetitor dengan Mudah

3 min read

Cara Mengetahui Backlink Kompetitor dengan Mudah

Bagi para pemilik website bisnis, istilah backlink mungkin sudah tidak asing lagi. Dalam strategi meningkatkan backlink, Anda juga bisa mengamati seperti apakah backlink kompetitor Anda. Terdapat beberapa cara mengetahui backlink kompetitor yang perlu Anda ketahui. Apa sajakah itu? Simak informasinya berikut ini.

Sebelum mengetahui cara mengetahui backlink kompetitor, ada baiknya Anda mengetahui terlebih dahulu apa itu backlink. Secara umum backlink adalah sebuah tautan atau link dalam bentuk anchor text atau teks yang dapat diklik dan kemudian mengarah ke website bisnis milik Anda dengan

Tautan atau link tersebut juga berguna untuk mempermudah orang-orang menemukan website bisnis Anda dan juga bisa meningkatkan posisi website dalam suatu keyword di hasil pencarian Google. Backlink sendiri termasuk ke dalam salah satu strategi SEO atau Search Engine Optimization yang bernama off page SEO.

Dalam penerapannya, backlink terbagi menjadi dua jenis, yaitu dofollow dan nofollow. Dari kedua jenis tersebut, Google lebih menyukai jenis dofollow dibandingkan jenis nofollow.

Fungsi backlink di masa kini semakin berkembang. Selain untuk memperkuat hasil pencarian terhadap suatu keyword di Google, backlink kini juga memiliki fungsi untuk meningkatkan personal branding dan juga kepercayaan terhadap suatu bisnis.

Terdapat beberapa manfaat bagi Anda setelah Anda memanfaatkan beberapa cara mengetahui backlink kompetitor. Berikut ini adalah beberapa manfaatnya untuk Anda.

1. Dapat Menerapkan Strategi ATM

Strategi ATM adalah strategi marketing yang paling umum dan banyak orang yang melakukannya. ATM sendiri dalam strategi marketing berarti amati, tiru dan modifikasi. Setelah mengetahui cara mengetahui backlink kompetitor, Anda dapat melihat backlink seperti apa sajakah yang kompetitor Anda gunakan.

Setelahnya Anda juga akan mendapatkan referensi tentang backlink seperti apa sajakah yang mengarah ke website kompetitor Anda. Anda juga dapat menggunakan strategi backlink kompetitor yang telah Anda ketahui dengan sedikit modifikasi yang lebih baik. 

2. Mengantisipasi Penurunan Ranking di Google

Manfaat yang kedua akan Anda rasakan adalah dapat mengantisipasi penurunan ranking di Google. Mendapatkan posisi teratas terhadap suatu pencarian keyword atau kunci di Google tidaklah mudah. Karena itu Anda perlu menjaganya ketika Anda berada di posisi paling atas Google.

Backlink secara umum dapat meningkatkan posisi halaman website di Google. Namun perlu menjadi catatan Anda, jangan sampai ada backlink yang tidak berkualitas mengarah ke website Anda karena hal ini dapat menurunkan posisi website bisnis Anda di hasil pencarian Google.

3. Meningkatkan DA dan PA

DA atau Domain Authority dan juga PA atau Page Authority adalah suatu parameter yang bisa disebut juga sebagai tingkat kepercayaan Google terhadap suatu website atau halaman website.

DA dan PA dapat ditingkat dengan menggunakan strategi backlink yang tepat. Karena DA dan PA adalah suatu parameter tentang tingkat kepercayaan Google, tentunya hal ini juga dapat mempengaruhi posisi website terhadap suatu keyword di pencarian Google.

4. Mengalahkan Pesaing

Manfaat yang terakhir dari cara mengetahui backlink kompetitor adalah tentunya dapat mengalahkan pesaing website bisnis Anda. Anda dapat menganalisa berapa banyak backlink dan backlink seperti apa yang kompetitor Anda miliki.

Sebagai contoh jika website kompetitor Anda menggunakan 8 backlink, maka Anda dapat mengalahkannya dengan memiliki 10 backlink berkualitas yang mengarah ke website bisnis Anda.

Setelah mengetahui banyak hal tentang backlink, tentu hal yang paling utama Anda harus mengetahui bagaimana cara mengetahui backlink kompetitor. Untuk melakukannya, Anda perlu menggunakan bantuan beberapa tools. Berikut adalah beberapa tools dan cara mengetahui backlink kompetitor melalui tools tersebut.

1. AHREFS

Tools yang pertama adalah AHREFS. AHREFS adalah salah satu tools SEO yang cukup populer dan ada banyak orang yang menggunakannya. Tools ini memiliki banyak sekali kegunaan termasuk bisa mengetahui backlink seperti apa sajakah yang kompetitor gunakan.

Cara mengetahui backlink kompetitor menggunakan tools ini cukup mudah. Anda dapat menemukan fitur analisa backlink AHREFS secara gratis di Google. Setelah menemukannya Anda cukup memasukan website kompetitor Anda. Lalu akan muncul berbagai data lengkap tentang backlink kompetitor Anda.

2. Moz

Tidak kalah populer dengan tools sebelumnya, tools yang bernama Moz ini juga cukup banyak orang yang menggunakannya. Moz sendiri sering menjadi pilihan banyak orang dalam menganalisa backlink kompetitor. Fitur analisa backlink Moz juga bisa Anda temukan di Google dan Anda gunakan secara gratis.

Setelah menemukannya, cara mengetahui backlink kompetitor Anda adalah cukup memasukan website kompetitor. Lalu akan beberapa informasi tentang backlink kompetitor Anda. Beberapa diantaranya adalah seperti DA dan PA serta spam score suatu website. Semakin rendah nilai spam score tersebut maka akan semakin baik.

3. Semrush

Semrush merupakan sebuah tools dengan berbagai macam fitur untuk keperluan digital marketing. Tools ini juga cukup sering digunakan oleh para praktisi di bidang SEO. Perlu Anda ketahui, Semrush adalah tools premium dimana Anda harus mengeluarkan biaya tersendiri untuk tools yang satu ini.

Meskipun harus mengeluarkan biaya, tapi hasil analisa dari tools ini cukup lengkap termasuk analisa backlink kompetitor Anda. Selain backlink tools ini mempunyai fitur keperluan digital marketing lainnya seperti research keyword, website audit untuk memperbaiki website Anda, dan berbagai fitur lainnya.

4. Ubersuggest

Tools yang terakhir adalah tools yang dibuat oleh salah seorang praktisi SEO terkemuka yang bernama Neil Patel. Kini Ubersuggest termasuk tools premium yang dimana Anda harus mengeluarkan sejumlah biaya untuk menggunakan berbagai fitur yang ada pada tools ini termasuk untuk menganalisa backlink kompetitor

Ubersuggest sendiri merupakan salah satu tools yang cukup populer dan banyak praktisi SEO dan digital marketing gunakan. Salah satu hal yang membuatnya cukup populer adalah cukup mudah untuk menggunakannya termasuk para pemula.

Itulah informasi penting tentang backlink kompetitor yang perlu Anda ketahui. Mulai dari pengertian backlink, cara mengetahui backlink kompetitor dengan menggunakan tools, dan manfaat yang akan Anda terima setelah melakukan analisa. Selamat mencoba, semoga informasi backlink ini bermanfaat untuk Anda.

Makinrajin menyediakan jasa backlink berbagai jenis website, mulai dari PBN, content placement, hingga media nasional untuk membantu meningkatkan traffic dan ranking website Anda.

Alexandromeo I'm an experienced SEO Specialist who can grow a website through organic channel. I'm also passionate about digital marketing and web development