Alexandromeo I'm an experienced SEO Specialist who can grow a website through organic channel. I'm also passionate about digital marketing and web development

Freelance Penulis vs Content Agency, Mana yang Terbaik?

3 min read

Freelance Penulis vs Content Agency, Mana yang Terbaik

Dewasa ini, kebutuhan penulisan artikel sedang meningkat tajam. Rutinitas pengunggahan artikel berkualitas dan relevan sangatlah penting untuk mendapatkan traffic dan pembeli melalui website. Namun, terkadang Anda kurang dapat menyediakan waktu untuk menyediakan tulisan rutin untuk website Anda.

Sekarang sudah terdapat banyak pihak yang memberikan layanan penulisan artikel. Yang paling umum adalah artikel dari penulis lepas dan para penulis dari agency. Nah, untuk Anda yang masih bingung harus meminta artikel dari freelance penulis vs content agency, inilah perbedaan kentaranya.  

Freelance Penulis vs Content Agency

Ada beberapa aspek yang membedakan freelance penulis vs content agency. Anda perlu mengetahui perbedaan ini supaya Anda bisa menentukan ingin menggunakan freelance penulis atau content agency.

1. Harga 

Penulis lepas merupakan pekerjaan yang tidak terikat oleh perusahaan manapun, sehingga pemasukannya pun tergantung seberapa banyak pekerjaan yang telah dikerjakan. Keuntungan yang didapat pun tidak perlu dibagikan oleh pihak lain dan murni. Jadi, Anda mungkin bisa membayar murah untuk mendapatkan artikel. 

Namun, harga masih bergantung pada pengalaman si penulis sendiri dan jenis artikel. Untuk artikel yang membutuhkan analisis dan riset mandalam, perhitungan penulis pemula dan profesional adalah sekitar 150 rupiah per kata. Penulis yang lebih ahli dan berpengalaman dapat mendapatkan dari 500-rupiah hingga 750-rupiah untuk satu kata. 

Sedangkan untuk artikel yang bertujuan untuk optimasi SEO, penulis pemula umumnya dapat mengenakan biaya 35 hingga 50 rupiah per kata. Untuk penulis yang lebih berpengalaman, satu kata dapat berharga sekitar 70 hingga 100 rupiah. Harga untuk jenis artikel ini memang lebih murah karena sifat artikel yang lebih ringan. 

Namun, permintaan artikel SEO cukup banyak, apalagi kebutuhan untuk meningkatkan ranking organik website perusahaan di mesin pencarian. 

Berbeda dengan bekerja sendiri, menjadi content writer di bawah naungan sebuah agensi memberikan cukup banyak keuntungan. Beberapa agency menawarkan layanan konsultasi untuk menyelaraskan tujuan Anda dengan kebutuhan artikel. 

Selain itu, agency biasanya menawarkan jasa sekitar Rp60-100 untuk satu kata. Namun, seringkali agency menambahkan diskon berbagai macam, seperti diskon jika membeli 10 artikel dalam 1 pembelian. 

2. Kualitas

Dari aspek kualitas, penulisan artikel dari agency cenderung lebih terpercaya. Proses pengerjaan artikel di dalam sebuah agency adalah hasil dari kerjasama tim. Kebanyakan agency mempunyai tim editor di mana tim ini bertugas untuk memeriksa dan memperbaiki jika terdapat kesalahan dari segi bahasa tulisan artikel. 

Selain itu, para penulis di bawah naungan agency umumnya adalah kumpulan penulis yang telah melalui proses seleksi. Seleksi ini diadakan supaya para penulis bekerja sesuai dengan standar. Jadi, hasil tulisan yang dibuat sudah memenuhi kualifikasi dari content agency. 

Berbeda dengan content agency, freelance penulis adalah penulis yang bekerja sendiri. Untuk penulis lepas berpengalaman, kualitas tulisan sudah tidak perlu diragukan lagi apalagi kalau penulis sudah menyertakan portfolio. Jadi, Anda hanya perlu memeriksa portfolio penulis dan mempertimbangkan jika ingin menggunakan jasanya. 

Baca Juga: Mengapa Anda Perlu Menggunakan Jasa Penulis Artikel? Ini Alasannya

3. Kecepatan

Kecepatan pengumpulan artikel freelance penulis vs content agency belum bisa dibandingkan. Semua tergantung dengan time management masing-masing. Namun, para penulis di bawah agency mempunyai lebih banyak peluang menyelesaikan artikel lebih cepat. 

Di dalam agency, ada terdapat beberapa tim dengan tugas masing-masing. Setiap tim mempunyai deadline terjadwal untuk memenuhi ketentuan yang diminta oleh Anda dan agency. Jadi, artikel yang Anda minta akan lebih cepat sampai ke tangan Anda dengan kualitas yang memuaskan. 

4. Kemampuan Penulis

Penulis lepas bersifat individual dan mempunyai bidang khusus yang dikuasai. Jika ada tawaran pekerjaan yang mengkhususkan keahlian dalam topik yang kurang dikuasai, tentu hasil pekerjaan bisa menjadi kurang maksimal. Namun, penulis lepas dapat berusaha untuk melakukan riset terlebih dahulu untuk topik asing bagi mereka. 

Anda hanya perlu berkomunikasi dengan penulis jika Anda sudah mengenal mereka. Namun, Anda dapat memeriksa portfolio dari penulis untuk menentukan penulis lepas mana yang sesuai dengan niche dan gaya tulisan tulisan yang Anda cari. 

Berbeda dengan freelance penulis, para penulis yang mengikuti sebuah agency sangatlah bervariasi dan dari berbagai latar belakang. Hal ini sangat menguntungkan untuk menerima permintaan Anda dari berbagai bidang tanpa harus melakukan riset terlalu dalam. 

Keuntungan ini juga menghemat waktu pengerjaan juga sehingga permintaan Anda lebih cepat terselesaikan. 

Baca Juga: Pentingnya Rutin Update Artikel, Apa Saja Manfaatnya?

5. Working Hours

Umumnya, penulis lepas adalah pekerjaan yang untuk mendapatkan penghasilan tambahan. Waktu kerja mereka fleksibel dan tidak terkait kontrak dengan siapapun. Jadi, penulis dapat mengambil pekerjaan saat penulis sedang memiliki waktu senggang. 

Sebaliknya, penulis di dalam agency biasanya berkaitan kontrak, dari full-time hingga part-time. Pekerjaan yang diberikan bersifat wajib dan merupakan tanggung jawab yang harus diselesaikan dengan kualitas tinggi. Jadi, artikel yang Anda minta dari sebuah agency adalah hasil tulisan yang tidak sembarang. 

Mana yang Anda Pilih, Freelance Penulis vs Content Agency? 

Perbedaan antara penulis lepas dan penulis di dalam agency bukanlah untuk merendahkan satu sama lain, melainkan untuk menyesuaikan dengan kebutuhan Anda. Jika permintaan artikel Anda tidak memerlukan waktu cepat, Anda dapat menggunakan penulis lepas. Selain itu, biasanya Anda bisa mendapatkan harga lebih murah.

Namun, agency seringkali menawarkan diskon bagi Anda yang memesan banyak artikel. Selain itu, Anda dapat berkonsultasi terlebih dahulu artikel yang mana yang website Anda butuhkan sehingga tujuan Anda dapat tercapai dengan efektif dan efisien. 

Kualitas dari agency pun tidak bisa diragukan karena memang sudah ada standarisasi tersendiri. Dengan begitu, Anda bisa mendapatkan artikel berkualitas dalam jumlah banyak dengan waktu yang cepat.

Makinrajin menyediakan jasa penulisan artikel SEO yang dapat membantu memenuhi kebutuhan artikel untuk website Anda.

Alexandromeo I'm an experienced SEO Specialist who can grow a website through organic channel. I'm also passionate about digital marketing and web development