Alexandromeo I'm an experienced SEO Specialist who can grow a website through organic channel. I'm also passionate about digital marketing and web development

Google Analytics: Pengertian, Fungsi, dan Cara Menggunakannya

5 min read

Google Analytics, Tools Terbaik untuk Level Up Bisnis!


Google Analytics adalah salah satu teknologi dari Google yang sangat membantu pengelolaan dan pengembangan bisnis. Hal tersebut bisa terjadi bukan tanpa alasan, fungsinya yang powerful sudah berhasil membantu ribuan bisnis menjadi lebih baik. Tak heran banyak pebisnis mulai mencari tahu lebih dalam mengenai teknologi satu ini!

Apa itu Google Analytics

Pada dasarnya Google Analytics adalah sebuah layanan analitik web yang menyediakan berbagai informasi statistik dengan alat analitik dasar yang cukup lengkap. Tujuan menggunakan tools ini pastinya untuk pengoptimalan website, teknik SEO, dan berbagai kebutuhan pemasaran. 

Sebagai bagian dari Google Marketing Platform, Anda dapat menggunakan alat ini secara  gratis. Anda bisa melakukan berbagai aktivitas analisa seperti melacak kinerja website, menganalisa kebiasaan pengunjung, hingga mengenal pengunjung lebih dalam lagi. 

Melalui alat ini, bisnis akan lebih mudah menentukan sumber lalu lintas pengguna terbaik yang akan mengukur keberhasilan kegiatan bisnis dan kampanye pemasaran produk. Bahkan masih banyak kegiatan lain yang akan sangat terbantu dengan adanya layanan Google satu ini.

Layanan Google ini juga akan mendapatkan data pengguna dari setiap pengunjung situs, melalui penggunaan tag pada halaman. Setiap tag pada halaman akan masuk ke dalam pemrosesan data yang berjalan setiap ada request dari pengunjung. Perjalanan tag nantinya akan berakhir pada server dan Google munculkan melalui layanan ini.

Google Analytics adalah tools yang cukup bermanfaat, karena setiap laporan yang Anda dapat akan mengalami penyesuaian. Hal tersebut akan memudahkan pelacakan dan evaluasi data penting seperti jumlah pengguna, bounce rates, durasi kunjungan, pencapaian sasaran, dan beberapa data penting lainnya.

Walaupun berfungsi sebagai suara dari tiap pengunjung, namun sistem ini memiliki kelemahan. Sistem ini tak bisa membaca tag pada pengguna yang telah melakukan penghapusan cookie. Namun, dengan kelemahan tersebut, tools Google ini masih memiliki manfaat dan performa yang cukup baik untuk pengembangan bisnis.

Fungsi Google Analytics

Sebenarnya memanfaatkan layanan Google ini akan memberikan berbagai keuntungan untuk perkembangan bisnis. Hal tersebut sangat mungkin terjadi karena fungsi Google Analytics yang powerful, diantaranya seperti:

1. Menunjukkan Performa Konten Secara Spesifik

Tak hanya memberikan laporan tentang web secara keseluruhan, Google Analytics juga membantu mendalami bagaimana kinerja konten tertentu secara spesifik. Sehingga Anda bisa tahu apakah konten yang Anda buat (khususnya konten kampanye), berjalan sesuai fungsi yang Anda harapkan atau tidak.

2. Menunjukkan Bounce Rates Dengan Akurat

Bounce rate adalah salah satu metrik penting yang harus Anda perhatikan, karena metrik ini menunjukkan besaran pengunjung yang hanya numpang lewat dalam konten yang Anda buat. Semakin rendah nilai bounce rate, maka semakin baik kualitas konten Anda.

3. Lebih Memahami Pengunjung

Salah satu hal penting dalam mempelajari apa itu Google Analytics adalah untuk memahami apa yang pengunjung terutama pelanggan Anda butuhkan. Tujuan memahami pengunjung adalah untuk mendapatkan formula terbaik dalam pemasaran produk.

4. Mengetahui Asal Perolehan Leads

Setiap bisnis pastinya menggunakan lebih dari satu strategi pemasaran, baik melalui penawaran email, pelayanan terbaik, maupun pemasangan ads dari beberapa platform

Agar dapat mengetahui seberapa efektif iklan yang Anda pasang, Anda perlu data yang akurat, seperti berapa banyak leads yang masuk dari iklan tersebut. Data ini bisa Anda dapatkan melalui tools Google ini.

Selain melalui iklan ads, optimasi backlink juga perlu Anda pantau perkembangannya. Untungnya, Google Analytics adalah tools yang tepat untuk mengetahui hal tersebut. Karena terdapat laporan asal perolehan leads yang jelas.

6. Sinkronkan Semua Produk Google yang Anda Gunakan

Google memberikan layanan terbaik untuk bisnis Anda, melalui berbagai tools yang tersedia. Namun akan rugi jika Anda tak melakukan sinkronisasi pada setiap tools yang Anda gunakan. Untungnya, Anda bisa melakukan sinkronisasi dengan tools Google satu ini, sehingga seluruh tindakan bisa terpantau dengan jelas.

7. Menganalisis Pencarian Kata Kunci Organik yang Anda Buat

Melalui data penelusuran organik, tools ini akan membantu Anda menganalisa seberapa jauh perkembangan pencarian kata kunci organik dari konten yang Anda buat. Layaknya peta panduan saat mempromosikan agensi, Anda bisa menemukan data pencarian pengguna pada kata kunci organik secara spesifik.

8. Fitur Kustomisasi

Google Analytics juga memberikan berbagai kemampuan segmentasi dalam kategori e-niaga, geolokasi, dan minat yang dapat dimanfaatkan untuk keberhasilan biro iklan. Sehingga Anda dapat menyesuaikan berbagai kemungkinan segmentasi untuk memudahkan mencapai tujuan dan kebutuhan pemasaran 

9. Lihat Perusahaan yang Mengunjungi Website Anda

Tak hanya menunjukkan seberapa banyak pengguna saja, namun tools ini juga membantu Anda mengetahui apakah ada perusahaan yang mengunjungi website Anda. Hal tersebut bisa menjadi peluang untuk bisnis, karena besar kemungkinan perusahaan tersebut tertarik dengan bisnis yang Anda jalankan.

10. Rekomendasi URL Terbaik yang Bisa Anda Gunakan

Google dapat mengaitkan lalu lintas ini dengan lebih baik, jika Anda mengarahkan ke situs dengan URL yang memiliki parameter Urchin Tracking Module (UTM). Namun, karena sedikit sulit untuk memeriksa URL satu persatu, Anda bisa menggunakan layanan analisa Google untuk menghasilkan URL yang sepenuhnya dapat dilacak.

11. Riset Kompetitor

Google Analytics adalah salah satu tools terbaik yang memberi Anda kesempatan untuk menganalisis dan memantau jejak kampanye kompetitor Anda. Melalui akses ini, Anda dapat memanfaatkan informasi dan menyusun strategi promosi yang melebihi kompetitor.

12. Segmen Audiens Otomatis

Tools ini juga memiliki fitur segmen audiens yang dapat membantu memisahkan berbagai audiens dengan beberapa klasifikasi tertentu. Sehingga Anda akan mendapatkan metrik tambahan untuk pembuatan strategi terbaik dalam pemasaran.

Istilah Penting Google Analytics

Agar lebih memahami apa itu Google Analytics dan bagaimana cara menggunakannya, Anda harus tahu beberapa istilah penting dalam tools tersebut. Contohnya beberapa istilah di bawah ini:

  • Accounts: Sebuah atau sekelompok akun yang mengunjungi web Anda.
  • Average Session Duration: Durasi rata-rata pengunjung mengunjungi website Anda.
  • Bounce Rate: Total persentase pengunjung yang hanya numpang lewat di website atau halaman yang Anda buat.
  • Goal Completions: Frekuensi pengunjung yang melakukan tindakan yang Anda inginkan (khususnya konversi atau transaksi).
  • Page per Session: Persentase pengunjung pertama dalam kurun waktu tertentu.
  • Session: Interaksi pengunjung yang terjadi dalam sebuah halaman dalam kurun waktu 30 menit.
  • Page Views: Total sebuah halaman dibuka pengunjung.
  • Properties: Objek yang matriksnya menjadi sasaran pembantaian Google Analytics, khususnya berupa web, aplikasi, mobile, maupun device lainnya.
  • Organizations: Mengelompokkan berbagai produk dan metrik pengukuran dalam satu folder.

Apa Saja yang Bisa Dipantau Google Analytics?

Menerapkan Google Analytics adalah cara terbaik untuk mengembangkan bisnis, karena dengan tools ini Anda dapat memantau beberapa hal seperti:

1. Traffic Masuk

Hal pertama yang bisa Anda pantau adalah trafik pengunjung, yang mengunjungi halaman Anda. Bahkan Anda bisa tahu total pengunjung, sumber traffic, durasi berkunjung dan berbagai metrik penting lainnya.

2. Interest dan Kebiasaan Pengunjung

Fungsi Google Analytics dalam memantau pelanggan, juga bisa membantu mengetahui ketertarikan dan kebiasaan pengunjung saat berkunjung ke website yang Anda kembangkan. Dengan begitu Anda bisa menentukan strategi pemasaran untuk tiap segmen pengunjung dalam web tersebut.

3. Bounce Rates

Melalui tools Google ini Anda juga bisa membantu presentasi bounce rates, pada sebuah page kampanye. Sehingga Anda bisa tahu apakah sasaran target pasar Anda sudah sesuai dengan produk yang Anda jual atau belum.

4. Custom Reports

Google Analytics adalah tools yang menyediakan fitur laporan yang bisa Anda sesuaikan. Sehingga Anda bisa mengetahui kebutuhan utama dalam satu tampilan saja. Melalui fitur custom reports, Anda bisa memantau beberapa metrik dalam satu tampilan saja.

Tools ini juga memungkinkan Anda mensinkronisasi laporan dengan sosial media dan tools Google lainnya. Tujuannya adalah mempermudah penyampaian informasi terkait efektifitas backlink yang Anda buat.

6. Average Duration on Page

Melalui fitur yang menunjukkan rata-rata durasi pengunjung berada dalam sebuah halaman atau konten. Maka dapat menunjukkan seberapa efisien penerapan teknik SEO yang Anda lakukan. 

7. Mengetahui Pageviews Halaman Secara Spesifik

Melalui bantuan tools Google ini, Anda juga bisa mengetahui jumlah page view tiap halaman yang Anda kelola. Sehingga Anda bisa menyeleksi halaman yang memiliki performa di bawah rata-rata.

Cara Setting Google Analytics

Agar dapat menggunakan fitur secara penuh, Anda perlu setting Google Analytics dan menyambungkannya ke website Anda. Jika Anda bingung bagaimana cara pengaturannya, Anda bisa mengikuti langkah berikut ini:

1. Buat Akun Terlebih Dahulu

Agar bisa mengakses seluruh layanan Google Analytics, Anda harus mendaftarkan diri terlebih dahulu. Caranya sebagai berikut:

google analytics adalah
Youtube/Niagahoster Indonesia
  • Lalu klik “Sign up for free” dan isi seluruh form yang ada.
google analytics adalah
Youtube/Niagahoster Indonesia
  • Klik “Create” untuk mendapatkan “Tracking ID”.
google analytics adalah
Youtube/Niagahoster Indonesia

2. Install Plugin Google Analytics di WordPress

Setelah berhasil mendaftarkan, langkah selanjutnya adalah menginstal plugin Google Analytics pada WordPress yang Anda gunakan dengan cara seperti berikut:

  • Login ke WordPress seperti biasanya.
  • Setelah itu, klik menu “Plugin”. Lalu, pilih opsi “Add New” untuk menambahkan aplikasi tambahan pada WordPress.
google analytics adalah
Youtube/Niagahoster Indonesia
  • Masukkan kata kunci Google Analytics, lalu klik “Install Now” setela menemukan plugin yang Anda cari.
google analytics adalah
Youtube/Niagahoster Indonesia
  • Jangan lupa klik tombol “Activate” setelah aplikasi berhasil Anda install.

3. Masukkan Tracking ID ke Plugin 

Langkah terakhir adalah memasang Tracking ID yang sebelumnya Anda dapatkan saat melakukan pendaratan. Caranya mudah, Anda bisa ikuti pengaturan berikut ini:

  • Buka Google Analytics pada menu sidebar WordPress Anda.
  • Setelah itu pilih opsi “Setting”.
google analytics adalah
Youtube/Niagahoster Indonesia
  • Aktifkan menu “Manually enter Tracking ID”.
  • Setelah muncul form setting manual, Anda bisa masukkan Tracking ID tadi pada form yang tersedia.
Youtube/Niagahoster Indonesia
  • Klik “Save Changes” untuk menyimpan pengaturan tersebut.
  • Jika Anda sudah berhasil, plugin tersebut akan berjalan secara otomatis setiap 24 jam. 
  • Dalam kurun waktu tertentu Anda bisa menggunakan tools ini untuk mengembangkan bisnis.

Sudah Paham Tentang Apa itu Google Analytics?

Dari penjelasan di atas, kini Anda tahu apa itu Google Analytics, fungsi serta bagaimana cara pengaturannya agar bisa sinkron dengan website yang Anda kelola. Karena memiliki peranan yang besar dalam memberikan bantuan analisis bisnis, ada baiknya Anda segera menggunakan layanan Google satu ini untuk levelup bisnis!

Alexandromeo I'm an experienced SEO Specialist who can grow a website through organic channel. I'm also passionate about digital marketing and web development