Alexandromeo I'm an experienced SEO Specialist who can grow a website through organic channel. I'm also passionate about digital marketing and web development

Apa itu UTM? Mengapa Anda Harus Menggunakannya? (Lengkap)

3 min read

UTM Adalah - Mengapa Anda Harus Menggunakannya (Lengkap)

UTM adalah salah satu parameter yang bisa Anda manfaatkan ketika menjalankan kampanye digital marketing. Melalui UTM, Anda dapat membuat kampanye digital marketing yang jauh lebih maksimal. Untuk mengetahui lebih lanjut mengenai UTM ini, simak pembahasannya berikut ini.

Apa Itu UTM?

UTM atau yang biasa juga disebut parameter UTM adalah sebuah tag yang biasa ada pada akhir URL kampanye digital marketing yang bisa membantu Anda mengetahui dan mengukur efektivitas kampanye digital marketing yang Anda lakukan.

Kepanjangan dari UTM sendiri adalah Urchin Tracking Module. Parameter ini akan memaksimalkan kampanye digital marketing dengan cara memaksimalkan tautan yang mengarah ke situs website bisnis Anda. Melalui tautan tersebut, Anda dapat mengetahui dari mana orang-orang yang berkunjung ke website bisnis Anda.

Namun perlu menjadi catatan penting bagi Anda bahwa Urchin Tracking Module link yang telah Anda sesuaikan untuk suatu platform akan tidak akan berubah meskipun iklan atau kampanye digital marketing tersebut dibagikan ke platform lainnya.

Sebagai contoh apabila Anda mempersiapkan UTM link untuk media sosial Instagram, maka ketika orang membagikan iklan kampanye Anda ke Facebook dan kemudian dari Facebook mengarah ke website bisnis Anda, maka UTM link yang terdeteksi tetaplah Urchin Tracking Module parameter yang berasal dari Instagram.

Cara Kerja UTM

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya tentang apa itu UTM atau Urchin Tracking Module yang mana Urchin Tracking Module adalah parameter untuk mengukur dan memaksimalkan suatu kampanye digital marketing, hal penting berikutnya adalah bagaimana cara kerja Urchin Tracking Module.

Secara mudah dan singkat, Urchin Tracking Module link yang berisi source, medium dan campaign akan terdeteksi apabila ada seseorang yang mengakses link tersebut. Melalui Urchin Tracking Module Anda akan mengetahui dari mana traffic yang mengarah ke website bisnis Anda. Apakah melalui organic, ads atau media sosial.

Urchin Tracking Module parameter yang telah Anda buat sebelumnya, umumnya bisa Anda periksa melalui Google Analytics. Melalui Google Analytics ini Anda dapat melihat customer journey orang-orang yang berada dalam website bisnis Anda dan dapat melihat funneling marketing atau alur dari awal sampai terjadinya penjualan dalam website.

Parameter UTM

Parameter Urchin Tracking Module adalah parameter berada pada Urchin Tracking Module link yang bisa Anda gunakan untuk memantau kampanye digital marketing Anda. 

Terdapat 3 parameter yang biasa pada Urchin Tracking Module link, namun sebenarnya ada 5 parameter Urchin Tracking Module yang perlu Anda ketahui. Berikut adalah 5 parameter Urchin Tracking Module yang perlu Anda ketahui tersebut.

1. Source

Parameter Urchin Tracking Module yang pertama adalah source. UTM source merupakan parameter yang bisa Anda lihat pada bagian awal Urchin Tracking Module link. 

Melalui parameter ini Anda akan dapat mengetahui dari mana orang-orang bisa berkunjung ke website bisnis Anda, apakah dari website lainnya, sosial media atau yang lainnya.

Parameter source ini akan menampilkan informasi tersebut. Sebagai contoh apabila Anda mendapatkan kunjungan website yang berasal dari Facebook, maka UTM link adalah sebagai berikut ini, utm_source=facebook.

2. Medium

Parameter Urchin Tracking Module yang kedua adalah medium. Parameter medium akan menjelaskan jenis tautan seperti apakah yang memberikan kunjungan ke website bisnis Anda. Pada umumnya parameter ini akan tampil seperti klik, email, atau social. Bentuk UTM link untuk parameter ini adalah seperti utm_medium=social.

3.Campaign

Parameter Urchin Tracking Module yang berikutnya adalah campaign. Parameter campaign ini memberikan Anda informasi kampanye digital marketing seperti apa yang memberikan kunjungan kepada situs bisnis Anda. Pada parameter ini akan berisi informasi tentang nama kampanye yang telah Anda jalankan.

Jenis parameter ini sangat berguna apabila Anda menjalankan beberapa UTM sekaligus. Sebagai contoh apabila Anda menjalankan kampanye digital marketing untuk jasa foto editing  dan video editing. Maka UTM link yang akan Anda bisa lihat adalah utm_campaign=fotoediting dan utm_campaign=videoediting.

4. Term

Parameter Urchin Tracking Module term biasa digunakan untuk melacak suatu kata kunci tertentu yang telah Anda targetkan sebelumnya. Jenis parameter ini sangat berguna untuk mengetahui kata kunci seperti apa yang paling tepat dan efektif yang bisa mengarahkan orang-orang ke website bisnis Anda.

5. Content

Jenis parameter Urchin Tracking Module yang terakhir adalah content. Parameter Urchin Tracking Module content sering digunakan untuk lebih mengetahui secara spesifik dari mana orang-orang berkunjung ke website bisnis Anda melalui pada bagian mana mereka mengklik kampanye iklan Anda.

Sebagai contoh dalam sebuah banner atau spanduk iklan terdapat beberapa pilihan CTA yang bisa orang pilih seperti klik teks atau klik bottom. Maka melalui parameter ini Anda akan dapat mengetahui CTA seperti apa yang paling menghasilkan untuk kampanye digital marketing Anda.

Cara Membuat UTM

Setelah mengetahui berbagai macam tentang Urchin Tracking Module, mulai dari apa itu UTM, sampai dengan jenis-jenis parameter yang ada di UTM link, hal penting berikutnya yang perlu Anda ketahui tentunya adalah cara membuat Urchin Tracking Module. Untuk membuat UTM, berikut adalah langkah-langkahnya

1. Buka Halaman Google’s Campaign URL Builder

Langkah yang pertama adalah Anda harus membuka halaman Google’s Campaign URL Builder. Melalui halaman tersebut Anda dapat membuat kode pelacak Urchin Tracking Module yang nantinya akan Anda gunakan. Pada halaman ini Anda juga akan melihat beberapa hal yang perlu Anda isi terlebih dahulu.

2. Isi Kolom Parameter

Langkah yang kedua setelah Anda masuk ke halaman Google”s Campaign URL Builder adalah mengisi beberapa kolom yang telah disiapkan pada halaman tersebut. Pada halam tersebut Anda akan melihat beberapa hala seperti website URL, campaign source, campaign medium, dan campaign name.

Setelah mengisi semua kolom yang dibutuhkan, maka selanjutnya akan muncul UTM link yang sudah dapat Anda gunakan. Selain itu juga terdapat pilihan untuk membuat UTM link menjadi lebih singkat dan Anda dapat mencoba hal tersebut.

4. Menganalisa UTM di Google Analytics

Hal yang terakhir tentunya adalah menganalisa bagaimana performa kampanye digital marketing Anda melalui UTM link pada Google Analytics. Perlu menjadi catatan penting bagi Anda, bahwa biasanya Google Analytics membutuhkan waktu 3 sampai 5 hari untuk menarik data secara sempurna untuk Urchin Tracking Module.

Cara menganalisa pada Google Analytics adalah dengan cara buka menu Acquisition kemudian pilih menu Campaigns, lalu pilih menu All Campaigns. Pada halaman ini akan memunculkan bagaimana performa dari UTM link yang telah Anda buat sebelumnya.

Manfaatkan UTM Sekarang Juga

Itulah beberapa informasi mengenai Urchin Tracking Module yang perlu Anda ketahui. Mulai dari apa itu UTM, cara kerjanya, parameter dalam Urchin Tracking Module sampai cara membuat Urchin Tracking Module yang perlu Anda ketahui.

Urchin Tracking Module sangat berguna untuk memantau kampanye digital marketing Anda. Melalui hal tersebut, Anda dapat mengetahui performa kampanye digital marketing Anda dan membuat kampanye digital marketing yang lebih baik dan efisien dari pada sebelumnya.

Alexandromeo I'm an experienced SEO Specialist who can grow a website through organic channel. I'm also passionate about digital marketing and web development