Alexandromeo I'm an experienced SEO Specialist who can grow a website through organic channel. I'm also passionate about digital marketing and web development

Apa itu Google Data Studio? Pengertian dan Cara Menggunakannya

3 min read

Google Data Studio Adalah - Pengertian dan Cara Menggunakannya

Saat ini hampir seluruh sektor kerja telah memasuki era digitalisasi yang mana mengharuskan semua orang dapat mengakses file hingga data secara online. Oleh karena itu, banyak aplikasi aplikasi pengolahan data yang membantu para pekerja untuk menyajikan hingga melakukan pelaporan data. Salah satu tools digital marketing yang cukup banyak digunakan adalah Google Data Studio. Simak penjelasan berikut ini.

Apa Itu Google Data Studio?

Google Data Studio merupakan salah satu aplikasi atau tools kerja yang disediakan oleh Google. Google Data Studio memiliki fungsi utama untuk visualisasi data dan pengolahan data. Tools ini memudahkan anda untuk menyajikan suatu data pekerjaan dan menyebarkannya pada rekan kerja atau orang lain yang berhubungan. 

Google Data Studio disediakan secara gratis dan dapat diakses oleh siapapun yang memiliki akun Google. Selain memudahkan Anda untuk memvisualisasikan data secara online, Google Data Studio juga menyediakan berbagai sumber – sumber data yang terhubung ke Facebook dan produk Google lainnya.

Mengapa Harus Google Data Studio? 

Fitur pengolahan dan visualisasi data yang ditawarkan oleh Google Data Studio tidaklah satu satunya di dunia ini. Ada banyak lagi aplikasi dan tools sejenis yang menawarkan pengalaman serupa. Namun, Apakah keunggulan Google Data Studio dibandingkan produk sejenis lainnya ? Berikut merupakan penjelasannya. 

1. Mampu Menggabungkan Data dari Banyak Sumber 

Google Data Studio memungkinkan Anda untuk dapat mengakses data dari sumber sumber berbeda untuk kemudian digabungkan menjadi satu. Data tersebut dapat diringkas dan disajikan dalam satu laporan atau bahkan dapat dijadikan satu tabel yang sama.

Data data yang bisa Anda gunakan berasal dari 487 sumber diantaranya adalah YouTube, Facebook, LinkedIn dan lain sebagainya. Selain data dari konektor mitra, Google Data Studio juga menyediakan data dari konektor Google seperti Spreadsheet, Google Analytics, Google Adwords dan lain sebagainya

2. Memiliki Opsi Widget yang Lengkap

Salah satu kelebihan lain yang membuat Anda harus menggunakan fitur Google Data Studio adalah opsi widget yang lengkap didalamnya. Banyaknya opsi widget akan memudahkan Anda untuk melakukan penyajian data.

Google Data Studio memiliki lebih dari 15 pilihan grafik untuk penyajian data, diantaranya adalah heat graph, pie chart, time series graph dan masih banyak lagi. Hal ini lebih unggul dari Google Analytics yang hanya menyediakan 12 pilihan grafik

3. Memiliki Fitur Berbagi dan Kolaborasi

Selain pilihan opsi widget yang lengkap, Google Data Studio juga menawarkan fitur kolaborasi dan berbagai dengan rekan kerja Anda. Hal ini tentunya akan memudahkan Anda apabila terdapat proyek kerja yang harus dikerjakan bersama. 

Seperti halnya aplikasi Google Document, Google Data Studio memungkinkan Anda untuk dapat melakukan editing pada hasil kerja orang lain. Anda pun tidak perlu repot mendownload file, cukup gunakan fitur share link untuk mempermudah pelaporan Anda. 

4. Visualisasi Data yang Mudah Dibaca

Keunggulan lainnya dari Google Data Studio adalah kemudahannya untuk dibaca. Anda dapat mengubah dan mengatur pola grafik, font, warna dan visualisasi data lainnya sehingga grafik tersebut sesuai dengan keinginan Anda.

Penyajian data di Google Data Studio dapat menggunakan prefrensi untuk tim, sehingga data yang ditampilkan menjadi data yang mudah dibaca oleh seluruh tim. 

5. Laporan Data yang Menarik dan Interaktif

Tidak hanya mudah dibaca, laporan pada Google Data Studio juga dapat Anda desain semenarik dan interaktif mungkin dengan menambahkan grafik serta bagan sesuai dengan kreativitas dan kemauan Anda.

6. Template Gratis

Jika Anda merupakan pengguna baru dan masih awam dengan fitur fitur di Google Data Studio, Anda tak perlu khawatir. Google Data Studio menyediakan template gratis bagi Anda. Template tersebut juga terdiri dari berbagai macam pilihan grafik yang menarik sesuai dengan kebutuhan Anda.

Fungsi Google Data Studio

Fungsi utama tools Google Data Studio adalah untuk membantu Anda dalam visualisasi data. Google Data Studio memiliki fungsi untuk menggabungkan data dari sumber berbeda untuk selanjutnya divisualisasikan melalui tools grafik yang beraneka ragam. 

Kebanyakan, sebelum adanya Google Data Studio, proses visualisasi data dilakukan menggunakan Microsoft Word atau Microsoft Excel saja, yang mana masih banyak memiliki kekurangan karena aplikasi aplikasi tersebut tidak berfokus pada visualisasi data, melainkan hanya pengolahan dan penulisan data.

Dengan adanya Google Data Studio, Anda dapat melakukan visualisasi data yang lebih menarik karena terdapat banyak sekali pilihan diagram atau grafik yang lebih interaktif dibandingkan aplikasi terdahulu. Selain itu, Anda juga dapat melakukan kolaborasi project ataupun berbagi project dengan rekan kerja Anda secara lebih mudah. 

Selain menyajikan berbagai data dan grafik diagram yang menarik, Google Data Studio juga bekerja sama dengan konektor Google lainnya untuk menunjang perolehan data Anda, seperti Google Adwords, Google Analytics, dan lain sebagainya. 

Cara Menggunakan Google Data Studio

Setelah ada gambaran mengenai fungsi hingga keunggulan Google Data Studio, selanjutnya Anda dapat memulai mencoba menggunakannya. Berikut merupakan tutorial singkat untuk menggunakan Google Data Studio.

1. Masuk ke Laman Google Data Studio

Untuk memulai menggunakan Google Data Studio, tentunya Anda harus memasuki laman tersebut. Anda bisa mengakses Google Data Studio dengan menuju ke laman datastudio.google.com. Setelah itu Anda akan diarahkan untuk log in menggunakan akun Google Anda. 

Sesaat setelah log in Anda akan diarahkan untuk dapat menemukan tutorial pembuatan laporan menggunakan Google Data Studio dengan template pada bagian kanan atas laman tersebut.

2. Unduh Kumpulan Data

Setelah log in berhasil, Anda dapat langsung memulai proses pengolahan data Anda. Hal pertama yang Anda dapat lakukan adalah mengunduh data. Data data yang akan Anda gunakan sebagai materi laporan, terlebih dahulu Anda simpan pada komputer pc Anda. 

3. Mulai Membuat Laporan

Selanjutnya Anda dapat langsung memvisualisasikan data Anda dengan terlebih dahulu melakukan sign up dengan akun Google Anda. Lalu, Anda dapat melakukan klik pada “start new report” untuk memulai sebuah laporan baru.

Setelah itu, berlanjut pada tools untuk menambahkan file. File yang Anda tambahkan adalah file yang telah Anda unduh sebelumnya. Untuk selanjutnya, Anda dapat mengubah tampilan dan teks kolom data sesuai dengan yang Anda kehendaki. Cara pengubahannya pun hampir menyerupai Google Documents dan perangkat Google lainnya. 

Apakah Anda Sudah Memahami Google Data Studio?

Berikut tadi merupakan penjelasan mengenai Google Data Studio, keuntungan, hingga cara penggunaannya. Google Data Studio berguna bagi Anda yang membutuhkan tools visualisasi data untuk laporan ataupun presentasi.

Google Data Studio memiliki beragam fitur dan tools unggulan yang memudahkan Anda untuk melakukan pengolahan serta visualisasi data. Selain itu, Google Data Studio juga memungkinkan Anda untuk melakukan kolaborasi dan berbagi project dengan rekan kerja Anda. Semoga informasi ini bisa bermanfaat ya.

Alexandromeo I'm an experienced SEO Specialist who can grow a website through organic channel. I'm also passionate about digital marketing and web development