review niagahoster partner

Review Niagahoster Partner: Kelebihan, Kekurangan, dan Cara Mendaftar NiPa (Lengkap)

Apa yang Anda pikirkan jika mendengar kata reseller? Pasti di benak Anda, seorang reseller harus mengeluarkan modal terlebih dahulu sebelum menjual produknya. Kalau Anda berpikir seperti itu, Anda salah. Tidak semua reseller harus mengeluarkan modal untuk membeli produk yang akan dia jual kembali. Contohnya adalah Niagahoster. Niagahoster telah merilis produk baru, yaitu Niagahoster Partner. Kali ini, saya akan melakukan review terhadap Niagahoster Partner. Apa itu Niagahoster Partner?

Niagahoster Partner adalah sebuah produk baru dari Niagahoster yang mengizinkan para penggunanya dapat menjadi seorang reseller web hosting tanpa perlu mengeluarkan modal terlebih dahulu.

Ketika Anda menggunakan Niagahoster Partner, Anda tidak perlu membeli web hosting atau layanan lainnya terlebih dahulu. Anda bisa membelinya ketika sudah ada pembeli yang memesan layanan tersebut melalui Anda.

Niagahoster Partner ini sangat cocok bagi:

  • Blogger
  • Pemilik website
  • Pebisnis online
  • dll

Kelebihan Niagahoster Partner

Anda tidak akan rugi apabila mendaftar salah satu program terbaru dari Niagahoster. Niagahoster Partner memiliki banyak sekali manfaat bagi Anda yang bergabung. Apa saja kelebihan jika Anda bergabung Niagahoster Partner?

1. Markup Harga Sendiri

Kelebihan Niagahoster Partner yang pertama yaitu kita bisa memberikan harga jual sesuka hati. Sudah sangat jelas apabila Anda mengikuti program reseller seperti pada Niagahoster Partner, Anda akan mendapatkan kebebasan untuk memberikan harga jual terserah Anda.

Dengan begitu, Anda dapat menentukan sendiri berapa keuntungan yang ingin Anda peroleh. Tapi, Anda tetap perlu memerhatikan harga pasar dan kompetitor. Jangan sampai harga web hosting atau layanan lainnya justru jauh lebih mahal dari harga pada umumnya.

2. Harga Lebih Murah

Tentunya, Anda akan mendapatkan harga lebih murah untuk pembelian suatu produk dari Niagahoster apabila Anda mendaftar program Niagahoster Partner. Pada layanan ini, ada 3 tingkatan level para reseller, yaitu Bronze, Emerald, dan Gold.

Setiap level memiliki potongan haraga yang berbeda. Tingkatan paling rendah yaitu Bronze, kemudian disusul oleh Emerald, dan tingkatan yang paling tinggi adalah Gold. Untuk mencapai tingkatan tertinggi, Anda harus dapat menjual produk dengan jumlah tertentu.

Level Bronze:

  • Potongan harga: 10% untuk layanan baru, 30% untuk perpanjangan.
  • Syarat: Berhasil menjual 0-2 shared hosting, website instant, ataupun VPS.

Berikut detail harga untuk shared hosting, website instant, dan VPS:

shared hosting bronze

vps bronze

website instant bronze - review niagahoster

Level Emerald:

  • Potongan harga: 15% untuk layanan baru, 40% untuk perpanjangan.
  • Syarat: Berhasil menjual 3-5 shared hosting, website instant, ataupun VPS.

Berikut detail harga untuk shared hosting, website instant, dan VPS:

shared hosting emerald

vps emerald

website instant emerald

Level Gold:

  • Potongan harga: 20% untuk layanan baru, 50% untuk perpanjangan.
  • Syarat: Berhasil menjual >5 shared hosting, website instant, ataupun VPS.

Berikut detail harga untuk shared hosting, website instant, dan VPS:

Dengan harga yang lebih terjangkau, Anda bisa memperoleh keuntungan yang lebih banyak ketika Anda menjual kembali produk tersebut.

3. White Label

Pada layanan Niagahoster Partner, terdapat fitur White Label yang sangat baik bagi reputasi bisnis Anda. White Label adalah sebuah fitur yang dapat membuat tagihan dengan nama bisnis Anda sendiri.

Baca: Review Niagahoster – Hosting Terbaik dengan 17 Kelebihan yang Dimiliki

Dengan begitu, para klien Anda tidak tahu kalau Anda merupakan reseller dari Niagahoster. Mereka taunya, Anda memiliki layanan shared hosting, website instant, dan VPS sendiri. Hal tersebut dapat membuat bisnis Anda menjadi terkenal.

4. Manajemen Klien Terintergrasi

Dengan bergabung bersama Niagahoster Partner (NiPa), Anda akan dipermudah untuk mengecek seluruh klien Anda tanpa perlu login satu persatu. Pada halaman di NiPa, terdapat tombol yang dapat digunakan oleh Anda untuk mengecek seluruh aktivitas klien Anda tanpa perlu repot.

Setelah Anda tahu apa saja manfaat bergabung Niagahoster Partner, kini saatnya Anda mendaftar Niagahoster Partner. Pendaftarannya tidaklah susah dan hanya butuh beberapa menit saja. Langsung saja kita bahas.

Cara Mendaftar Niagahoster Partner

1. Buka Halaman Login Niagahoster

halaman login niagahoster

Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah dengan membuka halaman login Niagahoster di sini dan isilah data login dengan benar.

2. Masuk Menu Partner

halaman member niagahoster

Setelah berhasil login, Anda klik menu Partner dan kemudian klik tombol Bergabung untuk mengaktifkan Niagahoster Partner milik Anda.

Setelah berhasil mengaktifkan  Niagahoster Partner, langkah selanjutnya adalah dengan mengaktifkan White Label untuk bisnis Anda.

3. Aktifkan White Label

Anda perlu mengaktifkan White Label setelah bergabung bersama Niagahoster Partner. Caranya tidaklah susah, seperti di bawah ini:enable white label niagahoster partner

Setelah berhasil mengaktifkan White Label, Anda diminta untuk membuat password yang digunakan untuk login halaman Niagahoster Partner. Selanjutnya, tekan tombol Create.

4. Login Niagahoster Partner

login nipa

Setelah berhasil menekan tombol Create, sekarang Anda tekan tombol Login Reseller dan Anda akan diarahkan ke halaman reseller. Jika sudah berhasil, Anda akan diarahkan ke halaman seperti di bawah.

reseller area nipa

Untuk dapat login, Anda tidak harus melalui Member Area. Anda bisa login melalui link di bawah ini:

Pasti di pikiran Anda kurang lebih seperti ini, “Saya kan reseller hosting, tapi kenapa ada nama Niagahoster?” Nah, apabila Anda berpikir seperti itu, tidak perlu khawatir.

Anda bisa mengubah halaman login sesuai dengan domain Anda. Dengan begitu, seolah-olah Anda benar-benar memiliki perusahaan penyedia layanan hosting sendiri. Namun, syaratnya Anda harus punya web hosting dan domain sendiri. Berikut adalah langkah-langkahnya:

Ganti URL Login Niagahoster Partner

Cara mengganti URL login NiPa itu sangatlah mudah. Anda hanya perlu login cPanel. Untuk mengakses cPanel, Anda bisa mengunjungi domainanda/cpanel. Contoh: makinrajin.com/cpanel. Nanti, akan muncul tampilan seperti di bawah:

cpanel login

Isilah data dengan benar. Kemudian, setelah berhasil login, Anda cari menu Zone Editor. Apabila Anda sudah berhasil menemukan Zone Editor, maka akan ada tampilan seperti di bawah:

zone editor untuk atur cname

Pilih tulisan CNAME Record, kemudian muncul tampilan seperti di bawah:

atur cname

Untuk kolom Name, Anda bisa isikan bebas. Parameter pada Name itulah yang nantinya akan digunakan sebagai URL login. Jika contohnya seperti di atas, maka URL loginnya adalah sebagai berikut:

Hasilnya adalah seperti di bawah:

Halaman login untuk partner

halaman login reseller nipa

Halaman login untuk klien

halaman login reseller nipa

Halaman Setting

Pada halaman ini, Anda dapat mengatur sistem, tagihan, dan email yang akan dikirimkan kepada klien yang membeli layanan Anda. Pada menu sistem, Anda bisa mengatur nama bisnis, nomor rekening, dan masih banyak lagi. Contohnya seperti gambar di bawah.

·         Menu System

setting system

setting system

·         Menu Invoices

setting invoices

Penjelasannya sebagai berikut:

  • Number of days to generate new invoices: Jumlah hari yang ditentukan untuk mengirim email perpanjang layanan sebelum layanan klien Anda habis masa berlakunya.
  • Invoice due days: Peringatan untuk mengirim email tagihan membayar layanan.
  • Proforma Invoice Prefix/Series: Mengatur kode tagihan email. Anda bisa cek pada email yang Anda terima sebagai klien.
  • Paid Invoice Prefix/Series: Mengatur kode tagihan email yang telah terdaftar.
  • Next Paid Invoice Number: Mengatur nomor tagihan yang telah terbayar. Jadi, Anda bisa tahu ada berapa transaksi yang terjadi. Anda tidak harus memulainya dengan angka 1.

·         Menu Email

Pada menu ini, Anda bisa mengatur isi email yang akan Anda kirimkan secara otomatis kepada pelanggan Anda. Untuk tampilannya, kurang lebih seperti gambar di bawah:

setting email

Cara mengganti isi pesan email Anda sangatlah mudah. Anda hanya perlu klik tulisan Kelola, kemudian Anda bisa mengganti isi pesan tersebut.

5.     Halaman Product

Pada menu ini, Anda bisa menambahkan produk yang akan Anda jual. Selain itu, Anda juga bisa dengan bebasnya memarkup harga jual produk Anda. Anda juga bisa melihat daftar produk apa saja yang sudah dibuat. Berikut detail gambarnya.

halaman produk reseller nipa

Pada contoh di atas, produk yang telah saya buat yaitu domain. Jika Anda ingin menambahkan produk, Anda bisa masuk ke tab Buat Produk. Tampilannya seperti berikut:

menambahkan produk dan markup nipa

Untuk nama paketnya, Anda bisa memberi nama sesuka Anda. Kolom Status dan Show biarkan saja seperti itu. Untuk harga, ada dua jenis, yaitu harga Niagahoster dan harga Markup.

Harga Niagahoster adalah harga yang telah ditetapkan oleh Niagahoster kepada klien (harga beli). Setiap level memiliki harga beli yang berbeda-beda. Sedangkan harga markup adalah harga yang akan Anda berikan untuk klien Anda (harga jual).

Anda bisa check bagian On untuk mengaktifkan produk, apakah produk tersebut dapat dijual atau tidak. Setelah memarkup harganya, kemudian klik tombol Simpan yang berada di bawah.

6.     Halaman Client

Pada halaman Client, terdapat dua tab, yang berisi Klien dan Daftar Klien. Pada tab Klien, Anda dapat melihat seluruh daftar klien yang pernah memesan layanan Anda, entah itu mereka telah membayar ataupun membatalkan pesanan mereka.

halaman klien niagahoster partner

Sedangkan pada tab Tambah Klien berfungsi untuk melakukan pemesanan produk yang sesuai dengan permintaan klien. Di sinilah letak transaksi Anda dengan Niagahoster. Berikut adalah gambarnya:

halaman tambah klien

Data-data yang Anda isi harus sesuai dengan data milik klien. Untuk itulah Anda perlu membuat website sendiri supaya bisa mendapatkan seluruh data tersebut. Ada banyak sekali manfaat website apabila Anda memilikinya.

Setelah mengisi data, kemudian Anda tekan tombol Simpan. Setelah itu, akan munul halaman seperti ini:

halaman profil user

Di situ terdapat 6 tab. Jika Anda ingin membuat order terhadap user tersebut, Anda hanya perlu klik tab Order, kemudian pilih produk yang akan dipesan oleh klien Anda. Tampilannya seperti berikut:

halaman produk

Jika tampilannya seperti di atas, Anda tinggal klik Order. Kemudian sesuaikan dengan pesanan klien. Setelah berhasil klik Order dan melakukan pemesanan, maka email tagihan akan dikirimkan secara otomatis kepada email klien yang tadi Anda daftarkan. Berikut adalah pesan emailnya:

tagihan nipa ke email klien

Berikut adalah contoh template tagihan email yang diterima oleh klien. Anda bisa mengubahnya di menu Setting->Email. Untuk data bank, karena tipe datanya berupa JSON, maka apabila Anda ingin menampilkan nama pemilik bank BCA, Anda harus menggunakan titik. Contoh: {{rekening.bca.an_bank}}.

Pada email defaultnya tidak dicantumkan data bank. Maka dari itu, Anda harus menambahkannya sendiri. Anda hanya perlu menunggu klien membayar dan konfirmasi. Apabila klien sudah membayar, Anda bisa membayar tagihan pemesanan klien kepada Niagahoster.

Dengan begitu, order dari klien sudah sampai dan berhasil dipesan ke Niagahoster. Klien sudah dapat menggunakan layanan tersebut.

7.     Halaman Tagihan

Di halaman ini, Anda bisa melihat semua tagihan berbayar dan belum dibayar yang sudah masuk. Dengan begitu, Anda akan tahu berapa jumlah transaksi dan pemesanan produk pada website pribadi Anda sendiri.

Pada halaman ini juga Anda mengaktifkan layanan yang telah dibayar oleh klien. Anda dapat mengubah status Unpaid menjadi Paid apabila klien sudah membayarnya.

8.     Halaman Order

Pada halaman ini, Anda bisa mengatur pemesanan lagi kepada user yang telah memesan. Ketika user memesan layanan pada website Anda, Anda meneruskan pemesanan tersebut pada halaman ini. Caranya sama dengan order yang telah dijelaskan di atas.

Tampilan halamannya kurang lebih seperti di bawah:

halaman order nipa

9.     Halaman Email

Halaman ini menampilkan email yang telah dikirimkan secara otomatis oleh Anda kepada klien Anda. Email ini dapat berisi pemberitahuan pendaftaran akun baru, tagihan pembayaran, dan tagihan perpajangan layanan.

Apabila ada klien yang belum menerima email dari Anda, Anda juga bisa resend email tersebut supaya pesan dapat terkirim ulang.

10. Kritik dan Saran

Menurut saya pribadi, program Niagahoster Partner merupakan ide yang sangat bagus bagi orang-orang yang ingin memulai bisnis di bidang website namun terkendala dalam hal dana.

Niagahoster Partner merupakan solusi bagi orang yang ingin menjadi seorang reseller web hosting dan keperluan website lainnya. Dengan mengikuti NiPa, Anda dapat menjual web hosting dan keperluan website lainnya tanpa modal. Namun, ada beberapa saran dari saya pribadi. Saran saya:

  1. Pada program NiPa saat ini, pengunjung tidak bisa langsung order menuju Niagahoster melalui website reseller. Jadi, reseller masih memasukkan data klien secara manual pada halaman NiPa.

    Tentunya, akan lebih baik apabila pengunjung melakukan order web hosting dan keperluan web lainnya, orderan tersebut langsung masuk ke Niagahoster. Jadi, reseller tidak perlu memasukkan data dan pesanan secara manual.

    Apabila jumlah pesanannya sedikit, tentu itu tidak jadi sebuah masalah. Namun, apabila pesanan dan klien jumlahnya banyak, tentunya tidak menutup kemungkinan akan terjadi kesalahan. Kalau sudah terjadi kesalahan hingga sampai transaksi, tentu akan sangat repot.

  2. Reseller belum bisa menentukan spek web hosting sendiri. Saran saya, pada program NiPa ini, reseller dapat menentukan spek web hosting sendiri supaya paket lebih bervariasi dan dapat meningkatkan penjualan.

    Karena, apabila kapasitas dan spesifikasi web hosting itu sama dengan kompetitor, maka klien justru akan lebih memilih berlangganan di tempat kompetitor yang notabene lebih memiliki nama.

  3. Tidak semua partner atau reseller paham tentang dunia IT. Mungkin, bagi saya kekurangan ini tidak terlalu masalah. Namun, apabila reseller tidak berasal dari background IT, akan sangat bermasalah.

    Apabila klien dari partner mengalami masalah saat develop website, seperti tidak sengaja menghapus kode program tertentu yang mengakibatkan website menjadi error dan tidak bisa dibuka, sebaiknya tim Niagahoster dapat membantu turun langsung memperbaikinya.

    Klien dapat mengirimkan tiket bantuan yang akan terhubung langsung ke halaman Niagahoster dan halaman partner. Kemudian, tim Niagahoster dapat langsung memeriksa website dan memerbaikinya.

Nah, itulah review singkat dan tutorial cara mendaftar hingga mendapatkan order pada program baru Niagahoster, yaitu Niagahoster Partner (NiPa) yang sangat membantu para pebisnis yang tidak memiliki modal.

Anda ingin memiliki web hosting dengan kualitas server tercepat di Indonesia ? Klik di sini

2 thoughts on “Review Niagahoster Partner: Kelebihan, Kekurangan, dan Cara Mendaftar NiPa (Lengkap)

  1. Mantap informasinya..
    Sy punya pertanyaan nih, bagaimana member mendaftar ke layanan kami yah? Soalnya hanya ada pilihan login ga ada pilihan register. Misalnya clientzone.example.com/login

    Apa hanya perlu ditambahkan lewat menu reseller membernya? Gak bisa daftar sendiri?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *