perbedaan wordpress.com dan wordpress.org

13 Perbedaan WordPress.com dan WordPress.org. Mana yang Terbaik?

WordPress merupakan salah satu CMS terbaik di dunia. Itu karena penggunaan WordPress memanglah mudah. Bahkan, orang awam pun bisa membuat website dengan WordPress hanya dengan melihat panduannya di internet. Semudah itu menggunakan WordPress. Tidak memerlukan keahlian coding untuk dapat memiliki website dengan WordPress. Itulah salah satu kelebihan WordPress.

Mengapa Anda harus menggunakan WordPress untuk membuat website bisnis Anda? Padahal, ada banyak sekali CMS yang beredar di internet.

Kelebihan WordPress Untuk Bisnis Online

  1. Skala Promosi Global

Memiliki sebuah perusahaan tentunya mengharuskan anda memiliki strategi marketing yang matang, saat ini skala promosi global banyak dilakukan menggunakan media online, salah satu media online yang sering digunakan adalah wordpress.

Di mana dengan wordpress perusahaan anda dapat menjadi lebih dikenal oleh banyak pengguna di Internet, banyak fitur yang dapat digunakan untuk memberikan kesan menarik.

Biasanya kesan menarik pada sebuah wordpress bisa didapatkan dengan melakukan beberapa custom pada tema serta menu, dengan demikian wordpress milik anda dapat lebih menarik ketika pengunjung melihatnya. Bahkan dengan menggunakan wordpress sebagai alat promosi perusahaan, nantinya skala promosi yang anda dapatkan tidak hanya dalam sekala nasional akan tetapi dalam sekala global.

  1. Mudah Dioperasikan

Ketika Anda menjalankan sebuah bisnis yang dikembangkan dengan wordpress, maka anda tidak perlu lagi mengkhawatirkan tentang management dari website tersebut. Semua pengaturan yang disediakan oleh wordpress sangat mudah untuk dipahami, dengan demikian anda akan menjadi lebih flexible untuk membuat pengaturan website sesuai dengan keinginan anda terutama pada templatenya.

  1. Mudah Ditemukan Pembaca

Hampir seluruh informasi yang dibutuhkan oleh masyarakat tersedia di internet, kemudahan untuk mencari Informasi ini memberikan anda kesempatan untuk membuat sebuah promosi tentang perusahaan Anda. Nantinya website milik perusahaan anda akan muncul pada mesin pencarian, sehingga akan ada banyak pengunjung yang melihatnya atau mungkin akan langsung menghubungi anda untuk informasi selanjutnya.

Banyak orang mengira WordPress itu hanya ada satu jenis. Sebenarnya, WordPress dibagi menjadi dua, yaitu WordPress.com dan WordPress.org. Kedua jenis WordPress tersebut memiliki perbedaan yang cukup banyak. Apa saja perbedaan WordPress.com dan WordPress.org? Langsung saja kita bahas.

Perbedaan WordPress.com dan WordPress.org

1. Harga

Perbedaan yang paling mencolok dari WordPress.com dan WordPress.org adalah soal harga. Ketika ingin menggunakan layanan WordPress.com untuk membuat website, Anda tidak perlu membayar untuk membayar kebutuhan website Anda.

Pada hakikatnya, kedua jenis WordPress itu disediakan gratis. Itu karena WordPress merupakan software yang bersifat open-source, sehingga setiap orang boleh memodifikasinya. Tetapi, ketika menggunakan WordPress.org Anda perlu membayar.

Nah, Anda membayar untuk menyewa sebuah web hosting untuk menyimpan file WordPress.org. Beda halnya dengan WordPress.com yang telah menyediakan ruang hosting sendiri bagi para penggunanya. Jika ingin menggunakan WordPress.org, maka Anda harus memiliki web hosting sendiri.

2. Nama Domain

Ini juga merupakan perbedaan antara WordPress.com dan WordPress.org yang cukup mudah dilihat. Karena WordPress.com telah menyediakan web hosting bagi para penggunanya, maka para pelanggan akan memiliki website dengan embel-embel subdomain wordpress.com.

Dengan kata lain, website yang Anda bangun dengan menggunakan WordPress.com akan memiliki domain seperti: namadomain.wordpress.com. Tentu hal itu bukanlah hal yang baik, terutama apabila website Anda berupa website komersial. Tentunya akan menyulitkan pengunjung untuk mengingat alamat domain website Anda.

Tenang, Anda juga bisa memiliki website dengan alamat namadomain.com walaupun dengan WordPress.com. Caranya adalah dengan membeli domain pada perusahaan penyedia web hosting dan domain. Dengan demikian, website Anda akan lebih terlihat profesional dan nama domain web Anda lebih singkat. Untuk biaya domain .com sekitar Rp120.000 pertahunnya.

WordPress.com juga menyediakan fitur untuk upgrade. Jadi, Anda bisa menyewa fitur yang tidak ada pada WordPress.com. Harganya mulai dari $3-8 perbulannya. Untuk lebih lengkapnya, bisa lihat gambar di bawah:

WP Plans

Jika menggunakan WordPress.org, maka website kita tidak akan beralamat seperti namadomain.wordpress.com. Itu karena Anda harus menyewa domain untuk website yang akan Anda bangun. Biasanya, ada beberapa penyedia web hosting yang langsung menyediakan domain gratis selamanya. Salah satunya adalah Niagahoster.

3. Ketersediaan Tema

Ketika menggunakan WordPress.com, maka Anda hanya diperbolehkan menggunakan tema langsung dari WordPress itu sendiri. Anda tidak boleh menggunakan tema milik Anda sendiri ataupun tema dari internet, walaupun itu tema gratis.

Hal itu membuat website Anda terlihat terbatas dan fitur-fiturnya kurang fleksibel. Berbeda halnya apabila Anda menggunakan WordPress.org. Anda bisa menggunakan tema dari mana saja. Selain itu, Anda juga bisa menggunakan tema yang gratis maupun berbayar.

tema pada wordpress

Apabila ingin memiliki tampilan tema website yang lebih menarik dan fleksibel, sangat disarankan untuk menggunakan WordPress.org. Anda bisa menggunakan premium tema pada WordPress.com, tetapi harus upgrade WordPress menjadi paket Premium.

Saat ini, biaya paket Premium adalah $8 perbulannya. Penyewaannya pun minimal selama setahun. Saran saya, lebih baik Anda menggunakan WordPress.org dengan menggunakan web hosting sendiri seperti yang telah saya rekomendasikan di atas, yaitu Niagahoster.

4. Web Hosting

Perbedaan wordpress.com dan wordpress.org yang selanjutnya adalah mengenai web hosting yang menampung aplikasi. WordPress.com menggunakan web hosting milik mereka sendiri. Jadi, Anda tidak perlu repot memilih web hosting untuk menampung website yang Anda miliki. Anda hanya perlu mendaftar dan membuat akun untuk dapat memiliki website.

Karena hosting telah disediakan oleh WordPress, maka Anda tidak bisa melakukan perubahan direktori pada website Anda jika menggunakan WordPress.com. Anda juga tidak memiliki hak penuh atas website dan konten Anda. Bisa jadi, website Anda dihapus sewaktu-waktu oleh pihak WordPress.com karena web hosting milik mereka.

Beda halnya dengan WordPress.org, Anda harus memiliki web hosting sendiri untuk menampung website Anda. Itulah mengapa Anda harus membayar apabila ingin menggunakan WordPress.org.  Ada banyak sekali web hosting di dunia ini. Tetapi, web hosting yang baik dan berkualitas itu jumlahnya sedikit. Peranan web hosting sangatlah penting bagi kehidupan website Anda.

Maka dari itu, jangan sekali-kali Anda main-main dalam memilih web hosting. Jangan tergiur dengan web hosting murah dengan kualitas yang meragukan. Anda bisa menggunakan wordpress hosting yang saya rekomendasikan. Biayanya sangat terjangkau jika dibandingkan dengan manfaat memiliki website.

Kualitas web hosting tersebut juga sangat memuaskan. Saya juga menggunakan web hosting tersebut untuk menampung website berbasis WordPress.org ini. Kapasitas web hosting tersebut juga sangat beragam. Anda bisa memilih sesuai dengan kebutuhan. Apabila kapasitas web hosting tidak sesuai, maka bisa upgrade ataupun downgrade.

5. Plugin

plugin wordpress

Jika anda yang saat ini ingin membuat sebuah website untuk berbagai kegunaan, akan tetapi ingin memanfaatkan fitur penyedia website yang gratis, ada baiknya jika anda menggunakan wordpress.org. platform untuk membuat website online ini memberikan anda kenyamanan dengan layanan gratisnya, anda dapat melakukan pengunduhan kemudian pemasangan pada server web anda sendiri dengan mudah.

Jika anda senang untuk melakukan pengaturan oleh diri anda sendiri, maka ada baiknya jika menggunakan wordpress.org untuk website atau blog pribadi.

Dengan menggunakan platform ini anda akan dengan mudah mengembangkan website milik anda, karena pada platform yang satu ini anda tidak akan dibatas untuk menginstal beberapa plugin yang anda butuhkan terutama untuk melakukan pembaharuan.

Keuntungan ini telah banyak dirasakan oleh berbagai pengguna dari platform wordpress.org, tentunya dengan banyaknya fitur plugin yang dapat anda pasang secara gratis juga tidak terbatas.

Apalagi penggunaan plugin pada sebuah website akan sangat berguna ketika anda ingin mengembangkan blog milik pribadi anda, sehingga mudah untuk disesuaikan dengan desain atau fitur tertentu sesuai keinginan.

Ada kekurangan lain dari platform wordpress.com yang mungkin anda tidak menyadarinya, salah satunya terdapat pada sistem plugin yang disediakan oleh wordpress.

Ketika anda menggunakan wordpress.com maka anda diharuskan untuk membayar beberapa biaya dalam penggunaan plugin, dimana penggunaan plugin ini sangatlah penting untuk digunakan terutama untuk membuat website lebih menarik dilihat.

Apabila Anda menggunakan wordpress.com. Anda tidak bisa menggunakan plugin untuk mengembangkan website Anda. Maka dari itu, website yang dibangun dengan wordpress.com tidak akan memiliki fitur yang mencukupi kebutuhan para pebisnis.

Apabila Anda merupakan seorang pebisnis, sangat dianjurkan untuk menggunakan wordpress.org.

6. Javascript

Memiliki sebuah website yang menggunakan wordpress.org sebagai platform pendukungnya, mengharuskan anda untuk melakukan pengurusan website oleh anda sendiri. Karena dengan platform ini maka anda adalah satu-satunya hosting yang memiliki kontrol penuh terhadap website anda, di mana wordpress tidak akan melakukan kepengurusan tentang website anda termasuk pada Javascriptnya.

Kegunaan Javascript untuk sebuah website akan sangat penting dipertimbangkan, terutama ketika anda ingin membuat pembaca anda tidak merasa bosan dengan apa yang telah anda berikan pada website tersebut.

Bahkan nantinya dengan dapat melakukan kontrol terhadap Javascript oleh anda sendiri, akan membuat website milik anda menjadi lebih interaktif sehingga dapat menarik pengunjung.

Ada beberapa contoh untuk pengaturan javascript yang merupakan salah satu keunggulan, dari penggunaan wordpress.org ini sehingga menjadikannya lebih populer.

Beberapa contoh javascript memang sering dijadikan sebagai keunggulan penggunaannya, diantaranya adalah Google Adsense sehingga nantinya website milik Anda dapat memberikan keuntungan seperti sebuah uang kepada anda.

Penggunaan dari wordpress.com memang memberikan anda banyak keuntungan sebagai pengguna, yang saat ini ingin membuat blog atau website pribadi menggunakan platform ini. Ketika anda ingin memiliki sebuah website maka anda diharuskan untuk mengetahui beberapa hal mengenai sistem pemprograman, salah satunya adalah javascript sebagai salah satu bahasa pemprograman yang digunakan.

Untuk anda yang saat ini belum mengetahui fungsi pada javascript, dimana menjadi salah satu hal penting agar website atau blog milik anda menjadi lebih menarik untuk dikunjungi.

Yang mana ketika anda menggunakan platform dari wordpress.com, anda tidak perlu lagi memikirkan hal ini karena semua kebutuhan anda termasuk program dan lain sebagainya telah disediakan oleh platform yang satu ini.

Anda bisa belajar javascript melalui panduan di bawah.

Panduan Belajar Javascript Dasar untuk Pemula
Panduan Belajar Javascript Lengkap Untuk Pemula

7. Powered By

Ketika anda melakukan posting pada website milik anda menggunakan platform wordpress, maka akan muncul di akhir website sebuah tulisan powered by atau supported by wordpress. Ada langkah untuk menghilangkannya yakni dengan mengganti tema, kemudian masuk ke laman admin lalu masuk ke appearance, customize, kemudian klik menu site identity lalu mengganti footer credit menjadi hide.

Ada beberapa keuntungan untuk anda yang saat ini ingin menghilangkan tulisan powered by pada wordpress anda, sehingga nantinya website atau blog milik anda ini dapat terlihat seperti originalnya, tanpa ada campur tangan wordpress. Dengan demikian banyak orang yang menggunakan wordpress.org, salah satunya adalah alasan yang dapat digunakan untuk menghapus powered by pada bagian akhir web.

Selain itu dengan dapat menghapusnya powered by ini, maka nantinya website milik anda akan jauh menjadi lebih terlihat bagus dibandingkan dengan yang sebelumnya. Hal inilah yang akan membuat anda menjadi semakin seru memainkan wordpress.org, karena memang dengan menggunakan platform ini nantinya anda akan menjadi lebih mudah mengkreasikan web atau blog milik anda dengan sangat mudah.

Tentunya seperti yang sudah diberikan diatas pada informasi sebelumnya, bahwa pada wordpress.org memang anda dapat menghilangkan powered by nya, akan tetapi hal ini berbeda dengan wordpress.com. dimana anda tidak dapat menghilangkan powered by dengan cara apapun, seperti apa yang dapat dilakukan pada platform yang satunya lagi.

8. Toko Online

wordpress untuk toko online

Sebuah platform wordpress.org memang cocok digunakan oleh anda yang saat ini sedang mengembangkan bisnis online, ada banyak sekali keuntungan yang akan anda dapatkan dengan menggunakan platform ini. Salah satu keuntungannya adalah dengan menggunakan platform untuk membuat blog gratis, sehingga anda tidak memerlukan banyak biaya untuk mengembangkan usaha.

Selain karena gratis ternyata dengan adanya platform ini, anda akan menjadi lebih mudah untuk mengatur website yang anda miliki sesuai keinginan. Setiap toko online akan memiliki ciri khasnya tersendiri, sehingga anda akan memerlukan banyak pengaturan yang dapat anda lakukan dengan bebas dan mudah, selain itu anda juga akan memiliki kontrol penuh terhadap situs milik anda termasuk pemasangan iklan.

Baca : Jasa Pembuatan Website Toko Online Terbaik Dengan Harga Terjangkau

Sebagai  salah satu keuntungan anda karena menggunakan platform ini, maka anda akan menjadi salah seorang pemilik toko online yang sangat diuntungkan karena menggunakannya. Salah satunya adalah kemudahan untuk belajar lebih lanjut mengenai hal ini, karena anda dapat mengutak atik berbagai hal yang dapat diaplikasikan terhadap website milik anda, salah satunya adalah keberuntungan untuk toko online.

Jika anda salah satu pemilik online shop yang ingin memiliki sebuah website, tidak disarankan untuk menggunakan platform ini. Kekurangannya terdapat pada sistem pembayaran yang digunakan, karena dengan sistem pembayaran ini mengharuskan anda untuk menyisihkan sebagian uang dalam melakukan pengaturan pada website yang anda miliki saat ini yang tidak dapat diatur oleh anda sendiri.

9. SEO

perbedaan wordpress.com dan wordpress.org dalam hal SEO

Fitur SEO akan sangat berguna pada sebuah website yang akan anda kembangkan, dengan demikian ketika anda memiliki website kualitas dari SEO juga menentukan jumlah pengunjung yang datang ke website anda. Tentunya pada wordpress.org anda dapat menginstal fitur SEO sesuai dengan kehendak anda, serta setelah penginstalan anda juga dapat mengatur sistem SEO ini sama seperti keinginan anda.

Berbeda dengan wordpress.org pada wordpress.com anda diharuskan untuk sedikit bersabar, karena tidak dapat melakukan penginstalan pada sistem SEO secara bebas. Dimana anda akan membutuhkan pihak ketiga untuk melakukan penginstalan, dengan demikian hal ini memang sedikit sulit dilakukan untuk anda yang masih pemula serta tidak begitu mengerti tentang pengaturan SEO ini.

10. Dukungan Situs

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, bahwa pada wordpress.org anda akan memiliki hak sepenuhnya atas website atau blog yang anda kelola saat ini tanpa adanya campur tangan dari wordpress. Dengan demikian wordpress.org pun tidak akan bertanggung jawab dengan keamanan pada website milik anda, bahkan dukungan pada situs juga akan diserahkan kepada anda termasuk untuk fitur lainnya.

11. Akses Database dan File WordPress

akses database dan file pada wordpress.org

Mengenai akses database pada wordpress.org memang akan membutuhkan anda sebuah pengetahuan, bahwa sebenarnya pada platform ini memang membolehkan anda agar dapat mengakses beberapa file didalamnya. Maka dari itulah platform ini akan cocok digunakan oleh anda yang membutuhkan banyak keuntungan dari platform ini, tanpa harus dengan ribet mencari cara lain ketika ingin memiliki akses.

Tentunya database sangatlah penting aksesnya, sehingga ketika anda saat ini ingin memiliki akses terhadap database mau tidak mau anda diharuskan untuk mempelajari beberapa hal, terutama tentang beberapa pemprograman lain. Tentunya hal itu tidaklah seberapa ketika anda menemukan banyak keuntungan, salah satunya adalah keuntungan untuk kemudahan mengakses database ini.

Berbeda dengan platform pada wordpress.org maka pada wordpress.com ini, anda tidak akan memiliki akses database sehingga anda tidak akan dengan bebas memiliki apa yang anda butuhkan. Maka dari itulah hal ini menjadi salah satu kekurangan dari penggunaan wordpress.com, yang saat ini memang keluhannya adalah tidak adanya akses pada database oleh pengguna yang menggunakan platform ini.

12. Pasang di Server Lokal

Salah satu informasi yang sangat menguntungkan untuk anda saat ini terdapat pada pemasangannya, dimana pada penggunaan wordpress.org memang akan memberikan anda keuntungan. Bahwa pemasangan server ini dapat dilakukan pada server lokal, sehingga anda akan dengan mudah mendapatkan akses untuk apapun yang anda butuhkan, sebagai keuntungan dari menggunakannya.

Ada beberapa referensi web server terbaik yang telah kami tulis di website makinrajin. Anda bisa melihatnya melalui link yang ada di bawah.

Baca : 16 Software Web Server Terbaik di PC Untuk Membuat Website

Tentunya apapun yang ada pada wordpress.com memang tidak akan jauh berbeda dengan wordpress.org, yang sebenarnya perbedaannya ada pada beberapa sektor saja sebagai salah satu perbedaan fasilitas. Hal yang satu ini mungkin akan menjadi salah satu penghalang bagi beberapa orang, karena pada wordpress.com memang tidak dapat dipasang pada server lokal sampai saat ini pun.

13. Iklan

perbedaan wordpress.com dan wordpress.org - iklan

Perbedaan wordpress.com dan wordpress.org yang terakhir adalah adanya iklan gratis pada halaman website Anda. Ketika Anda menggunakan wordpress.org, tidak akan ada iklan gratis milik pihak wordpress. Namun, apabila Anda menggunakan wordpress.com, jangan heran apabila terdapat beberapa iklan milik wordpress pada halaman website Anda.

Iklan wordpress tersebut bersifat gratis. Artinya, Anda tidak akan mendapatkan penghasilan apabila ada orang mengunjungi iklan tersebut. Jika Anda menggunakan wordpress.com, cara menghilangkan iklan tersebut adalah dengan mengupgrade paket wordpress.com Anda atau pindah menggunakan layanan wordpress.org dengan menyediakan web hosting sendiri.

Nah, itulah perbedaan wordpress.com dan wordpress.org yang sangat penting bagi Anda yang ingin membuat website untuk berbisnis. Kedua jenis wordpress tersebut memiliki keunggulan dan kelemahan masing-masing. Sebaiknya, sesuaikan jenis wordpress tersebut dengan tujuan Anda membuat website supaya tidak salah langkah.

Anda ingin memiliki web hosting dengan kualitas server tercepat di Indonesia ? Klik di sini

Satu komentar pada "13 Perbedaan WordPress.com dan WordPress.org. Mana yang Terbaik?"

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *