Alexandromeo I'm an experienced SEO Specialist who can grow a website through organic channel. I'm also passionate about digital marketing and web development

7 Cara Riset Hashtag Instagram, Dijamin Cepat Viral!

4 min read

7 Cara Riset Hashtag Instagram, Dijamin Cepat Viral!

Dapat melakukan riset hashtag Instagram merupakan sebuah investasi yang sangat menggiurkan. Bagaimana tidak? Karena cukup dengan menggunakan hashtag yang tepat dan relevan, Anda dapat dengan mudah mendongkrak jangkauan serta engagement rate dari konten Anda.

Fakta ini semakin membuktikan bahwa mengetahui bagaimana cara riset hashtag Instagram memang sangatlah penting. Terlebih lagi bagi Anda yang ingin sukses berbisnis lewat media sosial, menjadi influencer terkenal, atau bahkan sekedar ingin konten Anda viral. Yuk, simak cara-caranya pada ulasan berikut!

Apa Itu Hashtag Instagram?

Hashtag dilambangkan dengan tanda pagar ‘#’. Sedangkan untuk cara penulisannya, Anda cukup menambahkan tanda pagar tersebut di depan sebuah kata atau frasa. Selanjutnya, Anda dapat menyematkan hashtag tersebut kedalam caption, bio profil, dan Instastory.

Perlu diketahui, Anda dapat menambahkan angka kedalam hashtag, namun tidak dengan spasi. Apabila perlu, Anda dapat menggantinya menggunakan underscore. Selain itu, penggunaan tanda baca dan simbol lainnya tidak diperbolehkan.

Hashtag memiliki peranan penting dalam Instagram marketing. Alasannya, karena dengan menyertakan hashtag, maka konten atau post Anda akan lebih mudah muncul pada saat pencarian. Hal ini dikarenakan oleh fungsi utama hashtag, yaitu memudahkan pencarian dengan mengelompokkan post sesuai topik.

Baca Juga: 200 + Hashtag Tiktok FYP yang Bikin Video Viral

7 Cara Riset Hashtag Instagram agar Konten Anda Viral

Hashtag memiliki peranan penting dalam mempengaruhi jangkauan konten Instagram Anda. Bagaimanapun, penggunaan hashtag tidak bisa dilakukan dengan sembarangan. Alih-alih menjangkau target pasar, bisa jadi konten Anda malah salah sasaran. Berikut cara riset yang benar:

1. Tentukan Objektif yang Jelas

Sebelum Anda melakukan riset hashtag instagram, menentukan objektif atau tujuan adalah hal yang paling krusial. Apakah Anda bertujuan untuk memperluas audiens, menambah follower, mempromosikan bisnis atau kampanye tertentu, atau mungkin hanya sekedar berbagi ke orang lain yang kebetulan memiliki hobi yang sama.

Dengan mengetahui objektif atau tujuan yang jelas, Anda akan memiliki gambaran tentang apa saja aspek yang perlu Anda teliti pada saat melakukan riset. Harapannya, waktu yang diperlukan untuk melakukan riset akan menjadi jauh lebih singkat. 

2. Kenali Audiens

Ketika Anda hendak membuat hashtag, salah satu hal yang perlu Anda tentukan adalah audiens. Anda dapat memulainya dengan mengecek Instagram insight, terdapat begitu banyak informasi menarik yang bisa Anda dapatkan dari sana. Informasi ini nantinya bisa menjadi pertimbangan Anda ketika hendak menentukan hashtag.

Akan tetapi, apabila Anda memiliki jumlah audiens yang terbilang rendah dan Anda  hanya berniat untuk mengembangkannya, langkah ini menjadi tidak begitu penting untuk dilakukan. Faktanya, penggunaan hashtag yang trending dan sedang populer, akan jauh lebih efisien untuk meningkatkan reach atau jangkauan.

3. Analisa Relevansi Hashtag dengan Konten Anda

Langkah selanjutnya yang perlu Anda lakukan adalah menganalisa relevansi topik serta hashtag yang hendak Anda gunakan. Relevansi itu penting, karena melalui hashtag yang relevan, Anda dapat memperkirakan apakah konten Anda akan tepat sasaran atau tidak.

Hindari juga penggunaan hashtag yang terlalu panjang dan over-descriptive. Gantilah dengan hashtag yang singkat namun jelas dan yang penting harus mudah diingat. Sebagai contoh, Anda dapat menggunakan nama brand bisnis Anda, kategori produk, nama varian, dan lain sebagainya.

4. Analisa Instagram Kompetitor

Selain itu, mencari tahu informasi tentang kompetitor Anda pun tidak kalah penting. Anda dapat memperhatikan kompetitor Anda dalam bidang yang sama, cek post Instagramnya. Hashtag Instagram apa saja yang mereka gunakan? Anda dapat mencatat semua informasi tersebut dan kemudian menelitinya lebih lanjut.

Setelah Anda selesai menganalisa serta menelitinya, Anda bisa membuat daftar dari hasil penelitian Anda. Anda tidak perlu menjiplak hashtag yang digunakan oleh kompetitor, cukup jadikan hashtag tersebut sebagai acuan, dan hanya gunakan hashtag yang relevan atau berkaitan dengan topik  pada konten Anda.

5. Manfaatkan Fitur Eksplor

Instagram juga memiliki sebuah fitur yang menarik dan dapat kita manfaatkan sebagai tools untuk melakukan riset hashtag. Fitur tersebut menyediakan begitu banyak inspirasi serta informasi tentang hashtag Instagram yang sedang trending pada saat itu.

Anda dapat mencoba mengetikkan keyword atau kata kunci yang relevan dengan konten yang akan Anda post, dan seketika Instagram akan menampilkan ribuan post yang berkaitan dengan keyword tersebut. Kemudian, dari situ Anda tinggal mencari kombinasi dan variasi hashtag yang sesuai dengan keinginan Anda.

6. Pastikan Hashtag Anda Seimbang 

Dalam proses menentukan hashtag, Anda juga perlu memperhatikan keseimbangan antara relevansi dan popularitas. Hashtag yang bagus sebaiknya memiliki kedua aspek tersebut.

Ketika Anda mengetikkan sebuah hashtag pada Instagram, disana akan tertera jumlah post yang menyertakan hashtag tersebut. Bagaimanapun, hashtag dengan popularitas tinggi belum tentu menjadi hashtag yang terbaik bagi Anda. 

Apabila Anda menggunakan hashtag dengan lebih dari sejuta user, konten Anda dipastikan akan tenggelam hanya dalam sekejap. Mengingat seberapa banyak orang yang berkompetisi menggunakan hashtag tersebut.

7. Gunakan Tools Tambahan

Selain dengan melakukan riset hashtag Instagram secara mandiri, Anda juga dapat memanfaatkan tools yang berada di internet. Terdapat bermacam-macam tools untuk memudahkan riset hashtag, tools tersebut dapat Anda temui dengan mudah di situs pencarian Google.

Tools Untuk Riset Hashtag di Instagram

Prosesnya yang cepat dan simpel menjadi alasan banyak orang untuk menggunakan tools riset hashtag instagram dibanding melakukan riset secara mandiri. 

Meskipun beberapa tools yang berada di internet mewajibkan penggunanya untuk berlangganan, kelebihan yang ditawarkan oleh tools masih sebanding dengan biaya yang harus dikeluarkan.

Kelebihan dari tools untuk riset hashtag, diantaranya memudahkan pencarian hashtag yang sedang populer ditambah lagi dengan adanya analisis dan statistika yang akurat. Selain itu, hashtag generator juga sangat efisien waktu. Hashtag generator yang sering dipakai diantaranya:

1. Display Purposes

Tools riset hashtag instagram yang pertama adalah Display Purposes. Sebagai salah satu tools yang paling populer, tools ini menyediakan segudang hashtag yang relevan, mengacu pada keyword yang Anda masukkan.

Anda juga dapat mengurutkan hashtag berdasarkan popularitasnya. Selain itu, Anda juga dapat menambah atau mengurangi hashtag sesuka hati Anda. Statistik penggunaan hashtag juga ditampilkan secara jelas dan akurat. Dengan begitu, Anda dapat memilih hashtag yang paling sesuai dengan target audiens Anda.

2. Hashtagify

Hashtagify merupakan tools riset hashtag Instagram yang sangat bagus untuk memahami tren hashtag. Dengan tools ini, Anda dapat menemukan hashtag terkait dan tren terkini yang sedang happening

Selain itu, Hashtagify juga menyediakan visualisasi data dan analisis yang membantu Anda dalam memahami potensi jangkauan serta pengaruh hashtag.

Seperti pada tools sebelumnya, tools ini juga memungkinkan Anda untuk dapat melihat statistik penggunaan hashtag. Termasuk seberapa besar jumlah orang yang sedang mencari hashtag tersebut serta bagaimana hashtag tersebut berkembang dari waktu ke waktu.

3. All Hashtag

All Hashtag menampilkan statistik penggunaan dan popularitas untuk membantu Anda dan memenuhi tugasnya sebagai tools riset hashtag di Instagram untuk menemukan hashtag yang Anda inginkan.

Daftar hashtag yang dihasilkan oleh All Hashtag juga sangat relevan. Anda cukup memasukkan keyword dan beberapa keyword terkait saja, kemudian All Hashtag secara otomatis akan menampilkan daftar hashtag terbaik yang dapat Anda gunakan.

4. Seekmetrics

Seekmetrics merupakan salah satu tools yang menawarkan hasil analisa yang mendalam. Dengan tools ini, Anda dapat melihat popularitas hashtag, volume posting, statistik, bahkan hingga analisis hashtag kompetitor.

Proses yang dibutuhkan Seekmetrics untuk menganalisa juga cepat, Anda cukup memasukkan keyword dan dalam waktu instan Anda sudah mendapatkan daftar hashtag yang disarankan oleh Seekmetrics. 

5. Ritetag

Tools riset hashtag Instagram yang satu ini dapat membantu Anda menemukan hashtag yang paling sesuai dengan postingan Anda. Ritetag mampu menunjukkan seberapa baik hashtag yang Anda pilih dalam meningkatkan visibilitas post

Selain itu, Ritetag juga menyediakan analisis penggunaan hashtag secara real time, sehingga Anda dapat memilih hashtag yang saat itu sedang populer secara langsung. 

6. Keyhole

Tools selanjutnya adalah Keyhole. Keyhole menawarkan pencarian hashtag Instagram serta analisis secara real-time. Informasi yang didapat melalui Keyhole sangatlah terperinci, mereka meliputi jangkauan, popularitas, serta intensitass daripada hashtag

Berbekal kecepatannya, Keyhole mampu membantu Anda dalam mengukur kesuksesan hashtag dengan akurat.

7. Sprout Social

Meskipun berada di urutan terakhir, performa dan fitur yang dihadirkan Sprout Social tidak kalah, apabila dibandingkan dengan tools yang sudah disebutkan sebelumnya.

Sprout Social merupakan tools manajemen media sosial yang komprehensif serta memiliki fitur analisis hashtag. Melalui Sprout Social, Anda dapat mengidentifikasi hashtag yang sedang trending, memantau kinerjanya, bahkan memperkirakan dampak yang dihasilkan oleh hashtag tersebut dalam mempengaruhi konten Anda.

Sudah Tahu Pentingnya Riset Hashtag Instagram?

Kesimpulannya, sebagai salah satu elemen Instagram, hashtag memegang peranan yang penting. Alasannya sudah cukup jelas, karena cukup dengan menggunakan hashtag yang tepat dan seimbang, Anda mampu meningkatkan visibilitas serta engagement rate dari konten yang Anda buat.

Namun, perlu Anda garis bawahi, bahwa penggunaan hashtag tidak bisa sembarangan. Perlu adanya riset untuk mendapatkan hasil yang optimal. Selain itu, keseimbangan hashtag juga turut andil dalam mempengaruhi luas jangkauan serta tingkat visibilitas konten.

Alexandromeo I'm an experienced SEO Specialist who can grow a website through organic channel. I'm also passionate about digital marketing and web development