Alexandromeo I'm an experienced SEO Specialist who can grow a website through organic channel. I'm also passionate about digital marketing and web development

SEO YouTube, Bagaimana Cara Melakukan Optimasinya?

3 min read

SEO YouTube, Bagaimana Cara Melakukan Optimasinya

Tidak hanya pada mesin pencari seperti Google, namun SEO juga akan berlaku pada platform video sharing yaitu YouTube. SEO YouTube merupakan salah satu cara untuk mengoptimasi video dan mendatangkan banyak penonton,.

Penggunaan YouTube SEO sendiri merupakan salah satu cara agar video yang Anda buat menjadi lebih mudah ditemukan. Ini juga merupakan cara agar video tersebut bisa relate dengan kata kunci yang sedang ramai.

Apa itu SEO YouTube?

Mungkin masih banyak orang yang belum tahu tentang apa itu SEO YouTube. Sama seperti SEO pada umumnya, SEO YouTube merupakan salah satu cara untuk mendatangkan trafik secara organik.

YouTube SEO adalah salah satu langkah optimasi yang bisa Anda lakukan untuk video yang Anda upload ke YouTube. Tujuan optimasi itu sendiri adalah membuat video tersebut memiliki banyak views dan juga bisa muncul pada posisi teratas ketika pencarian dengan menggunakan kata kunci tertentu.

YouTube dan Google memiliki cara kerja pencarian basis data yang hampir sama. Semua yang ada pada basis data tersebut bisa Anda temukan hanya dengan menggunakan satu kata kunci saja.

Karena hal ini, maka untuk melakukan optimasi pada video tersebut Anda juga akan membutuhkan hal seperti penggunaan kata kunci, penggunaan tag, optimasi description, dan lainnya.

Jika Anda bisa mengoptimalkan SEO YouTube dengan benar, maka video yang Anda buat juga akan menjadi lebih mudah untuk ditemukan. Selain itu, tentu saja video tersebut juga memiliki kesempatan lebih besar untuk mendapatkan banyak views.

3 Tips Mengoptimasi SEO untuk YouTube

Karena peran YouTube SEO ini cukup penting, maka dalam prosesnya ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan. Berikut adalah tips untuk melakukan optimasi SEO YouTube dengan benar.

1. Penggunaan Kata Kunci

Hal pertama yang perlu Anda lakukan untuk mengoptimasi SEO YouTube adalah melakukan riset kata kunci dan memastikan penggunaannya tepat. 

Penggunaan kata kunci perlu dibuat senatural mungkin. Anda bisa membuat analisis untuk melihat kata kunci apa yang sedang populer. Selanjutnya, Anda juga perlu memastikan penggunaan kata kunci yang relevan dengan konten video yang Anda buat.

2. Kualitas Video

Hal lainnya yang juga tidak kalah penting ketika akan melakukan optimasi YouTube video adalah masalah kualitas video itu sendiri. Tidak bisa dipungkiri jika masalah kualitas memang akan memiliki peranan yang sangat penting.

Video dengan kualitas baik tentu saja akan lebih menarik. Salah satu faktor yang mempengaruhi kualitas video tersebut adalah kualitas editing. Selain itu, perhatikan juga lama durasi dari video tersebut. Jika ingin membuat video dalam waktu yang lama, maka pastikan video tersebut tidak membosankan.

Cara lainnya yang juga bisa Anda lakukan untuk membuat video tersebut menarik adalah dengan memilih thumbnail yang menarik untuk penonton.

3. Optimasi Metadata

Tips penting lainnya yang juga perlu Anda perhatikan ketika akan melakukan optimasi SEO YouTube adalah penggunaan metadata. Metadata dan SEO memang seolah dua hal yang tidak terpisahkan,

Penggunaan metadata inilah yang nantinya akan membantu mengenalkan konten yang Anda buat ke mesin pencari. Metadata juga akan membuat mesin pencari lebih mudah mengidentifikasi konten yang ada dalam video tersebut.

Rekomendasi Tools untuk Membantu SEO Pada YouTube

Untuk lebih memudahkan Anda dalam melakukan optimasi, maka ada beberapa tools yang nantinya bisa Anda gunakan untuk lebih memudahkan optimasi YouTube SEO. Beberapa YouTube SEO tools tersebut antara lain:

1. Ahrefs

Jika Anda bingung akan menggunakan kata kunci apa yang tepat, salah satu tool yang bisa Anda gunakan adalah Ahrefs. Nantinya, rekomendasi kata kunci yang disediakan tool ini juga cukup lengkap.

Bahkan, tidak hanya kata kunci populer yang bisa Anda temukan. Anda juga bisa mencari penggunaan turunan kata kunci tersebut. Termasuk nantinya Anda juga bisa melihat analytic dari kata kunci yang akan Anda gunakan.

Anda bisa melihat seberapa populer kata kunci tersebut, berapa banyak orang yang mencari, seberapa sulit kata kunci, dan juga jika Anda membutuhkan LSI dari kata kunci yang Anda cari, tool ini juga bisa menyediakan hal tersebut.

2. Google Trends

Salah satu poin penting dari SEO adalah melihat trend yang sedang ramai lalu membuat konten yang relevan dengan hal tersebut. Lalu, bagaimana cara untuk melihat trend tersebut?

Salah satu tool yang bisa Anda gunakan adalah Google Trends. Ini juga merupakan salah satu tool yang bisa Anda manfaatkan untuk melakukan optimasi SEO YouTube.

Tidak hanya memperlihatkan tren yang sedang ramai pada saat itu, namun penggunaan Google Trends juga bisa Anda gunakan untuk membantu melihat kueri dari kata kunci yang banyak dicari orang berkaitan dengan tren tersebut.

3. RapidTags

Salah satu faktor yang perlu Anda perhatikan ketika akan melakukan optimasi video adalah penggunaan tag. Tag ini sendiri merupakan salah satu cara untuk memulihkan video yang Anda buat untuk ditemukan.

Tentu saja Anda juga tidak bisa asal untuk menggunakan tag. Untuk mendapatkan tag yang tepat, maka salah satu tool yang bisa Anda gunakan adalah RapidTags.

Tool ini nantinya akan menyediakan beragam tag yang akan berkaitan dengan video atau konten yang Anda buat. Cara penggunaan juga cukup mudah, Anda hanya tinggal memasukan link video yang Anda buat lalu nantinya tool ini akan merekomendasikan tag apa yang sesuai dengan video tersebut.

4. TubeBuddy

Sudah dijelaskan jika metadata akan memainkan peranan yang sangat penting dalam SEO. Jika Anda tidak ingin bingung ataupun ingin lebih mengoptimalkan metadata tersebut, maka salah satu tool yang bisa Anda gunakan adalah TubeBuddy.

Tool ini akan membantu Anda untuk mengisi metadata dengan tepat dan membuatnya sesuai dengan kebutuhan SEO. Selain tag, tool ini juga bisa membantu merekomendasikan penggunaan judul, anotasi, dan lainnya.

5. YouTube Analytics

Tool lainnya yang tentu saja tidak bisa Anda lewatkan jika ingin mengoptimasi SEO YouTube adalah YouTube Analytics. 

Tool ini akan menyediakan informasi yang berkaitan dengan performa dari konten yang Anda buat. Mulai dari jangkauan konten, video mana yang paling disukai, berapa banyak jumlah views dan like, dan lainnya. 

Dari tool inilah nantinya Anda bisa melihat video seperti apa yang banyak disukai dan mana yang tidak.

Penggunaan tool ini juga akan memberikan pengaruh yang sangat besar bagi perkembangan konten Anda. Dengan tool ini juga, Anda bisa melihat siapa saja sebenarnya yang menyukai konten Anda tersebut.

Optimalkan YouTube SEO untuk Mendapatkan Banyak Penonton!

Tidak bisa dipungkiri, jika banyak orang yang membuat video YouTube pasti bertujuan agar video tersebut mendapatkan banyak penonton. Hal itulah yang menjadi alasan mengapa optimasi SEO YouTube perlu Anda lakukan.

Dengan melakukan optimasi dengan tepat, tidak hanya mendapatkan jumlah penonton yang banyak tetapi Anda juga bisa membuat video tersebut ditonton oleh orang yang tepat. Hal ini tentu akan sangat baik jika video yang Anda buat berkaitan dengan marketing sebuah produk.

Alexandromeo I'm an experienced SEO Specialist who can grow a website through organic channel. I'm also passionate about digital marketing and web development