Alexandromeo I'm an experienced SEO Specialist who can grow a website through organic channel. I'm also passionate about digital marketing and web development

Ukuran Feed Instagram 3 Kotak, Bagaimana Cara Membuatnya?

2 min read

Ukuran Feed Instagram 3 Kotak, Bagaimana Cara Membuatnya

Tidak hanya untuk berbagi foto, kini Instagram juga sudah seperti portofolio, di mana semua orang ingin membuat tampilannya tampak bagus. Hal inilah yang membuat banyak orang mencari ukuran feed Instagram 3 kotak dan cara membuatnya dengan Canva.

Ukuran puzzle feed Instagram 3 kotak memang cukup menjadi tren. Selain membuat tampilan feed menjadi lebih rapi, hal ini juga bisa membuat halaman profil Instagram terlihat lebih estetik.

Ukuran Feed Instagram secara Umum

Sebelum membahas cara membuat feed 3 kotak, Anda perlu paham bahwa ukuran tiap foto di Instagram juga akan berbeda-beda, tergantung dengan penggunaanya. 

Seperti yang Anda tahu, ada banyak fitur di Instagram yang bisa Anda coba saat ini. Berbagai fitur ini sendiri tentunya bisa Anda gunakan sesuai dengan kebutuhan dan target pasar Anda. Untuk mengoptimalkan hasilnya, maka tentu saja Anda harus membuat desain yang unik.

Beberapa ukuran foto tersebut antara lain:

1. Ukuran untuk Foto Feed Instagram

Ada 3 jenis foto untuk yang bisa Anda jadikan untuk feed Instagram, yaitu square, landscape, dan juga portrait. Untuk square, maka ukuran yang bisa disarankan adalah 1: 1 atau minimal 1080×1080 pixels

Sementara untuk landscape, maka rasionya adalah 1,9:1 dengan resolusi 1080×608 pixels. Untuk portrait, ukurannya adalah 4:5 dengan rasio minimal 1080×1250 pixels. Ukuran dan resolusi ini juga berlaku jika Anda ingin membuat video yang tampil di feed Instagram

2. Ukuran untuk IG Story dan Live

Fitur lainnya yang juga ada pada Instagram adalah IG Story dan juga IG live. Untuk dua fitur ini juga ada dua jenis foto yang bisa Anda gunakan, portrait dan landscape.

Untuk jenis portrait, rasio yang digunakan adalah 9:16 dengan resolusi minimal 1080×1920 piksel. .Sementara untuk landscape, maka rasio yang disarankan adalah 4:5 dengan resolusi 1080×690 piksel

3. Ukuran untuk IGTV

Ukuran foto Instagram juga akan Anda perlukan ketika akan membuat IGTV. Ini merupakan fitur paling baru yang memungkinkan Anda untuk live dengan durasi lebih panjang.

Untuk fitur ini maka ukuran yang bisa Anda gunakan adalah rasio 16:9 atau resolusi minimal 1080×1920 untuk posisi portrait. Sementara untuk posisi landscape, maka rasionya adalah 16:9 atau dengan resolusi yang disarankan adalah 1920×1080 piksel.

Cara Membuat Ukuran Feed Instagram 3 Kotak di Canva

Jika Anda tertarik untuk membuat ukuran feed Instagram 3 kotak, maka salah satu cara yang bisa Anda lakukan adalah dengan menggunakan aplikasi Canva. Ukuran feed Instagram 3 kotak di Canva juga cukup lengkap. Berikut adalah langkah yang Anda perlukan:

  • Pertama, masuk ke aplikasi Canva yang sudah terinstall di smartphone Anda.
  • Buat Kanvas baru. Caranya dengan klik “buat desain”.
  • Lalu pilih custom design ukuran feed instagram 3 kotak di Canva.  Selanjutnya pilih dimensi yang sesuai, baik ratio ataupun resolusi. Jika Anda bingung dengan dimensi yang tepat, maka Anda bisa mengetikan Instagram Post atau Instagram Feed pada kotak pencarian.
  • Setelah memilih dimensi, maka langkah berikutnya yang perlu Anda lakukan adalah masuk ke menu Elements.
  • Selanjut pilih Grid. Pilih grid yang sesuai dengan ukuran feed Instagram 3 kotak yang akan Anda buat.
  • Jika sudah, maka langkah selanjutnya adalah memilih gambar ataupun foto yang akan Anda post ke Instagram dan masukkan ke ukuran puzzle feed Instagram 3 kotak.
  • Jika Anda ingin melakukan beberapa edit tambahan pada foto tersebut, Anda juga bisa melakukannya langsung pada aplikasi Canva. Membuat gambar menjadi lebih menarik juga merupakan salah satu cara yang bisa Anda lakukan untuk mendapatkan banyak engagement, apalagi jika Anda upload pada jam prime time Instagram.
  • Setelah semua selesai, maka Anda bisa langsung menguploadnya ke Instagram.

Optimalkan Feed Instagram Anda Mulai Sekarang!

Ukuran feed Instagram 3 kotak banyak menjadi pilihan karena dinilai membuat tampilan menjadi lebih rapi. Selain itu, cara ini juga bisa memuat banyak foto sehingga bisa lebih efektif untuk marketing.

Selain itu, penggunaan ukuran puzzle feed Instagram 3 kotak juga bisa Anda kombinasikan dengan beberapa fitur lainnya yang ada di Canva. Hal tersebut akan membuat hasil desain menjadi lebih menarik.

Alexandromeo I'm an experienced SEO Specialist who can grow a website through organic channel. I'm also passionate about digital marketing and web development