Alexandromeo I'm an experienced SEO Specialist who can grow a website through organic channel. I'm also passionate about digital marketing and web development

Apa Itu Sketsa? Pengertian, Manfaat, dan Cara Membuatnya

3 min read

Apa Itu Sketsa Pengertian, Manfaat, dan Cara Membuatnya

Jika Anda adalah seseorang yang berkutat di bidang desain, sketsa adalah salah satu hal yang sering menjadi langkah pertama dalam membuat pekerjaan. 

Entah itu arsitek, illustrator, ataupun seorang desainer grafis yang notabene merancang sebuah logo, semua pekerjaan tersebut memiliki sketsa dalam tingkatan yang berbeda.

Apa Itu Sketsa?

Untuk memahami tujuan dan fungsi dari sebuah sketsa, Anda perlu tahu soal pengertiannya terlebih dahulu. Sketsa atau sketch dapat dikatakan sebagai rancangan awal sebuah desain sebelum nantinya menjadi sesuatu yang layak untuk menjadi desain utuh. 

Proses menggambar sketch adalah sebuah aktivitas yang orang-orang lakukan secara spontan dan tanpa persiapan sama sekali. Ini cocok sekali dengan asal mula kata sketsa berasal dari bahasa Yunani yakni “schedios” yang berarti “dibuat secara tiba-tiba” atau “dilakukan tanpa persiapan”.

Meski begitu, tanpa persiapan bukan berarti menggambar seadanya. Jika Anda menemui orang yang sudah ahli dalam merancang desain, tidak jarang sketch yang mereka buat jauh lebih bagus dari desain yang seseorang gambar secara serius.

Karenanya, membuat gambar sketsa adalah sebuah keahlian yang dapat Anda latih secara tekun.

Fungsi Sketsa

Sketch yang sudah seseorang gambar memiliki fungsi yang cukup beragam, tergantung dari situasinya. Berikut ini adalah beberapa fungsi dari pembuatan sketsa di berbagai industri.

1. Pakaian

Tentu saja desainer pakaian membutuhkan proses sketching atau pembuatan sketsa untuk menentukan model dari pakaian yang akan mereka akan rancang.

2. Desain Grafis

Desainer grafis biasanya tidak langsung membuat desain yang langsung jadi, tetapi membuat sketch terlebih dulu untuk mereka presentasikan kepada klien.

3. Arsitektur

Ternyata, pembuatan sketsa adalah salah satu tahap awal dalam merancang sebuah bangunan. Sketch di dunia arsitektur memiliki tujuan agar bangunan yang mereka rancang sudah sesuai dengan luas tanah dan kondisi lahan yang ada.

Manfaat dan Tujuan Sketsa

Menggambar sketch adalah sebuah kegiatan yang tidak hanya memiliki fungsi, tetapi juga banyak manfaatnya tersendiri. Berikut adalah beberapa manfaat maupun tujuan yang bisa Anda rasakan dari membuat gambar sketsa.

1. Meningkatkan Kemampuan Menggambar

Sketching merupakan salah satu bentuk dalam melatih kemampuan menggambar. Berbeda dengan desain utuh yang membutuhkan proses pengerjaan yang relatif lama, menggambar sketsa adalah sesuatu yang bisa seseorang kerjakan dengan sangat cepat, bahkan saat istirahat kerja sekalipun.

Oleh karena itu, membuat sketch bisa Anda lakukan secara rutin dan dengan pendekatan yang berbeda-beda. Makin sering Anda membuat sebuah sketsa, kemampuan Anda dalam menggambar akan lebih berkembang tanpa harus terpaku pada satu karya.

Tidak hanya itu, banyak sumber inspirasi yang bisa datang dari melakukan sketching. Pasalnya, hasil akhir dari sketsa tidak jarang justru jauh dari ekspektasi awal. Meski begitu, berbeda bukan berarti menjadi sesuatu yang buruk. Nyatanya, banyak hal-hal baru justru muncul dari sebuah ketidaksengajaan.

2. Meminimalkan Kesalahan 

Manusia tidak luput dari kesalahan, apalagi jika bicara soal kegiatan yang menuntut tingkat perhatian yang cukup tinggi. Maka dari itu, membuat sketsa adalah salah satu bentuk persiapan yang Anda dapat kerjakan agar Anda dapat terhindar dari error atau kesalahan.

Sebuah sketch yang biasanya merupakan gambaran kasar nantinya akan mengalami proses pemolesan. Di proses ini lah seorang penggambar dapat menambahkan detail yang sebelumnya tidak terpikirkan, atau mungkin ingin mengurangi hal-hal yang membuat sebuah desain menjadi kurang baik.

3. Ide Dapat Terealisasi dengan Baik

Sketch tidak hanya selalu bakal berakhir dalam bentuk visual saja. Entah itu goresan pensil yang ada di atas kertas ataupun kumpulan piksel yang Anda buat dalam aplikasi image editing, gambar sketsa adalah sebuah gambar awal yang bisa saja berubah menjadi ide utuh.

Agar ide ini tidak berhenti di konsep saja melainkan bisa jadi ide yang terealisasi, kolaborasi antara desainer dengan pembuat objek haruslah sinergis. Tujuan sketch ini adalah sebagai awal untuk mencapai kesepakatan antara kedua belah pihak.

Kadang, meskipun sebuah ide visual sangat bagus sebagai konsep, tapi jika pihak pembuat merasa tidak bisa terealisasi, desainer terpaksa akan mengulang ide dari awal. Agar effort tidak terbuang sia-sia, maka kesepakatan bisa kedua belah pihak mulai sejak tahap sketsa sekalipun.

4. Menguatkan Ciri-Ciri Sebuah Konsep

Meski sketsa adalah sesuatu yang terbentuk secara tiba-tiba, namun tetap saja konsep yang kuat harus hadir di sebuah sketch. Jika sudah ada konsep yang terbentuk sejak awal pembuatan sketch, maka hasil akhirnya tentu juga akan memiliki kualitas yang baik. 

5. Alat Komunikasi

Layaknya bentuk visual pada umumnya, gambar sketsa bisa memiliki fungsi untuk menyampaikan pesan atau komunikasi dengan orang lain. 

Pasalnya, jika Anda hanya menyampaikan visi Anda dengan menggunakan deskripsi kata-kata, maka tidak jarang yang terjadi justru kesalahpahaman. Karenanya, sketsa adalah salah satu solusi yang bisa Anda gunakan untuk mengurangi miskomunikasi.

6. Tahap Awal dalam Menentukan Style

Sketch bisa Anda ibaratkan sebagai sebuah rute dalam peta. Tentu banyak cara untuk mencapai tujuan dalam suatu peta. Namun tujuan itu hanya bisa benar-benar dicapai jika Anda mengetahui seluk beluk jalur atau direksi yang ingin Anda ambil.

Unsur utama pada gambar sketsa adalah style atau gaya gambar. Maka tidak heran jika sketch seorang ilustrator memiliki banyak pendekatan gaya. Tujuannya agar mereka bisa melihat gaya mana yang paling cocok dengan proyek yang sedang ingin mereka kerjakan.

Tips Membuat Sketsa yang Baik

Berdasarkan deretan manfaat dan tujuan dari gambar sketsa, tentu Anda sudah bisa merasakan kalau membuat sketch sudah jadi keharusan orang dalam membuat ide visual. Meski membuat sketsa adalah tahapan awal dari membuat desain, ternyata banyak yang belum paham dengan cara pembuatannya.

Berikut ini adalah beberapa tips yang bisa Anda ikuti untuk membuat sketch yang baik.

1. Membuat Kerangka Gambar

Tidak hanya cerita atau bentuk tulisan lainnya, ternyata gambar dari sebuah sketsa adalah hal yang juga membutuhkan sebuah kerangka. Kerangka yang dimaksud di sini adalah sekumpulan garis vertikal, garis horizontal, maupun garis lengkung yang dapat membentuk suatu objek.

Biasanya kerangka ini memiliki fungsi ketika Anda menggambar sketsa wajah orang atau bentuk kompleks lainnya.

2. Membuat Garis Sekunder

Langkah selanjutnya dalam merancang sketch ataupun gambar awal adalah dengan membuat garis sekunder. Garis sekunder ini dapat berupa bentuk datar seperti lingkaran ataupun persegi.

Tujuan dari membuat garis sekunder adalah agar karakter dari sebuah sketch dapat terbentuk dengan lebih nyata.

3. Menyisakan Unsur Penting

Agar sketsa dapat memiliki visi yang jelas, maka garis-garis sekunder yang sudah Anda buat sebelumnya bisa Anda tegaskan, sedangkan garis primer tidak perlu. Pasalnya, garis sekunder adalah unsur penting yang ibaratnya memberikan nyawa kepada sebuah gambar. 

Sudah Paham Kegunaan dan Cara Menggambar Sketsa?

Meski menggambar sketsa adalah kegiatan yang awalnya cukup intimidatif, namun jika Anda sudah terbiasa melakukannya, maka melakukan hal ini justru akan terasa sangat mudah. Terlebih lagi, banyak manfaat yang ada bisa lakukan dari membuat sketsa. Selamat mencoba.

Alexandromeo I'm an experienced SEO Specialist who can grow a website through organic channel. I'm also passionate about digital marketing and web development