Alexandromeo I'm an experienced SEO Specialist who can grow a website through organic channel. I'm also passionate about digital marketing and web development

6 Rekomendasi Ukuran Logo yang Tepat untuk Anda

2 min read

6 Rekomendasi Ukuran Logo yang Tepat untuk Anda

Logo adalah tulisan, sketsa, atau gambar dengan makna tertentu yang dapat menggambarkan identitas jenis entitas tertentu, seperti perusahaan, organisasi, wilayah, bangsa, atau produk. Ukuran logo yang Anda masukan ke setiap platform di dunia digital pun memiliki standarnya masing-masing.

Dari penjelasan sebelumnya, jenis-jenis logo terdiri dari beberapa macam, seperti lettermark, maskot, emblem, dan masih banyak lagi.

Logo bertujuan untuk membantu orang mengingat dan mengenali suatu entitas tanpa harus membaca deskripsi atau penjelasan entitas tersebut. Oleh karena itu, Anda harus mengetahui ukuran yang tepat bagi logo Anda di setiap platform agar terlihat bagus dan jelas.

6 Rekomendasi Ukuran Logo yang Tepat

Berikut ini adalah 6 rekomendasi dimensi yang tepat bagi logo agar mengoptimalkan akun perusahaan Anda di setiap platform digital, antara lain:

1. 320×70 Piksel (Email Signature)

Ukuran logo ini umumnya digunakan dalam tanda tangan email. Tanda tangan email adalah tempat yang cocok untuk meletakkan logo Anda. Tempat ini cukup membantu Anda menampilkan sekaligus mempromosikan brand Anda, terutama jika Anda mengirim email dalam jumlah banyak.

Setiap ukuran tanda tangan email harus berupa file PNG dengan ukuran maksimum 10 KB. 

Sebagai aturan ukuran logo, pertahankan dimensi tanda tangan logo Anda dengan lebar 320 piksel dan tinggi 70 hingga 100 piksel. Ini akan menjamin bahwa logo Anda terlihat bagus di layar seluler karena sebagian besar perangkat seluler biasanya memiliki lebar antara 320 piksel dan 500 piksel.

2.  160×160 Piksel dan 250×150 Piksel (Website)

Ukuran standar logo selanjutnya adalah 160×160 piksel. Ukuran ini umumnya digunakan pada website dengan format layout vertikal (square). Sedangkan, dimensi logo yang ideal untuk halaman web dengan layout horizontal biasanya berukuran lebar 250 piksel dan tinggi 100 piksel.

Namun, ukuran logo horizontal yang baik cukup bervariasi. Selain 250×150 piksel, Anda juga dapat menggunakan 350×75 piksel dan 400×100 piksel di website dengan layout horizontal.

3. 110×110 Piksel (Instagram)

Ukuran logo 110 hingga 110 piksel adalah yang terbaik untuk Anda tempatkan di profil Instagram. Dengan aspek rasio 1:1, sebuah persegi ini tampak sempurna untuk logo brand Anda. 

Namun, untuk mempertahankan gambar profil dengan kualitas yang tinggi, ada baiknya Anda unggah pada resolusi yang lebih tinggi, seperti 1000×1000 piksel keatas.

4. 180×180 Piksel dan 851×315 Piksel (Facebook)

Facebook menyatakan bahwa gambar profil dengan logo perusahaan Anda harus berukuran minimal 180 hingga 180 piksel. Foto profil dan foto sampul Anda dipisahkan oleh batas tipis setelah diubah ukurannya menjadi 160×160 piksel dan ditempatkan di dalam bidang berukuran 170×170 piksel.

Sedangkan untuk sampul Facebook, ukuran standar logo perusahaan Anda adalah lebar 815 piksel dan tinggi 315 piksel. Sama seperti foto profil, logo Anda akan diubah ukurannya agar sesuai dengan ukuran sampul jika ukurannya lebih kecil dari lebar 851 piksel. Selain itu, jika ukurannya terlalu kecil, maka logo Anda tidak akan terlihat bagus.

5.  300×300 Piksel (LinkedIn)

Ukuran logo yang tepat untuk Anda pasang di halaman perusahaan Anda pada platform LinkedIn adalah sebesar 300×300 piksel. Oleh karena itu, pastikan untuk memperbarui logo di halaman perusahaan Anda untuk menghindari ketidakjelasan logo dan citra perusahaan Anda agar tidak terlihat pixelated dan jelek.

Perlu Anda ketahui bahwa 300×300 piksel adalah ukuran standar, oleh karena itu Anda dapat mengunggah gambar hingga ukuran 400×400 piksel.

6. 800×800 Piksel (Youtube)

Ukuran standar untuk gambar persegi yang digunakan sebagai logo channel YouTube adalah sebesar 800×800 piksel. Pengunjung akan melihatnya di sudut kiri atas saluran Anda saat mereka berkunjung. Namun, karena tampilan akhirnya melingkar, logo Anda akan terpotong saat diunggah ke YouTube.

Oleh karena itu, pastikan tidak meletakkan detail penting logo di sepanjang tepinya. Sebab. sangat penting untuk menetapkan ukuran logo channel YouTube Anda dengan benar karena muncul di berbagai tempat, seperti halaman saluran, komentar video, hasil pencarian, dan lain-lain.

Sudah Tahu Ukuran Logo yang Tepat untuk Perusahaan Anda?

Itulah 6 rekomendasi ukuran logo yang tepat agar perusahaan Anda terlihat lebih profesional di berbagai platform digital.  

Logo adalah alat yang digunakan untuk mencerminkan harga diri dimana semua nilai di dalamnya dapat menghasilkan citra suatu entitas yang dapat dipercaya oleh khalayak umum. Oleh sebab itu, membuat logo sebaiknya tidak boleh Anda lakukan secara sembarangan dan harus mengandung filosofi dan ciri khas yang tepat.

Jika Anda bingung ingin buat logo dimana, Anda dapat menggunakan jasa pembuatan logo Makinrajin untuk perusahaan Anda karena tim desainnya sudah berpengalaman di bidangnya. 

Cukup Anda berikan informasi tentang perusahaan Anda, dan tim Makinrajin akan membuat konsep terbaik untuk logo Anda. Selain itu, harganya pun terjangkau yakni mulai dari Rp179.000,00.

Alexandromeo I'm an experienced SEO Specialist who can grow a website through organic channel. I'm also passionate about digital marketing and web development