Alexandromeo I'm an experienced SEO Specialist who can grow a website through organic channel. I'm also passionate about digital marketing and web development

Mengupas Update Algoritma Google Search Oktober 2023

1 min read

Mengupas Update Algoritma Google Search Oktober 2023

Google belum lama ini mengumumkan update algoritma core terbarunya melalui akun Twitter Google Search Central. Pembaruan ini diprediksi akan menjadi game changer dalam dunia SEO. Namun, apa saja update algoritma Google search Oktober 2023 ini?

Untuk Anda yang masih belum update perihal update algoritma Google yang satu ini. Pada ulasan kali ini, kami akan sedikit membahasnya untuk Anda. Langsung saja, simak pembahasan yang telah kami rangkum di bawah!

Sekilas Tentang Update Algoritma Google Search Oktober 2023

Update algoritma core bukanlah hal baru dalam kamus Google. Google memang terkenal dengan konsistensinya dalam melakukan update algoritma, guna memperbaiki kualitas SERP (Search Engine Result Pages) dan juga pengalaman berselancar penggunanya. Biasanya, update algoritma core ini terjadi setiap 1 tahun sekali.

Update algoritma Google search Oktober 2023 ini sendiri adalah pembaruan ketiga dalam sistem peringkat yang Google lakukan di tahun 2023 ini. Sebelumnya, Google juga melakukan update core pada bulan Maret dan juga Agustus. 

Sama dengan track record update sebelumnya, proses update core ini juga memakan waktu selama beberapa pekan. Selama periode update tersebut, SERP akan menjadi fluktuatif.

Poin Penting Terkait Google Core Update

Berikut ini adalah beberapa poin-poin penting terkait dengan core update yang Google lakukan di bulan Oktober 2023 lalu:

1. Frequency (Frekuensi)

Google umumnya melakukan beberapa update core dalam 1 tahun. Setiap update menargetkan aspek yang berbeda dan memberikan dampak berbeda pula untuk peringkat website di SERP.

2. Dampak

Karena core update menyebabkan fluktuasi peringkat website di SERP. Sehingga, kemungkinan besar sejumlah website akan mengalami perubahaan peringkat secara significant.

3. Recovery (Pemulihan)

Jika suatu website mengalami penurunan peringkat akibat dampak dari core update, maka adalah hal penting bagi webmaster untuk segera melakukan identifikasi dan analisa aspek potensial untuk diperbaiki.

4. Helpful Content

Google semakin menekankan pentingnya keberadaan konten berkualitas, relevan, dan otoritatif. Website yang konsisten dalam memberikan konten bermanfaat kepada pengguna internet berpotensi mendapatkan performa yang stabil atau meningkat di SERP.

5. User Experience (Pengalaman Pengguna)

User experience akan menjadi faktor yang semakin penting dalam SEO. Pasalnya, Google akan mengevaluasi kualitas sebuah website melalui sejumlah faktor berkaitan dengan UX, seperti site speed, mobile friendly, dan navigasi.

6. Expertise, Experience, Authority, and Trustworthiness (E-E-A-T)

Google saat ini semakin memperhatikan faktor expertise (keahlian), experience (pengalaman), authority (otoritas), dan trustworthiness (kepercayaan) dari website dalam penyediaan konten. 

Sehingga, untuk para webmaster harus dapat membangun kredibilitas yang menunjukkan bahwa mereka kompeten di bidangnya. Karena hal ini akan mempengaruhi performa website di SERP.

Baca Juga: Apa Itu Search Engine ? Pengertian, Cara Kerja, dan Manfaat Search Engine

Telah Paham Tentang Update Algoritma Google Search Oktober 2023?

Update algoritma Google search Oktober 2023 adalah update terbaru yang Google lakukan di tahun 2023 ini. Selain itu, dalam pembaharuan algoritma di bulan Oktober 2023 ini, Google mulai semakin menekankan helpful content dan juga user experience sebagai kriteria penentuan peringkat SERP nya. 

Sehingga, Google akan memprioritaskan website yang memberikan konten berkualitas dan bermanfaat, serta user experience terbaik untuk menempati posisi atas di SERP nya.

Alexandromeo I'm an experienced SEO Specialist who can grow a website through organic channel. I'm also passionate about digital marketing and web development