Alexandromeo Lawrence I'm an experienced SEO Specialist who can grow a website through organic channel. I'm also passionate about digital marketing and web development

4 Tips Praktis Cara Mengirim Press Release ke Media

3 min read

4 Tips Praktis Cara Mengirim Press Release ke Media

Apakah Anda merasa frustasi karena press release tak kunjung mendapatkan perhatian dari media? Jangan khawatir Anda tidak sendirian. Bahkan, ada banyak pelaku bisnis yang mengalami hal serupa, dan solusinya sebenarnya sederhana, yakni dengan mengetahui bagaimana cara mengirim press release ke media serta strateginya.

Dewasa ini, kunci sukses dalam mengirim press release ke media terletak pada informasi yang Anda sajikan. Sebab, jurnalis akan memprioritaskan tulisan yang relevan, informative, juga unik. Untuk mengetahui, trik rahasianya silahkan simak penjelasan berikut.

4 Cara Mengirim Press Release ke Media Nasional

Tidak mudah, tapi bukan tidak bisa diusahakan. Inilah cara sederhana untuk bisa menerbitkan berita Anda.

1. Manfaatkan Situs Media

Langkah yang pertama ialah coba manfaatkan situs media yang Anda targetkan. Namun, tidak semua redaksi menyediakannya karena berbagai faktor.

Salah satunya karena media sudah memiliki nama, sehingga akses editorial tidak bisa diberikan secara bebas kepada khalayak umum. Jika redaksi pilihan Anda menyediakan akses ini, Anda bisa langsung membuat akun di situs tersebut.

Lalu, tunggulah verifikasi dari redaksi untuk mengaktifkan akun Anda. Apabila sudah berhasil, Anda akan mendapatkan akses editorial untuk menuliskan konten siaran pers.

2. Melalui Agen Distribusi

Menunjang kebutuhan individu maupun bisnis, jasa agen distribusi lebih banyak dipakai. Sebab, agen distribusi bisa menjangkau dan bekerja sama dengan media-media online terkemuka.

Cara yang satu ini dianggap lebih efektif serta efisien waktu. Anda hanya perlu menyediakan konten press release, serta biaya. Nantinya, pihak agen yang akan menghubungi dan menyalurkan konten Anda.

Bahkan tak tanggung-tanggung, jasa press release juga menyediakan sistem garansi. Jika konten Anda tidak berhasil tayang, semua biaya bisa dikembalikan.

3. Kirim Email ke Jurnalis

Percaya atau tidak, mendistribusikan berita ke alamat email redaksi bukan termasuk langkah terbaik untuk Anda. Setiap harinya, mereka pasti mendapatkan puluhan, bahkan ratusan konten yang masuk melalui Email.

Dengan begitu, kemungkinan besar konten Anda akan sulit di notice. Maka dari itu, ada trik rahasia yang bisa Anda coba, yakni mengirimkan siaran pers langsung ke jurnalis media tersebut.

Namun, pastikan jika wartawan tersebut tertarik dengan berita Anda. Untuk mengetahui ketertarikan ini, Anda bisa terlebih dahulu melakukan riset kecil-kecilan. Buka website redaksi dan carilah jurnalis yang menuliskan berita sesuai bidang bisnis Anda.

Setelah itu, kirimkan siaran pers ke alamat jurnalis tersebut. Jangan lupa sertakan subjek, kalimat pengantar, latar belakang singkat berita, serta informasi kontak Anda.

4. Bangun Hubungan dengan Jurnalis 

Penutup sekaligus cara terakhir dalam mengirim press release adalah meminta bantuan kepada jurnalis yang Anda kenal. Sama halnya dengan pelaku bisnis, jurnalis pun mempunyai target yang harus mereka penuhi.

Tawarkan mereka kesempatan untuk terkoneksi dengan pemilik perusahaan, atau orang-orang yang memiliki posisi tinggi di perusahaan. Hal ini bertujuan supaya jurnalis dapat membantu Anda mencapai tujuan kampanye.

Jangan lupa untuk memberikan pula apresiasi jika siaran pers yang Anda kirimkan berhasil tayang. 

6 Elemen Penting Press Release yang Disukai Media

Ketika menulis siaran pers, penting bagi Anda untuk mengikuti format hingga struktur penulisannya. Berikut adalah elemen yang wajib diikutsertakan dalam konten:

1. Informasi Kontak

Mulailah untuk menulis informasi kontak yang lengkap juga akurat pada konten Anda. Ini termasuk nama, posisi Anda, nama perusahaan, nomor telepon, hingga alamat email. Dengan catatan tersebut, jurnalis ataupun wartawan bisa lebih mudah untuk menghubungi Anda.

2. Tanggal Perilisan

Elemen yang kedua adalah tanggal perilisan. Harap mencantumkan data ini dengan jelas, sehingga jurnalis dapat mengetahui kapan siaran tersebut harus dipublikasikan. 

Tanpa adanya tanggal yang jelas, jurnalis bisa menilai bahwa siaran tersebut hanya bualan semata. Jadi, pastikan tidak melupakan hal kecil ini.

3. Judul

Buat judul yang mengundang rasa penasaran, tapi juga relevan dengan topik yang disampaikan dalam siaran pers. Tambahkan sedikit sudut pandang berita supaya jurnalis maupun audiens bisa mendapatkan gambaran.

4. Subjudul

Subjudul juga tak kalah penting. Cantumkan kata-kata yang sedikit menonjol supaya memberikan efek untuk pembaca. Tak perlu terlalu berlebihan yang penting masih satu konsep, juga unik.

5. Pendahuluan atau Latar Belakang

Siaran pers akan tampak lebih menarik dengan adanya pendahuluan atau latar belakang yang kuat serta mampu menyoroti informasi paling penting. 5W + 1H jangan Anda lupakan dalam pembuatannya.

6. Isi

Pada bagian isi siaran pers, Anda harus menyajikan informasi yang lebih detail dan kompleks. Sertakan kutipan ataupun pernyataan-pernyataan dari pakar untuk menambah kredibilitas pada konten Anda.

Buatlah fakta serta data yang relevan untuk mendukung informasi yang Anda bagikan. Sebab, tanpa informasi yang jelas berita tersebut tidak akan mampu menunjukkan valuenya.

7. Penjelasan Singkat Perusahaan

Akhir pers Anda, sertakan pula deskripsi tentang perusahaan. Ada beberapa informasi penting yang tidak boleh terlewatkan, seperti visi, misi, awal berdirinya perusahaan, produk, alamat, hingga detail kontak.

Tips Mengirim Press Release ke Media Nasional

Menargetkan media nasional biasanya hanya dilakukan oleh perusahaan-perusahaan besar. Namun, tak ada salahnya jika Anda ikut mencobanya bukan? Berikut 3 tips untuk memulai perjalanan Anda:

1. Riset

Riset menjadi langkah pertama yang paling dasar, tapi juga penting. Anda bisa memulai dari identifikasi media yang relevan dengan bisnis, target audiens mereka, pedoman editorial, hingga informasi kontak. Cari tahu dengan detail supaya tidak ada data yang tertinggal.

2. Buat Daftar Media

Berikutnya, buatlah daftar nama-nama media, jurnalis, hingga kontak mereka. Setidaknya siapkan minimal 5 media. Catat informasi penting apapun terkait media agar bisa Anda jadikan pertimbangan untuk memilih.

3. Personalisasi Promosi 

Langkah terakhir dalam memahami bagaimana mengirim press release ke media nasional adalah dengan memerhatikan personalisasi promosi. Ketika menghubungi jurnalis atau wartawan, silahkan sebutkan identitas Anda serta satu artikel yang sudah mereka terbitkan.

Artikel tersebut harus satu bidang dengan bisnis atau press release Anda. Hal ini dapat menunjukkan bahwa Anda sudah melakukan riset sebelumnya dan mengetahui apa basic dari wartawan yang dihubungi. Dengan begitu, besar kemungkinan Anda mendapatkan perhatian dari mereka. 

Kirim Press Release Anda ke Media Sekarang Juga!

Mengirimkan siaran pers ke media dapat menjadi alat yang ampuh untuk memperoleh perhatian public serta visibilitas. Dengan mengikuti cara mengirim press release ke media di atas, Anda bisa meningkatkan peluang siaran pers diliput, ditayangkan, hingga dibagikan. Kuasai strategi di atas untuk meraih keberhasilan.

Alexandromeo Lawrence I'm an experienced SEO Specialist who can grow a website through organic channel. I'm also passionate about digital marketing and web development