Alexandromeo Lawrence I'm an experienced SEO Specialist who can grow a website through organic channel. I'm also passionate about digital marketing and web development

Akibat Jika Tidak Menggunakan SEO, Apa Saja Kerugiannya?

2 min read

Akibat Jika Tidak Menggunakan SEO, Apa Saja Kerugiannya

Saat ini, website dan SEO merupakan dua hal yang mungkin sulit untuk dipisahkan. SEO sendiri merupakan salah satu teknik yang akan bermanfaat untuk digital marketing. Lalu apa akibat jika tidak menggunakan SEO?

Akibat tidak menggunakan SEO sendiri mungkin belum disadari banyak orang, terutama mereka yang masih baru di dunia digital marketing. Lalu, seberapa penting SEO tersebut?

Akibat Jika TIdak Menggunakan SEO

Pada dasarnya, SEO adalah sebuah cara agar website mendapatkan banyak pengunjung. Teknik ini akan membuat website atau konten menjadi mudah untuk ditemukan, Berikut adalah beberapa akibat tidak menggunakan SEO yang perlu Anda ketahui:

1. Pengunjung Rendah

Salah satu alasan kenapa SEO penting untuk digunakan adalah karena bisa mendapatkan banyak pengunjung. Nantinya, pengunjung akan lebih mudah untuk menemukan konten Anda.

Sederhananya, jika tidak menggunakan SEO, maka website yang Anda buat akan sulit mendapatkan banyak pengunjung atau sepi trafik. Salah satu alasannya adalah karena konten yang Anda buat akan sulit ditemukan.

Tanpa SEO, maka konten yang Anda buat harus bersaing tanpa bantuan pihak apapun. Tentu saja hal ini akan semakin sulit terutama ketika konten milik Anda harus bersaing dengan konten lainnya yang lebih besar.

2. Produk atau Jasa Menjadi Kurang Dikenal

Berkaitan dengan pengunjung yang rendah, akibat jika tidak menggunakan SEO lainnya adalah produk ataupun jasa yang Anda tawarkan menjadi kurang dikenal oleh konsumen.

Saat ini mayoritas orang menggunakan mesin pencari untuk mencari produk ataupun jasa yang mereka butuhkan. Selain itu, mereka biasanya hanya akan fokus pada hasil yang muncul pada halaman pertama.

Itu artinya, jika bisnis yang Anda buat tidak muncul di halaman pertama, maka akan sangat sulit untuk bisa mendapatkan konsumen dari internet. Selain itu, semakin jauh dari halaman pertama mesin pencari, maka hal itu juga menandakan produk atau jasa yang Anda tawarkan semakin sulit untuk dikenal.

3. Biaya Promosi Bertambah

Penjelasan bagian ini masih berkaitan dengan poin sebelumnya di mana produk atau jasa menjadi kurang dikenal. Jika produk Anda sulit dikenal, Anda tentu akan mengeluarkan lebih banyak effort dan biaya untuk membuatnya terkenal.

Sederhananya, jika Anda tidak paham SEO, maka jalan lain yang mungkin akan Anda pilih untuk masalah ini adalah menggunakan iklan berbayar.

Dengan menggunakan iklan berbayar, maka otomatis bisnis Anda akan berada pada halaman pertama mesin pencari, meskipun Anda tidak menggunakan SEO. Namun, sesuai namanya, Anda tentu harus mengeluarkan beberapa biaya. Masalah biaya ini juga menjadi salah satu akibat jika tidak menggunakan SEO.

Cara ini tentu berbeda jika Anda menggunakan SEO. Selain lebih optimal, teknik SEO ini juga bisa Anda lakukan dengan gratis. Jika dikaitkan dengan bisnis, hal ini tentu menguntungkan karena bisa menekan budget promosi namun tetap mendapatkan hasil yang optimal.

4. Persaingan Menjadi Semakin Sulit

Salah satu alasan banyak orang menggunakan SEO adalah karena dengan cara ini maka bisnis mereka bisa bersaing dengan lebih baik, bahkan jika harus bersaing dengan bisnis yang lebih besar.

SEO memberikan kesempatan yang sama bagi siapapun untuk bisa berada di halaman pertama mesin pencari. Hal inilah yang membuat banyak orang bisa bersaing satu sama lain.

Lalu apa jadinya jika Anda tidak menggunakan SEO? Tentu saja Anda akan semakin tertinggal dan kalah saing dengan kompetitor. Hal tersebut tentu akan membuat persaingan menjadi semakin sulit.

Dari segi posisi, website yang Anda buat akan suit berada di halaman awal mesin pencari jika tidak menggunakan SEO. Hal ini tentunya akan berdampak ke banyak hal lain, misalnya jumlah pengunjung yang rendah.

5. Kehilangan Calon Konsumen Potensial

Alasan lainnya kenapa banyak orang menggunakan SEO adalah bisa mendapatkan calon konsumen potensial. Cara ini belum banyak orang yang menyadari. Ketika Anda menggunakan SEO, maka besar kemungkinan mereka yang datang adalah yang benar membutuhkan.

Hal ini berbeda jika Anda tidak menggunakan SEO. Akibat jika tidak menggunakan SEO adalah hilangnya calon konsumen potensial. Tanpa SEO, maka besar kemungkinan pengunjung website Anda adalah orang acak.

Optimalkan Penggunaan SEO!

Setelah memahami berbagai akibat jika tidak menggunakan SEO, maka sebaiknya Anda mulai mempelajari tentang teknik ini. Bagaimanapun juga, cara ini adalah teknik yang paling banyak digunakan dan paling efektif.

Selain dari segi biaya akan lebih murah, cara ini juga bisa memberikan hasil yang lebih baik, bahan jika Anda menggunakan cara berbayar. Jadi, jika ingin promosi di internet, menggunakan SEO adalah cara terbaik.

Jika Anda tertarik untuk meningkatkan traffic ataupun penjualan produk pada website, Anda bisa gunakan jasa SEO website dari Makinrajin. Harapan kami dapat membantu meningkatkan penjualan pada website Anda.

Alexandromeo Lawrence I'm an experienced SEO Specialist who can grow a website through organic channel. I'm also passionate about digital marketing and web development