Alexandromeo I'm an experienced SEO Specialist who can grow a website through organic channel. I'm also passionate about digital marketing and web development

Algoritma Instagram yang Perlu Diketahui Supaya Konten Anda Viral

4 min read

Memahami Cara Kerja Algoritma Instagram Agar Konten Viral

Dalam membangun brand awareness, algoritma Instagram adalah sebuah aspek yang wajib Anda ketahui, agar proses manajemen konten jadi lebih efisien. Pada dasarnya, banyak sekali faktor yang mempengaruhi cara kerja tools ini yang fungsinya menampilkan konten dalam mesin pencari para pengguna Instagram.

Selain itu, setiap bulannya selalu muncul berbagai kategori baru yang berbeda-beda, sesuai dengan kata kunci yang dicari oleh para pengguna saat mengakses fitur search di Instagram. Lantas, bagaimana cara kerja tools ini dalam membaca kata kunci? Ini dia klasifikasi algoritma Instagram terbaru!

Apa Itu Algoritma Instagram?

Algoritma Instagram adalah perhitungan dari gabungan kata kunci yang paling sering dicari oleh pengguna Instagram. Kata kunci ini lalu terkumpul dan membentuk kalkulasi yang mengacu pada jenis konten yang akan tampil dalam mesin pencari penggunanya.

Berbeda dengan keyword pada SEO website, tools ini memiliki karakteristik yang sifatnya statis dan berubah-ubah. Selain itu, banyak sekali faktor yang mempengaruhi berubahnya kalkulasi kata kunci ini dalam kaidah SEO di Instagram. Faktor tersebut antara lain tren, jenis konten, keyword, dan lain sebagainya.

Cara Kerja Instagram

Agar postingan konten Anda ramai dan mendapat interaksi serta engagement dari audiens, maka Anda harus mengetahui cara kerja platform ini terlebih dahulu. Berikut cara kerjanya:

1. Kualitas Postingan Konten

Cara kerja pertama yang membentuk sebuah algoritma Instagram terbaru adalah kualitas postingan konten. Setiap konten yang terunggah, akan terbaca oleh sistem feed secara otomatis. Namun, jika konten tersebut memiliki kualitas, maka tentunya akan menjadi senjata untuk memikat para audiens.

Konten yang berkualitas maksudnya, yaitu gambar atau video tidak blur atau pecah, estetik, sesuai dengan kebutuhan audiens, serta tidak mengandung unsur larangan kebijakan Instagram.

2. Interaksi Audiens

Nah, setelah Anda mengunggah konten, cara kerja selanjutnya dari platform ini adalah akan menampilkan interaksi kepada para audiens. Jika postingan Anda memiliki kualitas, maka akan semakin banyak juga interaksi yang akan Anda dapatkan dari para audiens tersebut.

Mulai dari interaksi antar sesama followers, kemudian semakin menyebar sesuai dengan algoritma Instagram itu sendiri. Setelah sistem tersebut membaca interaksi postingan Anda, maka secara otomatis sistem di feed atau reels akan menampilkan konten tersebut sesuai dengan kata kunci yang dicari oleh para audiens.

3. Viral

Setelah konten yang Anda unggah mulai mendapat banyak interaksi, cara kerja selanjutnya dari platform ini adalah viral. Jadi, konten Anda akan dapat terakses oleh banyak pengguna di seluruh dunia sesuai dengan kata kunci atau hastag yang Anda tampilkan.

Selain itu, ketika konten sudah mulai viral, maka Anda bisa memanfaatkannya untuk keperluan branding dan membangun engagement terhadap akun Instagram Anda. Caranya, dengan membuat konten secara konsisten dan memanfaat berbagai Instagram tools terbaik, agar akun dan postingan konten Anda lebih terarah.

9 Tips Agar Konten Mendapat Banyak Interaksi

Berikut ini adalah tips agar konten dapat terbaca pada urutan teratas algoritma Instagram terbaru dan mendapat banyak interaksi audiens:

1. Unggah Konten Secara Konsisten

Melakukan unggahan konten secara konsisten tidak hanya membantu akun Anda agar lebih mudah dijangkau audiens saja.  Namun, melakukan unggahan secara konsisten juga akan mempermudah akun untuk beradaptasi dengan algoritma Instagram.

Selain itu, Anda juga bisa membuat kalender konten untuk mempermudah manajemen konten serta menentukan waktu yang tepat untuk melakukan posting konten terbaru. Dengan pembuatan kalender konten, maka Anda bisa mengatur jadwal unggahan dengan waktu yang tepat, agar interaksi juga semakin banyak.

2. Analisis Postingan

Tips kedua agar sebuah konten mendapat interaksi dari para audiens adalah dengan melakukan analisis postingan. Jika Anda menggunakan akun Instagram Kreator, terdapat fitur insight yang bisa Anda lakukan untuk menganalisa konten.

Dalam fitur ini, Anda dapat menganalisa terkait jenis konten apa yang mendapat interaksi terbanyak dari para audiens. Selain itu, Anda juga dapat menganalisa jumlah kunjungan serta interaksi audiens terhadap postingan Anda.

3. Pastikan Konten Berkualitas dan Menarik

Bagi pemilik bisnis yang mengembangkan brand di platform ini, maka Anda harus mengetahui algoritma Instagram terbaru dalam proses pembuatan konten. Selain itu, Anda juga bisa membuat konten dengan menerapkan contoh copywriting Instagram yang menarik, agar audiens terhipnotis lewat caption dari konten tersebut.

Perhatikan juga ukuran feed Instagram Anda, dan pastikan semua konten yang Anda unggah memiliki unsur menarik dan mempunyai kualitas. Pada dasarnya, agar interaksi audiens meningkat, faktor utamanya terletak pada kualitas konten itu sendiri.

4. Atur Jam dan Waktu Postingan

Hal yang sering terlupakan oleh para pengguna Instagram, khususnya jenis akun bisnis, adalah jam unggahan konten. Karena ada beberapa waktu tertentu unggahan konten Anda akan mendapat perhatian lebih banyak dan ada juga jam tertentu di mana unggahan Anda mendapat respon sedikit.

Jadi, pastikan Anda mengunggah konten di jam yang tepat ,seperti di jam prime time atau di waktu istirahat kerja. Selain itu, hindari mengunggah konten di jam-jam sibuk atau di malam hari, karena interaksi audiens pada jam tersebut sangat sedikit.

5. Kolaborasi

Dengan melakukan kolaborasi dengan akun atau para kreator lain, tentu saja akan menarik audiens yang jauh lebih banyak. Logikanya, jika followers Anda dan followers akun yang berkolaborasi dengan Anda ini dikalkulasi, tentu saja interaksi audiens juga bertambah dan membentuk sebuah algoritma Instagram yang baik.

Selain itu, kolaborasi juga akan membuat Anda lebih mempunyai banyak relasi antar sesama kreator. Bahkan, kolaborasi juga sangat bermanfaat untuk mengembangkan potensi dan ide kreatif, agar menjadi lebih matang pada saat proses eksekusi konten.

6. Lakukan Interaksi dengan Audiens

Interaksi dengan audiens juga perlu Anda lakukan, agar konten Anda mendapat engagement yang lebih. Caranya pun beragam. Anda bisa melakukan interaksi tanya jawab, memberikan giveaway, dan lain sebagainya.

Jika Anda melakukan interaksi langsung dengan audiens, hal ini akan menjalin sebuah kedekatan dan ikatan yang lebih kuat, antara akun Anda dengan audiens tersebut. Dengan kata lain, audiens akan merasa ikut serta dalam proses perkembangan akun Anda.

7. Gunakan Hashtag

Hashtag adalah hal penting yang juga bisa meningkatkan interaksi konten Anda terhadap algoritma Instagram. Penggunaan hashtag ini nantinya akan terbaca oleh mesin pencari sebagai sebuah kata kunci bagi para pengguna Instagram.

Selain itu, hashtag juga merupakan bagian penting dalam struktur copywriting di Instagram. Jadi, pastikan Anda mempunyai hashtag yang unik, agar audiens mudah menghafalnya. 

Baca Juga: 10+ Kata Kata Promosi Makanan di Instagram

8. Tingkatkan Jumlah Followers

Tips lainnya untuk meningkatkan interaksi audiens dan algoritma Instagram terhadap sebuah konten adalah dengan meningkatkan jumlah followers. Perlu Anda ketahui, bahwa jika jumlah pengikut Anda sedikit, maka interaksi pengguna lain terhadap konten Anda juga sedikit.

Banyak cara untuk bisa meningkatkan jumlah pengikut Anda di Instagram. Salah satunya dengan menampilkan visual yang menarik di feed dan melakukan metode follow-unfollow.

Selain itu, Anda juga bisa mendapatkan followers dengan membuat konten yang menarik. Ketika konten tersebut viral, maka dengan sendirinya audiens akan tertarik dengan akun Anda. Setelah itu, kemungkinan followers Anda bertambah juga akan semakin besar, karena akun Anda dinilai menarik dan berkualitas.

9. Repost Konten

Hal lain yang bisa Anda lakukan untuk meningkatkan interaksi konten agar terbaca oleh  algoritma Instagram terbaru adalah dengan melakukan repost konten menarik. Repost konten sendiri merupakan metode mengunggah ulang konten lain dan memasukkannya dalam akun Instagram Anda.

Dengan metode ini, maka Anda akan mendapat interaksi, karena konten tersebut sudah terbukti menarik. Selain itu, Anda juga bisa membuat konten dengan jenis yang sama seperti konten repost tersebut, sebagai ide pembuatan konten yang tidak menduplikasi konten lainnya.

Sudah Lebih Paham Cara Kerja Algoritma Instagram?

Algoritma Instagram adalah sekumpulan keyword yang populer dicari oleh audiens dan mengacu pada jenis konten yang berkualitas, tinggi interaksi, dan berpotensi viral. Jika Anda kesulitan untuk membuat konten yang berkualitas, menarik, dan interaktif, Anda bisa menggunakan jasa copywriting Instagram dari Makinrajin.

Alexandromeo I'm an experienced SEO Specialist who can grow a website through organic channel. I'm also passionate about digital marketing and web development