Alexandromeo I'm an experienced SEO Specialist who can grow a website through organic channel. I'm also passionate about digital marketing and web development

Quiz Pertanyaan di Instagram: Ide dan Cara Pembuatannya

3 min read

Quiz Pertanyaan di Instagram

Di tengah perkembangan teknologi dan sosial media saat ini, muncullah fitur Quiz Instagram. Pada dasarnya, ada banyak manfaat dan ide quiz pertanyaan di Instagram. Namun sebelum membahas lebih jauh, alangkah lebih baik Anda tahu dulu pengertiannya. 

Apa Itu Fitur Quiz di Instagram?

Fitur Quiz Instagram adalah salah satu Instagram tools terbaik yang memungkinkan Anda memberikan quiz pertanyaan di Instagram terutama di Story. Quiz tersebut bisa berupa pilihan ganda, polling, atau meminta jawaban secara langsung dari followers Instagram. 

Jika pilihan ganda, para followers akan memilih jawaban sesuai dengan opsi yang Anda berikan. Kemudian untuk polling, followers akan memberikan jawaban that or this sehingga Anda pun bisa mengetahui persentasenya.

Nah dari pilihan atau jawaban followers itu lah Anda bisa tahu apa yang paling mereka sukai ataupun kuasai. Lalu mengapa perlu membuat quiz ini?

Mengapa Perlu Menggunakan Fitur Quiz Story di Instagram?

Saat mengoptimalkan penggunaan IG dalam mengembangkan bisnis, pertimbangkan juga ukuran feed Instagram dan pembuatan konten yang menarik termasuk konten kuis. Ada beberapa alasan mengapa Anda perlu menggunakan fitur quiz pertanyaan di Instagram terutama dalam hal bisnis, antara lain:

1. Menyaring Business Insight 

Dengan fitur quiz pertanyaan di Instagram ini, bisa memungkinkan Anda untuk menyaring business insight. Apa itu business insight? Business insight merupakan wawasan bisnis. Artinya, Anda akan mendapatkan ide baru terkait bisnis melalui jawaban dari pertanyaan tersebut. 

Secara tidak langsung, Anda pun juga bisa menghemat biaya riset. Apalagi, biaya riset kadang terlampau tinggi sehingga sering memberatkan. 

Anda bisa mulai dengan memberikan pertanyaan terkait bisnis, mulai dari apa yang mereka suka dan tidak suka. Nah dari kesimpulan setiap jawaban terkait pertanyaan inilah, Anda bisa mendapatkan ide baru untuk mengembangkan bisnis tersebut.

2. Edukasi Seputar Produk Brand

Hal lainnya yang bisa Anda manfaatkan dengan quiz pertanyaan di Instagram yaitu edukasi seputar produk kepada followers. Dalam hal ini, Anda bisa mengajukan pertanyaan seputar produk secara khusus kepada followers

Misalnya Anda ingin mengedukasi mengenai minuman terlaris pada pelanggan. Anda bisa mulai dengan memberikan pertanyaan sejenis “Apa minuman favorit pelanggan dari gerai A?”. 

Kemudian buat list beberapa minuman di sana. Jika mereka klik salah satu dari minuman tersebut, maka mereka bisa melihat mana yang merupakan minuman favorit di tempat jualan Anda. 

3. Media Penyebaran Promosi 

Jika bingung bagaimana cara promosi tanpa mengeluarkan banyak biaya, Anda bisa coba memberikan pertanyaan quiz story di Instagram. Bagaimana caranya?

Misalnya Anda ingin mempromosikan bisnis baru. Nah Anda bisa menggunakan fitur kuis dengan memberikan pertanyaan seputar bisnis tersebut. 

Selain itu, Anda juga bisa memberikan reward bagi yang berhasil menjawab untuk meningkatkan minat mereka mengikuti kuis. Seperti jika ada yang berhasil menjawab benar, maka mereka akan mendapatkan voucher diskon saat berbelanja di tempat Anda.

Mungkin ini terlihat sederhana, tapi cara ini cukup ampuh untuk melakukan promosi. Cara ini pun jauh lebih baik dan menyenangkan daripada Anda hanya memposting kode diskon di feed Instagram.

4. Meningkatkan Penjualan Produk

Dengan membuat pertanyaan produk, Anda bisa tahu apa yang diinginkan oleh pelanggan. Anda pun bisa meningkatkan kualitas produk dari jawaban pertanyaan tersebut.

Jika Anda berhasil membuat produk sesuai keinginan pelanggan. Secara tidak langsung, ini akan meningkatkan penjualan produk Anda nantinya. 

Nah untuk lebih jelasnya, beberapa contoh ide pertanyaan untuk quiz Instagram di pembahasan selanjutnya mungkin bisa Anda coba. 

Ide Pertanyaan untuk Story Quiz

Ada beberapa ide pertanyaan kuis Instagram story terbaru dan cukup banyak orang gunakan, antara lain:

1. Ask Me Anything

Salah satu fitur quiz pertanyaan di Instagram yaitu “Ask Me Anything”. Nah Anda bisa menggunakan fitur kuis Instagram story terbaru ini untuk memberikan pertanyaan terkait bisnis atau produk milik Anda. 

Adapun contoh ide pertanyaan untuk story quiz terkait bagian ini yaitu “Ask me anything about this brand“. Nah dari pertanyaan itulah Anda bisa mengetahui apa yang diharapkan oleh para followers

Pada bagian ini, Anda juga bisa memberi pertanyaan tebakan kepada followers. Contoh pertanyaannya yaitu “Kapan perusahaan ini dibangun?”, “Siapa saja yang bekerja di perusahaan ini?”, “Apa saja produk terlaris perusahaan X?”, “Tebak! produk apa ini?”, dan banyak lagi.

2. Konten Kuis Pilihan

Pada quiz Instagram, Anda juga bisa membuat konten pilihan dan ini merupakan kuis Instagram story terbaru yang cukup bagus Anda gunakan untuk berbisnis. Anda bisa meminta pengikut untuk memilih jawaban yang tepat terkait produk. 

Ini juga akan sangat berguna saat Anda hendak meluncurkan produk baru. Misalnya Anda bingung untuk menentukan warna dari produk tersebut. 

Anda bisa memberi pertanyaan pilihan warna apa yang cocok untuk produk tersebut. Semakin banyak jawaban, maka semakin banyak kemungkinan untuk tahu kesukaan dari pengikut Anda. 

Contoh kontennya yaitu “Anda lebih suka yang mana?”, kemudian Anda juga bisa meletakkan gambar atau ilustrasi lainnya yang menarik di bagian bawah produk. Nah kemudian dari pilihan tersebutlah, pengikut Anda bisa menentukan pilihannya. 

3. Konten This or That

Membuat opsi banyak bisa saja membingungkan. Anda bisa membuatnya menjadi lebih simple dengan membuat quiz pertanyaan di Instagram This or That.

Untuk jenis kuis Instagram story terbaru ini, Anda bisa membuat konten dengan menyajikan dua pilihan kebiasaan yang sering konsumen lakukan. 

Misalnya konten tentang kebiasaan ibu-ibu saat di dapur. Anda bisa membuat pilihan, memasak menggunakan banyak minyak atau sedikit minyak. Nah dari jawaban mereka, Anda bisa menentukan untuk membuat produk yang banyak minyak atau tidak.

Cara Menggunakan Quiz Instagram

Anda misalnya sudah tahu ingin membuat pertanyaan apa saja. Namun masalahnya, Anda belum tahu bagaimana cara membuatnya. Untuk itulah berikut ini langkah-langkah membuat quiz pertanyaan di Instagram yang bisa Anda ikuti!

  1. Pertama, buka dan login aplikasi Instagram di HP atau device sejenisnya terlebih dahulu.
  2. Geser layar ke kanan untuk mulai membuat story Instagram.
  3. Klik “Buat” atau simbol “Aa” pada bagian kiri tengah, kemudian nanti akan muncul beberapa pilihan tema untuk story yang akan Anda buat.
  4. Anda bisa pilih beberapa bentuk tema sesuai keinginan, Nah setelah menentukan pilihan, Anda bisa klik di bagian tengah untuk memulai.
  5. Selain itu, Anda juga bisa klik ikon yang ada di bagian tengah atas (fitur sticker), nanti akan muncul beberapa stiker dan icon untuk membuat pertanyaan, polling, pilihan ganda, dan banyak lagi.
  6. Selanjutnya, Anda bisa langsung menulis pertanyaan atau polling sesuai keinginan. Anda juga bisa menambahkan multiple choice pada beberapa kolom jawaban di bawah pertanyaannya
  7. Setelah itu, klik “Bagikan” untuk mulai membagikan story Instagram tersebut.
  8. Nah hasil jawaban dari semua followers bisa Anda lihat melalui icon notifikasi atau daftar viewer story

Sudah Tahu Quiz Pertanyaan di Instagram?

Nah setelah mengetahui pengertian hingga cara membuat quiz pertanyaan di instagram tersebut, Anda bisa langsung mempraktikkannya sendiri, ya. Anda tidak akan pernah bisa jika tidak mencoba, jadi jangan lupa dicoba. Semoga bermanfaat!

Alexandromeo I'm an experienced SEO Specialist who can grow a website through organic channel. I'm also passionate about digital marketing and web development