apa itu softaculous

Apa itu Softaculous? Mengenal Web Installer yang Hebat

Bagi penyedia layanan web hosting, softaculous  sangatlah ideal untuk digunakan. Sifatnya yang lebih mempermudahkan user membuat para user dapat melakukan instalasi pada aplikasi dengan sangat mudah, yaitu hanya sekali step saja. Bagi Anda yang belum mengetahui apa itu Softaculous, sudah saatnya Anda mengetahuinya.

Perangkat ini nantinya akan melakukan proses instalasi, misalnya saja seperti membuat sebuah tabel database,  software pengaturan pada data login admin, melakukan pengaturan konfigurasi pada web server, bahkan melakukan proses backup. Ada banyak fitur, review, rating dan juga tampilan aplikasi dari para penggunanya.

Apa itu Softaculous?

Sebagian orang memang belum mengerti betul yang mengenai Softaculous. Softaculous sendiri memiliki arti sebagai autoinstaller pada sebuah hosting. Kegunaannya agar proses instalasi dapat berjalan dengan mudah, terutama pada bagian aplikasi website maupun content management system.

Secara otomatis aplikasi akan terinstal dan para user. Penggunaan softaculous  memang sangat disarankan bagi Anda yang mempunyai hosting, kemudian memiliki keinginan untuk penginstalan pada suatu aplikasi.

Misalnya saja seperti mengirim Wordpress, prestashop pada hosting, maupun yang lainnya. Untuk aplikasi ini dapat diinstal pada hosting dengan sangat mudah, sehingga bagi orang yang masih awam tidak akan mengalami kebingungan.

Kelebihan Softaculous

Jika dibandingkan dengan auto installer yang lainnya, tentunya softaculous mempunyai banyak keunggulan yang bisa menguntungkan bagi para penggunanya. Untuk mengetahui apa saja kelebihan yang dimiliki oleh perangkat ini, silahkan simak daftar kelebihan di bawah ini:

1. Memiliki banyak pilihan bahasa

softqculous punya banyak bahasa

Anda akan ada banyak bahasa yang Anda jumpai pada perangkat yang satu ini. Perangkat ini tidak hanya menyediakan bahasa Inggris saja, akan tetapi juga terdapat banyak pilihan termasuk bahasa Indonesia. Berdasarkan pilihan bahasa tersebut, bagi Anda yang belum menguasai bahasa Inggris, tidak perlu khawatir karena tersedia pilihan bahasa lain yang bisa dipilih.

2. Menyediakan aplikasi update

Beberapa aplikasi yang disediakan oleh perangkat ini akan selalu update, baik itu dari patch sampai dengan update keamanan atau security. Selain itu, para penggunanya juga dapat melakukan update admin softaculous, maupun melakukan update via cron. Dengan hal ini maka para pengguna akan merasa sangat dimanjakan dengan penggunaan perangkat yang satu ini.

3. Memiliki aplikasi yang super lengkap

Banyak sekali aplikasi yang dapat digunakan, terutama bagi Anda yang berkeinginan membuat sebuah blog. Anda bisa menggunakan open blog serendipity dan WordPress yang lainnya. Bagi para pengguna yang berkeinginan membuat portal website, bisa melakukan penginstalan drupal,  joomla, mambo maupun yang lainnya.

Sementara bagi para pengguna Framework bisa menggunakan codeigniter, laravel, yii, bootstrap maupun yang lainnya. Banyaknya pilihan aplikasi yang terdapat pada perangkat ini, maka para penggunanya akan merasa sangat mudah untuk bisa memenuhi segala kebutuhannya sesuai keinginan.

4. Kemudahan dalam melakukan integrasi control panel hosting

Berkat adanya softaculous ini, maka lebih mempermudahkan para penggunanya pada saat melakukan integrasi pada control panel hosting. Hal ini dikarenakan sudah ada banyak sekali berbagai pilihan control pada hosting. Misalnya saja seperti Plesk, cPanel, ISPmanager, DirectAdmin,H-sphere, CentOS Web Panel, InterWorx,Hosting Controller dan ISPConfig.

5. Terdapat fitur pencarian

Berkat adanya fitur pencarian, maka akan  sangat memudahkan para penggunanya pada saat hendak melakukan pencarian CMS maupun aplikasi sesuai yang akan digunakan.  Fitur pencarian memang sangat dibutuhkan bagi para pengguna agar proses pencarian berjalan lebih cepat tanpa memakan banyak waktu.

Langkah Mudah Menggunakan Softaculous

Dalam penggunaan softaculous ini dikatakan susah-susah gampang, terutama bagi Anda yang belum memiliki banyak pengalaman. Namun, Anda tidak perlu khawatir karena dengan mengikuti langkah-langkah yang ada di bawah ini, maka Anda bisa menggunakannya dengan mudah. Berikut ini langkah yang bisa Anda ikuti:

  • Langkah pertama, pastikan bahwa Anda sudah mempunyai hosting, karena tanpa mempunyai hosting, maka sudah bisa dipastikan Anda tidak akan bisa menggunakan softaculous. Jika sekiranya belum mempunyai hosting, silahkan melakukan pembelian hosting terlebih dahulu, karena ada banyak sekali jenis hosting terbaik yang bisa digunakan.
  • Login CPanel (domainanda.com/cpanel) kemudian buka bagian softaculous apps installer. Dengan cara ini maka Anda nantinya akan mendapatkan akun panel hosting, kemudian tulislah “softaculous” di bagian kolom pencarian yang sudah disediakan.
  • Kemudian Anda akan diarahkan pada bagian dashboard apps installer, sehingga Anda dapat melakukan pencarian jenis aplikasi di bagian kategori sesuai yang hendak diinstal. Gunakan  kolom pencarian supaya lebih memudahkan Anda untuk menemukan aplikasi yang Anda cari.
  • Setelah menunggu beberapa detik akan muncul halaman aplikasi yang sudah dipilih.
  • Jika sudah, silahkan klik bagian install now agar bisa langsung melakukan instalasi aplikasi. Selain itu pengguna juga dapat melihat tampilan aplikasi, fitur, rating, demo maupun review pada aplikasi.
  • Untuk langkah selanjutnya, pengguna dapat melakukan pembagian kolom sesuai dengan panduan. Di dalamnya terdapat pilihan kolom site setting, kolom software, admin account, software setup, choose language, dan juga advanced option yang wajib diisi.
  • Apabila Anda sudah mengikuti langkah-langkah di atas dengan benar, maka untuk proses instalasi sudah berhasil.

Manfaat Softaculous

Berbicara manfaat, maka sudah bisa dipastikan bahwa softaculous ini mempunyai manfaat yang sangat banyak sekali. Termasuk dalam hal membantu user agar lebih mudah pada saat melakukan instalasi aplikasi atau script. Untuk lebih memperjelas beberapa manfaat yang ditawarkan oleh softaculous, Anda bisa menyimak ulasan berikut:

1. Pembuatan website terasa lebih mudah

Para pengguna akan merasa sangat diuntungkan berkat adanya softaculous, karena untuk pembuatan website akan terasa lebih mudah dilakukan. Hal ini dikarenakan para penggunanya tidak perlu menggunakan cara manual, misalnya seperti melakukan download file zip, melakukan pembuatan database ataupun mengupload file website.

Anda juga dapat menginstall WordPress dengan sofaculous hanya dalam beberapa klik saja.

2. Dapat meningkatkan  efisiensi

Seperti yang sudah dijelaskan di atas mengenai apa itu softaculous, perangkat ini dikatakan lebih efisien, karena bisa digunakan lebih cepat. Softaculous mampu menghemat biaya development web maupun biaya desain.

Softaculous memberikan pilihan misalnya pembuatan blog, pembuatan website, forum, toko online ataupun yang lain. Untuk proses pembuatannya pun juga sangatlah praktis, karena hanya cukup hitungan menit saja.

3. Lebih praktis

kelebihan softaculous mudah digunakan

Penggunaan softaculous ini dianggap jauh lebih praktis dan tidak terlalu memakan banyak waktu pada proses pembuatannya. Pemasangan script yang lainnya pun juga lebih mudah, akan tetapi Anda diharuskan untuk melakukan konfigurasi maupun mengupload dengan cara manual.

Cukup dengan menggunakan softtaculous, maka para penggunanya hanya cukup melakukan satu klik saja. Apabila Anda sudah mengetahui pengertian softtaculous, maka Anda tidak perlu merasa khawatir pada saat menggunakan perangkat yang satu ini.

Banyaknya kelebihan dan keuntungan yang bisa didapatkan, terlebih lagi di zaman milenial yang segala sesuatunya diharapkan bisa dilakukan dengan mudah. Adanya perangkat ini akan banyak membuat para masyarakat merasa diuntungkan.

Anda ingin memiliki web hosting dengan kualitas server tercepat di Indonesia ? Klik di sini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *