apa itu joomla

Apa itu Joomla? Penjelasan Tentang Joomla Secara Lengkap

Agar bisa mengembangkan sebuah website dengan mudah dan cepat, maka suatu komunitas program yang memiliki jiwa sosial berhasil mengembangkan sebuah CMS. CMS ini bisa digunakan dalam pembuatan sebuah website. Salah satu CMS yang bisa digunakan yaitu Joomla. Lalu apa itu Joomla? Berikut penjelasannya.

Membuat sebuah website memang dibutuhkan kemampuan coding, desain grafis, pembuatan database dan juga menciptakan beberapa konten menarik. Sebuah website memang tidak akan asing lagi jika kita berbicara mengenai internet.

Sementara website ini menjadi nyawa internet dan peran dari website itu sendiri sangatlah penting, sehingga banyak orang yang tertarik untuk memiliki sebuah website.

Apa Itu Joomla?

Joomla memiliki pengertian sebagai sebuah manajemen konten secara terbuka dan juga bebas dengan basis data MySQL, serta menggunakan PHP untuk memenuhi kebutuhan intranet ataupun kebutuhan internet. Dengan kata lain, Joomla adalah sebuah CMS yang bisa digunakan untuk membuat website, sama seperti WordPress.

Sebenarnya ada banyak CMS terbaik yang bisa Anda gunakan. Namun, apabila Anda masih pemula, Joomla bisa menjadi solusi untuk dapat membuat website yang profesional, bahkan tanpa skill pemrograman.

Berkat adanya Joomla ini, maka membangun situs website bisa dilakukan dengan mudah dan cepat. Sementara Joomla itu sendiri dikembangkan oleh lisensi GNU. Semua orang bisa memodifikasi serta menggunakan Joomla secara gratis.

Ada banyak keuntungan yang bisa didapatkan dari membuat website melalui Joomla, karena para penggunanya bisa lebih leluasa ketika komputer hendak ditambahkan beberapa fitur pada situs website sesuai yang Anda miliki. Pertama kali Joomla dirilis yaitu pada tahun 2005, lebih tepatnya pada tanggal 17 September.

Setiap versi Joomla mempunyai desain dan nuansa yang berbeda. Hal ini dikarenakan untuk para komunitas dari pengembang selalu berusaha terus menerus dalam meningkatkan fitur dan performa dari CMS ini, terutama dalam hal sistem keamanannya. Dengan hal ini wajar saja apabila Joomla terus-menerus mengalami perkembangan dari versi yang satu dengan versi yang lainnya.

pengertian dan fungsi joomla

Fungsi Joomla

Setelah Anda mengetahui pengertian dari Joomla, maka sudah saatnya Anda mengetahui fungsi dari Joomla itu sendiri. Mengingat banyaknya masyarakat pengguna website yang banyak menggunakan Joomla, maka membuat diri Anda tentunya juga penasaran apa saja fungsi dari Joomla. Untuk informasi lebih jelasnya seputar fungsi Joomla, silahkan simak penjelasan berikut:

  • Joomla memiliki fungsi utama sebagai pembangun dari sebuah website secara cepat melalui teknologi terbaru.
  • Joomla bisa digunakan segala penjuru belahan dunia sebagai salah satu pembangun di berbagai jenis website, baik itu dalam skala kecil, skala menengah maupun skala yang besar.
  • Joomla memiliki fungsi untuk membuat sebuah website, misalnya seperti website sekolah, website individu, website organisasi non profit, website portal komunitas, website pemerintahan, website bisnis dengan skala kecil, website publikasi online, website layanan e-commerce dan layanan online, website ekstranet dan intranet maupun untuk perusahaan besar lainnya.

Bagian Joomla

bagian joomla

Sebagai software open source yang memang dibutuhkan oleh banyak orang, maka Joomla bisa dijadikan sebagai solusi yang paling tepat supaya Anda yang mempunyai website bisa memeroleh secara gratis dan tentunya bisa diandalkan oleh siapapun di muka bumi ini.

Untuk mulai belajar mengenai Joomla juga bisa dilakukan dengan cara sangatlah mudah, yaitu cukup dengan menggunakan local server. Di dalam Joomla ini terdapat beberapa bagian penting yang bisa Anda pahami terlebih dahulu, diantaranya:

1. Plugin

Bagian tool sebagai penunjang modul atau komponen yang memiliki kaitan erat dengan Joomla yaitu bagian plugin. Pada bagian inilah yang akan menyatu pada modul dan komponen Joomla. kegunaan dari plugin ini yaitu untuk bisa memperkaya format dari tampilan komponen maupun modul sesuai spesifikasi fungsi tertentu pada kebutuhan user atau pengguna.

2. Komponen

Komponen di dalam Joomla menjadi peran sebagai ekstensi paling kompleks dan paling besar  di antara semua yang ada. Bagian komponen ini memiliki ciri pokok yaitu selalu berada di bagian ruang body content, untuk ruang body konten yang dimaksud yaitu isi konten dari website.

3. Template

Salah satu pilihan dari tampilan Joomla secara standar atau default yaitu adalah template sebagai desain situs web Joomla. Pada saat Anda melakukan instalasi Joomla di awal, maka akan terdapat pilihan template sebanyak 3 pilihan yang bisa digunakan, diinstal bahkan dikembangkan lagi sebagai pilihan dari template tersebut.

4. Module

Bagian module termasuk sebagai ekstensi yang fleksibel dan ringan, karena bisa digunakan sebagai pembuatan halaman. Modul-modul itu sendiri seringkali disebut sebagai kotak-kotak, karena tersusun di sekitaran komponen, misalnya seperti modul masuk atau login.

5. Bahasa atau language

Bahasa menjadi pilihan yang bisa digunakan pada sebuah sistem website Joomla, sehingga bukan masalah dari terjemahan isi konten website. Misalnya saja Joomla memiliki pilihan read more di dalam artikel yang telah berubah menjadi baca. Anda pun bisa memilih bahasa Indonesia untuk dijadikan sebagai salah satu bahasa default.

Kelebihan Website dengan Joomla

Saat ini komunitas Joomla yang ada di Indonesia memiliki anggota yang sangat banyak dan para anggota saling melakukan sharing perihal plugin terbaru dan fitur yang ada dari Joomla. Para pengguna juga dapat melakukan pengunduhan Joomla dengan bahasa Indonesia. Ada banyak kelebihan dari website dengan Joomla, yaitu seperti berikut:

1. Proses pengelolaan yang mudah

Seperti yang sudah diketahui, bahwa Joomla ini memiliki proses pengelolaan yang tergolong sangat mudah. Anda hanya cukup mengelola website di bagian halaman administrator saja tanpa diharuskan menguasai bahasa dari pemrograman website. Dengan hal ini, maka bagi orang yang awam pun bisa menjalankannya dengan mudah.

2. Proses instalasi yang sangat mudah

Kelebihan yang dimiliki oleh CMS Joomla yaitu proses instalasinya yang tergolong sangat mudah, karena dapat diinstal secara offline atau bisa juga secara online. Jika penginstalan dilakukan secara offline, maka komputer hanya membutuhkan server berupa WAMP. Sementara secara online Joomla bisa diinstal pada bagian fantastico kontrol di panel website.

3. Memiliki banyak fitur

Banyak sekali fitur yang terdapat pada Joomla, Anda bisa mendownloadnya secara gratis. Tidak sampai disitu saja, penggunanya pun juga bisa merubah bagian tampilan website cukup dengan mendownload template, kemudian menginstalnya.

4. Open Source

Upaya melepaskan kode-kode dalam pemprograman pada publik disebut sebagai open source. Sebagai CMS open source, maka para penggunanya bisa menggunakan Joomla secara gratis, karena Anda hanya cukup membayar pada web hosting saja.

Kekurangan Website dengan Joomla

Walaupun banyak kelebihan website Joomla untuk dijadikan sebagai alternatif dalam pengembangan website pada waktu yang lebih singkat, namun ada beberapa kekurangan yang bisa Anda jadikan sebagai bahan pertimbangan, yaitu:

1. Tidak terdapat multisite

Multi situs ini memiliki kegunaan dalam membuat website induk dari beberapa website anak. Namun sayangnya Joomla tidak terdapat multi sistem, sehingga apabila melakukan upgrade maka hanya bisa induknya saja. Apabila Anda ingin memiliki web yang multisite, maka WordPress cocok untuk Anda. Anda bisa klik gambar di bawah untuk belajar WordPress

Panduan Belajar WordPress

panduan belajar wordpress

2. Memiliki keterbatasan access control list

Joomla memiliki keterbatasan Access Control List atau ACL karena hanya tersedia pada beberapa grup tertentu saja. Misalnya seperti administrator manager, super administrator, manager publisher, registered pengguna, guest, dan editor. Sementara Joomla tidak memberikan izin bagi pengguna untuk mengubah ACL atau menambahkan ACL.

3. Tidak memiliki tracker

Tracker memiliki peran dalam menampilkan pernah dikirim atau pernah ditulis para pengguna. Namun sayangnya pengguna Joomla tidak bisa menikmati tracker, karena Joomla tidak memiliki fitur ini.

Bagi para pengguna yang paham apa itu Joomla dan mengetahui dunia desain, tentunya akan jauh lebih senang untuk bisa menggunakan aplikasi ini. Aplikasi ini memiliki kemampuan engine yang jauh lebih memudahkan para penggunanya dalam mendesain ulang maupun membuat desain dari nol dan bisa disesuaikan dengan keinginan dan kebutuhan para desainer.

Anda ingin memiliki web hosting dengan kualitas server tercepat di Indonesia ? Klik di sini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *