apa itu drupal

Apa itu Drupal? Kelebihan dan Kekurangan Drupal (Lengkap)

Berkat adanya drupal, maka para pengembang serta pembangun situs akan jauh lebih mudah, baik itu dari situs kecil maupun situs besar pada platform integrasi yang cukup banyak. Lalu apa itu drupal yang sebenarnya? Secara umum drupal ini menjadi alat sebagai pembangun situs yang jauh lebih kecil.

Namun mempunyai kekuatan pada tingkat perusahaan platform. Menggunakan drupal dianggap jauh lebih fleksibel, terutama dalam memenuhi segala kebutuhan yang berhubungan dengan berbagai macam proyek.

Drupal juga mempunyai komunitas yang tertutup, bukan dikarenakan orangnya yang tidak ramah, akan tetapi hal ini berlaku sebaliknya.

Apa Itu Drupal

Drupal adalah aplikasi CMS atau Content Management System open source, yang mana drupal ini dibangun melalui bahasa pemrograman PHP pada lisensi GPL yang bisa digunakan sebagai pembangun website profesional maupun personal.

Drupal pertama kali dirilis pada tahun 2001 dan dibuat oleh programer handal, lalu dikembangkan komunitas hingga tersebar ke seluruh dunia. CMS drupal ini bisa dikoneksikan pada database, misalnya seperti Mariadb, Mysql, PostgreSQL maupun SQLLite.

Hal menyenangkan yang bisa dirasakan oleh para penggunanya yaitu drupal ini bisa didownload secara gratis, terutama di situs resmi dari grup drupal itu sendiri. Sementara untuk ukurannya tergolong lebih kecil, yaitu hanya 12 MB.

Fungsi Drupal

Sebelum memutuskan untuk membangun sebuah website baru pada komputer dan melakukan penyewaan jasa penyedia dari web hosting, maka ada baiknya jika mengetahui fungsi dari drupal itu sendiri. Karena mengingat pentingnya peran drupal di zaman sekarang ini, maka membuat sebagian orang yang menggunakan drupal website personal bahkan sampai dengan website profesional.

Ada banyak plugin dan fitur yang bisa di kostumisasikan web sesuai kebutuhan para penggunanya. Untuk mengetahui lebih jelas fungsi dari drupal, silahkan simak ulasan berikut:

  1. Sebagai software content

Drupal memiliki fungsi sebagai software content yang sangat tepat dipilih bagi Anda yang berkeinginan membuat situs blog atau situs pribadi. Hal ini karena drupal berperan sebagai software content management system dan bisa dikostumisasikan pada kebutuhan dan keinginan para penggunanya.

  1. Sebagai mesin aplikasi

Di zaman sekarang ini, untuk membuat forum diskusi maupun situs pada media sosial bisa dilakukan dengan cara yang sangat mudah, karena drupal bisa dijadikan sebagai solusinya bagi mesin aplikasinya. Ada banyak sekali plugin-plugin dari drupal yang sudah disediakan, baik itu plugin yang gratis ataupun plugin yang berbayar.

  1. Sebagai aplikasi toko online

Ternyata drupal tidak hanya dijadikan sebagai website perusahaan atau website pribadi saja, karena drupal ini juga memiliki fungsi sebagai aplikasi toko online. Hal ini bisa dibuktikan dari sekian banyaknya toko online yang telah tersebar melalui internet dan menggunakan drupal untuk content management.

  1. Sebagai pembuat profil produk unggulan

Fungsi dari drupal ini sangat berarti bagi pemilik perusahaan, karena drupal termasuk pada CMS yang paling banyak digunakan sebagai pembuat profile maupun produk-produk unggulan yang dimiliki oleh sebuah perusahaan. Berkat adanya plugin, maka drupal bisa mendukung sebuah website company profile pada sebuah perusahaan.

  1. Sebagai kostumisasi sebuah aplikasi

Anda yang mempunyai komputer sebagai pembuat program aplikasi yang berbasis website, maka para penggunanya dapat mengkostumisasi drupal dengan mudah pada sebuah aplikasi secara khusus sesuai pada kebutuhan dan keperluan para penggunanya.

Istilah Penting yang Ada Pada Drupal

istilah penting pada Drupal

Di dalam drupal terdapat beberapa istilah penting yang seharusnya diketahui oleh para penggunanya. Tujuannya yaitu supaya lebih memudahkan diri Anda pada saat hendak menggunakan aplikasi ini. berikut daftar istilah penting yang seharusnya dipahami para pengguna:

  1. Interface Admin

Untuk interface dalam admin website aplikasi drupal integrasi secara menyeluruh pada website. Hal ini berarti bahwa untuk drupal tidak akan memberikan interface secara terpisah pada administrasi, misalnya seperti yang dilakukan CMS lainnya. Drupal telah menyediakan toolbar secara khusus apabila pengguna login sebagai admin.

  1. Core Framework

Core framework drupal memiliki fungsi utama dalam membangun website yang hebat. Untuk Core from blog itu sendiri meliputi pada sejumlah modul maupun library supaya drupal bisa melayani permintaan yang dikirimkan oleh para penggunanya. Core modul meliputi basic content manajemen, user management, templating, dan yang lainnya.

  1. Modules

Drupal memiliki sifat modular yang berfungsi untuk memberikan tambahan yang akan diberikan dengan cara menonaktifkan ataupun mengaktifkan modul yang sudah tersedia. Dengan hal ini maka website sangat  membutuhkan fungsionalitas tambahan yang canggih agar bisa menambahkan contributed modul yang lebih banyak.

  1. Node

Semua konten yang terdapat pada drupal mempunyai basis dengan tipe yang sama, yaitu node. Apapun jenis website yang sedang Anda bangun, maka untuk seluruh dari struktur datanya akan tetap sama.

  1. Hook

Hook ini sudah dibuat dengan menggunakan konvensi penamaan dari fungsi hook, maka untuk modul yang yang dibuat bisa menempel pada segala sesuatu yang terjadi pada internet drupal.

Kelebihan Drupal

Dibalik dari fungsinya dan kegunaannya yang sangat penting bagi para penggunanya, drupal juga memiliki banyak kelebihan yang bisa Anda ketahui seperti berikut:

  • Drupal  mempunyai arsitektur yang update dan aman, karena untuk keamanan seringkali dirilis secara berkala.
  • Sangat mudah dikembangkan karena tersedia banyak modul yang  dapat dimanfaatkan penggunanya dalam menambah kemampuan website sesuai kebutuhan yang di inginkan.
  • Mempunyai komunitas yang lebih besar, sehingga mampu memberikan support pada penggunanya melalui Drupal.org.
  • Aplikasi drupal bisa diskalakan dengan mudah dan mendukung multisite.
  • Mempunyai banyak tema yang dapat diterapkan.
  • Drupal memiliki sifat yang fleksibel, sehingga siapa pun bisa membuat website melalui drupal.
  • Bentuk integrasi dari pihak ketiga sangat mudah untuk dilakukan.
  • Dalam penulisan custom modul terbilang lebih mudah, karena API bisa didokumentasikan dengan sangat baik.
  • Terdapat banyak video training dan tutorial yang ada di internet, sehingga para pengguna yang masih awam dapat mulai belajar lebih banyak lagi.
  • Chacing bisa meningkatkan kecepatan serta kinerja dari website.

Kekurangan Drupal

Selain Kelebihan yang ada di atas, ada juga beberapa kekurangan yang bisa dijadikan sebagai bahan pertimbangan sebelum menggunakan drupal. Untuk mengetahui apa saja daftar kekurangan drupal, silahkan simak ulasan berikut:

  • Dalam membangun sebuah website melalui drupal, para penggunanya harus belajar lama jika dibandingkan menggunakan CMS WordPress.
  • Drupal seringkali menghabiskan resource server yang cukup banyak, apabila Anda tidak men-tweknya secara benar.
  • Dalam mencari pengembang drupal jauh lebih sulit jika dibandingkan dengan mencari pengembang Joomla atau WordPress.
  • Terkadang website besar dari modul contributed dapat menjadi isu.
  • Apabila Anda tidak menemukan pengembang drupal, maka pembuatan custom modul akan terasa lebih sulit.

Perlu diketahui bahwa untuk pengertian dari apa itu drupal, bisa diunduh dengan bebas dan bisa digunakan dengan bebas juga. Oleh karena itu, hal ini akan lebih memungkinkan bahwa setiap orang, baik itu komunitas maupun individu bisa melakukan pengaturan, publikasi maupun organisir pada berbagai jenis konten yang tersedia pada website.

Nah, itulah penjelasan lengkap tentang apa itu Drupal beserta kelebihan dan kekurangannya. Jadi, Anda dapat membuat website hanya dengan Drupal. Anda tidak perlu menguasai skill programming untuk dapat menggunakan CMS yang satu ini.

Anda ingin memiliki web hosting dengan kualitas server tercepat di Indonesia ? Klik di sini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *