Alexandromeo I'm an experienced SEO Specialist who can grow a website through organic channel. I'm also passionate about digital marketing and web development

Apa itu Backlink YouTube? Bagaimana Pengaruhnya pada SEO?

2 min read

Apa itu Backlink Youtube? Bagaimana Pengaruhnya pada SEO?

Apa itu backlink YouTube? Mungkin Anda pernah mendengar tentang istilah tautan internal dalam struktur SEO website. Namun, apakah metode ini berpengaruh bagi  SEO di platform video YouTube? Dalam artikel ini akan membahas secara lengkap. Yuk, simak sampai habis!

Backlink YouTube adalah tautan eksternal yang digunakan untuk mengarahkan para penonton YouTube menuju ke sebuah halaman website. Semakin banyak penonton yang mengklik tautan pada konten video Anda, maka akan berpengaruh juga pada peringkat halaman atau konten Anda tersebut di mesin pencari. 

Fungsi backlink pada platform YouTube adalah untuk membangun sebuah otoritas atau engagement dari sebuah website. Memiliki sebuah tautan yang populer akan membantu penggunaan SEO jadi lebih optimal dalam sebuah website.

Saat ini, telah banyak jasa SEO yang menawarkan optimasi tautan internal dari  YouTube agar situs web dapat tampil di urutan teratas mesin pencari. Metode yang mereka gunakan pun beragam. Mulai dari penempatan tautan eksternal di dalam deskripsi, komentar, dan juga dalam isi konten itu sendiri.

Melalui penempatan link yang tepat, Google akan melihat aktivitas website, dengan berbagai faktor indikasi. Baik itu berbentuk data informasi, solusi, serta jawaban dari faq terkait kata kunci tertentu secara spesifik. 

Selain itu, tautan ini juga berfungsi untuk mempermudah proses indexing Google dalam membaca sinkronisasi halaman atau website, yang menuju ke platform lain yang terkelola oleh Google.

Setelah mengetahui definisi dan manfaatnya, Anda juga perlu mengetahui cara membuat tautan eksternal dalam video YouTube untuk meningkatkan optimasi SEO. Simak penjelasan berikut ini:

1. Membuat Tautan dari Website Anda

Salah satu cara backlink natural adalah dengan menautkan link eksternal pada website Anda. Dalam hal ini, Anda bisa menempatkan tautan menuju channel YouTube dari sebuah konten yang relevan di website

Kemudian, Anda bisa menempatkan tautan tersebut dalam bentuk tautan media, maupun dalam contextual backlink (anchor text) yang mengarah pada konten atau channel YouTube Anda.

Namun, pastikan bahwa tautan media maupun anchor text yang terdapat pada konten website tersebut relevan dengan kata kuncinya. Artinya, baik konten YouTube maupun website tersebut menggunakan satu keyword utama yang sama.

2. Bagikan Tautan di Media Sosial

Platform media sosial seperti Instagram, TikTok, dan Facebook, punya pengaruh yang cukup signifikan terhadap kinerja optimasi konten YouTube. Karena itu, Anda bisa memanfaatkan media sosial ini sebagai sarana promosi agar tautan yang Anda buat jadi lebih optimal dan mendapat rasio klik yang tinggi.

Anda bisa menyematkan tautan konten pada bio Instagram, postingan, atau bisa juga dalam bentuk caption. Selain itu, Anda juga bisa memanfaatkan IG story untuk promosi tautan YouTube dengan penggunaan fitur swipe up Instagram.

Komentar pada sebuah postingan blog merupakan salah satu cara terbaik untuk membangun koneksi menuju ke tautan website atau YouTube. Melalui fitur ini, Anda bisa memberikan informasi terkait kata kunci yang sesuai dengan pembahasan dalam blog tersebut.

Namun, pastikan bahwa komentar Anda masuk akal dan juga menambah nilai pada postingan blog tersebut. Kemudian, sebelum Anda berkomentar, pastikan juga Anda telah membaca konten blog hingga selesai. Sehingga tautan internal yang akan Anda sematkan di blog tersebut relevan satu sama lainnya.

Cara backlink video YouTube keempat, yakni menggunakan bantuan aplikasi pembuatan tautan otomatis. Software pembuatan link otomatis akan memberikan Anda solusi untuk masalah tautan, serta membantu Anda dalam menemukan peluang link yang berkualitas untuk kampanye situs web maupun YouTube. 

Aplikasi ini dapat menjelajahi Internet serta mengidentifikasi peluang link untuk video Anda. Bahkan, melalui aplikasi ini Anda dapat secara otomatis menempatkan tautan eksternal tersebut di berbagai situs web

Pada dasarnya, strategi backlink memang akan meningkatkan kaidah SEO dalam suatu konten di internet. Namun, apakah hal ini berlaku untuk konten YouTube? Faktanya, riset Google membuktikan bahwa pengaruh dari metode tautan eksternal pada konten YouTube hanya berpengaruh sebesar 10% saja bagi optimasi SEO.

Karena, YouTube mempunyai struktur monetisasi tersendiri dalam proses indexing konten. Dalam praktiknya YouTube sendiri tidak menyertakan penambahan link eksternal dalam proses monetisasi atau indexing. Sehingga, penambahan link pada sebuah konten YouTube tidak terlalu berpengaruh bagi SEO YouTube.

Intinya, penambahan tautan eksternal pada sebuah konten YouTube tidak memiliki pengaruh yang besar terhadap SEO. Akan tetapi, jika Anda terapkan dengan benar, maka dampaknya akan berpengaruh dalam SEO website di mesin pencari. Jadi, tak ada salahnya untuk menambahkan tautan eksternal pada konten YouTube Anda!

Alexandromeo I'm an experienced SEO Specialist who can grow a website through organic channel. I'm also passionate about digital marketing and web development