Alexandromeo I'm an experienced SEO Specialist who can grow a website through organic channel. I'm also passionate about digital marketing and web development

Cara Membuat Desain Logo di Photoshop CS6

3 min read

Cara Membuat Desain Logo di Photoshop CS6

Bagaimana cara membuat desain logo di Photoshop CS6? Sebagaimana Anda ketahui, logo merupakan identitas organisasi, instansi, perusahaan, institusi, dan lain-lain. Logo memungkinkan seseorang untuk mengidentifikasi produk, perusahaan, instansi, maupun organisasi agar dikenal masyarakat.

Dalam membuat logo tentunya Anda harus menampilkan sesuatu yang menjadi ciri khas sehingga membedakan dengan logo yang lain, sekali pun warnanya sama. Untuk itu, tutorial seputar cara membuat logo di Photoshop CS6 berikut ini akan sangat bermanfaat. Sebelum itu, kenali dulu apa itu Photoshop CS6.

Apa Itu Photoshop CS6?

Photoshop CS6 merupakan salah satu versi aplikasi Photoshop yang memungkinkan Anda membuat gambar/foto dan mengeditnya. Untuk versi Photoshop ini diperkenalkan pada 21 Maret 2012 dan hadir dengan beberapa penambahan. Tentu Photoshop CS6 mempunyai fitur yang cenderung lebih baik dibandingkan versi sebelumnya. 

Membuat logo melalui aplikasi ini juga semakin lebih mudah dan logo Anda akan terlihat semakin keren dengan memanfaatkan fitur-fiturnya.

Baca juga: Contoh Logo Simple dan Elegan

Bagaimana Cara Membuat Desain Logo di Photoshop CS6?

Sebenarnya cara mendesain logo di Photoshop tidak sesulit yang Anda bayangkan. Berikut pembahasan tentang bagaimana bentuk logo yang bagus di Photoshop CS6.

1. Buka Kanvas Baru

  • Langkah pertama, silakan buka aplikasi Photoshop lalu buat dokumen baru. Membuat dokumen baru tinggal menekan CTRL + N dalam waktu bersamaan.
  • Setelah itu, Anda pilih kanvas persegi yang ukurannya 500px x 500px maupun lebih besar. Contohnya 1000px x 1000px.
  • Anda juga dapat membuat logo berbentuk persegi panjang, misalnya dengan ukuran 1000px x 600px. Selebihnya, ukurannya tinggal menyesuaikan keinginan dan kebutuhan.
  • Lanjutkan dengan pergi ke menu “Preferensi”. Di menu ini Anda akan mengatur garis kisi kanvas untuk setiap 50px. Setelah itu, silakan mengaktifkan sisi pada kanvas dengan cara mengklik “View”, lalu pilih “New Guide” pada bilah opsi.
  • Sekarang Anda lanjutkan dengan mengaktifkan fitur “Snap to Grid”. Untuk mengaktifkannya tinggal klik centang di “Snap to” pada bawah menu “View” tadi.
  • Langkah berikutnya, Anda perlu mengatur background menjadi “Transparan”. Lalu untuk mode warna silakan mengubahnya ke “RGB Color 8 bit”.
  • Klik OK.
  • Sekarang Anda sudah mempunyai ruang kosong untuk mulai Anda isi dengan logo.

2. Buat Bentuk Dasar

  • Anda bisa menggunakan pena ketika ingin membentuk gambar dasar. Cara mengaktifkannya yaitu klik “Pen” yang terdapat di toolbar. Bisa juga menekan tombol “P” di keyboard.
  • Agar pena tersebut bisa Anda gunakan, atur ke pilihan “Shape” dan bukan “Path”. Contoh, ketika Anda hendak menggambar kepala panah untuk dijadikan bentuk dasar, maka mulailah dari titik tengah pada kanvas. Selanjutnya gunakan perpotongan pada garis sisi terhadap titik yang lain. Akan tetapi, bagi yang ingin lebih mudah maupun ingin membuat bentuk yang lain, Anda tinggal klik “Ellipse Tool”, “Rounded Tool”, “Line Tool”, atau “Rectangle Tool”.

3. Gandakan Bentuk Dasar Lalu Edit

  • Anda tinggal menggandakan bentuk dasar dengan menekan CTRL + J sebanyak dua kali.
  • Langkah berikutnya, klik tools yang bernama “Direct Selection”. Bisa juga dengan menekan tombol “A” agar bisa mengklik titik teratas kepala panah yang ada di tengah kanvas.
  • Lalu Anda pindahkan titik tersebut ke bawah sebanyak beberapa kotak.
  • Tahan tombol “Shift” sehingga tetap terkunci di sumbu y.

4. Berikan Warna dan Gradien

Warna membuat logo yang Anda buat lebih menarik serta menonjol. Kemudian pemberian gradien membuat logo tersebut menjadi lebih hidup. 

  • Untuk memberikan warna, Anda tinggal mengeklik “Fill” yang terdapat di menu drop-down.
  • Ketika jendela gradien sudah terbuka, silakan mengklik sebanyak dua kali di tanda panah bawah sehingga akan tampil pilihan RGB.
  • Sekarang Anda dapat menentukan 2 warna sesuai yang Anda inginkan. Akan tetapi untuk dua warna tersebut harus berlawanan. Misalnya biru tua dan muda, bisa juga abu-abu tua dan muda sehingga akan tercipta gradien.

5. Tambahkan Tulisan

  • Agar dapat menambahkan teks, maka Anda perlu klik ikon “T” di toolbar. Bisa juga dengan cara menekan tombol “T” pada keyboard.
  • Seret lalu posisikan kotak teks pada posisi yang Anda inginkan.
  • Sekarang, silakan mengetik teks yang Anda ingin masukkan lalu atur warna maupun gaya font.
  • Terdapat beragam pilihan font yang tersedia untuk Anda coba sehingga membuat tulisan di logo Anda semakin menarik.
  • Bagi yang ingin mengganti posisi teks yang telah Anda buat, klik ikon “T” sebanyak 2 kali di layer teks logo. Kemudian gerakkan kursor mouse menuju luar teks lalu seret agar bisa memindahkannya.
  • Ketika Anda klik kanan pada layer logo teks kemudian memilih “Blending Options”, maka Anda bisa menemukan tampilan “Layer Style”. Tersedia beragam opsi gaya layer yang dapat Anda coba.
  • Bagi yang akan mengedit teks, tinggal klik ikon “T” dan sorot teks lalu seret opsi teks tersebut. Klik bagian teksnya agar bisa mengedit teks.

6. Bermain Efek

  • Jika ingin memasukkan efek 3D pada font, pilih “Bevel and Emboss”. Agar efek tersebut benar-benar terlihat, Anda perlu menambahkan “Contour”.
  • Ingin font Anda memiliki garis bawah? Pilih “Stroke” di daftar “Blending Options”. Masing-masing huruf di teks Anda akan terdapat garis bawah.
  • Tambahkan juga “Outer Glow” agar bisa memberikan daya tarik visual pada font logo Anda.

7. Tambahkan Detail Lalu Simpan

Cara bikin desain logo di Photoshop selanjutnya yaitu tinggal proses finishing. Di sini Anda perlu menambahkan sentuhan akhir agar logo Anda terlihat lebih spesial. Contohnya dengan menambahkan shadow dan refleksi, mengubah warna latar belakang, menambahkan fade, dan sebagainya.

Setelah semuanya sudah Anda atur, maka tinggal Anda simpan saja. Kemudian Anda lihat hasilnya.

Sudah Paham Cara Membuat Desain Logo di Photoshop CS6?

Sekian informasi tentang bagaimana cara buat desain logo di Photoshop. Jika Anda kesulitan menerapkan langkah-langkah di atas, sebaiknya Anda memanfaatkan jasa desain logo dari Makinrajin. 

Anda bisa menentukan secara bebas konsep logo seperti apa yang Anda inginkan. Kemudian tim dari Makinrajin akan langsung mengerjakannya. Hasilnya pun sudah tidak perlu diragukan karena terjamin kualitasnya. Semoga bermanfaat.

Alexandromeo I'm an experienced SEO Specialist who can grow a website through organic channel. I'm also passionate about digital marketing and web development