Alexandromeo I'm an experienced SEO Specialist who can grow a website through organic channel. I'm also passionate about digital marketing and web development

Ini Dia Cara Membuat Link Instagram di Bio Termudah!

2 min read

Ini Dia Cara Membuat Link Instagram di Bio Termudah!

Ada kalanya seseorang ingin memasarkan bisnis mereka via aplikasi Instagram. Kalau Anda juga mau berbisnis lewat Instagram, Anda perlu memasukkan suatu link atau tautan di akun Anda. Maka dari itu, baca artikel ini supaya Anda tahu cara membuat link Instagram di bio Anda.

Apa Itu Link Bio Instagram?

Bagi Anda yang berbisnis via Instagram, Anda perlu mendesain profil yang informatif sebab calon konsumen pasti akan membacanya. Salah satu hal yang harus Anda sertakan pada profil adalah link di bio Instagram. 

Misal, jika hendak menjalankan bisnis makanan, Anda bisa gunakan contoh bio Instagram untuk bisnis makanan dan situs usaha yang Anda jalankan.

Informasi lain seperti nama perusahaan, merek, dan nomor kontak bisa Anda tuliskan langsung di bagian atas bio Anda. Sementara itu, tautan bisnis di bio Instagram bersifat mengarahkan calon konsumen ke situs resmi bisnis supaya mereka bisa membeli produk Anda dengan cepat.

Bagaimana Cara Membuat Link Instagram di Bio?

Sekarang, bagaimana cara membuat link di bio Instagram yang benar dan mudah? Ada dua metode yang perlu Anda ikuti, tergantung dari jenis gawai yang Anda gunakan untuk membuatnya. Perhatikan langkah-langkah di bawah ini supaya Anda bisa melakukannya sendiri.

Cara Membuat Link Bio Instagram di HP

Kebanyakan orang cenderung punya aplikasi Instagram mereka di HP. Maka dari itu, silakan Anda ikuti tata cara pembuatan tautan di bio Instagram seperti di bawah ini:

  • Langkah pertama adalah membuka aplikasi Instagram di HP dan masuk ke akun milik Anda.
  • Begitu halaman utama Instagram muncul, cari dan klik menu Profil Anda.
  • Pada halaman profil Instagram, pilih menu “Edit Profil”.
  • Carilah kolom tautan situs di pengaturan profil, lalu masukkan alamat situs bisnis Anda.
  • Klik tanda centang di atas menu pengaturan profil untuk menyimpan link yang sudah Anda masukkan.

Cara Membuat Link Bio Instagram di Komputer

Ada sebagian orang yang menginstal Instagram di laptop atau komputer, jadi Anda sebaiknya tahu cara membuat link Instagram di bio berikut ini:

  • Bagi Anda yang sudah punya aplikasi Instagram di komputer atau laptop, silakan login ke akun Anda.
  • Di halaman utama Instagram, masuklah ke menu profil Anda dan cari tombol “Edit Profil”.
  • Sekarang masukkan tautan situs resmi usaha Anda di kolom khusus untuk link.
  • Klik tombol “Kirim” di bagian bawah layar untuk menyimpan tautan di bio akun Anda.

Aplikasi untuk Membuat Link Bio di Instagram

Tidak semua orang mampu membuat tautan usaha mereka sendiri. Mereka biasanya membutuhkan bantuan aplikasi khusus untuk memasukkan tautan itu. Di bawah ini, Anda bisa menemukan contoh-contoh aplikasi membuat link bio tersebut beserta contoh bio Instagram.

1. Linktree

Kalau Anda tidak tahu cara membuat link Instagram di bio, apalagi jika lebih dari satu, maka Anda bisa meminta bantuan Linktree. Selain memasukkan dua atau lebih link, aplikasi Linktree juga bisa Anda gunakan untuk menyertakan podcast, video iklan, dan acara livestream.

2. Campsite

Aplikasi lain yang sanggup menyaingi Linktree adalah Campsite, yang layanannya tersedia gratis serta tidak terbatas untuk semua orang. Ketimbang memasukkan dua atau lebih tautan di bio Instagram. Campsite bisa menggabungkan mereka menjadi satu tautan saja!

3. Shorby

Kemudian, ada aplikasi Shorby yang bisa membantu siapa saja yang tidak tahu cara membuat link bio di Instagram. Bukan hanya menambahkan dan menggabungkan beberapa tautan menjadi satu, aplikasi Shorby dapat kamu pakai untuk mengatur landing page pada profil.

Manfaat Link Bio di Instagram

Mempromosikan usaha di media sosial cenderung memberikan manfaat yang lebih banyak daripada sarana promosi yang biasa saja. Jika begitu, lalu apa saja manfaat yang dari mengetahui cara membuat link Instagram di bio tersebut?

1. Dapat Memasarkan Bisnis dengan Cepat

Mempromosikan usaha lewat poster dan spanduk seringkali kurang efisien dalam mendatangkan pembeli. Belum lagi cara promosi konvensional itu memakan waktu lama dan biaya yang besar. Makanya, daripada repot, gunakan saja tautan bio di Instagram biar pemasarannya lebih cepat!

2. Memberi Informasi kepada Konsumen

Seorang konsumen baru tentunya ingin tahu lebih banyak tentang suatu badan usaha sebelum mereka membeli produk usaha tersebut. Mengetahui cara buat link di bio Instagram dapat membantu Anda menyampaikan informasi seputar usaha Anda dengan lebih cepat kepada konsumen.

3. Menambah Tingkat Konversi Usaha

Bukan cuma informasi seputar usaha Anda saja yang menjadi lebih terbuka dengan tautan ini. Ada pula manfaat berupa penambahan tingkat konversi, yaitu transaksi usaha yang melibatkan link. Dengan adanya tautan bio Instagram ini, orang-orang mampu membeli produk tanpa banyak klik sana-sini.

Sudah Tahu Cara Membuat Link Instagram di Bio?

Itulah penjelasan mengenai cara membuat link bio di Instagram, beserta manfaat dan pilihan aplikasi untuk mencantumkannya. Adanya Instagram marketing ini dapat membantu bisnis Anda berkembang dengan lebih cepat dan menjangkau lebih banyak konsumen!

Alexandromeo I'm an experienced SEO Specialist who can grow a website through organic channel. I'm also passionate about digital marketing and web development