Alexandromeo I'm an experienced SEO Specialist who can grow a website through organic channel. I'm also passionate about digital marketing and web development

Apa Itu Color Pallete? Ini Arti, Tips, dan Rekomendasi Websitenya

4 min read

Apa Itu Color Pallete Ini Arti, Tips, dan Rekomendasi Websitenya

Color pallete adalah sekumpulan warna yang di mix and match, sehingga bisa menghasilkan kombinasi warna yang menarik. 

Untuk menghasilkan warna yang menarik ini, maka Anda tidak perlu repot untuk membuatnya sendiri. Sebab, sekarang Anda sudah bisa mengunjungi beberapa website yang menyediakan color pallete. 

Apa Itu Color Pallete?

Color pallete adalah penggunaan warna yang digunakan dalam berbagai konteks, baik seni maupun desain. Pilihan warna ini akan disesuaikan dengan logika yang bisa Anda gunakan nantinya dalam roda warna. 

Dalam teori warna, hal yang sangat penting untuk Anda lakukan adalah menggunakan pallet warna. Agar lebih mempermudah Anda dalam mendapatkan kombinasi warna dengan kontras yang jelas. Dengan begitu, maka desain yang Anda buat pun akan terlihat lebih baik. 

Teori warna ini banyak digunakan untuk menjelaskan bagaimana perasaan manusia terhadap warna yang mungkin terjadi akibat geografi, sejarah, dan lain sebagainya. 

Skema warna ini sebenarnya ada di sekitar Anda. Mulai dari bagaimana pencampuran warna pada eksterior rumah Anda, hingga banyak skema warna lainnya. 

Tips Menentukan Color Pallete

Untuk mendapatkan warna yang menarik, maka Anda harus bisa menentukan color palletnya terlebih dahulu. Lantas, bagaimana caranya? Berikut adalah tips menentukan color pallet bagi Anda yang masih pemula: 

1. Gunakan Color Theory

Hal pertama yang perlu Anda lakukan dalam menentukan color pallete adalah dengan menggunakan color theory. 

Teori warna ini sendiri merupakan tools yang membantu Anda dalam membuat warna yang menarik. Website yang menggunakan warna menarik tentunya akan menampilkan keseimbangan warna. 

Terdapat 3 skema warna yang bisa Anda jadikan sebagai acuan warna, yakni warna analogus, warna complementary, dan warna monochrome. Berikut ini adalah penjelasan dari masing-masing skema warna: 

  • Warna Analogus

Skema warna ini merupakan warna yang cukup sulit untuk mix and match. Karena warna analogus memiliki karakter yang sangat kuat. Warna analogus ini sendiri sangat cocok digunakan untuk Anda yang ingin memiliki website dengan kesan colorful

  • Warna Monochrome

Skema warna monochrome ini merupakan warna yang paling mudah untuk mix and match. Sebab, warna ini memiliki sifat general dan paling aman untuk Anda gunakan. 

  • Warna Complementary

Skema warna yang terakhir adalah complementary. Warna ini berada diantara warna analogus dan monokrom. Jenis warna ini cukup beragam, namun tidak terkesan ramai. 

Jadi, antara warna yang satu dengan warna lainnya pun bisa menyatu dengan baik dan memberikan kesan harmoni. Selain itu, Anda juga bisa melihat teori warna pada gambar berikut ini:

2. Belajar Psychology of Color

Tips selanjutnya dalam menentukan color pallete adalah belajar psikologi warna. Dalam teori warna, Anda sudah belajar bagaimana cara mix and match warna yang baik. 

Berbeda hal dalam psikologi warna yang akan mengajarkan Anda bagaimana caranya memberikan kesan ketika ada orang yang melihat website Anda. Untuk melihat psikologi warna, maka Anda bisa melihat penjelasan berikut ini:

3. Buat Perpaduan Warna

Untuk bisa menghasilkan desain website yang menarik, maka Anda pun tidak hanya bisa menggunakan satu warna saja. 

Anda perlu membutuhkan beberapa warna untuk setiap elemen website, mulai dari background hingga header. Pengunjung website pun biasanya akan lebih senang apabila melihat kombinasi warna yang berimbang. 

Jadi, meskipun Anda memilih warna dengan aksen yang kuat, maka Anda hanya perlu memperhatikan warna palet yang relatif sama. 

4. Buat Branding

Warna ternyata menjadi salah satu cara untuk bisa menciptakan branding atau meningkatkan brand awareness. Melalui warna ini, maka orang yang melihat website Anda pun akan lebih mudah dalam mengingat bisnis Anda tersebut. 

Untuk itu, maka Anda perlu menciptakan warna yang menjadi karakteristik dari bisnis Anda tersebut. Dalam memilih warna yang tepat, maka Anda perlu menggunakan color theory dan mempelajari psikologi warna dengan baik. 

Rekomendasi Website Color Pallete

Setelah Anda memahami apa itu color pallete, maka Anda perlu tahu website color pallet kekinian. Berikut adalah rekomendasi website color pallet yang bisa Anda jadikan sebagai referensi: 

1. Adobe Color

Rekomendasi pertama untuk website color pallete adalah Adobe Color. Website ini tergolong cukup lengkap, karena sudah memiliki aturan warna yang bisa memastikan keseimbangan warna berdasarkan warna yang sudah Anda tetapkan sebagai warna dasar. 

Adobe Color juga menyediakan beragam fitur canggih yang bisa Anda coba, mulai dari:

  • Color wheel untuk menentukan warna berdasarkan teori warna. 
  • Ekstrak palet warna dan gradien warna dari unggahan sebuah gambar. 
  • Opsi color harmony. 
  • Fitur color blind safe yang akan membantu Anda dalam memilih warna yang cocok dan aman untuk penderita buta warna. 
  • Terdapat 4 pilihan color gamut, yakni CMYK, RGB, LAB, dan HSB. 

2. Color Hunt

Rekomendasi website color pallet selanjutnya adalah Color Hunt. Dari website ini, Anda bisa menemukan banyak sekali pilihan palet warna. Terdapat juga berbagai warna yang kini sedang populer. Jadi, Anda bisa memilih warna berdasarkan dengan tema dan kategori yang tersedia pada Color Hunt. 

Website ini sangat cocok untuk Anda yang berprofesi sebagai desain grafis maupun ilustrator digital. Nah, berikut ini adalah beberapa fitur yang ditawarkan oleh Color Hunt.co: 

  • Opsi palet warna sangat lengkap. 
  • Bisa pilih warna yang sedang populer. 
  • Kode HEX bisa disalin dengan mudah. 
  • Terdapat definisi dan penjelasan pada masing-masing warna. 
  • Bisa eksport ke format gambar PNG. 
  • Bisa ekstensi ke Google Chrome. 

3. Palettr

Apabila Anda suka mencari palet berdasarkan musim, tema, maupun tempat, maka Anda bisa menggunakan Palettr. Dalam Palettr ini, maka Anda akan masuk ke dunia yang penuh warna dengan komunitas foto 500px untuk pembuatan beberapa skema warna. 

4. Designs.ai

Rekomendasi selanjutnya bagi Anda yang sedang mencari website penyedia color pallete adalah Designs.ai

Dalam Designs.ai ini, Anda bisa membuat sejuta color pallet yang dihasilkan oleh AI. Anda juga bisa mencari palet berdasarkan warna atau menggunakan image color extractor untuk membuat color pallet. 

5. Muzli Colors

Jika Anda sedang mencari color pallet untuk referensi membuat desain website dan UI, maka Muzli Colors bisa menjadi pilihan terbaik. Pada website ini, Anda bisa menemukan berbagai pilihan template yang bisa Anda gunakan untuk memadukan warna sesuai dengan yang Anda inginkan. 

Selain itu, ada juga demo aplikasi web dengan berbagai komponen. Hal ini tentunya akan memudahkan Anda dalam melakukan pemilihan color pallet. 

6. Canva

Jadi, perlu Anda ketahui bahwa Canva ternyata juga menyediakan fitur color pallet. Namun, memang tidak seperti color pallet pada umumnya. 

Sebab, Anda bisa mendapatkan color pallet sendiri dari image atau foto Anda. Dengan begitu, maka Anda pun tidak perlu pusing ketika menghadapi klien yang masih ragu dengan color pallet. 

Karena Anda bisa menyesuaikan karakteristik dan produk klien dengan menggunakan Canva ini. Selain itu, Anda juga bisa mengekstrak palet warna ini dari gambar unggahan. 

Nantinya, masing-masing warna yang muncul akan disertai dengan keterangan nama dan kode HEX yang bisa Anda salin. 

7. UiGradients

Sama seperti namanya, website UiGradients ini menyediakan variasi pilihan color pallet dan gradien warna yang cukup banyak. Color gradient ini sendiri merupakan kombinasi gradasi warna. Kombinasi ini bisa berasal dari dua warna atau lebih, untuk kemudian Anda jadikan satu. 

Jadi, website ini bisa menjadi penyedia gradien warna yang sangat mudah untuk Anda gunakan. Nah, berikut ini ada beberapa fitur yang bisa Anda gunakan pada UiGradients: 

  • Pilihan color gradient yang sangat lengkap dan mudah digunakan. 
  • Kode HEX warna bisa Anda salin dengan satu kali klik saja. 
  • Bisa menukar gradasi warna secara horizontal dan vertikal menggunakan fitur rotate
  • Bisa ekspor gambar ke format JPG. 
  • Kode CSS bisa ditampilkan.

Tertarik Mencoba Color Pallete?

Secara garis besar, color pallete adalah sekumpulan warna yang bisa Anda mix and match, sehingga menghasilkan kombinasi warna yang unik dan menarik. Ketika membuat color pallet ini, tentu Anda tidak hanya bisa menggabungkan satu atau dua warna saja, namun beberapa warna sekaligus.

Alexandromeo I'm an experienced SEO Specialist who can grow a website through organic channel. I'm also passionate about digital marketing and web development