Alexandromeo I'm an experienced SEO Specialist who can grow a website through organic channel. I'm also passionate about digital marketing and web development

Apa itu Dedicated Hosting dan Kapan Kita Harus Menggunakannya?

7 min read

Apa itu Dedicated Hosting dan Kapan Kita Harus Menggunakannya?

Dedicated hosting adalah layanan server yang sangat cocok bagi Anda yang sedang mengelola website dengan skala besar untuk keperluan perusahaan. Server ini sangat cocok untuk situs web dengan trafik tinggi, karena memiliki layanan cloud yang secara khusus hanya dapat digunakan oleh satu akun hosting saja.

Sehingga, layanan ini akan memaksimalkan kinerja website dan mempercepat hosting ketika merespon sebuah perintah dari situs web. Selain itu, layanan ini juga mempunyai kapasitas penyimpanan besar dan mampu menampung data secara maksimal. Lalu, apa yang dimaksud dedicated hosting? Yuk, simak selengkapnya!

Apa itu Dedicated Hosting?

Dedicated hosting adalah sebuah layanan server independen yang memungkinkan penggunanya untuk menggunakan dan mengelola cloud server untuk satu jenis akun hosting sendiri. Hosting ini sangat berbeda dengan layanan hosting lain. 

Jika tipe hosting lain mewajibkan penggunanya untuk berbagi cloud guna keperluan akses situs web. Namun, tipe hosting ini mengharuskan pengguna untuk membeli serta mempunyai server fisiknya sendiri. Nantinya, own server dapat diakses oleh pengguna dengan kontrol secara penuh terhadap hosting dalam situs web tersebut. 

Server ini hanya dapat digunakan untuk menyimpan file dan juga data dari satu jenis akun hosting saja. Jadi, akses sepenuhnya merupakan milik pengguna. Akses root penuh ini juga bisa Anda manfaatkan untuk memproteksi serta melakukan enkripsi data pada website untuk menghindari situs dari serangan hacker dan peretasan.

Selain itu, dengan layanan server ini, Anda tidak perlu khawatir dengan bug, karena peningkatan traffic dan juga workload. Hal tersebut karena resource yang terdapat dalam server ini memiliki kapasitas besar. 

Cara Kerja Dedicated Hosting

Dalam dedicated hosting, Anda bisa membuat, menyimpan, serta melakukan optimasi server  sesuai dengan kebutuhan situs web yang Anda kelola. Hal tersebut dapat Anda lakukan karena tipe hosting ini secara eksklusif memberikan pelayanan khusus untuk satu akun hosting saja, sehingga website Anda jadi lebih optimal.

Secara sederhana, Anda dapat menambahkan berbagai jenis elemen yang nantinya akan menguntungkan situs web Anda. Dengan kata lain, fokus penggunaannya adalah pada segi fungsionalitas, termasuk di dalamnya kinerja website, server, serta cloud penyimpanan.  

Cara kerja hosting ini hampir menyerupai sebuah rumah yang baru Anda beli. Nantinya, Anda akan mendapatkan server sendiri dengan layanan cloud independen yang hanya dapat diakses oleh situs Anda saja. Seluruh akses layanan ini tentunya akan mengoptimalkan kinerja website, saat pengunjung mengaksesnya.

Secara spesifik, Anda akan mendapatkan satu server yang masih kosong. Selain itu, Anda juga dapat membuat website dan mengelola server ini secara independen. Artinya, layanan server dan juga cloud penyimpanan yang disediakan oleh hosting, merupakan milik situs Anda secara pribadi dan tidak dapat digunakan pihak lain.

Fungsi Dedicated Hosting Server

Setelah mengetahui apa yang dimaksud dedicated hosting, Anda tentu penasaran tentang apa sebenarnya fungsi layanan hosting ini bagi sebuah website. Berikut fungsi-fungsi utamanya:

1. Mengontrol Data Server Secara Penuh

Secara garis besar, fungsi utama dari layanan hosting ini adalah sebagai jaringan, atau server independen. Artinya, layanan hosting server ini mempunyai layanan yang secara penuh memungkinkan penggunanya untuk mengontrol, serta mengelola data dan file dalam sebuah induk server utama.

Selain itu, melalui layanan kontrol data penuh, Anda dapat menikmati fasilitas server induk tersebut dengan leluasa. Hal tersebut bermanfaat untuk Anda yang sedang mengelola situs web dengan trafik tinggi. Melalui dedicated server, situs web yang Anda kelola jadi lebih optimal kinerjanya, terutama saat diakses oleh pengguna.

2. Media Cloud Server dengan Kapasitas Penyimpanan Besar

Kedua, fungsi dedicated hosting server adalah sebagai media penyimpanan (cloud online) dengan jumlah kapasitas yang besar. Melalui layanan hosting ini, Anda akan memperoleh satu buah cloud penyimpanan sendiri yang dapat Anda akses secara penuh untuk keperluan pengelolaan situs web.

Selain itu, antara layanan cloud dan juga server pada tipe hosting ini juga memiliki sinkronitas sendiri. Jadi, ketika cloud akan mentransfer data menuju server, aktivitas ini akan berlangsung optimal melalui satu jalur khusus yang hanya dapat dilalui oleh satu jenis akun hosting saja.

Sehingga, proses transfer data informasi dan file menuju server akan berlangsung lebih cepat dan optimal. Hasilnya, pengguna dapat lebih cepat mengakses situs. Karena tampilan informasi dan konten web tampil lebih cepat pada saat proses loading.

3. Memproteksi Server dan Website

Salah satu fungsi utama server hosting ini adalah untuk memproteksi server dan juga website penggunaannya. Jika Anda berada dalam industri yang diatur dan dituntut untuk menjaga privasi data dan informasi pelanggan, Anda sama sekali tidak dapat berbagi server dengan perusahaan lain. 

Jika Anda berada di server yang sama dengan spammer atau situs web jahat yang berpotensi untuk menyebarkan virus atau malware lainnya. Tentu saja, hal ini dapat merusak situs web Anda hingga mempengaruhi kinerjanya. 

Situs web Anda bahkan dapat mati total tanpa batas waktu jika pihak berwenang menyita perangkat keras server. Karena ada situs jahat lain di server yang sama. Agar dapat mengatasi hal ini, fungsi server khusus akan sangat Anda butuhkan. 

Nantinya, Anda dapat mengelola seluruh cloud dan juga server secara independen. Sehingga, pihak lain tidak dapat mengakses server atau mengelola penyimpanan cloud yang Anda gunakan. Hasilnya, proteksi situs dan server jadi lebih aman, terutama dari hacker dan spammer yang merusak kinerja server serta situs web.

Kelebihan Dedicated Hosting

Dedicated hosting adalah sebuah layanan server independen yang memungkinkan penggunanya untuk menggunakan dan mengelola cloud server untuk satu jenis akun hosting sendiri. Oleh karena itu, hosting ini mempunyai beberapa kelebihan khusus antara lain sebagai berikut:

1. Performa Maksimal

Keuntungan yang akan Anda dapatkan jika menggunakan layanan hosting ini bagi situs Anda adalah performanya yang maksimal. Karena seluruh resource server merupakan milik Anda (single tenancy), tentu saja Anda tidak perlu khawatir dengan konektivitas, uptime server, dan juga akses kecepatan website Anda oleh pengguna. 

Selain itu, layanan hosting juga juga mempunyai fitur-fitur khusus yang telah dilengkapi dengan tools backup link dan juga fasilitas free bandwidth. Sehingga Anda dapat secara bebas memanfaatkan resource server tersebut dengan maksimal. 

Hasilnya, ketika pengunjung situs mengakses website Anda, mereka tidak akan menemukan kendala pada saat loading proses. Hal tersebut terjadi karena proses transfer data dengan layanan hosting ini berlangsung secara optimal dari satu jalur server induk dengan satu penyimpanan cloud independen.

2. Keamanan dan Privasi Data Terjaga

Salah satu kelebihan dari dedicated hosting adalah adalah keamanan dan privasi data server jauh lebih terjaga. Masing-masing server mempunyai alamat IP yang unik. 

Oleh karena itu, jika Anda menggunakan server khusus, situs web Anda memiliki alamat IP sendiri. Tetapi jika Anda berada di server bersama, situs web Anda akan berbagi alamat IP dengan situs lain yang di hosting dan server bersama. Ini tentu berpotensi menimbulkan pembobolan data.

Selain itu, jika salah satu dari situs lain tersebut terdeteksi sebagai sumber spam, peringkat Search Engine Optimization (SEO) situs web Anda mungkin terkena dampak negatifnya. Karena hubungannya dengan konten yang mencurigakan.  Bahkan, situs web Anda mungkin akan terblokir oleh mesin pencari.

Sebagai sarana menjaga keamanan server, Anda dapat memasang tingkat keamanan tertinggi yang tersedia untuk Anda. Tidak hanya data yang akan terproteksi, tetapi juga aplikasi dan database pelanggan Anda. Hal tersebut hanya akan Anda rasakan jika situs Anda menggunakan jenis dedicated hosting server.

3. Kontrol Penuh

Karena sifatnya yang sangat fleksibel, hosting ini menjadi sebuah layanan server yang dapat memungkinkan penggunanya untuk memilih jumlah CPU, RAM, serta storage penyimpanan sesuai dengan apa yang Anda butuhkan. 

Meskipun, layanan hosting ini umumnya hanya dijual dalam bentuk paket. Akan tetapi, Anda tetap bisa menyesuaikannya dengan jenis dan kebutuhan workload website Anda. 

Selain itu, Anda juga nantinya dapat mengontrol seluruh layanan yang terdapat dalam hosting ini secara penuh. Tanpa adanya kontrol dari pihak lain. Kemudian, layanan full control ini mencakup jaringan server, cloud, transfer data, dan lain sebagainya.

4. Meningkatkan Kecepatan Akses Website

Anda tentu ingin mempunyai website dengan akses super cepat bukan? Karena itu, Anda harus beralih ke tipe hosting satu ini. Bahkan, dedicated hosting adalah sebuah layanan server yang mampu mengoptimalkan kecepatan web, sehingga mempengaruhi peningkatan SEO website dalam mesin pencari.

Mengapa demikian? Hal tersebut terjadi karena tipe hosting ini akan mengurangi rasio bounce rate. Selain itu, bounce rate dapat berfungsi sebagai persentase jumlah audiens yang mengunjungi website.

Biasanya, audiens yang meninggalkan website terjadi karena loading website yang terlalu lemot. Sehingga kecepatan akses menjadi faktor penting dalam bounce rate trafik audiens. 

Kelemahan Dedicated Server

Setelah mengetahui fungsi dedicated hosting server beserta manfaatnya, Anda tentu penasaran, apa kelemahan tipe hosting ini. Berikut adalah beberapa kelemahannya yang perlu Anda ketahui:

1. Harga Relatif Mahal

Dedicated hosting adalah layanan server yang mempunyai kisaran harga relatif mahal. Hal tersebut tentu terjadi bukan tanpa alasan, mengingat akses dan fitur penuh yang akan Anda dapatkan dari tipe hosting ini sangatlah optimal. 

Mulai dari akses cloud dan server sendiri, hingga kecepatan bandwith yang akan mengoptimalkan situs web. Selain itu, tipe hosting ini juga menjamin tingkat keamanan situs, serta mencegahnya dari upaya pembobolan data dan scamming

2. Pengoperasiannya yang Rumit

Berhubung tipe hosting ini memiliki bentuk fisik yang berupa server kosong, hal ini tentu saja memaksa Anda untuk mempunyai skill teknis khusus untuk mengoperasikannya.

Tanpa adanya pengetahuan dan kemampuan teknis yang mumpuni, penggunaan hosting ini justru bisa menjadi bumerang pada website. Bahkan, bisa saja kinerja situs web jadi kurang optimal dan justru malah merugikan Anda.

Misalnya, Anda tidak memiliki pengetahuan tentang software security apa yang tepat untuk dedicated hosting. Lalu, Anda juga tidak memahami bagaimana cara pemasangan software security pada hosting ini. Hal tersebut jelas akan mengancam keamanan website Anda.

Kapan Anda Harus Menggunakan Dedicated Hosting?

Setelah mengetahui apa yang dimaksud dedicated hosting, beserta fungsi, serta kelebihan dan kekurangannya. Berikut adalah pertimbangan waktu kapan Anda harus menggunakan tipe hosting ini untuk situs web Anda:

1. Downtime

Ketika situs Anda mulai terasa lambat atau bahkan downtime, maka Anda harus beralih ke dedicated server. Downtime sendiri adalah posisi di mana situs web Anda tidak dapat berfungsi, baik itu back end dan juga front end.  Hal tersebut biasanya terjadi karena aktivitas server yang padat akibat penggunaanya terlalu ramai.

2. Pesan Error

Jika situs Anda muncul pesan error seperti Error Establishing Database Connection, White Screen of Death, Internal Server Error, dan lain sebagainya. Biasanya, hal tersebut ini terjadi karena hosting bermasalah. 

Solusinya adalah mengganti layanan server Anda ke layanan server independen, supaya akses dan transfer data dari server ke situs web dapat berlangsung optimal. Sehingga, situs dapat secara cepat merespon perintah dan pesan error pun dapat teratasi.

3. Layanan Website Mulai Lambat

Salah satu alasan Anda harus beralih ke dedicated hosting adalah ketika layanan website Anda mulai terasa lambat. Ini terjadi akibat penumpukan cache pada server yang berakibat akses loading menjadi lambat. 

Selain itu, layanan website yang lambat juga tentu akan berpengaruh terhadap trafik pengunjung. Terutama bagi Anda yang mengelola situs web untuk berjualan online.

4. Resource Penuh dan Tidak Mencukupi

Bagi website dengan trafik tinggi, kebutuhan konten dan file ekstensi lainnya tentu saja akan semakin meningkat. Bahkan, intensitas unggahan konten ini jika Anda biarkan menumpuk nantinya akan berpengaruh terhadap kecepatan akses web.

Oleh karena itu, bagi Anda yang memiliki website dengan trafik tinggi, ada baiknya untuk Anda memiliki server sendiri dengan fasilitas cloud penyimpanan yang besar. Hal tersebut berfungsi untuk menampung resource dalam jumlah banyak. Terutama bagi Anda yang harus memposting konten web dengan intensitas tinggi.

Alternatif Dedicated Hosting

Jika Anda rasa situs web Anda belum membutuhkan dedicated hosting server karena biaya yang mahal, berikut adalah solusi tipe hosting lain yang hampir serupa:

1. Cloud Hosting

Solusi pertama, Anda bisa menggunakan tipe Cloud Hosting. Cloud hosting sendiri merupakan layanan hosting yang akan memaksimalkan fungsi dari beberapa server. Jadi, saat ada gangguan, server ini akan secara otomatis memaksimalkan kinerja server lain agar situs web dapat bekerja kembali. Berikut keuntungan lainnya:

  • Memiliki teknologi cluster yang membuat server jadi lebih kuat walaupun diakses oleh jutaan orang sekaligus.
  • Performa handal dan bisa Anda custom sesuai kebutuhan.
  • Tersedia kontrol panel guna manajemen administrator hosting.

2. VPS Hosting

Solusi kedua untuk alternatif dedicated hosting adalah menggunakan VPS hosting. VPS Hosting sendiri merupakan server virtual yang terancang khusus menjadi beberapa kumpulan server (virtual machine)

Jadi, walaupun penggunaan server ini bersamaan dengan pengguna lain. Namun, sumber dayanya bersifat fleksibel dan dedicated. Berikut adalah manfaat dari VPS Hosting:

  • Bebas custom virtual machine.
  • Memberikan fitur root acces untuk mempermudah konfigurasi server hosting.
  • Mendapatkan dedicated IP.
  • Bebas untuk mengatur konfigurasi keamanan sendiri.

Ingin Menggunakan Dedicated Hosting untuk Website Anda?

Itulah penjelasan tentang apa yang dimaksud dedicated hosting. Intinya, dedicated hosting adalah sebuah layanan server independen yang memungkinkan pengguna mengelola cloud dan servernya sendiri. Selain itu, hosting ini juga sangat bermanfaat untuk meningkatkan trafik SEO dan mempercepat kinerja situs web.

Alexandromeo I'm an experienced SEO Specialist who can grow a website through organic channel. I'm also passionate about digital marketing and web development