Alexandromeo I'm an experienced SEO Specialist who can grow a website through organic channel. I'm also passionate about digital marketing and web development

6 Kriteria Keyword SEO Friendly untuk Menjaring Trafik Audiens

2 min read

6 Kriteria Keyword SEO Friendly untuk Menjaring Trafik Audiens

Dalam pembuatan konten website, kriteria keyword adalah hal yang sangat penting untuk mengoptimalkan SEO. Selain itu, kriteria keyword SEO ini juga sangat berpengaruh terhadap jumlah trafik dan pengunjung situs web, lho.

Oleh karena itu, penggunaan kata kunci ini juga tidak terlepas dari struktur dalam sebuah website. Tanpa adanya kata kunci yang sesuai kaidahnya, maka website akan cenderung menjadi statis, atau bahkan sepi pengunjung. 

Apa Itu Keyword?

Keyword adalah sebuah parameter penting dalam kaidah SEO (Search Engine Optimization), yang berfungsi mengoptimalkan situs website, agar bisa tampil di urutan teratas halaman mesin pencari. Berperan untuk memaksimalkan sebuah situs website secara keseluruhan.

6 Kriteria Keyword yang SEO Friendly

Nah, setelah mengetahui apa itu keyword dalam penerapan SEO. Kali ini kita akan membahas tentang kriteria dari sebuah kata kunci web, agar lebih optimal unsur SEO di dalamnya. Berikut kriterianya:

1. Memiliki Intent yang Tepat

Sebuah kata kunci yang ideal dan sesuai dengan kaidah SEO, haruslah memiliki intent yang tepat. Artinya, kata kunci yang telah Anda riset tersebut, harus relevan dan memiliki tujuan yang sesuai dengan topik pembahasan dalam situs website tersebut.

Jadi, kriteria keyword ini nantinya akan berkembang dengan sendirinya melalui kata kunci yang berkaitan dengan topik pembahasan utama. Selain itu, kata kunci harus memiliki intent yang tepat, agar situs website yang Anda kelola jadi lebih terstruktur jelas. 

Artinya, situs Anda memang terfokus membahas tentang sebuah hal yang berkaitan dengan tema utama tersebut.

2. Mempunyai Volume Pencarian

Kriteria keyword yang kedua, yaitu kata kunci harus memiliki volume pencarian. Artinya, kata kunci tersebut sudah sering dicari oleh para pengguna internet. Jika Anda bingung untuk mengetahui volume pencarian, banyak situs web yang berfungsi sebagai cara riset keyword untuk mengetahui jumlah volume pencarian. 

Beberapa situs penyedia informasi volume pencarian kata kunci yang bisa Anda akses secara gratis, antara lain Google Analytic, Google Keywords, SEMRush, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Tujuan mengetahui volume pencarian adalah untuk menentukan kata kunci apa yang memiliki intensitas tinggi. Dengan kata lain, kata kunci tersebut paling sering diketik oleh pengguna internet di mesin pencari.

3. Terdapat Longtail Keyword

Agar bisa memenuhi kriteria keyword jadi lebih potensial, maka dalam kata kunci harus mengandung long tail keywordLong tail keyword adalah kata kunci yang sifatnya spesifik serta memiliki volume yang relatif kecil. Tujuannya adalah untuk menjadikan web lebih teroptimasi dari volume yang sedikit tersebut.

Selain itu, kata kunci ini biasanya hanya terdiri dari minimal 4 kata. Namun, kata kunci tersebut spesifik serta memiliki tingkat kepadatan volume pencarian yang relatif rendah. Walaupun intensitas volumenya rendah, hal tersebut tidak akan mengurangi kaidah SEO dalam website, jika dieksekusi dengan tepat sasaran.

4. Tingkat Persaingan Rendah

Kriteria keyword SEO selanjutnya adalah tingkat persaingan kata kunci yang relatif rendah. Jika kata kunci memiliki tingkat persaingan yang relatif rendah, tentu saja peluang website atau konten bisa tampil di urutan teratas mesin pencari jadi semakin besar.

Semakin tinggi volume pencarian, biasanya tingkat persaingannya justru jadi semakin berat. Hal tersebut terjadi, karena banyaknya situs-situs lain yang akan menggunakan kata kunci tersebut dalam web atau konten mereka.

Untuk bisa memenangkan kata kunci dengan tingkat persaingan yang tinggi, maka Anda harus membuat website lebih teroptimasi lagi. Selain itu, dalam proses pembuatan konten web juga harus mempunyai kualitas yang tinggi. Sehingga, mesin pencari akan membaca algoritma web sebagai konten terbaik di mesin pencari.

5. Isi Konten yang Berkualitas

Pada dasarnya, kriteria keyword adalah unsur pendukung agar website tampil lebih optimal sesuai dengan standarisasi SEO. Namun, secara garis besarnya, untuk bisa menjadi website dengan jumlah trafik audiens yang tinggi, Anda harus bisa menciptakan konten yang berkualitas. 

Bayangkan saja, jika Anda telah menentukan kata kunci yang relevan dengan tingkat persaingan yang rendah, namun pada isi kontennya Anda mengeksekusi konten tersebut asal-asalan. Hal ini tentu akan berpengaruh terhadap intensitas kunjungan situs web. 

Jadi, faktor utama yang mempengaruhi kriteria keyword SEO, yaitu isi dan kualitas konten. Maka dari itu, buatlah konten semenarik mungkin, dengan tampilan visual yang juga memanjakan mata. Hal ini bermanfaat juga sebagai faktor pendukung optimasi SEO.

6. Menyertakan Kata Kunci Turunan

Faktor terakhir yang mempengaruhi sebuah kata kunci dalam optimasi web adalah kata kunci turunan atau keyword suggestion. Keyword suggestion adalah kata kunci relevan yang berkaitan dengan kata kunci utama dalam sebuah konten website

Tujuan menyertakan kata kunci turunan dalam konten web, agar konten tersebut mempunyai banyak kata kunci. Selain itu, kata kunci turunan ini juga berperan sebagai senjata tambahan dalam optimasi kriteria keyword SEO.

Cara menentukan kata kunci turunan ini sangatlah mudah. Anda hanya perlu melakukan riset kata kunci dan menentukan kata kunci apa yang berhubungan dengan topik pembahasan dan juga keyword utama.

Sudah Paham Tentang Kriteria Keyword?

Nah, itu dia pembahasan tentang 6 kriteria keyword. Pada dasarnya, kata kunci dalam kaidah SEO adalah hal yang sangat penting. Terlebih lagi untuk branding dan pengelolaan website secara keseluruhan. Selain itu, faktor utama yang mempengaruhi optimasi SEO adalah isi konten.

Jadi, buatlah konten semenarik mungkin, agar situs website yang Anda kelola mendapat banyak traffic dari para audiens. Jika kamu kesulitan untuk menemukan keyword yang tepat, kamu bisa menggunakan jasa riset keyword dari Makinrajin.

Alexandromeo I'm an experienced SEO Specialist who can grow a website through organic channel. I'm also passionate about digital marketing and web development