Alexandromeo I'm an experienced SEO Specialist who can grow a website through organic channel. I'm also passionate about digital marketing and web development

8 Ide Cemerlang dan Kekinian Desain Kemasan Keripik Pisang

4 min read

8 Ide Cemerlang dan Kekinian Desain Kemasan Keripik Pisang

Sebagai pelaku bisnis terutama di bidang UMKM, Anda pasti pernah mengalami kesulitan. Kesulitan hadir dari berbagai sisi, misalnya bingung menentukan desain kemasan keripik pisang untuk bisnis dagang keripik. Seperti yang Anda tahu, bentuk wadah dari produk bisa menjadi aspek penting bagi tingkat penjualan.

Selain harga jual yang bisa memengaruhi penjualan, kemasan juga memiliki andil untuk menarik perhatian calon pembeli. Kemasan produk yang hadir dengan warna yang ceria dan unik akan dengan mudah menarik pembeli untuk melihat. Calon pembeli akan merasakan ketertarikan karena kemasan yang unik.

Contoh Desain Kemasan Keripik Pisang

Banyak sekali contoh desain bungkus produk jualan yang berkeliaran di internet. Tentunya, desain untuk kemasan produk makanan keripik, kemasan-kemasan tersebut hadir dengan desain yang ceria dan selalu menampakkan jenis buah atau bahan utama dari keripik tersebut.

Begitu pula dengan desain kemasan keripik yang sering Anda jumpai, ada gambar buah apel jika produk tersebut adalah keripik buah apel. Sama halnya dengan desain kemasan keripik pisang yang akan menonjolkan gambar buah pisang. Berikut ini contoh desain kemasan keripik pisang.

1. Kemasan Plastik dengan Mockup

Kemasan plastik ini terlihat sangat awam bagi masyarakat. Namun, kemasan model ini sering dipakai untuk mengemas jajanan ringan yang beredar di pasaran. Isi dari plastik kemasan model seperti umumnya memiliki berat 300g.

IRP

2. Kemasan Standing Pouch dengan Rasa

Model kemasan lainnya adalah standing pack atau kemasan plastik yang bisa berdiri. Cocok untuk produk jualan yang akan ditunjukkan dalam etalase toko. 

Biasanya, ia menggunakan beberapa elemen desain kemasan seperti gambar pisang dan coklat. Elemen tersebut menjelaskan bahwa keripik pisang tersebut memiliki rasa coklat.

Behance

3. Kemasan Beda Warna, Beda Rasa

Kemasan plastic clip atau kemasan umum dengan klip yang terletak di atas kemasan pasti sering Anda temui. Desain kemasan produk “Mamali” memiliki warna yang berbeda untuk setiap rasa.

Mesin Raya

4. Kemasan Standing Paper Clip

Kemasan model ini merupakan perpaduan dari paper craft dan standing pack. Hadir dengan desain yang cukup simpel dan padat. Warna putih sebagai warna dasar memberi kesan terang dan pisang berwarna coklat merupakan pisang rasa moccacino.

Pinterest

5. Desain Adaptasi Jepang

Yang dimaksud adaptasi Jepang di sini adalah model tulisan pada desain kemasan. Pemilihan jenis tulisan yang terinspirasi dari tulisan Jepang menjadi font kemasan. Jenis tulisan model ini dipilih karena memiliki estetika tersendiri.

Behance

6. Kemasan Simpel Kekinian

Kemasan warna oren ini merupakan salah satu contoh kemasan standing pouch lainnya. Hadir dengan klip yang rapat dan desain yang terbilang cukup simpel dan jelas. Menambahkan informasi lengkap dibalik kemasan menambah nilai plus dari kemasan ini.

Behance

7. Kemasan Simpel Paper Craft

Contoh desain kemasan keripik pisang lainnya datang dari paper craft. Desain disuguhkan dengan sangat simpel. Ia menggunakan warna putih sebagai dasar warna kemasan dan gambar buah pisang yang menggambarkan identitas produk.

Behance

8. Kemasan dengan Pemilihan Warna Tepat

Pemilihan warna untuk desain kemasan sangatlah penting. Namun, jangan sampai desain Anda terlihat monoton dan membosankan. Pemilihan warna tidak harus yang sangat identik dengan produk, misal pisang identik warna kuning. Anda bisa berkreasi sebebas mungkin selama warna masih cocok untuk dipadu padankan.

Behance

Tips Membuat Desain Kemasan Keripik Pisang

Seperti banyak produk jualan di luar sana yang Anda lihat memiliki bentuk kemasan lain dari satu brand ke yang lain. Desain produk bisnis sendiri harus memiliki bungkus yang unik pula. Sehingga, para pelaku bisnis harus selalu mencoba inovasi baru dalam membuat desain kemasan mereka. 

Lalu, apa saja tips agar dapat membuat desain yang menarik? Simak penjelasannya di bawah ini!

1. Penggunaan Jenis Tulisan Unik

Bentuk tulisan yang unik dapat membuat tampilan desain kemasan terlihat bagus dan eye catching. Meskipun banyak model tulisan yang berbeda dari yang lain, pilih jenis font yang tidak susah dibaca. Karena semakin unik, sekilas akan semakin susah untuk dibaca.

Gunakan model tulisan yang simpel, tidak terlalu banyak lengkungan, dan jelas. Calon pembeli sering melihat sekilas produk yang mereka minati. Maka, jika tulisan kemasan keripik pisang Anda terlalu banyak lengkungan, akan sulit membacanya. 

Lebih parahnya lagi, calon pembeli bisa saja kehilangan minat karena tidak tahu tulisan apa yang tertera pada desain kemasan.

2. Penggunaan Gambar yang Relevan

Pemilihan jenis gambar harus sesuai dengan konsep produk keripik. Adanya kebebasan berkreasi untuk desain kemasan produk mengakibatkan beberapa penjual memilih gambar dengan sembarangan dan tidak menginterpretasikan produk yang sesungguhnya.

Sebenarnya, Anda bisa menggunakan tokoh kartun atau animasi lucu untuk desain kemasan keripik pisang. Keripik pisang yang identik dengan pisang tentunya akan mengandung gambar yang relevan. Dengan begitu, pastikan untuk menggunakan gambar perwakilan buah pisang pada desain kemasan.

3. Penggunaan Warna yang Mudah Dikenali

Begitu banyak jenis warna yang ada dan banyak juga yang kurang familiar di mata manusia. Dalam hal ini, untuk kebutuhan desain kemasan produk, diharuskan menggunakan warna-warna yang umum. Selain itu, warna yang cenderung cerah akan mudah untuk dikenali oleh konsumen.

Warna dan jenis atau bentuk tulisan pada kemasan juga saling melengkapi. Antara keduanya harus mencocokan konsep produk Anda. Jika produk jualan Anda memiliki konsep gelap, maka gunakan warna gelap dan jenis tulisan dengan konsep sesuai. 

Dalam hal ini, pisang identik dengan warna kuning, maka desain kemasan keripik pisang Anda bisa dominan warna kuning. Warna kuning memiliki vibe yang cerah ceria sehingga akan lebih mudah dipahami oleh calon pembeli. Penggunaan warna biru seperti pada contoh desain kemasan keripik pisang di atas juga bisa digunakan.

4. Beda Rasa, Beda Warna

Beda rasa beda warna di sini untuk memberikan pembeda antara rasa satu dan yang lainnya. Keterangan rasa keripik pisang pasti akan ada pada kemasan, namun calon pembeli biasanya hanya melihat warna yang beda. Hal tersebut dapat mempermudah calon pembeli dalam memilih rasa yang mereka inginkan. 

Pemilihan warna pembeda juga harus relevan dengan jenis rasa keripik pisang. Sebagai contoh, warna merah identik dengan sesuai yang panas dan berani. Warna ini akan cocok untuk merepresentasikan rasa pedas. 

5. Informasi Lengkap Tentang Produk

Pada kemasan keripik pisang harus menyertakan informasi lengkap tentang produk Anda. Bahan-bahan utama dan pendukung harus dicantumkan selengkap mungkin. Begitu pula dengan detail lain seperti tanggal pembuatan dan tanggal kadaluarsa. Kedua keterangan tersebut paling sering diteliti oleh pembeli.

Pembeli berhak mengetahui informasi lengkap tentang produk keripik. Informasi pada kemasan keripik pisang juga tidak boleh mengandung unsur kebohongan. Penulisan keterangan bahan harus lengkap dan tanpa pengurangan fakta. Hal ini bertujuan untuk menghindari adanya kemungkinan alergi pada bahan tertentu.

Baca Juga: 8 Desain Kemasan Keripik Singkong yang Menarik 

Ide Jenis Kemasan Keripik Pisang

Ada beberapa jenis kemasan yang bisa Anda pakai untuk desain kemasan keripik pisang. Dalam pemilihan kemasan juga mempertimbangkan anggaran Anda untuk kemasan dan juga efisiensi. 

Kemasan produk sangat beragam dengan poin positif dan negatif masing-masing jenis. Berikut adalah ide jenis kemasan yang bisa Anda gunakan. 

1. Kemasan Jenis Paper Craft

Jenis kemasan ini memiliki bahan kertas. Kemasan kertas hadir dengan lapisan aluminium foil. Warna kertas itu sendiri sudah paten dan seragam, yaitu warna coklat muda. Kemasan ini masih bisa membantu penyimpanan keripik agar tidak terkena sinar matahari.

Terdapat dua jenis berbeda dari paper craft ini. Pertama, kemasan biasa yang tertutup rapat sehingga tidak bisa melihat produk di dalamnya. Kedua, jenis yang memiliki spot sedikit di depan kemasan berupa plastik yang bisa menampilkan produk di dalamnya. Kemasan tersebut biasa disebut dengan paper craft window.

2. Kemasan Jenis Plastik

Kemasan ini hadir tanpa lapisan aluminium foil yang bisa menjaga produk dari sinar matahari. Terlihat transparan secara keseluruhan membuat produk di dalamnya terlihat jelas oleh pembeli. Anda bisa menambahkan stiker logo keripik pisang pada bagian depan kemasan. 

Siap Membuat Desain Keripik Pisang yang Eye-Catching?

Begitu banyak ide desain kemasan keripik pisang yang unik dan sangat representatif. Hadir dengan banyak jenis bahan kemasan juga dapat menaikkan minat pembeli. Meskipun begitu, pemilihan warna dan tulisan untuk desain kemasan sangat penting. Jangan lupa untuk memilih jenis kemasan agar keripik bisa awet.

Jika Anda kesulitan untuk membuat desain kemasan, Makinrajin menyediakan jasa desain kemasan keripik pisang yang siap membantu Anda. Tentunya dengan harga terjangkau dan garansi. Segera hubungi tim Makinrajin untuk detail selengkapnya perihal desain kemasan sesuai keinginan Anda!

Alexandromeo I'm an experienced SEO Specialist who can grow a website through organic channel. I'm also passionate about digital marketing and web development