Alexandromeo I'm an experienced SEO Specialist who can grow a website through organic channel. I'm also passionate about digital marketing and web development

Catat! Begini 12 Cara Menentukan Harga Sebuah Logo

3 min read

Catat! Begini 12 Cara Menentukan Harga Sebuah Logo

Setiap desainer grafis wajib mengetahui bagaimana cara menentukan harga sebuah logo dengan tepat. Pasalnya, Anda tentu tidak ingin menakuti klien Anda karena harga yang dipatok terlalu fantastis. Begitupun sebaliknya, jangan sampai karena biaya desain logo yang terbilang rendah, klien justru menganggap remeh Anda.

Mengetahui cara menentukan harga desain logo merupakan langkah penting untuk menjaga keberlanjutan dari bisnis Anda. Selain itu, hal ini juga diperlukan untuk memastikan bahwa segala nilai kreativitas dan kerja keras yang Anda tuangkan selama proses berlangsung tetap dihargai oleh klien.

Peran Penting Desain Logo

Setiap brand yang dapat Anda temui tentunya memiliki desain logo yang berbeda-beda. Penyebabnya, tidak lain karena peranan penting dari desain logo itu sendiri, yaitu sebagai wajah atau elemen kunci untuk mengidentifikasi sebuah brand maupun perusahaan.

Mengingat seberapa penting peranan dari desain logo, proses pembuatannya pun tidak main-main. Filosofi logo wajib dipertimbangkan selama proses pembuatan. Selain itu, desainer juga perlu waspada, supaya logo yang didesain tidak melenceng jauh dari brand guideline.

12 Cara Menentukan Harga Sebuah Logo

Biaya desain sebuah logo dipengaruhi oleh bermacam-macam faktor. Hal-hal seperti besar-kecilnya perusahaan yang memesan hingga tujuan penggunaan logo pun tidak luput menjadi salah satunya. Berikut 12 cara efektif menentukan harga sebuah logo dengan lebih tepat dan akurat:

1. Pertimbangkan Tingkat Kesulitan Desain

Setiap logo tentu memiliki tingkat kesulitan desain yang berbeda. Anda dapat mempertimbangkan elemen-elemen seperti konsep logo, detail, serta tingkat kompleksitas atau kesulitan dari logo yang akan Anda desain.

Logo dengan tingkat kesulitan yang tinggi tentu akan lebih memerlukan waktu, keterampilan, serta pemikiran yang jauh lebih banyak. Maka dari itu, wajar apabila logo dengan tingkat kesulitan tinggi memiliki harga yang lebih tinggi juga.

2. Berapa Lama Estimasi Waktu yang Dibutuhkan

Waktu merupakan aset berharga bagi semua orang, tidak terkecuali seorang desainer. Hitunglah estimasi waktu yang Anda habiskan selama proses mendesain, kemudian tentukan harga yang mencerminkan seberapa lama waktu dan upaya yang Anda berikan selama proses tersebut.

Bagaimanapun, terdapat satu pengecualian, yaitu ketika klien menginginkan desain mereka untuk selesai lebih cepat. Pada umumnya, tipe klien seperti ini akan rela menghabiskan biaya ekstra agar pesanannya cepat selesai.

3. Riset dan Analisis

Anda juga dapat mempertimbangkan seberapa besar effort yang Anda berikan untuk melakukan riset dan analisis. Riset serta analisis yang mendalam akan mempengaruhi kualitas akhir dari logo yang Anda hasilkan. Hal ini mencakup target pasar, informasi tentang pesaing, serta visi dan misi dari klien Anda.

4. Tingkat Pengalaman dan Keahlian

Tingkat keahlian serta pengalaman juga turut berperan dalam menentukan biaya desain sebuah logo. Semakin banyak pengalaman dan skill yang Anda miliki, semakin tinggi pula harga yang dapat Anda tetapkan.

Sebagai contoh, seorang profesional dengan pengalaman kerja lebih dari 5 tahun tentu akan mematok harga yang lebih tinggi, dibandingkan dengan seorang fresh graduate yang belum berpengalaman sama sekali.

5. Perhatikan Bagaimana Klien Menggunakan Logo

Jangan lupa untuk mempertimbangkan tentang bagaimana klien Anda akan menggunakan logo tersebut. Apakah logo tersebut hanya digunakan dalam format media cetak atau digunakan juga dalam platform digital?

Apabila logo tersebut akan digunakan secara luas di berbagai media dan platform, maka Anda dapat mempertimbangkan untuk menaikkan harga jasa desain logo yang Anda tawarkan.

6. Tujuan dari Logo

Seperti halnya tingkat kesulitan yang berbeda antara logo yang satu dengan yang lain, tujuan dari logo pun berbeda-beda. Beberapa ditujukan untuk brand baru, sedangkan beberapa yang lain untuk rebranding maupun perusahaan yang sudah mapan.

Pertimbangkan juga tujuan logo tersebut dalam proses menentukan biaya desain logo. Misalnya, logo yang ditujukan untuk brand baru cenderung menghabiskan biaya lebih tinggi, karena memerlukan banyak riset dan juga pengembangan konsep.

7. Kepemilikan atau Hak Milik

Cara menentukan harga sebuah logo selanjutnya dapat Anda pertimbangkan melalui kepemilikan atau hak milik. Diskusikan kepada klien, apakah mereka hanya menginginkan logo saja atau beserta kepemilikannya.

Apabila klien juga menginginkan perpindahan hak milik atau kepemilikan kepada mereka, maka harga logo yang ditawarkan dapat pula Anda naikkan sebagai imbalan atas hak kepemilikan tersebut.

8. Tentukan Lingkup Pekerjaan

Tentukan lingkup pekerjaan yang akan Anda terima dengan jelas. Apakah hanya desain logo saja yang akan Anda buat, atau terdapat elemen-elemen tambahan lainnya, seperti desain kemasan, desain brosur, dan lain sebagainya. Lingkup pekerjaan yang lebih luas akan mempengaruhi harga dan keuntungan.

9. Keterlibatan Klien dan Jumlah Revisi

Anda juga perlu mempertimbangkan seberapa banyak keterlibatan klien terhadap proses desain tersebut. Apabila klien Anda merupakan tipikal klien yang cenderung aktif terlibat dalam proses pembuatan, Anda sah-sah saja untuk menaikkan harga jasa desain Anda.

Proses pembuatan desain yang memerlukan banyak revisi, perubahan konsep, maupun pertemuan tambahan dapat memakan waktu serta tenaga yang ekstra. Sehingga, tidak ada salahnya apabila Anda meminta tambahan biaya ekstra untuk semua itu.

10. Kualitas dari Desain Logo

Kualitas dari desain Anda tampaknya juga mampu mempengaruhi harga sebuah logo. Anda hanya perlu memastikan bahwa desain yang Anda tawarkan memiliki standar kualitas yang tinggi dan tentunya mampu memenuhi ekspektasi dari klien. Tingginya kualitas logo akan berbanding lurus dengan harga logo tersebut.

11. Tinjau Harga Pasaran

Meninjau standar harga logo di pasaran juga merupakan salah satu cara untuk menentukan harga sebuah logo. Anda bisa memulainya dengan mencari tahu informasi tentang standar harga dalam industri desain, hal ini dapat membantu Anda secara signifikan dalam proses menentukan harga yang kompetitif di pasaran.

12. Pertimbangkan juga Jenis Klien

Cara menentukan harga desain logo yang terakhir adalah dengan mempertimbangkan jenis klien yang menggunakan jasa desain Anda. Perusahaan atau lembaga biasanya memiliki anggaran besar yang memungkinkan mereka untuk membayar harga tinggi untuk sebuah logo, namun bagaimana dengan klien kecil?

Klien kecil seperti perorangan, start-up, atau bahkan UMKM seringkali membutuhkan penyesuaian, agar cocok dengan anggaran yang mereka miliki. Anda dapat mempertimbangkan harga yang akan Anda tentukan dengan kemampuan finansial klien.

Sudah Tahu Bagaimana Cara Menentukan Harga Sebuah Logo?

Kurang lebih begitulah cara menentukan harga desain logo untuk mendapatkan nilai profit yang lebih maksimal. Dalam menentukan harga yang tepat, Anda perlu mempertimbangkan tingkat kesulitan, kompleksitas, serta estimasi waktu. Selain itu, perhatikan pula tujuan klien, jenis, hingga kondisi finansial mereka.

Bagi Anda yang membutuhkan partner dalam pembuatan desain logo, Makinrajin siap membantu. Karena, Makinrajin menyediakan jasa desain logo murah dengan kualitas terbaik. 

Bersama tim desainer yang kreatif dan berpengalaman, Makinrajin siap mewujudkan visi Anda dalam bisnis untuk menciptakan sebuah logo yang menarik, profesional, dan unik!

Alexandromeo I'm an experienced SEO Specialist who can grow a website through organic channel. I'm also passionate about digital marketing and web development