Alexandromeo I'm an experienced SEO Specialist who can grow a website through organic channel. I'm also passionate about digital marketing and web development

Berapa Harga Jasa Desain Logo yang Pas? Ini Penjelasannya

2 min read

Berapa Harga Jasa Desain Logo yang Pas? Ini Penjelasannya

Harga jasa desain logo memang bisa sangat berbeda tergantung dari berbagai faktor dalam pembuatannya. Jadi, selaku pelaku bisnis dalam bidang tersebut, Anda tak bisa menyamaratakan harga untuk setiap kebutuhan klien. Setidaknya beberapa parameter ini, harus jadi penentu jasa yang Anda tawarkan!

Parameter untuk Menentukan Harga Jasa Desain Logo

Agar dapat menentukan harga yang pas dalam dunia jasa desain, pastinya perlu banyak pertimbangan. Seperti contoh beberapa parameter yang para senior desainer gunakan untuk menentukan harga berikut ini:

1. Pahami Siapa Target Pasar Anda

Setiap desainer pastinya memiliki karakter desain dan ketertarikan tersendiri. Oleh karena itu, sebelum menawarkan jasa desain logo, ada baiknya Anda mengenal siapa target yang ingin Anda ajak kerja sama. 

Karena setiap target, pastinya memiliki kecenderungan dan kapabilitasnya tersendiri. Jika ingin mendapatkan harga yang Anda mau, memilih lingkup konsumen adalah kunci yang harus Anda pegang.

Misalnya, target pasar Anda adalah klien dari luar negeri. Maka, Anda bisa memasang harga mulai dari Rp200.000,00 hingga Rp300.000,00 atau sekitar 20 dolar.

2. Pahami Permintaan dan Request dari Klien

Dalam penentuan harga jasa desain logo, sudah semestinya Anda menetapkan aturan tersendiri dari permintaan atau request klien. Karena hal ini akan mempengaruhi tingkat kesulitan dari logo. Selain itu, ketersediaan informasi juga harus Anda gali sedalam mungkin, karena tak semua klien memahami konsep dan tahapan membuat logo.

Misalnya, untuk desain yang simpel dengan beberapa warna bisa Anda harga mulai dari Rp50.000,00. Namun, untuk desain yang memiliki request tertentu bisa Anda hargai mulai dari Rp150.000,00.

3. Pahami Harga Pasar dari Project yang Serupa

Parameter penting berikutnya adalah harga pasaran dari permintaan, request, atau project yang serupa. Misalnya, Anda mengambil target sekelas UMKM. Maka, harga, layanan, dan kualitasnya sebaiknya tidak terlalu jomplang. Sehingga tetap terjadi kestabilan dalam perputaran harga di pasaran.

Misalnya, untuk harga logo UMKM dan perusahaan besar pastinya tak sama. Let say, Anda buat harga logo UMKM mulai dari Rp50.000,00 hingga Rp500.000,00. Sedangkan untuk corporate mulai dari Rp1.000.000,00 hingga Rp5.000.000,00

4. Lakukan Perhitungan Cost to Prize

Sama halnya dengan membuat sebuah produk apapun, dalam HPP selalu ada perhitungan dari apa yang Anda keluarkan. Misalnya, Anda menghitung harga pasaran. Lalu, Anda perkirakan apakah sudah untung di luar perhitungan tenaga, listrik, nilai depresiasi device, dan waktu yang Anda perlukan atau belum.

Misalnya, Anda menggunakan device canggih dan tenaga listrik yang besar. Maka, Anda bisa membuat logo dengan harga mulai dari Rp300.000,00.

5. Waktu Pengerjaan

Semakin detail dan rumit sebuah logo, pastinya butuh waktu pengerjaan yang lebih lama. Bahkan, desain yang terlihat simpel di mata customer, belum tentu pengerjaannya semudah ekspektasinya. Jadi, Anda harus bisa memperkirakan atau menentukan harga jasa desain logo berdasarkan waktu pengerjaannya.

Waktu pengerjaan 1 hari, 1 minggu, 1 bulan pasti memiliki harga berbeda. Misalnya, untuk pengerjaan 1 hari, Anda pasang harga Rp50.000,00 dengan sasaran UMKM dan bisnis kecil. Lalu, untuk pengerjaan 1 bulan dengan target yang sama, Anda bisa pasang harga Rp500.000,00 dengan asumsi kualitas yang lebih baik.

6. Unsur Pembuatan Logo

Biasanya jenis dan karakter pembuatan desain memang bisa mempengaruhi harga yang pelaku bisnis tetapkan. Namun, yang jadi pembeda biasanya lebih kepada unsur logo itu sendiri. Seperti bentuk, warna, dan kompleksitas yang klien inginkan. Karena setiap unsur ini bisa membawa makna yang berbeda tergantung sudut pandangnya.

Mislanya, untuk logo dengan elemen visual berupa bentuk dan warna Anda hargai mulai dari Rp50.000,00. Sedangkan untuk logo dengan elemen bentuk, warna, dan tipografi memiliki harga mulai dari Rp100.000,00.

7. Filosofi Logo

Tiap unsur logo menyimpan filosofi tersendiri. Hal itu juga yang menyebabkan tiap pelaku bidang jasa desain logo harus mampu menggali informasi penting seputar bisnis yang ingin dibuatkan logo.

Karena logo bisa menjadi citra dari sebuah bisnis atau produk untuk jangka waktu yang lama, maka setidaknya harus similar dengan visi misi perusahaan. Inilah alasan kenapa filosofi masuk hitungan harga secara tidak langsung.

Misalnya, karena logo harus unik dan orisinil sesuai nilai perusahaan, maka Anda bisa membuat harga mulai dari Rp1.000.000,00.

8. Based On Value

Dalam parameter ini kata value lebih merujuk pada kualitas, branding, dan jam terbang dari penyedia jasa. Sudah semestinya harga jasa desain logo profesional akan jauh lebih mahal daripada jasa pemula. Mudahnya, ada nilai pride atau kebanggaan yang klien beli. Karena hal tersebut bisa membangun citra perusahaannya.

Mislanya, Anda merupakan tenaga ahli yang sudah memiliki nama. Jadi, Anda bisa memasang harga mulai dari Rp500.000,00. Namun, jika Anda baru saja merintis, Anda bisa memasang harga mulai dari Rp50.000,00.

Anda Sudah Bisa Menentukan Harga Jasa Desain Logo?

Nah, itulah beberapa parameter penting, yang bisa membedakan harga dari pemesanan logo. Selain pelaku bisnis, para pebisnis juga harus mulai memahami parameter ini. Tentu, Anda harus memilih jasa desain logo berkualitas seperti profesional, memiliki jam terbang tinggi, dan memiliki harga bersahabat.

Alexandromeo I'm an experienced SEO Specialist who can grow a website through organic channel. I'm also passionate about digital marketing and web development