Alexandromeo I'm an experienced SEO Specialist who can grow a website through organic channel. I'm also passionate about digital marketing and web development

Apa Itu Payment Gateway? Ini Cara Kerja dan Contohnya

4 min read

Apa Itu Payment Gateway Ini Cara Kerja dan Contohnya

Seiring dengan perkembangan teknologi digital, transaksi online menjadi aktivitas yang tak terpisahkan dari kehidupan manusia sehari-hari. Nah, payment gateway adalah solusi terbaik yang bekerja secara efisien dan terjamin aman untuk memfasilitasi setiap transaksi, khususnya proses pembayaran saat berbelanja online.

Beruntunglah Anda karena datang ke tempat yang tepat! Sebab, artikel ini akan menjelaskan secara rinci tentang apa itu payment gateway, bagaimana cara kerja, dan manfaatnya dalam memfasilitasi transaksi online, serta contoh terbaik di Indonesia maupun global.

Apa Itu Payment Gateway?

Payment gateway adalah salah satu layanan di bidang financial technology yang memungkinkan proses transfer dana secara elektronik antara pembeli dan penjual (merchant) dalam transaksi online dengan keamanan tingkat tinggi. 

Dalam istilah sederhana, payment gateway adalah sistem perantara yang mengamankan dan memproses informasi pembayaran online dari pelanggan ke pemilik bisnis. Sehingga, layanan ini umumnya menghubungkan berbagai saluran pembayaran, seperti kartu kredit dan debit, transfer bank, dan dompet digital (e-wallet).

Layanan keuangan ini secara tak langsung menjadi solusi pelanggan ketika tidak sempat melakukan transfer dana melalui ATM, bank, atau layanan pembayaran manual lainnya. Karena gateway pembayaran bagaikan teller bank yang bertugas mengesahkan transaksi yang pelanggan lakukan.

Bahkan, dari sisi penjual pun mengenal apa itu payment gateway sebagai sistem yang membantu proses pengembalian dana (refund) kepada pelanggan, jika mengalami permasalahan transaksi. 

Manfaat Payment Gateway

Layanan pembayaran ini memiliki beragam manfaat yang sangat penting dalam memfasilitasi transaksi online yang aman dan efisien. Adapun manfaat utama payment gateway adalah:

  • Pelanggan dapat melakukan transaksi pembayaran yang terotomatisasi dengan mudah, praktis, dan cepat melalui berbagai metode pembayaran.
  • Menjadi solusi pembayaran online yang aman, karena menggunakan teknologi enkripsi dan autentikasi canggih untuk melindungi informasi pembayaran pelanggan. Sehingga, baik pelanggan maupun penjual dapat terhindar dari upaya pencurian identitas dan penipuan online.
  • Memungkinkan pemilik bisnis untuk menerima pembayaran dari pelanggan mancanegara yang menggunakan mata uang yang berbeda.
  • Menjadi layanan keuangan digital yang dapat terintegrasi dengan platform e-commerce (contohnya WordPress) dan sistem pembayaran lainnya.
  • Menyediakan laporan dan data transaksi yang membantu pemilik bisnis dalam melacak dan menganalisis pola pembayaran pelanggan, memahami tren penjualan, serta mengelola keuangan dengan lebih efektif.

Baca Juga: 5 Plugin Konfirmasi Pembayaran WordPress untuk Toko Online

Cara Kerja Payment Gateway

Pada dasarnya, cara kerja gateway pembayaran melibatkan beberapa langkah yang memastikan transfer dana elektronik berlangsung dengan aman dan efisien antara pelanggan dan pemilik bisnis. 

Hal ini lantaran payment gateway adalah solusi saluran pembayaran online yang terenkripsi aman untuk mentransfer informasi transaksi pelanggan ke pihak bank. Kemudian, pihak bank akan mengotorisasi informasi tersebut dan menerima pembayaran pelanggan.

Untuk penjelasan selengkapnya, berikut adalah rincian cara kerja payment gateway:

  • Pelanggan melakukan checkout pesanan dengan memilih metode pembayaran yang diinginkan.
  • Setelah itu, pelanggan akan dialihkan ke halaman pembayaran yang dihosting oleh gateway pembayaran untuk mengisi atau mengonfirmasi sejumlah informasi yang berkaitan dengan pembayaran, contohnya nomor kartu kredit atau debit. 
  • Gateway mengenkripsi informasi-informasi pelanggan menggunakan teknologi keamanan, seperti TLS (Transport Layer Security), untuk melindungi data dari akses yang tidak sah.
  • Setelah data pembayaran berhasil terenkripsi, tugas payment gateway selanjutnya adalah mengirimkan informasi tersebut ke penyedia layanan pembayaran yang relevan, seperti bank atau lembaga keuangan seperti VISA dan MasterCard. 
  • Kemudian, bank atau lembaga keuangan terkait akan menerima informasi pembayaran serta melakukan otorisasi dan validasi keberhasilan transaksi pembayaran tersebut. Proses otorisasi oleh bank atau lembaga keuangan dilakukan dengan mengirim balasan ke gateway pembayaran dengan kode khusus.
  • Setelah bank atau lembaga keuangan berhasil memverifikasi pembayaran, gateway akan mengirim informasi ke pemilik bisnis dan pelanggan, bahwa transaksi telah berhasil dilakukan.

Walaupun cara kerja payment gateway harus melewati beberapa langkah kompleks seperti di atas, Anda sebagai pelanggan maupun pemilik bisnis hanya perlu menghabiskan waktu beberapa detik saja. Keren banget, bukan?

Contoh Payment Gateway

Hingga saat ini, ada banyak penyedia layanan pembayaran online yang terkenal dan terpercaya di pasaran yang bisa Anda manfaatkan untuk transaksi pembayaran toko online. Berikut ini adalah beberapa contoh payment gateway terbaik di Indonesia:

1. PayPal

PayPal adalah salah satu payment gateway yang terkenal di Indonesia dan bahkan dunia. Penyedia layanan keuangan ini mendukung metode pembayaran payment standard dan express checkout

PayPal payment standard menawarkan berbagai fitur, agar pemilik bisnis dapat menerima pembayaran secara online dengan kartu kredit. Sedangkan PayPal express checkout berguna mengarahkan pelanggan agar login ke akun PayPal saat akan menyelesaikan pembayaran.

2. DOKU

DOKU juga menjadi contoh penyedia payment gateway yang paling terkenal di Indonesia. Sejak tahun 2007, DOKU menyediakan beberapa metode pembayaran, seperti kartu kredit, kartu debit, transfer bank, e-wallet, dan virtual account melalui link, website, atau invoice

DOKU menawarkan integrasi yang mudah dengan platform e-commerce terkemuka, seperti WooCommerce dan Shopify. Sehingga, tak heran jika DOKU telah digunakan oleh lebih dari 150 ribu mitra bisnis dan 3 juta pengguna, beberapa diantaranya adalah Unicef, KFC, H&M, Pertamina, dan Lazada.

3. Xendit

Solusi penyedia layanan pembayaran online lainnya yang aman dan terpercaya adalah Xendit. Walaupun menjadi pemain baru di Indonesia, Xendit telah digunakan oleh banyak perusahaan ternama di Indonesia, seperti Samsung, Traveloka, OYO, Lazada, dan Bukalapak.

Xendit juga mendukung pembayaran kartu kredit, kartu debit, transfer bank, QR code, e-wallet, dan virtual account yang terintegrasi dengan plugin atau API tertentu. Sehingga, Xendit memiliki layanan dan fitur unggulan yang responsif, seperti XenPayments dan real-time notification.

4. Midtans

Penyedia layanan payment gateway terbaik selanjutnya adalah Midtrans. Sejak namanya masih Veritrans, Midtrans sudah sangat populer, lantaran memiliki user interface yang mudah digunakan serta fitur canggih yang kompatibel dengan platform Shopify dan iOS.

Midtrans yang kini menjadi bagian dari Gojek berhasil menyediakan sekitar 24 metode pembayaran yang dapat menerima transaksi melalui SMS, chat, dan website. Sehingga, tak sedikit perusahaan dan merchant ternama memilih menggunakan layanan ini, contohnya KitaBisa, Tokopedia, dan TaniHub.

5. Faspay

Faspay adalah contoh berikutnya yang juga banyak digunakan oleh perusahaan ternama, mulai dari Starbucks, Tiket.com, dan Kredivo. Sebagai penyedia layanan pembayaran online tertua, karena sudah berdiri sejak tahun 2003, Faspay memiliki berbagai layanan unggulan untuk pelanggan maupun pemilik bisnis.

Faspay memiliki dua layanan utama, yaitu Faspay Business dan Faspay Billing. Faspay Business menyediakan layanan pembayaran online dengan metode pembayaran kredit maupun debit. Sedangkan Faspay Billing berguna dalam pemrosesan data terkait transaksi penagihan.

6. Finpay

Contoh payment gateway terakhir adalah Finpay yang merupakan penyedia layanan pembayaran online Indonesia di bawah naungan PT. Telkom Indonesia. 

Sejak tahun 2006, Finpay telah menjadi penyedia layanan pembayaran online yang dipercaya oleh banyak perusahaan besar di Indonesia, sebut saja maskapai Garuda Indonesia dan e-commerce Blibli.

Pasalnya, Finpay menghadirkan layanan unggulan seperti Finpay Link yang mendukung pembayaran online melalui media sosial dengan berbagai metode pembayaran. Selain itu, juga ada Finpay Invoice yang berguna dalam pengiriman invoice atau faktur melalui email kepada pembeli yang telah melakukan pemesanan.

Kedua layanan Finpay tersebut telah terintegrasi dengan beberapa gerai pembayaran dan bank ternama Indonesia. Seperti OVO, GoPay, Kredivo, Indomaret, Alfamart, Bank Mandiri, Bank BCA, Bank BRI, dan lain-lain.

Sudah Lebih Paham Tentang Payment Gateway? 

Pada intinya, payment gateway adalah solusi yang sangat penting dalam transaksi online. Layanan pembayaran online ini berguna untuk memfasilitasi transfer dana elektronik dengan aman, yang mana juga dapat menghubungkan pembeli dan penjual secara efisien. Sehingga, bisnis online dapat tumbuh dengan lebih cepat melalui pemberian layanan transaksi yang aman dan terpercaya bagi pelanggan.

Alexandromeo I'm an experienced SEO Specialist who can grow a website through organic channel. I'm also passionate about digital marketing and web development