Alexandromeo I'm an experienced SEO Specialist who can grow a website through organic channel. I'm also passionate about digital marketing and web development

13 List Payment Gateway Terbaik di Indonesia untuk Kaum Milenial

4 min read

13 List Payment Gateway Terbaik di Indonesia untuk Kaum Milenial

Era digital menuntut kaum milenial harus beradaptasi terhadap teknologi, salah satunya dengan memilih payment gateway terbaik yang mempermudah transaksi cashless maupun kebutuhan online. Sayangnya, masih banyak orang ragu menggunakan teknologi ini karena banyaknya isu keamanan dalam transaksi tersebut.

Oleh karena itu, Anda harus pandai memilih teknologi terbaik yang bisa membantu kebutuhan finansial atau bisnis yang Anda kembangkan. Seperti beberapa rekomendasi dalam list berikut ini!

12 List Payment Gateway Terbaik di Indonesia

Pada dasarnya payment gateway adalah sebuah teknologi yang menjembatani terjadinya pembayaran online yang terhubung antara aplikasi dan e-wallet maupun bank. Teknologi ini biasanya digunakan pada aplikasi atau web yang menyediakan transaksi online. Para pebisnis bisa memilih teknologi terbaik, seperti:

1. Midtrans

payment gateway terbaik
midtrans

List pertama ada Midtrans yang merupakan payment gateway asal Jepang dan sudah masuk ke Indonesia sejak tahun 2017. Kala itu, teknologi ini menjadi salah satu partner dari Gojek. Mungkin, untuk para pebisnis lama lebih mengenal teknologi satu ini dengan nama Veritrans Indonesia.

Terkait masalah keamanan, finansial teknologi satu ini jadi salah satu yang direkomendasikan banyak bisnis dan merchant. Midtrans juga menyediakan berbagai fitur yang bisa Anda sesuaikan setiap fase pertumbuhan. Fintech satu ini bahkan sudah terhubung dengan lebih dari 500.000 mitra bisnis.

2. Doku

payment gateway terbaik
shree

Aplikasi berikutnya yang bisa Anda coba adalah Doku. Doku sudah terintegrasi dengan lebih dari 150.000 mitra bisnis dan merchant di seluruh Indonesia. Aplikasi ini juga menyediakan berbagai kebutuhan finansial teknologi, khususnya kemudahan pembayaran dan kerja sama dengan berbagai e-wallet serta bank.

Selain sudah berpengalaman lebih dari 13 tahun, Doku juga menyediakan layanan proteksi fraud untuk transaksi dalam dan luar negeri. Belum lagi biaya transaksinya cukup terjangkau, sehingga tidak akan terlalu memberatkan penggunanya.

3. Bayarind

payment gateway terbaik
bayarind

Fintech berikutnya yang layak Anda pertimbangkan adalah Bayarind. Bayarind sudah malang melintang di Indonesia lebih dari 11 tahun lamanya. Jadi, peran Bayarind dalam mendigitalisasi bisnis Indonesia memang cukup besar, bahkan sudah terintegrasi dengan lebih dari 25 kanal pembayaran.

Uniknya, fintech satu ini menjadi salah satu pioneer payment gateway Indonesia terbaik yang sudah diakui dan diawasi oleh BI. Bayarind sendiri menyediakan berbagai fitur seperti easy invoice, one pay, hingga single integration yang sudah membantu ribuan bisnis go digital.

4. Faspay

payment gateway terbaik
faspay

Payment gateway berikutnya yang layak Anda pertimbangkan adalah Faspay. Ini merupakan aplikasi dari PT Media Indonesia sejak tahun 2011 silam. Fintech ini memiliki berbagai produk yang bisa Anda sesuaikan dengan bisnis. Mulai dari Faspay Business, Billing, SendMe dan juga Dana Usaha.

Faspay sudah terintegrasi dengan lebih dari 12 bank nasional (khususnya BI), serta lebih dari 8 dompet digital dan juga 8 mitra retail. Keamanan yang tinggi, menjadi alasan utama bagi ribuan merchant mempercayakan bisnisnya kepada fintech satu ini.

5. iPaymu

payment gateway terbaik
ipaymu

Berikutnya ada fintech yang sudah dipercaya lebih dari 240.000 bisnis dan merchant di seluruh Indonesia. Ketika menggunakan dengan iPaymu, Anda bisa terhubung dengan lebih dari 30 kanal pembayaran mulai dari e-wallet maupun bank. Sehingga bisnis akan memiliki nilai tambah, karena memudahkan para pelanggan dalam setiap transaksi.

iPaymu menawarkan solusi terbaik dalam sistem pembayaran plug and play untuk bisnis maupun toko online yang Anda kelola. Bahkan, fintech ini juga menawarkan fitur COD yang terhubung dengan berbagai bisnis keuangan dan 140 bank.

Baca Juga: Plugin Konfirmasi Pembayaran WordPress

6. Finpay

payment gateway terbaik
finpay

Jika Anda mencari payment gateway Indonesia terbaik yang punya pengalaman dan jam terbang tinggi, Finpay bisa jadi salah satu rujukan. Karena Finpay sudah berhasil membimbing ratusan ribu bisnis, sejak tahun 2006 hingga saat ini. Fintech ini memiliki dua layanan unggulan, mulai dari Finpau Link dan Finpau Invoice.

Uniknya, dengan Finpay Anda bisa terhubung dengan berbagai bisnis dengan lebih dari 122 biller, 90 bank, 800 merchant, dan juga ratusan ribu outlet di seluruh Indonesia. Finpay juga menyediakan pengiriman uang di lebih dari 7 negara relasi dan sudah pasti diawasi BI dan OJK. 

7. Xendit

payment gateway terbaik
xendit

Berikutnya ada salah satu payment gateway nomor satu di Indonesia hingga Asia Tenggara dan sudah menjadi andalan dengan jutaan pengguna dengan nama dagang Xendit. Tak hanya membantu bisnis go digital dengan mudah, Xendit juga berfokus pada pertumbuhan bisnis.

Beberapa merchant besar di Indonesia hingga Asia Tenggara sudah menggunakan berbagai fitur yang Xendit tayangkan. Biaya transaksinya juga cukup masuk akal, tentunya dengan tingkat keamanan yang sangat tinggi. Khususnya mendapat pengawasan BI dan OJK selaku lembaga pengawas keuangan di Indonesia.

8. Winpay

payment gateway terbaik
winpay

Walaupun termasuk aplikasi yang muncul belakangan, namun Winpay jadi salah satu payment gateway yang sudah membantu banyak bisnis go digital dalam sisi transaksi digital. Fintech ini sudah malang melintang sejak tahun 2015 dan sudah bekerja sama dengan ribuan pengguna, bisnis, dan merchant.

Apalagi Winpay juga sudah terintegrasi dengan puluhan VA Bank, e-wallet, hingga kartu kredit. Fiturnya cukup lengkap, sehingga cocok untuk membantu berbagai usaha dalam fase bisnis apapun. Baik itu rintisan hingga bisnis veteran. Harga layanannya juga cukup bersahabat, tentunya dengan keamanan yang jadi prioritas utama.

9. Duitku

payment gateway terbaik
duitku

Selain mengantongi izin BI dan OJK, Duitku jadi salah satu payment gateway terbaik di Indonesia yang punya banyak keunggulan. Terutama dalam transparansi bisnis dan harga yang bersahabat serta kompetitif. Tingkat keamanan yang tinggi juga menjadi alasan ribuan bisnis mempercayakan finansialnya pada payment gateway satu ini.

Duitku juga sudah mengantongi sertifikasi keamanan data maupun sistem dari BI, TUV Rheinland, ISO dan berbagai penghargaan lainnya. Selain itu, tarif yang Anda tanggung sudah termasuk biaya PPN yang memudahkan SPT yang Anda harus urus. Fintech ini juga terintegrasi dengan berbagai iVA Bank, Qris, hingga berbagai e-wallet.

10. Cashlez

payment gateway terbaik
cashlez

Walaupun termasuk platform baru yang muncul di tahun 2020, namun Cashlez kini melonjak tinggi menjadi salah satu payment gateway berkualitas di Indonesia. Fintech ini menyediakan berbagai fitur terbaik yang sudah terintegrasi dengan aplikasi kasir, bank, e-wallet, hingga berbagai merchant di seluruh Indonesia.

Bahkan Cashlez juga menyediakan layanan transaksi offline dengan basis QR Code yang sudah terintegrasi dengan Qris. Cashlez bisa jadi platform terbaik dengan faktor keamanan dan fitur yang tersedia, sehingga jutaan pengguna memilih stay dengan payment gateway satu ini.

11. iPay88

payment gateway terbaik
ipay88

Rekomendasi selanjutnya adalah iPay88 yang jadi salah satu payment gateway populer di Asia dengan 4 layanan dan 7 produk utama yang bisa Anda gunakan. Lewat jutaan pengguna, iPay88 jadi salah satu produk fintech terbaik yang harus Anda perhatikan. 

Keunggulan dari iPay88 pastinya adalah layanan pembayaran kartu kredit dan debit, baik untuk transaksi dalam negeri hingga luar negeri. Ratusan merchant, online banking, e-wallet, hingga berbagai konter jadi nilai tambah untuk platform satu ini. Apalagi iPay88 bisa Anda sesuaikan untuk berbagai jenis dan fase bisnis.

12. Brankas

payment gateway terbaik
brankas

Payment gateway terbaik berikutnya adalah Brankas yang sudah terintegrasi dengan 6 negara di Asia tenggara, termasuk Indonesia. Brankas mengklaim sudah terintegrasi dengan lebih dari 80 institusi dan partner bisnis dengan mencapai lebih dari 10 juta pengguna di Asia Tenggara.

Fitur Brankas cukup lengkap, bahkan terdapat layanan kirim uang antar negara hingga 11 bank sekaligus. Proses pendaftarannya juga mudah dan sudah melibatkan platform online di berbagai negara. Untuk sistem keamanan, pastinya Brankas memberikan yang terbaik dengan melihat jutaan penggunanya hingga saat ini.

13. Prismalink

payment gateway terbaik
universitas trisakti

Terakhir ada Prismalink yang menjadi salah satu payment gateway andalan banyak bisnis. Prismalink terhubung dengan berbagai VA, gerai retail, Qris, dan juga merchant. layanan di Prismalink juga cukup menarik, karena ada white label apps yang memungkinkan Anda menggunakan brand sendiri.

Mitra bisnis dan merchant dari Permalink juga termasuk brand besar Indonesia hingga internasional. Biaya transaksinya pun cukup bersahabat, sehingga tidak akan terlalu memberatkan pelanggan dari merchant tersebut.

Mana Payment Gateway Terbaik yang Menjadi Pilihan Anda? 

Nah, itulah beberapa list platformpayment gateway terbaik yang wajib Anda pertimbangkan. Berbagai rekomendasi di atas dijamin punya keamanan yang baik, dipercaya banyak bisnis dan merchant, serta memudahkan berbagai urusan bisnis godigital. Selamat mencoba!

Alexandromeo I'm an experienced SEO Specialist who can grow a website through organic channel. I'm also passionate about digital marketing and web development