Alexandromeo I'm an experienced SEO Specialist who can grow a website through organic channel. I'm also passionate about digital marketing and web development

7 Desain Kemasan Produk Simple dan Unik yang Cocok untuk Ditiru

3 min read

7 Desain Kemasan Produk Simple dan Unik yang Cocok untuk Ditiru

Saat ingin menjual sebuah produk tentu saja penjual tidak hanya fokus pada kualitas dari isi produk tersebut, namun juga harus memerhatikan packaging atau kemasan produknya. Desain kemasan produk haruslah dibuat simple dan semenarik mungkin supaya konsumen menjadi tertarik membeli. 

Selain untuk menarik konsumen, desain packaging yang menarik juga bisa meningkatkan brand awareness dan membantu produk agar tetap berkualitas. Seperti apa desain packaging produk yang simpel ini? Simak sampai habis!

7 Desain Produk Kemasan Simple dan Menarik 

Ada beberapa contoh desain produk kemasan simple yang bisa jadi inspirasi Anda. Desain-desain ini mempunyai bentuk unik yang bisa menarik hati konsumen agar mereka tertarik membeli. Langsung saja, berikut desain packaging tersebut!

1. Pouch Full Printing

buatlogoonline.com

Pernah melihat desain kemasan pouch yang beredar di pasaran? Desain berbentuk pouch memang sedang banyak digunakan karena terlihat praktis dan tentunya aman untuk produk makanan. Jika ditambah dengan informasi produk lengkap serta desain full printing yang menarik, maka akan semakin mencuri perhatian calon pembeli.

Jika produk Anda adalah bahan makanan seperti saus, bumbu masakan, atau selai dengan ukuran pouch kecil, maka Anda bisa memberikan kemasan pouch berukuran kecil yang mudah dibawa kemana-mana dan disimpan. 

Namun, jika produk Anda adalah makanan ringan seperti keripik, roti kering, atau camilan lainnya, Anda bisa menggunakan kemasan produk standing pouch. Jangan lupa tambahkan logo brand Anda dan slogan khas produk pada kemasan. 

2. Box Tenteng dengan Logo 

snapy.co.id

Desain packaging dengan logo ini akan tampak simpel, ekonomis, dan tentunya tetap menarik. Selain itu, jenis kemasan seperti ini lebih aman untuk produk makanan daripada kemasan berbahan plastik. 

Tak hanya itu, kemasan dari karton ini lebih ramah lingkungan dan lebih multifungsi. Bisa digunakan untuk segala jenis produk seperti makanan, fashion, kosmetik, atau barang dagangan lainnya. Penampilannya pun nampak lebih estetik dan kekinian dibanding lainnya, sehingga bisa meningkatkan penjualan produk Anda. 

3. Cup Plastik dengan Logo

Flexypack.com

Jika Anda pernah melihat desain kemasan produk kreatif di outlet-outlet minuman sekitar, pasti kebanyakan menggunakan plastic cup dengan tampilan logo di bagian tengahnya. 

Model desain ini termasuk kekinian dan paling banyak digunakan oleh produk minuman teh, kopi, atau minuman boba karena isi minumannya bisa terlihat dari luar. 

Anda bisa menggunakan desain produk kemasan simple beserta ukuran yang sesuai dengan volume produk minuman. Jika ingin lebih menarik dan kekinian, Anda bisa menambahkan quotes-quotes khas anak muda agar konsumen lebih tertarik. 

4. Paper Cup dengan Sleeve Berlogo

siapkemas.com

Selain dari plastik, ada juga contoh desain produk kemasan simple yaitu paper cup dengan sleeve berlogo. Biasanya produk yang menggunakan paper cup adalah minuman panas dan minuman dingin, di mana kemasan ini lebih nyaman, ringan, dan mudah dibawa konsumen kemana-mana. 

Berbeda dengan plastic cup, paper cup ini bentuknya tidak transparan sehingga isi minuman tidak terlihat. Packaging seperti ini cocok untuk minuman kopi panas yang kekinian khas anak muda. 

5. Botol Berbentuk Bohlam Lampu

sisternet.co.id

Jika bisnis Anda bergerak di bidang kuliner, khususnya minuman botol, Anda bisa menggunakan kemasan yang unik dan menarik. Desain kemasan yang bisa Anda contoh misalnya botol transparan bentuk bohlam lampu. 

Botol berbentuk bohlam lampu ini cocok digunakan untuk minuman susu jelly, susu, kopi kekinian, teh kekinian, atau yang lain. 

Bentuk botol seperti ini didesain transparan sehingga konsumen bisa melihat isi produk dengan jelas. Jika tertarik menggunakan desain produk kemasan simple ini, jangan lupa beri nama brand dan produk menggunakan stiker transparan agar isi minuman segarnya bisa menonjol dan terlihat. 

Baca juga: Standar Desain Kemasan Produk

6. Botol Transparan Simple

sisternet.co.id

Ada lagi desain produk kemasan minuman yang lebih simple dari bentuk bohlam lampu, contohnya seperti gambar di atas. Biasanya kemasan botol seperti ini banyak digunakan oleh penjual susu almond, susu kurma, thai tea, minuman rasa-rasa, dan kopi kekinian. 

Memang, desain ini terlihat simple namun tetap unik dan menarik di mata konsumen. Oleh karena itulah banyak penjual yang tertarik menggunakannya. Jangan lupa sertakan identitas brand Anda menggunakan stiker transparan supaya terlihat lebih match dan konsumen bisa melihat dengan mudah mengetahui isi produk. 

7. Paper Bowl Simple dan Berlogo

istockphoto.com

Paper bowl sederhana seperti gambar di atas bisa jadi pilihan desain kemasan makanan yang biasa untuk makanan berkuah. Selain itu, jenis kemasan mangkuk kertas ini nyatanya aman untuk makanan berkuah yang panas, seperti seblak, bakso, mie ayam, soto, dan lain sebagainya. 

Banyak pedagang makanan yang memilih menggunakan paper bowl yang diberi logo bisnis sebagai pilihan desain produk kemasan simple. Sebab kemasan seperti ini mempunyai banyak kelebihan, seperti:

  • Lebih tahan panas.
  • Nyaman saat dibawa kemana-mana oleh konsumen.
  • Produk sekali pakai, jadi lebih praktis karena tidak perlu repot mencucinya.
  • Ringan, cocok untuk traveling.
  • Aman untuk anak-anak.
  • Harga lebih ekonomis, sehingga penjual bisa lebih berhemat.

Tidak hanya makanan berkuah, nyatanya paper bowl juga sering digunakan untuk wadah nasi tanpa kuah misalnya steak atau ayam geprek. Tutup paper bowl ini bisa dipilih sesuai selera, apakah bentuk transparan atau tidak. Sebaiknya sesuaikan dengan produk Anda. 

Jangan lupa juga cantumkan nama brand Anda supaya menarik dan lebih dikenal oleh konsumen. 

Tertarik Menggunakan Desain Produk Kemasan Simple Ini?

Desain produk kemasan yang menarik dan simple akan membawa dampak bagi omset penjualan Anda. Makinrajin kini menyediakan jasa desain kemasan yang siap membantu Anda dalam meningkatkan estetika produk. Segera gunakan jasa layanan dari Makinrajin dan kembangkan produk Anda!

Alexandromeo I'm an experienced SEO Specialist who can grow a website through organic channel. I'm also passionate about digital marketing and web development