Alexandromeo I'm an experienced SEO Specialist who can grow a website through organic channel. I'm also passionate about digital marketing and web development

EAT SEO Google: Mengapa Penting Untuk SEO?

3 min read

EAT SEO Google: Mengapa Penting Untuk SEO?

EAT SEO Google adalah salah satu hal yang harus Anda pahami, jika Anda ingin mengoptimasi website Anda agar mendapatkan peringkat tinggi di SERP (Search Engine Result Pages) Google. Namun, apa sebenarnya EAT ini?

Untuk Anda yang masih terbilang pemula dalam dunia blogging dan SEO. Pada ulasan kali ini, kami akan menjelaskan secara detail mengenai EAT, mulai dari pengertian hingga mengapa hal ini termasuk penting dalam optimasi website. Ikuti pembahasan lengkapnya yang telah rangkum di bawah ini!

Apa Itu EAT SEO Google?

EAT adalah singkatan dari Expertise, Authoritativeness, dan Trustworthiness. Istilah ini perdana muncul di Search Quality Rater Guidelines, sebuah acuan bagi para Google Quality Rater untuk menilai hasil kualitas SERP Google.

Google Quality Rater sendiri adalah kumpulan orang yang bertugas menilai relevansi suatu website terhadap kata kunci tertentu. Rater ini menjadi salah satu variabel bagi Google untuk meningkatkan performa algoritmanya dari sudut pandang pengguna.

Mengapa Google EAT Penting?

Setelah memahami apa itu EAT, mari bahas mengapa EAT SEO Google ini terbilang sangat penting untuk SEO. 

Pada dasarnya, Google EAT adalah salah satu variabel yang harus dipenuhi oleh sebuah website untuk dapat mendapatkan peringkat di hasil pencarian Google untuk kata kunci yang bersifat YMYL (Your Money Your Life).

YMYL yang di sini adalah topik yang bersifat penting atau krusial bagi pembaca atau pengguna internet, seperti kesehatan, keuangan, keamanan, dan lainnya. Sejumlah informasi terkait tersebut tidak dapat Anda bagikan secara sembarangan, tanpa kompetensi tertentu.

Hal tersebut juga yang menjelaskan mengapa saat Anda mencari pencarian di Google terkait dengan kesehatan, maka website kesehatan dan rumah sakit akan muncul pada halaman pertama penelusuran Anda.

Karena sejumlah website tersebut memiliki kualifikasi untuk membahas mengenai topik penting yang kami maksud sebelumnya. Sementara EAT SEO Google adalah parameter yang Google gunakan untuk mengetahui kelayakan sebuah website untuk membahas suatu topik, khususnya topik YMYL.

EAT ini sendiri dapat menjadi tidak penting, jika website Anda membahas sesuatu yang sifatnya subjektif, seperti tentang hobi, inovasi, kerajinan tangan, dan lainnya.

Bagaimana Cara Mengukur EAT SEO Website?

Meskipun Expertise, Authoritativeness, dan Trustworthiness memiliki makna yang terkesan serupa, namun Google memiliki kriteria evaluasi berbeda untuk ketiganya. Untuk lebih jelasnya, Anda dapat menyimak uraian yang kami susun di bawah ini:

1. Expertise

Dalam konteks EAT, expertise artinya adalah memiliki pengetahuan di bidang spesifik. Evaluasi Google terhadap kriteria ini sendiri berada pada level konten, bukan secara keseluruhan website. Ringkasnya, Google akan mengutamakan konten yang dibuat oleh expert di bidangnya.

Sebagai contoh, website yang dikelola oleh dokter lebih memenuhi standar kualifikasi untuk membuat konten seputar kesehatan, ketimbang website berita atau hiburan.

2. Authoritativeness

Authoritativeness adalah kriteria penilaian yang terkait dengan reputasi website dan juga pembuat konten di bidang atau industri tertentu. Lebih singkatnya, sebuah website akan memiliki authority (otoritas) tinggi saat konten di website tersebut menjadi rujukan bagi beberapa website atau pengguna. 

3. Trustworthiness

Kriteria terakhir dalam penilaian EAT SEO Google adalah trustworthiness. Kriteria trustworthiness ini terkait dengan aspek transparansi dari sebuah website. Dalam hal ini, Google Rater umumnya akan mengevaluasi kriteria dari sejumlah aspek, seperti informasi kontak dan pernyataan atas konten yang dipublikasikan.

Selain itu, Google Rater juga akan melihat rujukan atau tautan external yang terdapat pada konten website.

Apakah EAT SEO Google adalah Ranking Factor?

Hingga hari ini, cukup banyak blogger dan pakar SEO yang beranggapan bahwa EAT adalah faktor ranking baru. Meskipun terbilang penting bagi SEO website, namun EAT bukan termasuk ke dalam kategori ranking factor. 

Danny Sullivan, Public Liaison of Search dari Google telah menjelaskan hal ini dalam salah satu cuitannya di  media sosial X a.k.a Twitter (nama lamanya).

Cuitan Danny Sullivan
Cuitan Danny Sullivan | Sumber: Meson Digital

Dari tweet di atas, dapat disimpulkan bahwa untuk menjadi sebuah ranking factor, sebuah variabel harus memiliki nilai kuantitatif jelas, yang dapat dievaluasi oleh komputer, seperti jumlah backlink.

Baca Juga: Apa itu SEO Global? Pengertian, Manfaat, dan Strateginya!

Cara Meningkatkan Google EAT

Jika Anda ingin meningkatkan kualitas EAT website Anda, terdapat beberapa checklist upaya yang dapat Anda lakukan. Adapun beberapa upaya yang kami maksud sebelumnya adalah sebagai berikut:

1. Jelaskan Siapa Anda

Salah satu cara untuk meningkatkan atau memperbaiki EAT adalah dengan menjelaskan siapa Anda. Dalam hal ini, Anda harus memberikan informasi yang transparan terkait pembuat konten di website Anda. 

Hal tersebut untuk membantu Google dalam penilaian, apakah pembuatan konten di website Anda adalah expert di bidangnya.

Untuk bagian ini, langkah sederhana yang dapat Anda lakukan adalah mencantumkan informasi lengkap seputar website Anda, mulai dari halaman about us, kontak, author, hingga our team.

2. Bekerja Sama dengan Expert Dalam Pembuatan Konten

Langkah lainnya yang juga dapat Anda dapat aplikasikan untuk meningkatkan nilai EAT website Anda adalah dengan bekerja sama dengan Eexpert dalam pembuatan konten.

Dalam hal ini, Anda dapat merekrut tim penulis yang memang memiliki background terkait topik yang akan Anda angkat di konten. Misalnya, Anda ingin membahas hal terkait technical writer. Maka opsi paling ideal untuk Anda pilih adalah bekerja sama atau menyewa technical writer profesional untuk membuat konten tersebut.

3. Tujuan Artikel yang Jelas

Masih terkait dengan cara meningkatkan EAT SEO Google, langkah lainnya yang juga dapat membantu meningkatkan nilai EAT website Anda adalah membuat artikel dengan tujuan jelas. Tujuan jelas yang kami maksud di sini adalah yang sesuai dengan intent dari pengguna internet.

Sebagai contoh, misalnya Anda membuat artikel dengan kata kunci “cara membuat artikel SEO”, maka artikel yang Anda buat harus memuat dan menjelaskan langkah pembuatan artikel SEO.

Selain memuat intensi yang tepat, artikel yang Anda buat juga sebaiknya menggunakan subheading yang jelas sebagai navigasi pengguna untuk menemukan informasi yang mereka cari dengan lebih cepat.

4. Mengupdate Konten Secara Teratur

Untuk membangun otoritas dan EAT SEO Google, mengupdate konten di website secara teratur adalah hal wajib untuk Anda lakukan. Karena, jarang mengupdate konten di website Anda akan membuat website Anda jarang dirayapi Google bot.

Selain itu, Google sendiri lebih condong kepada website yang selalu menyajikan informasi baru secara teratur.

Telah Lebih Paham Tentang EAT SEO Google?

Jadi, EAT SEO Google pada dasarnya adalah sebuah parameter atau aspek penilaian yang Google gunakan untuk menentukan apakah sebuah website layak untuk membahas sebuah topik YMYL.

Ketika sebuah website memenuhi standar Google EAT ini, maka website tersebut akan berpotensi lebih mudah untuk mendapatkan peringkat di halaman 1 SERP Google. Fakta inilah yang menjadi EAT terbilang sangat penting untuk proses optimasi suatu website.

Untuk meningkatkan poin EAT suatu website, Anda dapat mempertimbangkan untuk mengikuti sejumlah poin yang kami jelaskan sebelumnya, yaitu terkait expertise, authoritativeness, dan trustworthiness. 

Alexandromeo I'm an experienced SEO Specialist who can grow a website through organic channel. I'm also passionate about digital marketing and web development