Alexandromeo I'm an experienced SEO Specialist who can grow a website through organic channel. I'm also passionate about digital marketing and web development

15 Ecommerce Terbesar di Indonesia yang Perlu Anda Tahu

5 min read

15 Ecommerce Terbesar di Indonesia yang Perlu Anda Tahu

Dengan adanya Pandemi COVID dua tahun lalu. Hampir seluruh masyarakat di Indonesia melakukan pembelian secara online dan hal ini membuat pertumbuhan pasar online di Indonesia semakin naik secara signifikan hingga sekarang. Maka dari itu, kami akan membahas apa saja ecommerce terbesar di Indonesia tahun ini.

Karena selain pembeli, banyak juga penjual yang menyukai e-commerce sebagai lapak berjualan dibandingkan di toko fisik. Nah, untuk Anda yang tertarik untuk berjualan online di salah satu e-commerce, namun bingung memilih e-commerce mana yang terbaik untuk berdagang, simak penjelasannya di sini!

15 Ecommerce Terbesar di Indonesia 

Berikut ini beberapa e commerce terbaik di Indonesia berdasarkan jumlah pengunjung, jumlah unduhan, serta rating di aplikasi Google Play Store maupun Apps Store yang bisa Anda pilih, yaitu:

1. Tokopedia

Tokopedia saat ini menjadi e commerce terbesar di Indonesia dengan total rata-rata pengunjung sebanyak 135 juta. Dengan angka sebesar itu, sangat layak jika aplikasi Tokopedia menyandang gelar e-commerce terbaik.

Berdasarkan hasil survey terhadap konsumen, salah satu alasan banyak konsumen memilih online shop berwarna hijau ini karena produk yang mereka jual sangat beragam. Mulai dari produk yang paling banyak diminati yakni produk elektronik, pakaian, serta bahan makanan atau sembako.

Tokopedia merupakan e-commerce buatan anak bangsa yang mendukung pengusaha UMKM. Hal inilah yang menjadi nilai plus bagi penjual. Untuk mendukung mitra yang berdagang di marketplace, Tokopedia menyediakan sejumlah fitur, yakni promotion, broadcast chat, store statistics, sampai finance

Dimana penjual bisa meminjam modal terlebih dahulu untuk mengembangkan usahanya. Menarik, bukan?

2. Shopee

Berdiri di Singapura untuk pertama kalinya, saat ini Shopee menjadi e commerce terbesar di Indonesia peringkat kedua dengan pengunjung terbanyak, yaitu 127 juta orang. Survei menunjukkan, mengapa banyak konsumen memilih Shopee adalah karena harga setiap produknya sangat terjangkau dibandingkan yang lainnya.

Kategori produk Shopee yang paling banyak diburu pembeli, yakni peralatan rumah tangga, kecantikan, serta fashion, khususnya fashion muslimah. Beberapa fitur yang pebisnis bisa gunakan saat berdagang di Shopee, yakni chat bot, asisten penjual, Shopee Live, dan lainnya.

3. Lazada

Selanjutnya yakni Lazada, Alibaba Group adalah pemilik e-commerce ini. Lazada memiliki jumlah pengunjung sekitar 25 juta orang per bulan. Angka yang fantastis, bukan?

Berdasarkan hasil survei para konsumen, alasan utama memilih untuk berbelanja di platform Lazada yakni reputasi e-commerce serta harga yang murah. Nah, untuk kategori produk yang sering dicari oleh pembeli ialah fashion serta produk elektronik.

4. Bukalapak

E-commerce keempat yang memiliki jumlah pengunjung 34 juta per bulan yakni Bukalapak. Didirikan tahun 2010, tahukah Anda bahwa sebenarnya Bukalapak hanya sebagai tempat berdagang bagi pengusaha UMKM? Namun, kini Bukalapak memiliki 6 juta mitra yang menjual berbagai produk baik dari UMKM maupun skala pabrik.

Sama seperti e-commerce sebelumnya, alasan pelanggan berbelanja di Bukalapak yakni karena harganya yang murah serta produk yang ditawarkan juga beaneka ragam. Kategori produk yang sering dicari yakni hobi & gaya hidup, produk elektronik, dan fashion.

Beberapa fitur yang Bukalapak tawarkan untuk pedagang yang berjualan di sana, yakni fitur untuk inventory barang, fitur untuk memantau pedagang lain, dan masih banyak lagi. Lengkap, bukan?

5. Blibli

Berikutnya adalah e-commerce milik Djarum Group, yakni Blibli. Blibli memiliki jumlah pengunjung mencapai 19 juta orang per bulan. Banyak konsumen memilih Blibli karena reputasi platform yang baik serta produknya yang asli.

Kategori produk yang paling banyak dicari konsumen, yakni bahan makanan, produk elektronik, serta fashion. Berdasarkan data internal Blibli, jumlah merchants mereka kini berjumlah 16 ribu, yang berasal dari 300+ kota di Indonesia.

Baca Juga: 15 Marketplace di Indonesia Dengan Pengunjung Terbanyak

6. Zalora

E commerce terbaik di Indonesia keenam ada Zalora, yakni marketplace yang terkenal akan fashion dan kecantikan. Zalora memiliki jumlah pengunjung sekitar 2 juta orang per bulan. Hampir mirip seperti Bukalapak, Zalora juga memiliki fitur inventaris bisnis untuk mengelola stok barang.

Zalora pada tahun 2012 secara resmi beroperasi di Indonesia dan saat ini terdapat berbagai produk yang berasal dari 500+ merek, baik lokal maupun internasional. Selain produk fashion dan kecantikan, e-commerce satu ini juga menyediakan berbagai produk peralatan untuk  dapur dan rumah tangga.

7. Sociolla

Ecommerce terbesar di Indonesia yang lainya dan memiliki kunjungan terbanyak untuk berbelanja yakni Sociolla. Lebih dari 1,8 juta pengguna setiap bulannya mengunjungi platform ini untuk melakukan aktivitas belanja.

Sociolla memiliki fitur Business to Customer (B2C) yang menawarkan produk kecantikan asli seperti perawatan rambut, parfum, makeup, perawatan kulit, hingga alat kecantikan.

Untuk memasok setiap produk, Sociolla bekerjasama dengan official distributor dari Indonesia maupun dari luar negeri. Banyak pelanggan yang selalu berbelanja di sini karena Sociolla menjamin keaslian serta kualitas setiap produk yang mereka tawarkan.

8. Jakmall

E-commerce berikutnya yakni Jakmall dengan jumlah pengunjung pada setiap bulan yakni mencapai 890.000 lebih. Jakmall saat ini memiliki model bisnis reseller dan dropshiper

Sehingga, Anda tetap bisa menjadi mitra meskipun belum memiliki toko sendiri dengan menjadi reseller atau dropshiper. Produk yang ditawarkan Jakmall juga beragam. Mulai dari kebutuhan untuk ibu dan anak, kebutuhan elektronik, fashion, kesehatan, kecantikan, dan masih banyak juga produk yang lain secara lengkap.

 9. Jakarta NoteBook

Selanjutnya, yakni Jakarta Notebook yang juga merupakan e commerce terbaik di Indonesia. E-commerce ini mencapai jumlah pengunjung lebih dari 850 ribu per bulannya. Seperti namanya, e-commerce ini menjual berbagai macam produk elektronik, seperti aksesoris USB, printer, komputer/laptop, kabel, hingga Televisi. 

Meski begitu, jangan salah, karena Jakarta Notebook juga menyediakan berbagai macam perlengkapan rumah, seperti perkakas, dekorasi, dan furniture. Pada toko online ini juga terdapat produk-produk olahraga, hobi, dan kecantikan secara lengkap.

10. Orami

Selanjutnya ada ecommerce terbesar di Indonesia khusus parenting, yakni Orami. Sedikit berbeda dengan e-commerce lainnya, Orami mempunyai target pasarnya sendiri, yakni khusus untuk ibu hamil serta orang tua.

Selain itu, Orami juga menerapkan model bisnis inventori. Artinya, aktivitas penjualan langsung marketplace yang bertransaksi dengan pembeli, bukan melalui merchant

Beberapa kategori produk yang Orami tawarkan yakni produk untuk perawatan bayi & anak, mainan, produk untuk ibu hamil dan menyusui, perabotan kamar bayi, dan lainnya.

11. MapeMall

Mapemall adalah salah satu situs web ecommerce terbesar di Indonesia dan paling banyak dikunjungi oleh pengguna. Toko online ini adalah milik perusahaan retail terkenal Mitra Adi Perkasa. 

MapeMall hingga saat ini dapat menarik hingga 600.000 pengguna setiap bulannya. Sehingga, patut Anda pertimbangkan ketika hendak berbelanja secara online.

MapeMall adalah tujuan belanja online yang menampung semua jenis merek internasional. Anda dapat dengan mudah menemukan merek fashion, olahraga, perjalanan, serta gaya hidup terkemuka dunia, terutama untuk anak-anak.

12. Ralali

E-commerce lainnya yang termasuk juga ke dalam ecommerce terbesar di Indonesia adalah Ralali dengan total pengunjung sebanyak 4,4 juta setiap bulannya. Kategori produk yang tersedia di Ralali, yakni material bangunan, peralatan sekolah dan kantor, dan tentunya masih banyak lagi.

Nah, beberapa layanan yang mereka sediakan bagi penjual yang berjualan di platform Ralali adalah layanan logistik, penghubung brand, distributor, fitur permintaan harga, fitur bantuan permodalan, dan lain sebagainya.

13. Elevenia

E-commerce di Indonesia yang juga banyak diminati masyarakat untuk penjualan dan pembelian secara online ialah Elevenia. Elevenia memiliki pengguna bulanan aktif mencapai lebih dari 450 ribu orang dari seluruh wilayah di Indonesia. Angka yang cukup fantastis, bukan?

Maka dari itu,  e-commerce ini bisa kita anggap sebagai salah satu e-commerce yang cukup menjanjikan bagi pedagang. Banyak sekali kelebihan yang Elevenia tawarkan untuk para penjual dan juga pembeli. Mulai dari metode pembayaran beragam, bervariasi kategori produk, serta penawaran menarik lainnya seperti discount dll. 

Elevenia berdiri pada tahun 2014 dan PT. XL Planet merupakan penyedia layanan ini, yakni sebuah perusahaan gabungan antara PT XL Axiata Tbk serta perusahaan yang berasal dari Korea Selatan yakni SK Planet.

14. Klik Indomaret – Toko Online Indomaret

Klik Indomaret merupakan e-commerce resmi dari brand waralaba terbesar di Indonesia, yakni Indomaret. Salah satu inovasi yang ditawarkan Indomaret adalah one stop online store yang menawarkan berbagai kategori produk dalam satu platform untuk memenuhi kebutuhan seluruh pelanggan.

Nah, bagi Anda yang hobi atau sudah langganan dengan Indomaret dan malas untuk jalan keluar ketika hendak membeli sesuatu, toko online resmi milik Indomaret ini bisa jadi alternatif terbaik.

15. Alfagift – Toko Online Alfamart

Terakhir ada Alfagift yang merupakan e commerce terbaik di Indonesia dari perusahaan retail Alfamart yang memberikan pengalaman berbelanja yang menarik dan berbeda. Selain itu, ada pula manfaat keanggotaan khusus bagi pelanggan yang terintegrasi secara online maupun offline.

Alfagift bekerja sama dengan lebih dari 15 ribu waralaba Alfamart di seluruh Indonesia untuk mengirimkan produk lebih cepat dan gratis biaya pengiriman. Alfamart memiliki banyak sekali manfaat serta penawaran menarik bagi pelanggaran, diantaranya: 

  • Same Day Delivery & Gratis Ongkir

Saat berbelanja di Alfagift, Alfamart dengan sistem SAPA atau (Siap Antar Pesanan Anda) akan mengirimkan barang dari toko terdekat pada hari yang sama. Namun, hanya untuk pesanan yang masuk sebelum jam 21.00. Selain itu, Anda juga bisa menikmati gratis ongkir tanpa syarat dan batas, setiap hari.

  • Membership Terintegrasi

Membership terintegrasi, yakni sistem yang terintegrasi dengan pembelanjaan langsung di gerai. Anda hanya perlu menyebutkan nomor keanggotaan atau nomor telepon yang terdaftar. 

Selain itu, Anda juga bisa juga memindai barcode anggota di aplikasi ketika membayar barang belanjaan di kasir. Secara otomatis, poin dari belanja Anda akan langsung masuk ke aplikasi tersebut.

Sudah Tahu Apa Saja Ecommerce Terbesar di Indonesia?

Demikian penjelasan lengkap mengenai apa saja ecommerce terbesar di Indonesia tahun 2023 berdasarkan beberapa indikator yakni jumlah pengunjung aplikasi/website, jumlah pengunduhan, serta rating di Google PlayStore dan App Store. Adakah yang jadi favoritmu?

Alexandromeo I'm an experienced SEO Specialist who can grow a website through organic channel. I'm also passionate about digital marketing and web development