Alexandromeo I'm an experienced SEO Specialist who can grow a website through organic channel. I'm also passionate about digital marketing and web development

15 Marketplace di Indonesia Dengan Pengunjung Terbanyak

5 min read

15 Marketplace di Indonesia Dengan Pengunjung Terbanyak

Apabila Anda mendengar kata “marketplace”, Anda boleh jadi memikirkan tentang pasar-pasar bergaya konvensional. Zaman modern ini, kata tersebut kini berarti situs-situs jual beli daring yang dapat Anda kunjungi via komputer atau smartphone. Bacalah artikel ini untuk mengetahui macam-macam marketplace di Indonesia.

15 Situs Marketplace di Indonesia dan Jumlah Pengunjungnya

Sekarang sudah banyak situs jual-beli daring yang menawarkan banyak produk dengan harga yang bersaing. Hanya saja, belum tentu semua situs belanja tersebut menjual barang yang berkualitas baik. Berikut ini adalah situs jual-beli yang banyak pengunjungnya dan produknya dijamin berkualitas.

1. Tokopedia

Di nomor satu, marketplace di Indonesia yang paling terkenal di masyarakat dan banyak pengunjungnya ialah Tokopedia. Situs ini memiliki jutaan orang penjual di bawah naungannya dan jutaan produk siap jual. Mau itu sparepart mobil, perkakas dapur, alat tulis kantor, maupun sepatu olahraga, Tokopedia punya semuanya.

Secara lebih mendetail, Tokopedia mempunyai sekurang-kurangnya 12 juta pelapak resmi dengan segala macam barang jualan. Kabarnya Tokopedia berhasil memberdayakan ribuan pelaku UMKM melalui kerjasama mereka dengan bisnis UMKM, apalagi di masa pandemi COVID-19.

Dalam periode kuartal I tahun 2022, jumlah pengunjung Tokopedia ada sebanyak 157 juta orang, tepatnya pada bulan Januari hingga Maret 2022. Hal ini berhasil membuat Tokopedia kembali berada di puncak daftar marketplace yang pengunjungnya paling banyak.

2. Bukalapak

Tepat di belakangnya Tokopedia ada situs e-commerce di Indonesia yang tidak kalah populer, yaitu Bukalapak yang berdiri pada tahun 2010. Harga-harga di Bukalapak juga sangat bersaing sehingga banyak pembeli yang sering merasa kebingungan, mau belanja di Tokopedia atau di Bukalapak.

Jumlah pengunjung situs Bukalapak ada sebanyak 34 juta orang dalam sebulan; lebih sedikit daripada Tokopedia, namun lebih banyak daripada rata-rata situs lain. Bukalapak pada tahun 2022 kini telah memiliki 6 juta pelapak, dan banyak di antaranya yang berstatus sebagai UMKM.

Jutaan pelapak itu menyediakan segala jenis barang kebutuhan Anda, mulai dari busana, alat elektronik, hingga makanan kering. Pada hari-hari tertentu, situs ini akan mengadakan promo dan diskon besar-besaran untuk menarik perhatian pengunjung.

3. Shopee

Jika Anda rajin menggunakan internet, kamu pasti sering melihat iklan situs marketplace di Indonesia yang satu ini. Ya, Shopee adalah situs jual-beli daring yang juga sangat digemari oleh jutaan konsumen Indonesia karena promo-promonya yang memikat hati. Harga-harga barangnya pun tergolong murah bagi kebanyakan orang.

Pada awalnya, situs Shopee berdiri di negara Singapura, sebelum kemudian membuka kantor cabangnya di Indonesia. Dengan jumlah pengunjung dari berbagai negara yang mencapai 127 juta orang, Shopee telah menyediakan beragam layanan tambahan. Mereka ialah ShopeeLIVE, sistem chatting, dan asisten berjualan.

Shopee diketahui menjual banyak produk kecantikan dan busana muslim dengan harga yang sangat terjangkau, Oleh sebab itu, banyak pembeli yang senang berbelanja di situs tersebut, terutama kaum wanita.

4. Lazada

Jika pesaing utama Tokopedia adalah Bukalapak, maka salah satu pesaing utamanya Shopee ialah Lazada. Situs jual beli ini juga suka memberikan berbagam macam promo, terutama pada masa-masa liburan. Ada sekitar 135 ribu pedagang lokal yang kini bekerjasama dengan Lazada, dengan 3 ribu jenis produk yang mereka jual.

Apakah Anda tahu jika jumlah pengunjung di Lazada setiap bulannya bisa mencapai 28 juta orang, bahkan lebih? Itu pun baru di Indonesia; coba Anda tambah pula dengan pengunjung dari negara seperti Malaysia dan Thailand. Situs Lazada ini dulunya buatan Cina sebelum dia membuka kantor cabangnya di negara tetangga.

5. Blibli

Memberikan promo-promo pada barang jualan setiap kali datang masa liburan juga merupakan aktivitas favorit marketplace di Indonesia yang satu ini. Ya, Blibli boleh Anda anggap sebagai situs jual-beli alternatif jika Anda tak terbiasa berbelanja di Shopee atau Lazada.

Perusahaan pemilik situs Blibli adalah Djarum Group, dan dia mempunyai toko cabang yang tersebar di 300 kota di Indonesia. Jumlah toko cabang Blibli kurang lebih ada 16 ribu unit, dan barang-barang jualannya sangat beragam. Anda bahkan bisa membeli bahan makanan, termasuk sembako, dari situs ini.

Ada 19 juta orang yang mendatangi situs Blibli setiap bulannya, dan mereka sangat setia kepada situs ini. Mereka berpendapat bahwa pelapak di Blibli mempunyai reputasi yang bagus dan produk-produk yang berkualitas tinggi.

6. Zalora

Siapa di antara Anda yang suka mengkoleksi barang-barang mewah dengan harga terjangkau? Anda bisa datang ke Zalora, situs marketplace di Indonesia dengan produk-produk impor berkualitas top! Dalam situs ini, Anda tidak perlu khawatir membeli barang palsu sebab Zalora selalu memastikan keaslian barang Anda.

Kebanyakan produk yang tersedia di Zalora ialah alat kecantikan seperti lipstik, bedak, atau parfum, serta busana. Dalam beberapa tahun terakhir, Zalora telah menyediakan produk berupa perabot rumah tangga dengan harga yang bersaing.

Situs jual-beli ini mempunyai jumlah pengunjung bulanan sekitar 2 juta orang, dan angka ini bisa saja bertambah. Merek-merek barang yang dijual di situs Zalora pun jumlahnya hampir 500 merek, baik dari dalam maupun luar negeri.

7. JD.ID

Shopee, Tokopedia, dan Bukalapak bukanlah satu-satunya situs e-commerce di Indonesia yang sering beriklan di medsos. Ada satu lagi situs jual-beli yang netizen negeri kita gandrungi, yaitu JD.ID yang setiap bulannya dikunjungi oleh 4 juta konsumen.

JD.ID memberikan keuntungan berupa jaminan otentikasi produk dan gratis biaya pengiriman. Meskipun situs JD.ID menjual beragam jenis barang, produk makanan dan gawai elektronik ialah jualan yang paling laris di pasar daring ini.

Baca Juga: Cara Membuat Toko Online Mudah untuk Pemula

8. Bhinneka

Situs jual-beli daring Bhinneka awalnya berdiri pada tahun 1999 sebagai perusahaan pemasok alat-alat elektronik saja. Sekarang setelah perkembangan internet yang pesat di masyarakat, Bhinneka pun tumbuh menjadi pasar online yang menjual berbagai macam barang.

Kini situs Bhinneka sanggup menyediakan peralatan industri, sparepart kendaraan, dan alat tulis kantor. Perusahaan ini juga telah menjalin hubungan dengan bisnis-bisnis lain dalam bentuk B2B (business-to-business). Dia mempunyai jumlah pengunjung per bulan hingga 6 juta orang.

9. Ralali

Marketplace di Indonesia nomor sembilan ialah Ralali, toko grosir daring yang aplikasinya dapat Anda akses lewat smartphone. Situs Ralali merupakan besutan PT. Raksasa Laju Lintang pada tahun 2013, dengan Joseph Aditya sebagai penciptanya. Jumlah pengunjung per bulannya bisa mencapai 4 juta orang bahkan lebih.

Selain menjual barang secara daring, Ralali sekaligus berperan sebagai perantara atau distributor terhadap klien-kliennya. Situs jual-beli ini telah menjalin kerjasama tidak cuma dengan ribuan pedagang online saja, tetapi juga dengan perusahaan-perusahaan besar. Contoh partnernya ialah Mayora, Aqua, Unilever, dan Paper One.

10. Amazon

Amazon merupakan sebuah situs jual-beli internasional yang kantor pusatnya berada di Amerika. Meskipun demikian, dia telah membuka kantor cabangnya di negeri kita dan menjadi situs e-commerce di Indonesia yang cukup terkenal. Barang-barang jualannya pun datang langsung dari luar negeri, lho!

Apabila Anda hendak berbelanja menggunakan situs Amazon ini, Anda dianjurkan untuk memilah produk-produknya via menu kategori. Nanti saat Anda sudah siap membeli, Amazon akan mengalihkan Anda ke halaman pembayaran via kartu kredit.

Situs jual-beli ini sebetulnya sangat digemari oleh pengunjung dari negara-negara lain, tetapi di Indonesia dia kalah populer. Jumlah pembeli Indonesia di situs Amazon hanya sekitar 3 juta orang, jauh lebih sedikit ketimbang di Tokopedia atau Bukalapak.

11. Orami

Anda pasti tahu jika ibu-ibu tentunya suka berbelanja, termasuk para ibu yang sudah mempunyai anak. Dalam situasi ini, ada sebuah marketplace di Indonesia yang mengkhususkan produk-produknya untuk para ibu yang sedang mengasuh anak. Inilah dia Orami, situs jual-beli yang menyediakan perlengkapan untuk keluarga.

Orami mencatatkan jumlah pengunjung situsnya pada angka 5,3 juta orang setiap bulannya. Situs ini menerapkan sistem penjualan berbasis inventori, yaitu barang yang dia jual akan dibeli langsung dari pabriknya. Oleh karena itu, Orami tak bekerjasama dengan pelapak manapun, melainkan menjual barangnya sendiri.

12. Jakmall

Kepada Anda yang membutuhkan produk-produk kecantikan, kesehatan, serta ibu dan anak, Jakmall dapat menyediakannya. Situs marketplace di Indonesia ini mempunyai jumlah konsumen sekitar 900 ribu orang yang datang membeli produk-produknya.

Jakmall mengizinkan pelapaknya untuk berjualan dengan gaya reseller. Maksud dari reseller ini ialah pelapak di Jakmall boleh melakukan jual-beli kepada konsumen apabila mereka belum punya toko sendiri. Yang penting adalah barang tersebut ada dan layak untuk mereka jual.

13. Elevenia

Elevenia merupakan situs marketplace di Indonesia yang tergolong baru sehingga tidak banyak konsumen yang datang membeli. Padahal Elevenia mempunyai segudang kelebihan, misalnya layanan customer support yang aktif serta jaminan keamanan saat bertransaksi.

Jumlah pengunjung per bulan di situs Elevenia berkisar antara 1,5 juta sampai 3 juta orang. Hal-hal yang mempengaruhi naik-turunnya jumlah konsumen tersebut misalnya jumlah voucher yang situs ini bagikan dan diskon spesial pada hari-hari tertentu.

14. Matahari

Dulu Matahari adalah sebuah perusahaan supermarket yang mempunyai banyak sekali cabang toko di berbagai tempat. Seiring berjalannya waktu, Matahari pun berubah dari supermarket menjadi salah satu situs e-commerce di Indonesia. Kendati begitu, dia agak kalah bersaing terhadap situs-situs lain seperti Tokopedia dan Bukalapak.

Marketplace matahari ini menawarkan beragam keuntungan bagi para pembelinya, mulai dari gratis ongkos kirim hingga voucher cashback. Adapun jumlah pengunjung situs Matahari yaitu sebanyak 1 juta orang lebih, dengan kaum wanita sebagai konsumen utamanya.

15. Alfacart

Marketplace di Indonesia di bagian terakhir daftar ini yaitu Alfacart, yang lebih dikenal di kalangan pelanggan setia Alfamart. Mengingat minimarket Alfamart sudah dapat Anda jumpai di hampir semua kota di negeri kita, Alfacart pun mendapat lebih banyak pengguna baru. Anda tetap saja perlu jaringan internet untuk menggunakannya.

Aplikasi Alfacart ini mulai dirilis pada Februari 2013, namun saat itu namanya masih Alfaonline; baru berganti menjadi Alfacart pada tahun 2016. Minimarket Alfamart lebih bersifat toko kelontong daripada situs jual-beli lainnya seperti Shopee. Oleh karena itu, layanannya agak terbatas meskipun mudah Anda gunakan.

Mana Marketplace di Indonesia Favorit Anda?

Dan itulah penjelasan mengenai 15 situs e-commerce di Indonesia yang layak Anda kunjungi kalau Anda mau belanja borongan. Apakah Anda sudah menentukan situs mana yang akan Anda datangi nanti saat berbelanja daring?

Alexandromeo I'm an experienced SEO Specialist who can grow a website through organic channel. I'm also passionate about digital marketing and web development