cara membuat toko online dengan wordpress

Cara Membuat Toko Online dengan WordPress dari Nol untuk Pemula

Cara membuat toko online menggunakan WordPress sebenarnya sangatlah mudah. Siapapun bisa membuat toko online sendiri walaupun tidak memiliki keahlian teknis, seperti coding yang cukup baik.

Dengan begitu, Anda juga dapat membuat website toko online tanpa perlu repot. Jika Anda membaca panduan ini, maka Anda berada di jalan yang tepat. Pada artikel ini, Anda akan belajar cara membuat toko online dengan WordPress.

Pentingnya Toko Online untuk Bisnis

Ada beberapa alasan yang harus Anda ketahui mengapa toko online sangatlah penting untuk bisnis. Apa saja pentingnya toko online untuk bisnis?

1.     Meningkatkan Kepercayaan

Taukah Anda bahwa toko online dapat membuat calon pembeli menjadi lebih percaya kepada toko Anda? Dengan adanya toko online, pembeli semakin yakin sebelum membeli produk yang Anda tawarkan.

Itu karena di mata pembeli, Anda adalah seorang pebisnis yang benar-benar serius menangani bisnis Anda. Dengan begitu, Anda telah memiliki reputasi yang baik di mata pengunjung sehingga mereka tidak ragu lagi membeli produk pada website toko online Anda.

2.     Menjangkau Lebih Banyak Pembeli

Bayangkan apabila Anda tidak memiliki toko online, target pembeli Anda hanyalah orang-orang di sekitar Anda. Akan susah bagi Anda untuk dapat menjangkau orang di seluruh dunia.

Dengan adanya toko online, siapapun dapat menjangkau produk Anda. Dengan begitu, bukan tidak mungkin Anda akan mendapatkan pembeli dari berbagai penjuru dunia.

Selain itu, Anda juga bisa mendapatkan pesanan bahkan ketika Anda sedang tidur sekalipun. Beda halnya jika Anda hanya memiliki toko fisik, jika toko Anda tutup maka orang-orang akan kesulitan dalam menghubungi atau membeli produk Anda.

3.     Meningkatkan Penjualan

Untuk poin ini pasti sangat diincar oleh para penjual. Tentunya, siapa yang tidak ingin mendapatkan banyak penjualan. Nah, dengan memiliki toko online Anda dapat meningkatkan penjualan produk.

Itu karena Anda dapat menjangkau siapapun di dunia ini. Selain itu, mereka juga bisa datang kapanpun selama toko online Anda aktif. Banyak orang yang mengalami kenaikan dalam penjualan ketika menggunakan toko online.

Anda bisa belajar cara membuat website toko online sendiri hanya dari internet saja. Jadi, tunggu apa lagi? Langsung saja kita bahas langkah-langkah membuat toko online dengan WordPress.

Langkah Membuat Toko Online dengan WordPress

1. Pemesanan Hosting dan Domain

1. Untuk dapat membuat toko online sendiri, Anda harus memiliki web hosting dan domain. Pada panduan kali ini, kita akan mencoba melakukan pemesanan hosting di Niagahoster.

2. Ada berbagai jenis paket web hosting yang bisa Anda pilih. Namun, kami menyarankan Anda untuk menggunakan paket Personal karena spesifikasinya dirancang untuk website toko online.

cara membeli hosting di niagahoster

3. Jika sudah, Anda bisa memilih akan memesan web hosting untuk berapa tahun. Apabila Anda ingin mendapatkan diskon terbesar dan harga termurah, sebaiknya Anda memesan web hosting untuk 3 tahun.

memilih paket hosting untuk web toko online

4. Setelah itu, pilih domain gratis yang akan digunakan untuk website toko online Anda. Anda bebas mengisikan nama domain sesuai dengan selera. Jika tampilannya seperti di bawah, berarti domain Anda bisa digunakan. Setelah itu, jangan lupa klik tombol Tambahkan ke Cart.

cara mendapatkan domain gratis di niagahoster

5. Setelah itu, akan muncul halaman tagihan yang berisi total pembayaran. Klik tombol Lanjutkan untuk melanjutkan proses pembelian web hosting.

memesan hosting untuk toko online di niagahoster

6. Akan ada fitur tambahan yang bersifat opsional yang ditawarkan oleh Niagahoster. Anda boleh untuk tidak membelinya. Setelah itu, Anda bisa klik tombol Lanjutkan.

membuat toko online sendiri dengan wordrpess

7. Anda bisa memilih metode pembayaran. Ada berbagai jenis metode pembayaran yang bisa Anda pilih.

memilih metode pembayaran di niagahoster

8. Setelah itu, Anda bisa masukkan kode kupon untuk tambahan diskon jika memiliki. Anda bisa memasukkan kode kupon MAKINRAJIN supaya mendapatkan diskon tambahan 10%. Kode kupon ini bisa digunakan berkali-kali. Setelah itu, klik tombol Checkout Sekarang.

kode kupon diskon hosting niagahoster

9. Setelah berhasil memilih metode pembayaran dan menambahkan voucher, Anda harus mengisi data diri dan akun. Jika belum memiliki akun, Anda bisa klik tombol Belum Punya Akun lalu isikan data diri Anda. Oh iya, kode kupon hanya bisa digunakan untuk pengguna baru. Jadi, jika Anda sudah punya akun sebelumnya dan ingin menggunakan kode kupon MAKINRAJIN, lebih baik menggunakan akun baru saja. Setelah itu, klik tombol Checkout Sekarang.

mendaftar di niagahoster

10. Jika sudah, akan muncul halaman tagihan. Silakan lakukan pembayaran untuk dapat menggunakan layanan web hosting dan domain untuk membuat toko online. Anda bisa klik tombol Konfirmasi Pembayaran di Member Area untuk melihat detail pembayaran.

membuat toko online dengan hosting di niagahoster

2. Pengaturan Website

Nah, jika Anda sudah sampai tahap ini, berarti Anda sudah hampir memiliki toko online sendiri. Anda perlu melakukan konfigurasi dan pengaturan pada website. Langkah pertama yaitu instal WordPress.

1. Buka cPanel

Dengan WordPress, Anda dapat membuat toko online sendiri dengan mudah. Nah, cara instal WordPress sangatlah mudah. Anda hanya perlu login ke halaman cPanel dengan cara mengakses namadomainanda.com/cpanel. Contoh: nhtokoonline.com/cpanel.

masuk cpanel hosting

2.Buka Softaculous

Setelah berhasil masuk cPanel, Anda bisa mencari menu Softaculous. Softaculous berfungsi untuk meng-instal WordPress dengan mudah dan hanya dalam beberapa klik saja.

softaculous untuk instal wordpress

3. Instal WordPress

Jika Anda belum membaca panduan sebelumnya tentang cara instal WordPress, Anda bisa ikuti panduan ini. Silakan klik tombol Install Now untuk meng-instal WordPress dengan mudah.

cara instal wordpress

4. Pada menu Software Setup, Anda bisa isi seperti gambar di bawah (nama domain menyesuaikan):

memilih nama domain untuk instal wordpress

5. Setelah itu, isikan nama dan deskripsi website Anda. Contohnya seperti gambar di bawah:

memberi nama dan deskripsi pada toko online

6. Selanjutnya, silakan mengisi email, username, dan password yang akan digunakan untuk masuk ke halaman admin website Anda.

mengisi username dan password untuk login toko online

7. Setelah semuanya terisi, Anda tinggal klik tombol Install.

instal toko online di wordpress

Selamat, Anda telah berhasil membuat website sendiri dengan WordPress. Nah, untuk dapat mengatur website menjadi toko online, Anda perlu mengikuti beberapa langkah di bawah:

8. Masuk ke halaman admin website Anda dengan mengakses domainanda.com/wp-admin/ dengan menggunakan email dan password yang tadi dimasukkan. Jika pada contoh, halaman admin kami adalah nhtokoonline.com/wp-admin/.

cara login di wordpress

9. Setelah berhasil masuk, klik menu Plugins > Add New

instal plugin di wordpress

10. Setelah itu, Anda ketikkan Woocommerce pada kolom pencarian dan klik tombol Install Now. Kemudian, setelah plugin terpasang, klik tombol Activate untuk mengaktifkannya.

instal woocommerce di wordpress

Setelah berhasil memasang plugin WooCommerce, sekarang kita lakukan pengaturan pluginnya.

3. Pengaturan WooCommerce

1. Silakan untuk mengisi alamat toko Anda. Setelah itu klik tombol Continue.

pengaturan dasar woocommerce untuk membuat toko online

2. Setelah itu, isikan kategori produk yang akan Anda jual. Jika Anda menjual produk kesehatan, maka checklist bagian Health and beauty.

cara setting woocommerce

3. Setelah itu, silakan memasukkan jenis produk yang Anda jual. Apakah berbentuk fisik atau virtual dan bisa di-download

setting woocommerce

4. Kemudian, jangan lupa untuk mengisikan kisaran jumlah produk yang akan Anda jual beserta informasi lainnya, seperti pendapatan dan di mana saja Anda menjual. Setelah itu, jangan lupa untuk klik tombol Continue.

konfigurasi pengaturan woocommerce

5. Kemudian, silakan pilih tampilan theme yang akan Anda gunakan untuk website toko online Anda. Anda bebas memilih theme manapun sesuai selera. Pada panduan kali ini, kita akan menggunakan theme Storefront.

memilih theme untuk ecommerce

6. Kemudian, integrasikan toko Anda dengan Jetpack seperti gambar di bawah ini:

integrasikan jetpack dengan woocommerce

Sebenarnya, Anda tidak wajib untuk menghubungkan Jetpack dengan website Anda. Tapi, Jetpack memiliki peranan penting bagi keamanan dan kecepatan website. Jadi, sebaiknya Anda menggunakan Jetpack juga.

7. Toko online Anda sudah jadi. Tapi, Anda belum memiliki produk. Sekarang, kita akan mencoba menambahkan produk untuk ditampilkan pada website toko online Anda. Caranya adalah dengan klik menu Products > Add New.

menambahkan produk di woocommerce

8. Silakan mengisi judul dan deskripsi produk yang akan Anda jual.

menambahkan detail produk

9. Silakan mengisi harga produk yang akan Anda jual pada tab General seperti di bawah:

menambahkan produk di woocommerce

10. Sedangkan untuk manajemen produk, Anda bisa menambahkan kode produk (SKU) supaya lebih mudah dalam mencarinya. Anda bisa mengisi bebas pada kolom SKU. Untuk kolom Manage Stock, Anda bisa checklist apabila ingin menampilkan stok produk pada halaman toko online.

menambahkan produk di woocommerce

11. Kemudian, jangan lupa untuk menambahkan informasi produk, seperti berat dan ukuran supaya lebih mudah dalam menghitung biaya ongkir.

menambahkan spesifikasi barang di website toko online

12. Jangan lupa untuk menambahkan gambar supaya produk terlihat lebih menarik pada website Anda. Untuk menu Product Image adalah gambar yang muncul ketika website menampilkan berbagai produk Anda. Sedangkan untuk menu Product Gallery adalah gambar yang muncul ketika pengunjung membuka halaman produk tersebut.

menambahkan gambar di website toko online

13. Jangan lupa untuk mengisikan deskripsi singkat produk yang akan muncul ketika beberapa produk Anda ditampilkan.

menambahkan deskripsi produk

14. Jika semua sudah ditambahkan, sekarang saatnya klik tombol Publish untuk meng-upload produk ke toko online Anda.

klik tombol publish

15. Supaya produk dapat tampil ketika Anda membuka halaman utama, Anda perlu klik menu Settings > Reading.

mengatur tampilan website

16. Kemudian, atur halaman Shop (halaman yang berisi daftar produk) menjadi halaman utama website Anda dan jangan lupa klik tombol Save to Changes.

mengatur halaman homepage

17. Jika sudah, silakan buka website Anda dan Anda akan melihat daftar produk sudah muncul.

tampilan halaman produk

Selamat, Anda sudah berhasil mengikuti panduan cara membuat website toko online dengan WordPress. Selanjutnya, Anda tinggal memasukkan produk yang akan Anda jual.

Tips Mengembangkan Toko Online

Faktanya, ada banyak sekali toko online yang ada di internet. Dengan begitu, Anda harus dapat bersaing dengan toko online lainnya supaya dapat berkembang. Lalu, bagaimana supaya toko online dapat berkembang dan menjangkau banyak pelanggan?

1.       Memberikan Diskon

Dengan memberikan diskon, maka toko Anda akan menarik perhatian calon pembeli Anda. Dengan begitu, mereka akan mempertimbangkan  untuk membeli produk dari Anda. Bukan hal yang tidak mungkin mereka akan kembali lagi dan menjadi pembeli setia Anda.

2.     Rutin Promosi

Tanpa adanya promosi yang giat, maka toko online Anda tidak akan diketahui oleh orang-orang. Maka dari itu, Anda perlu melakukan promosi secara rutin. Tapi perlu diingat bahwa jangan sampai orang menganggap Anda spam hanya karena teknik promosi Anda salah.

3.     Tingkatkan Pelayanan

Tentunya, orang akan cenderung puas dan membeli sebuah produk apabila pelayanannya sangat memuaskan. Bersikap ramah-lah kepada calon pembeli Anda. Karena, pembeli adalah raja. Dengan begitu, reputasi toko Anda di mata mereka menjadi bagus.

Oh iya, ada satu pesan dari saya. Apabila Anda ingin sukses berjualan produk dengan toko online, Anda bisa menggunakan strategi SEO dan pemilihan kata kunci konten yang tepat pada content marketing. Dengan begitu, Anda dapat menjangkau pengunjung mulai dari yang belum paham dengan produk Anda, sampai yang benar-benar siap membeli.

Nah, itulah panduan lengkap tentang cara membuat toko online dengan WordPress. Kami berharap, toko online Anda dapat berkembang. Jika ada yang masih dibingungkan, jangan ragu untuk menghubungi kami atau bertanya pada kolom komentar.

Anda ingin memiliki web hosting dengan kualitas server tercepat di Indonesia ? Klik di sini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *