wordpress untuk perusahaan

WordPress untuk Perusahaan: Mengapa Harus WordPress?

Ada banyak sekali bisnis dan perusahaan yang sangat kerepotan dalam pengembangan website mereka. Akhirnya, mereka pun mencari solusi seperti menggunakan teknologi web yang mahal. Tentunya, itu bukan solusi yang efisien.

Untungnya, WordPress hadir untuk menyelesaikan masalah mereka. Tanpa perlu keahlian teknis yang mumpuni dan perawatan yang intensif, WordPress dapat menjadi solusi bagi website besar untuk mengembangkan bisnis mereka.

Saat ini, ada 37.6% website di dunia yang menggunakan WordPress. Itu artinya, WordPress cukup baik untuk menangani bagian teknis sebuah website. Dengan begitu, sebuah bisnis akan lebih menghemat banyak biaya dan tenaga untuk pengembangan website.

Apa Pengaruhnya Bagi Sebuah Perusahaan?

Dari segi teknis, ketika membahas tentang kebutuhan tentang website dari para ahli, mereka memiliki berbagai alasan untuk merekomendasikan WordPress. Berbicara tentang website, pasti tidak lepas dari pengunjung dan traffic.

Untuk hal seperti itu, WordPress sudah memiliki kemampuan untuk menangani hal seperti itu. WordPress sendiri telah berpengalaman selama lebih dari 10 tahun di bidang pengembangan website.

Seberapa Populer WordPress untuk Menangani Perusahaan?

Kevin Ohashi adalah seorang konsultan bisnis yang bertugas merancang website untuk kliennya. Menariknya, pertanyaan terbesar yang sering dilontarkan oleh kliennya adalah masalah biaya dan fitur. Berikut pernyatannya:

“The biggest concern is always the deliverable and cost though. Only if they’ve used something in the past or heard about someone using something else does question three ever come up.

This is also up to the consultant to shape the conversation. A good consultant’s goal is to convince the client they can deliver something of value to them. The underlying technology used to get them to their goal almost doesn’t matter. I pitch them the tool I think best fits their needs.”

Jadi, pada intinya teknologi pembangun suatu website bukanlah sebuah masalah bagi klien. Yang penting, tujuan mereka dapat tercapai dengan suatu website.

Kesannya WordPress adalah platform yang dikhususkan hanya untuk blog. Padahal, WordPress bisa melakukan hal yang jauh lebih rumit daripada sekedar blog. Bahkan, WordPress dapat mengalahkan beberapa kompetitornya, seperti Drupal dan Joomla.

Bagaimana dengan Drupal?

Popularitas Drupal kian menurun akibat makin terkenalnya WordPress. Mungkin, Drupal pernah digunakan untuk membangun website besar. Namun, hal itu masih kalah dibandingkan dengan WordPress.

Bukan tanpa alasan, kekalahan Drupal dibandingkan WordPress disebabkan oleh berbagai hal, seperti jarang melakukan perbaruan versi maupun dari segi pelayanan.

Mitos Seputar WordPress

website untuk branding

Sayangnya, ada berbagai mitos yang beredar tentang WordPress. Pada awalnya, mungkin beberapa mitos ini adalah fakta karena keterbatasan fitur dari WordPress itu sendiri. Namun, seiring berjalannya waktu, WordPress semakin kuat dan dapat melakukan apa saja. Lantas, apa saja mitosnya?

1.       WordPress Hanya untuk Membuat Blog

Ini merupakan kesalahpahaman yang sampai saat ini masih beredar. Banyak orang awam yang mengira WordPress hanya bisa digunakan untuk membuat blog saja. Itulah yang menyebabkan para pemilik bisnis memilih untuk tidak menggunakan WordPress karena tidak dapat membangun website yang mereka inginkan.

2.     WordPress Rentan untuk Masalah Keamanan

Banyak para pemilik website yang merasa website mereka terancam dari segi keamanan karena kesalahan WordPress. Padahal, WordPress dibangun oleh tim yang sangat handal di bidangnya. Tentu tidak mungkin WordPress memiliki celah keamanan yang besar.

Jika dilihat dari platform WordPress itu sendiri sebenarnya tingkat keamanannya sangat tinggi. Faktor yang membuat sebuah website yang dibangun dengan WordPress menjadi tidak aman adalah dari third-party, seperti plugin ataupun theme.

Seringkali para hacker menyisipkan kode nakal pada theme ataupun plugin untuk merusak website yang menggunakannya.

3.     WordPress Diremehkan Karena Open Source

Pandangan orang tentang open source adalah kualitasnya tidak baik. Itulah anggapan mereka tentang WordPress. Hal itu tentunya akan sangat merugikan bagi WordPress, terutama dari segi bisnis.

Dengan anggapan tersebut, para pemilik bisnis akan menjadi takut untuk memilih WordPress karena takut bisnisnya bakal hancur. Harusnya, sifat WordPress yang merupakan open source merupakan nilai tambah karena banyak orang yang berkontribusi untuk kualitasnya.

Manfaat WordPress dari Segi Teknis

internet website

Beberapa manfaat di bawah merupakan alasan mengapa WordPress dapat menguasai pasar dan menjadi CMS terbaik mengalahkan kompetitor mereka.

1.       WordPress Sangat Terjangkau dan Fleksibel

Tentunya, ada sangat banyak plugin yang dapat membuat WordPress menjadi sangat fleksibel dan dapat membuat berbagai jenis website. Hal itulah yang menjadi sumber kekuatan dari WordPress.

Ini tentunya sangat menarik bagi para pemilik bisnis yang tidak ingin terlalu banyak membuang waktu dan tenaga untuk menangani bagian teknis. Dengan begitu, para pemilik website dapat membuat website seperti apapun hanya dengan WordPress.

2.     WordPress Sudah Mendukung Desain Responsive

Saat ini, teknik mobile first dan desain responsive sudah merupakan keharusan bagi sebuah website. Pasalnya, sebagian besar orang membuka website melalui smartphone mereka dan jarang yang membuka melalui PC.

3.     WordPress Mudah Dikembangkan

Hal utama yang menjadi perhatian para pengembang yaitu pada poin ini. WordPress telah terbukti dapat membangun website berskala besar. Jadi, tidak perlu khawatir untuk menggunakan WordPress sebagai platform pembangun website.

WordPress juga sangat unggul dalam hal teknis lainnya, seperti optimalisasi server, database, caching, dan lain-lain. Kesuksesan dari perusahaan besar, seperti Automattic dan Incsub menandakan bahwa WordPress memang dapat menangani masalah besar sekalipun.

4.     WordPress Sangat SEO-friendly

SEO merupakan hal yang sangat penting bagi suatu bisnis. Dengan optimalisasi SEO yang baik, maka suatu bisnis akan dapat meningkatkan penjualan secara signifikan. Ada berbagai plugin yang dapat meningkatkan kinerja SEO sebuah website.

Tapi, tanpa plugin-pun, WordPress sudah memiliki SEO yang cukup baik. Ini merupakan poin yang sangat menguntungkan bagi para pemilik bisnis.

5.     WordPress Rutin Diperbarui

Rata-rata update dari CMS ini yaitu 20 kali setiap tahunnya. Itu merupakan angka yang cukup tinggi untuk sebuah platform multifungsi yang dapat membuat berbagai jenis web. Dengan begitu, kinerja WordPress kian meningkat.

6.     WordPress Mendukung Multisite dan Multilingual

Dengan adanya fitur multisite, para pengguna dapat membuat banyak website dan melakukan optimasi jauh lebih mudah. Hal itu muncul sejak WordPress versi 3.0. Selain itu, fitur multilingual juga dapat menerjemahkan konten sehingga dapat memudahkan para penggunanya.

7.     Terdapat REST API

Salah satu fitur unggulan WordPress dari sisi programming adalah memiliki REST API yang dapat mengembangkan website sesuai dengan keinginan para pemiliknya. Dengan begitu, WordPress dapat berkomunikasi dengan berbagai perangkat lunak lainnya.

8.     WordPress Tidak Ditangani Oleh Satu Orang Saja

Sifatnya yang open source membuat WordPress dapat ditangani oleh para ahli dari berbagai penjuru dunia. Dengan begitu, kualitas dan performa WordPress dapat meningkat secara signifikan.

9.     WordPress Sangat User-friendly

Kepuasan pengguna memang menjadi faktor utama dalam pengembangan WordPress. Bahkan, untuk navigasinya saja sangat mudah untuk pemula sekalipun. Dengan begitu, untuk urusan teknis tidak perlu membuang banyak waktu.

10.  Hak Akses yang Mudah Ditangani

WordPress sudah terdapat fitur bagi penggunanya untuk mengatur hak akses. Dengan begitu, pengguna tidak perlu membatasi konten mana yang boleh diakses oleh role tertentu. Itu karena, semuanya sudah ditangani oleh WordPress.

Kedudukan WordPress di Mata Perusahaan

Berdasarkan jawaban dari Peter Slutsky, seorang direktur Layanan Platform pada web Automattic, WordPress awalnya hanya dianggap remeh oleh perusahaan karena fiturnya hanya dapat membuat blog saja. Namun, seiring berjalannya waktu, WordPress kian diidolakan oleh mereka.

“For the first couple years of WordPress, it was seen only as a blogging platform and it became prominent because of that application. However, WordPress has shifted and has made great strides over the past few years and now a wide majority of users are using WordPress as a full CMS, rather than just a blog.”.

Selain itu, jawaban dari Peter yaitu WordPress sangat mudah dikembangkan untuk website mereka. Satu hal yang tak kalah pentingnya, ketika WordPress melakukan update, maka fitur atau tampilan versi lama tidak rusak karena update tersebut.

Menurut Oprah Winfrey, masa depan WordPress juga sangatlah cemerlang sehingga tidak ada yang perlu dikhawatirkan lagi mengenai WordPress.

“When I look into the future, it’s so bright it burns my eyes.”.

Ekosistem Pada WordPress

WordPress memiliki komunitas yang sangat besar untuk pengguna atau bahkan pengembang. Jadi, apabila terdapat pengguna yang merasa kesulitan, pengguna yang lain dapat ikut membantu menyelesaikan masalah.

Perkembangan WordPress Sangatlah Cepat

website sebagai ladang promosi

Travis Totz, salah seorang web strategiest di Modern Tribe mengungkapkan bahwa WordPress merupakan platform yang sangat lengkap untuk memenuhi kebutuhan mereka. Karena pengelolaannya yang mudah, mereka dapat lebih fokus untuk menangani bagian bisnis mereka.

“We had been using WordPress and other platforms for quite a few years and we simply found that we continued to gravitate towards using WordPress over all other platforms and content management tools. It was the most well-rounded, community-focused and community-driven platform that we had used.”.

Menurut Travis, WordPress juga dapat menghemat pengeluaran karena tidak perlu mengeluarkan banyak uang untuk membuat aplikasi dari nol. Dengan WordPress, seseorang dapat membuat website apa saja.

Melihat popularitas WordPress, Travis sangat merekomendasikan untuk menggunakan WordPress bagi siapapun yang ingin mengembangkan bisnisnya melalui website.

Pengguna WordPress Semakin Meningkat

Rupanya, ada banyak para pemilik bisnis yang beralih dari CMS lain ke WordPress, salah satunya adalah Evonne Young, direktur dari The Kaiser Family Foundation. Beberapa alasan dari Evonne mengapa dia pindah ke WordPress adalah:

  • Memperbaiki struktur web
  • Mengoptimalkan SEO
  • Memudahkan penggunaan
  • Mengurangi biaya hosting

Pada awalnya, Evonne mempertimbangkan Drupal. Namun, dari segi fiturnya jauh di bawah WordPress. Itulah yang menyebabkan Evonne jatuh cinta terhadap WordPress. Dia-pun telah membuktikan bahwa WordPress tidak hanya digunakan untuk blogging.

Kesimpulan

Saat ini, setiap orang sudah dapat membuat berbagai jenis website hanya menggunakan WordPress, meskipun awalnya WordPress hanya digunakan untuk blogging saja. Semakin ke depan, WordPress memang dirancang untuk memenuhi kebutuhan para pebisnis.

Ada banyak fitur yang memang ditujukan khusus untuk mempermudah proses bisnis sebuah perusahaan, seperti REST API. Untuk itu, sebaiknya para pebisnis tidak perlu ragu lagi ketika ingin mengembangkan website mereka dengan WordPress.

Anda ingin memiliki web hosting dengan kualitas server tercepat di Indonesia ? Klik di sini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *