Alexandromeo I'm an experienced SEO Specialist who can grow a website through organic channel. I'm also passionate about digital marketing and web development

Apa itu Email Blast? Pengertian, Tips, dan Platform Email Blast

7 min read

Apa itu Email Blast Pengertian, Tips, dan Platform Email Blast

Email marketing adalah suatu strategi bisnis efektif yang bisa Anda manfaatkan untuk meningkatkan angka penjualan. Saat ini, pemanfaatan email marketing sudah bisa dilakukan dengan cara mudah melalui layanan email blast.

Layanan tersebut dapat membantu Anda untuk mengirimkan banyak email sekaligus tanpa perlu mengetik alamat email pelanggan satu per satu. Bayangkan, berapa banyak waktu yang bisa Anda hemat dalam melaksanakan proyek email marketing kepada target pasar yang ingin dituju.

Sebelum melangkah lebih dalam, apakah Anda sudah tahu apa itu email blast? Jika belum, artikel ini akan jadi media yang pas untuk mengupas beberapa informasi seputar teknik blast email. Jangan lupa simak sampai habis ya!

Apa Itu Email Blast?

Email blast adalah bagian dari email marketing yang berfungsi untuk mengirimkan satu jenis email khusus kepada sekelompok orang dalam waktu bersamaan. Cara ini menjadi solusi tepat bagi setiap pelaku bisnis agar dapat mengirimkan pesan/email kepada banyak orang dengan lebih efisien.

Sebelum memanfaatkan fitur email blast, para pelaku bisnis biasanya mengumpulkan data email pelanggan untuk dijadikan sebagai target pengiriman email marketing. 

Biasanya, email-email tersebut berisi tentang promosi produk, voucher diskon, info membership, katalog rutin, ajakan untuk membaca artikel blog, dan lain sebagainya. 

Apakah Anda sering mendapatkan email tersebut? Jika Anda sering mendapat email marketing dari suatu entitas lembaga atau perusahaan, itu tandanya email Anda telah terdaftar dalam database pelanggan mereka.

Teknik marketing ini memang terbilang jauh lebih efektif daripada upaya pemasaran via media sosial. Mengapa demikian? Melalui strategi email marketing, pelaku bisnis dapat menyampaikan pesan secara langsung dan cenderung lebih menyentuh

Oleh karena model pendekatan tersebut, pelanggan akan menganggap dirinya mendapat sebuah perhatian khusus melalui pengiriman email secara personal. Atas dasar perasaan tersebut pula, besar kemungkinan baginya untuk melakukan tindakan konversi tertentu sesuai isi email yang disampaikan.

Sayangnya, teknik email blast ini tidak bisa Anda lakukan dengan platform penyedia email biasa seperti Gmail dan Yahoo. Pasalnya, platform email biasa tidak mampu mengirimkan pesan dalam jumlah besar karena kapasitas penyimpanan yang tersedia cenderung terbatas. 

Itulah sebabnya, Anda perlu menggunakan platform pengirim email yang mumpuni dalam pengerjaan email blasting.

Umumnya, platfrom email tersebut dapat akan menyajikan sederet fitur-fitur unggul seperti email otomatis, segmentasi audiens, analisis performa email, laporan, dan lain sebagainya. Intinya, platform tersebut dapat mendukung upaya pengiriman email secara massal, tertarget, dan cepat.

Tips Memilih Platform untuk Email Blast

Email blast adalah upaya mengirimkan pesan secara massal di waktu bersamaan. Teknik ini sering dipilih karena mampu melakukan upaya pemasaran secara efektif, cepat, dan tak butuh biaya yang besar. Bahkan, Anda juga bisa melakukan email blasting dengan berbagai macam layanan gratis.

Sebelum melakukan upaya email marketing, Anda perlu mempertimbangkan beragam aspek penting agar tindakan tersebut dapat terlaksana secara optimal. Salah satu aspek tersebut berkaitan dengan pemilihan platform email blast yang cocok untuk keperluan bisnis masing-masing.

Hal-hal apa sajakah yang perlu diperhatikan dalam pemilihan platform email blasting? Simak tips-tips pentingnya berikut ini.

1. Pahami Tujuan Perusahaan

Jika Anda seorang pemilik usaha, langkah pertama yang perlu Anda lakukan adalah menetapkan tujuan perusahaan. Namun, jika Anda seorang staff yang bertugas melakukan projek email blast, maka langkah yang perlu diutamakan adalah memahami tujuan bisnis perusahaan secara komprehensif.

Setelah itu, Anda dapat menyinkronkan tujuan bisnis perusahaan dengan jenis platform email yang paling tepat. 

Umumnya, setiap platform email marketing memiliki spesifikasi yang beragam dengan dukungan fitur yang berbeda-beda. Untuk itu, fokuslah pada pemilihan fitur-fitur yang mendukung tujuan bisnis perusahaan dan abaikan platform email yang tidak Anda butuhkan.

Dengan begitu, Anda tak perlu menghabiskan uang perusahaan untuk membeli fitur email marketing yang tidak dibutuhkan.

2. Sesuaikan dengan Budget Perusahaan

Dalam memilih platform email blast, Anda akan berhadapan dengan dua macam opsi yakni layanan gratis dan berbayar. Keduanya sama-sama memiliki keunggulan dan kekurangan masing-masing. Anda bisa memilih kedua opsi secara bijak sesuai kebutuhan dan budget perusahaan.

Untuk layanan email gratis, fitur yang tersedia umumnya juga akan terbatas. Platform tersebut lebih cocok bagi jenis perusahaan yang belum memiliki jumlah pelanggan yang banyak.

Sedangkan untuk platform email berbayar, Anda akan mendapat fitur layanan lebih lengkap dan kapasitas pengiriman pesan yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan perusahaan. Layanan ini menetapkan opsi harga yang variatif tergantung kebutuhan fitur yang Anda inginkan.

3. Segmentasi Audiens

Usahakan untuk memilih layanan email blast yang dilengkapi dengan fitur segmentasi audiens. Segmentasi audiens merupakan proses pengelompokkan pelanggan sesuai kesamaan karakteristiknya. 

Dalam dunia marketing, segmentasi audiens biasanya dibedakan menurut kategori usia, lokasi, minat pelanggan, dan lain sebagainya. 

Sebagai pelaku bisnis, Anda perlu memanfaatkan fitur segmentasi audiens agar pesan/email Anda dapat tersampaikan kepada target pasar secara tepat. 

4. Perhatikan Layanan Template Email yang Tersedia

Setiap bisnis tentu memiliki ciri khas pemasarannya masing-masing. Begitu pula dengan platform layanan email blast yang juga menyediakan fitur template yang berbeda. 

Opsi template yang beragam juga dapat mempercantik tampilan email bisnis agar lebih menarik dan tidak terkesan monoton.

Untuk itu, pilihlah platform email yang menyediakan desain template yang tepat sesuai karakteristik template email marketing perusahaan Anda.

Selain itu, pilih juga platform email yang menyediakan layanan desain template responsif untuk versi desktop maupun mobile. Dengan begitu, tampilan email Anda akan tetap enak dilihat baik melalui perangkat komputer maupun ponsel.

5. Menyediakan Layanan Customer Support

Pertimbangkan pemilihan platform email blast berdasarkan ketersediaan layanan customer support-nya. Anda tak akan pernah tahu tentang kemungkinan-kemungkinan yang terjadi dalam penggunaan layanan email marketing nanti.

Untuk itu, pilihlah platform email yang didukung dengan fitur customer support agar ketika terjadi suatu masalah dapat terselesaikan dalam waktu singkat.

Rekomendasi Platform Email Blast

Ada banyak jenis platform email blast yang tersedia mulai dari yang gratis maupun yang berbayar. Setiap platform tersebut juga menyediakan beragam fitur yang beragam untuk membantu mempermudah pekerjaan Anda dalam melakukan pengiriman email secara massal.

Daripada bingung menentukan aplikasi email yang tepat, artikel ini akan mengulas sedikit tentang beberapa rekomendasi platform email blast terbaik sebagaimana penjelasan berikut ini.

1. Mailchimp

Bagi Anda yang memiliki bisnis usaha berskala kecil, aplikasi email Mailchimp akan jadi opsi yang tepat untuk mendukung strategi marketing. Aplikasi Mailchimp dapat melakukan pengiriman  email gratis untuk jumlah kontak kurang dari 2000 akun. 

Versi gratis Mailchimp juga menyediakan layanan pengiriman pesan yang terbatas yakni sebanyak 12.000 email per satu bulannya. Jika lebih dari itu, Anda dapat menggunakan Mailchimp versi berbayar dengan tarif USD10 per satu bulan.

Versi Mailchimp gratis sebenarnya sudah mendukung fitur pengiriman email dengan cukup lengkap, meliputi:

  • Desain template
  • Laporan analisis dan performa email marketing
  • A/B testing
  • Dan, segmentasi audiens

2. Kirim.email

Kirim.email juga dapat melayani keperluan email blast secara mudah serta didukung dengan fitur email marketing yang sangat lengkap. Beberapa fitur dan keunggulan yang ada di platform Kirim.email antara lain:

  • Drag and drop email bulider
  • Landing page builder
  • Tersedia template email yang responsif
  • Terintegrasi dengan layanan Google (Sheets dan Forms)
  • Terintegrasi dengan WordPress, Facebook Ads, WhatsApp, Telegram
  • Email automation, memungkinkan pengiriman email secara otomatis
  • Magic Opt-in
  • Segmentasi audiens
  • Fitur pelacakan dan pelaporan
  • Dan masih banyak lagi

Jika Anda tertarik menggunakan layanan email dari Kirim.email ini, Anda perlu membayar biaya penggunaan mulai dari Rp138.600 tiap bulan.

3. Zoho Campaign

Platform email blast Zoho Campaign sejatinya juga hampir mirip dengan versi gratis Mailchimp. Zoho Campaign versi gratis juga turut menyediakan layanan pengiriman email sebanyak 12.000 per bulan kepada 2000 pelanggan.

Dalam versi gratisnya, Zoho Campaign juga memberikan akses untuk semua fitur email marketing kecuali fitur automation.

Jika ingin menggunakan versi Zoho Campaign berbayar, Anda dapat menyisihkan uang sekitar USD5 – USD350 sesuai jumlah pelanggan dalam bisnis Anda.

4. AWeber

Jika Anda tertarik menggunakan aplikasi email blast premium, AWeber bisa jadi salah satu pilihan terbaik yang patut untuk Anda pertimbangkan. Platform AWeber telah lama membantu upaya email marketing bisnis baik dari industri skala kecil maupun menengah.

Aplikasi ini juga memiliki segudang fitur lengkap dalam mendukung campaign marketing bisnis yang terdiri dari:

  • Form generator, fitur yang berfungsi untuk mengumpulkan data email pelanggan untuk dijadikan sebagai kontak dalam email marketing
  • 700 template email yang responsif untuk perangkat mobile
  • 6000 koleksi gambar gratis untuk mendukung pembuatan email blast yang menarik
  • Layanan funnel marketing otomatis
  • Fitur tracking, berfungsi untuk menganalisis tingkah laku setiap kontak untuk mendapatkan informasi tentang jumlah email yang dibuka, tautan yang diklik, dan jumlah orang yang telah menjadi subscriber
  • Laporan email marketing
  • Drag and drop pada editor
  • A/B testing tanpa batasan variabel
  • AWeber dapat Anda integrasikan dengan aplikasi lain seperti e-commerce, survei, lead generation, dan layanan webinar

Untuk penggunaan AWeber premium, Anda bisa membayar biaya langganan mulai dari USD17 per satu bulan. Anda juga berkesempatan untuk mendapat layanan penggunaan AWeber secara gratis dalam waktu 30 hari.

5. GetResponse

Aplikasi email ini sudah banyak dikenal oleh masyarakat karena kemudahan layanannya. Biasanya, GetResponse kerap dipakai untuk mengirimkan pesan follow-up secara otomatis dan email-email Newsletter.

Secara umum, platform email blast ini menyediakan layanan email marketing yang berbayar. Namun, Anda juga bisa menggunakan GetResponse versi gratis dalam jangka waktu 30 hari.

Menariknya, platform GetResponse menyediakan fitur Survey Customer dan Analysis yang dapat membantu menaikkan konversi bisnis. Selain itu, Anda juga dapat membuat desain email dengan cepat menggunakan sistem drag and drop.

6. SendinBlue

Bagi Anda yang masih awam dengan email marketing, aplikasi SendinBlue bisa jadi salah satu solusi terbaik untuk melakukan email blast. Beberapa macam keunggulan dan fitur yang tersedia dalam platform SendinBlue ini antara lain:

  • Fitur pembuatan landing page
  • Customer relationship management
  • 70 template email marketing yang menarik dan responsif
  • Tersedia opsi untuk email transactional dan autoresponder
  • Memungkinkan pengguna untuk melihat preview email blast sebelum mengirimkannya ke target audiens
  • Fitur A/B testing
  • Fitur segmentasi audiens
  • Dan lain-lain

Pada dasarnya, SendinBlue tidak membatasi jumlah subscriber atau daftar kontak dalam strategi email marketing Anda. Namun, aplikasi ini hanya mengizinkan pengiriman pesan sebanyak 300 email per satu hari.

Tips Melakukan Email Blast

Menggunakan strategi email marketing dalam upaya pemasaran bisnis memang terbilang sangat efektif. Namun sayangnya, kebanyakan orang cenderung mengabaikan email tersebut tanpa membaca isi pesan di dalamnya.

Semakin efektif email marketing yang digunakan, semakin besar pula angka konversinya. Anda bisa menggunakan alat ukur open rate untuk mengetahui tingkat efektifitas dan data-data metrik dalam email marketing.

Contoh data metrik tersebut antara lain rasio pembukaan email, rasio klik CTA, rasio konversi (conversion rate), dan masih banyak lagi. 

Di dalam melakukan upaya email blast, Anda perlu menyusun strategi email yang menarik agar audiens tertarik untuk membukanya dan membaca esensi pesan Anda. Bagaimana caranya? Ikuti beberapa tips berikut ini.

1. Gunakan Sapaan Personal

Agar lebih ngena, Anda bisa menerapkan penggunaan bahasa yang akrab dan bersifat personal. Salah satu contohnya adalah dengan menyebutkan nama depan pelanggan ataupun nama lengkapnya.

Anda bisa mengatur personalisasi pesan/email menggunakan fitur-fitur yang tersedia dalam platform email blast. 

2. Tuliskan Kata-Kata yang Menarik

Anda bisa menerapkan teknik penulisan atau copywriting yang tepat agar bisa menghasilkan isi email yang menarik. Untuk menarik minat audiens melakukan klik, Anda bisa mulai dengan membuat judul yang menarik dan menggugah rasa penasaran target audiens.

Tak lupa, gunakan gaya bahasa yang relevan dengan kebutuhan audiens dengan tetap memperhatikan identitas brand.

3. Gunakan Tata Letak Email yang User Friendly

Selain isi, peran desain beserta tata letak email juga mempengaruhi  efektifitas email marketing. Untuk itu, pastikan untuk memilih desain template yang simpel, mudah dipahami dan tetap tampil menarik.

Dengan begitu, para audiens akan nyaman membaca isi email Anda dan berkenan untuk melakukan action tertentu sesuai dengan CTA (Call to Action). 

4. Jangan Sertakan File Lampiran

Usahakan untuk tidak menyertakan file-file attachment (lampiran) saat mengirimkan email blast kepada para audiens. Mengapa begitu? Karena audiens akan jarang membuka isi file tersebut dan cenderung mengabaikannya. 

Hal tersebut mereka lakukan bukan tanpa alasan. Beberapa audiens akan memasang sikap hati-hati lantaran khawatir jikalau file-file tersebut mengandung virus berbahaya atan hal-hal berbahaya lainnya.

5. Gunakan Alamat Email Profesional

Agar lebih meyakinkan terkesan profesional, gunakan alamat email (domain email) yang sesuai dengan nama perusahaan atau brand Anda. Contohnya, admin@makinrajin.com, tim@namabrand.co.id, dan seterusnya.

Dengan begitu, target audiens akan merasa lebih yakin bahwa perusahaan/brand Anda merupakan sebuah entitas asli yang bisa dipercaya. Anda bisa menggunakan email hosting supaya bisa memiliki email bisnis yang lebih profesional.

Lakukan Email Blast dengan Tepat

Setelah membaca ulasan tentang pengertian apa itu email blast beserta rekomendasi platform yang tepat, kira-kira Anda lebih suka yang mana? Apapun platformnya, manfaatkan fitur layanan dengan sebaik-baiknya agar tercipta email marketing yang appealing.

Sentuh hati para pelanggan dengan mengirimkan email marketing yang tepat. Agar upaya pemasaran Anda bisa lebih ngena di hati pelanggan, terapkan teknik penulisan copy yang relevan dan pertegas dengan CTA yang pas. 

Dengan begitu, para pelanggan tak akan ragu melakukan action yang Anda inginkan dan angka konversi bisnis pun jadi lebih meningkat. 

Menuliskan kata-kata persuasif dan dapat menggugah minat beli pelanggan memang bukan pekerjaan yang mudah. Namun, masalah tersebut bisa Anda atasi dengan memanfaatkan jasa copywriting handal untuk meningkat angka penjualan.

Alexandromeo I'm an experienced SEO Specialist who can grow a website through organic channel. I'm also passionate about digital marketing and web development