Alexandromeo I'm an experienced SEO Specialist who can grow a website through organic channel. I'm also passionate about digital marketing and web development

Filosofi Lingkaran pada Logo yang Memiliki Makna Mendalam!

2 min read

Filosofi Lingkaran pada Logo yang Memiliki Makna Mendalam!

Pemilihan bentuk logo dan filosofi lingkaran yang mungkin ada di dalamnya ternyata memiliki arti yang sangat mendalam serta menggambarkan semboyan dari logo tersebut. Bahkan, sebuah desain logo juga merupakan identitas dari brand tertentu yang menunjukan jati diri serta wajah brand di mata masyarakat luas.

Fungsi Logo Bagi Brand dan Perusahaan

Sebuah logo, tidak hanya gambar visual yang terlihat aesthetic saja. Namun, logo juga mempunyai manfaat penggambaran bagi sebuah brand atau perusahaan. Berikut ini adalah fungsi sebuah logo bagi brand dan perusahaan:

1. Sebagai Identitas Diri

Bentuk logo merupakan penggambaran yang menunjukkan identitas diri dari komunitas, brand, atau perusahaan tertentu. Tak hanya itu, identitas diri ini lah yang nantinya akan menjadi tanda pengenal agar dikenal oleh masyarakat luas.

2. Memiliki Filosofi dan Semboyan Mendalam

Fungsi utama lainnya dari pembuatan logo untuk brand, komunitas, atau perusahaan adalah sebagai filosofi dan semboyan yang mendalam. Semboyan ini biasanya memiliki harapan serta implementasi yang sesuai dengan pemilihan bentuk dan jenis logo.

3. Media Promosi Produk

Fungsi yang terakhir dari pembuatan desain logo bagi perusahaan atau brand adalah sebagai bentuk media promosi terhadap produk tertentu. Dengan sebuah logo, produk yang baru rilis akan dengan cepat mendapat tanda pengenal di mata konsumen. Selain itu, dalam logo juga mengandung unsur promosi produk.

Biasanya, filosofi logo yang paling sering digunakan adalah berbentuk lingkaran. Mengapa demikian? Mungkin karena filosofi lingkaran pada logo yang punya makna tersembunyi dan menggambarkan tentang perjuangan. 

Terdapat beberapa arti dari bentuk lingkaran pada desain label yang memiliki makna mendalam. Berikut penjelasan lengkapnya:

1. Memberikan Arah yang Tepat 

Arti filosofi lingkaran yang pertama adalah memberikan arah yang tepat. Artinya, dalam sebuah organisasi atau perusahaan yang menggunakan bentuk lingkaran sebagai identitas diri mereka, akan terarah ke arah yang tepat. 

Makna mendalam ini diambil dari bentuk bulat pada lingkaran. Bentuk bulat tersebut selalu berputar ke arah yang tepat agar tercipta lingkaran sempurna. Penggambaran ini lah yang menunjukan organisasi atau perusahaan agar mengikuti simbol bulat tersebut, yaitu berproses dengan arah yang tepat agar menjadi sukses.

2. Menggambarkan Konsentrasi Perusahaan atau Organisasi

Bentuk lingkaran yang bulat dan menutupi segala sisinya adalah simbol dari konsentrasi serta fokus yang tinggi dalam menggapai tujuan. Mungkin terdengar sepele, namun makna konsentrasi dari bentuk logo ini ternyata memengaruhi psikologis anggota organisasi atau perusahaan yang menggunakannya.

Dengan menggunakan simbol lingkaran pada logo, para anggota organisasi dan perusahaan dapat memiliki konsentrasi yang lebih fokus dan terarah. Selain itu, makna konsentrasi dalam bentuk lingkaran menggambarkan sebuah harapan bahwa perusahaan atau brand dapat fokus meraih kesuksesan.

3. Memiliki Implementasi Kemitraan

Filosofi lingkaran memiliki makna bentuk dalam logo yang berupa sebuah implementasi dan gambaran kemitraan yang kuat. Implementasi jenis logo lingkaran ini tak hanya mencakup kemitraan kuat saja, namun persahabatan dan kekeluargaan yang erat juga tercipta di dalamnya.

Jadi, dengan bentuk lingkaran pada logo, sebuah perusahaan atau brand memiliki harapan jaringan kemitraan yang luas dengan sistem kekeluargaan dan persahabatan yang tak pernah putus.

4. Melambang Sebuah Tujuan 

Bentuk lingkaran sempurna yang dimulai dari titik awal menuju titik akhir adalah sebuah filosofi yang melambangkan tujuan utama brand atau perusahaan. Dengan makna ini, diharapkan perusahaan mampu mencapai tujuan utamanya sesuai dengan bentuk lingkaran yang memiliki sumbu awal hingga mencapai titik akhir.

5. Menggambarkan Kebebasan

Lingkaran yang memiliki gerakan bebas, tak berhenti, dan berputar mengikuti poros merupakan sebuah gambaran dari kebebasan. Kebebasan dalam konotasi filosofi lingkaran adalah sebuah simbol kebebasan berpendapat, kebebasan berekspresi, bahkan kebebasan dalam mengembangkan sayap perusahaan.

Selain itu, makna kebebasan ini memiliki tujuan agar perusahaan atau brand mampu terbebas dari semua belenggu yang mengikat dan berkembang secara bebas dengan ide-ide kreatif. 

6. Simbol Keseimbangan 

Dalam bentuk lingkaran sempurna, terdapat makna pepatah Cina kuno yang memiliki arti mendalam. Pepatah tersebut adalah “Yin & Yang”. Yin memiliki arti kesucian yang putih dengan kejujuran dan ilmu yang tinggi. Sedangkan Yang, menggambarkan keberanian dan melesat ke depan mengalahkan lawan.

Kedua simbol pepatah Cina ini jika disatukan maka akan membentuk sebuah lingkaran sempurna yang memiliki dua warna hitam dan putih. Hal ini lah yang menjadi simbol keseimbangan antara ilmu pengetahuan dan kejujuran yang berpadu dengan keberanian serta semangat yang tinggi untuk maju mengalahkan lawan.

7. Memberi kesan Ramah 

Secara psikologis, filosofi lingkaran dengan bentuk bulat sempurna akan memberikan kesan nyaman bila dipandang. Dari kenyamanan ini lah akan tumbuh sebuah kesan ramah kepada si pemilik logo.

8. Menggambarkan Kepemimpinan

Filosofi lingkaran pada logo yang terakhir memiliki arti kepemimpinan. Lingkaran, memiliki makna bentuk dalam logo yang menyerupai penggambaran matahari, bumi, bulan, tata surya, dan penggambaran sesuatu yang besar. 

Hal ini lah yang menjadi gagasan bahwa simbol dengan bentuk circular ini adalah sesuatu yang besar dan memimpin. Selain itu, tersimpan juga kekuatan yang sulit untuk dikalahkan sebagai gambaran dari sesuatu yang besar lainnya.

Sudah Paham dengan Salah Satu Pemaknaan Logo Ini?

Sekian pembahasan tentang filosofi lingkaran dalam pemaknaan sebuah logo. Jika Anda sedang bingung untuk menentukan logo brand atau komunitas, Anda bisa mencoba jasa desain logo di Makinrajin. Dijamin pembuatan logonya berkualitas karena dibuat oleh desainer berkompeten.

Alexandromeo I'm an experienced SEO Specialist who can grow a website through organic channel. I'm also passionate about digital marketing and web development