Alexandromeo I'm an experienced SEO Specialist who can grow a website through organic channel. I'm also passionate about digital marketing and web development

Highlight Instagram: Pengertian, Manfaat, dan Cara Membuatnya

3 min read

Highlight Instagram Pengertian, Manfaat, dan Cara Membuatnya

Highlight Instagram adalah salah satu fitur terbaru di IG. Jika Anda menggunakan IG dalam bahasa Indonesia, Anda akan menemukan fitur ini dengan nama “sorotan”. Rupanya, sorotan IG kini menjadi senjata baru dalam dunia marketing. Artikel ini akan membahas semua hal tentang fitur sorotan IG.

Apa itu Highlight Instagram?

Highlight Instagram adalah fitur untuk menampilkan stories di halaman profil IG. Sebelum adanya sorotan, stories di IG hanya bisa tampil selama 24 jam. Dari kacamata pemasaran, durasi 24 jam tentunya terlalu singkat untuk mencapai target yang diharapkan.

Oleh karena itu, IG merilis fitur baru bernama sorotan. Fitur ini memungkinkan pengguna untuk menyorot stories dan mengemasnya ke dalam kategori. Perhatikan contoh sorotan IG di bawah ini:

highlight instagram
Freepik.com

Pada gambar di atas, Anda bisa melihat bagaimana halaman profil menampilkan beberapa icon bulat berjajar di bawah bio. Icon itulah yang disebut dengan highlight Instagram. Di dalam setiap icon, terdapat sekumpulan stories yang akan tampil otomatis jika Anda mengklik icon tersebut.

Icon pada sorotan berfungsi sebagai kategori. Pada gambar contoh, Anda bisa melihat beberapa icon kategori seperti tag harga, baju, mobil, pesawat, dan lain sebagainya. Jadi, Anda bisa memilih stories yang akan masuk dalam sorotan, kemudian membaginya ke dalam berbagai kategori.

Baca Juga: 500+ Nama Highlight Instagram Aesthetic dan Unik

Manfaat Menggunakan Highlight Instagram

Banyak marketer sudah membuktikan manfaat sorotan IG pada bisnis dan pemasaran. Berikut ini beberapa alasan mengapa fitur ini harus Anda coba:

1. Durasi Stories Tak Terbatas

Manfaat highlight Instagram yang pertama adalah durasi stories tanpa batas. Stories biasa hanya akan bertahan selama 24 jam. Jika Anda menggunakan stories untuk berpromosi, maka 24 jam terdengar berat untuk menjangkau prospek. 

Oleh karena itu, Anda harus mengemas stories penting seperti promosi, jawaban Q&A, atau jadwal event ke dalam sorotan.

Berkat adanya sorotan, pengguna bisa mengakses stories Anda kapan saja dan informasi penting mengenai bisnis Anda selalu tersedia di halaman profil. Jadi, tantangan selanjutnya hanyalah mendatangkan lebih banyak traffic ke halaman profil IG Anda.

2. Menciptakan Kesan Pertama

Manfaat highlight Instagram yang kedua adalah menciptakan kesan pertama. Jika Anda hanya mengandalkan feed, maka pengguna yang mengunjungi profil Anda bisa saja ‘tersesat’. 

Sebab, pengguna harus scroll feed sampai menemukan informasi yang mereka cari. Belum lagi jika ada ukuran feed Instagram yang terkadang kurang ideal dan informatif.

Sorotan terletak di bawah bio, tepat di atas feed. Posisi ini sangat strategis untuk menangkap perhatian pengguna. Daripada harus scroll feed yang mungkin saja berisi ratusan hingga ribuan post, bukankah lebih efisien jika pengguna swipe stories? Hasilnya, kesan pertama pengunjung cenderung lebih positif.

3. Mengatur Kategori Stories

Manfaat highlight Instagram yang ketiga adalah dapat mengatur kategori penyajian informasi. Singkatnya, Anda punya kesempatan untuk merapikan stories Anda ke dalam kategori. 

Penentuan jumlah dan nama kategori pun sepenuhnya berada di tangan Anda. Keleluasaan ini membuat Anda bisa mengatur halaman profil IG agar dapat mendukung kebutuhan bisnis.

Contohnya, Anda bisa membuat kategori ‘Produk’ untuk menampilkan stories tentang produk Anda. Kemudian, kategori ‘Testimoni’ untuk meyakinkan prospek dengan cerita sukses dari konsumen Anda. Bahkan Anda juga bisa membuat quiz pertanyaan di Instagram dan menampilkannya ke sorotan.

4. Meningkatkan Traffic Website

Manfaat highlight Instagram yang keempat adalah untuk menaikkan traffic website. Salah satu fitur atau Call to Action (CTA) yang bisa Anda tambahkan ke IG stories untuk menaikkan trafik web adalah Swipe Up. CTA ini berfungsi untuk merayu pengguna agar mau mencari tahu tentang suatu informasi dengan cara swipe up.

Setelah pengguna melakukan swipe up, maka pengguna tersebut akan diarahkan ke halaman website tertentu. Jadi, Anda bisa membuat stories dengan CTA swipe up berisi tautan ke website Anda. Apabila IG Anda sudah memiliki ribuan pengikut, bukankah ini berarti ada ribuan calon visitor yang bisa Anda persuasi?

5. Menunjang Branding

Manfaat highlight Instagram yang kelima adalah menunjang branding. Lewat sorotan IG, Anda bisa menampilkan citra perusahaan secara leluasa. Sorotan Anda bisa saja berisi budaya perusahaan, aktivitas Corporate Social Responsibility (CSR), prestasi, riwayat kerja sama dengan entitas bisnis besar, dan lain sebagainya.

Sekali lagi, kategori akan memudahkan Anda dalam menyusun berbagai tipe stories. Berkaitan dengan branding, maka Anda bisa mengumpulkan stories tertentu ke dalam satu kategori untuk memperkenalkan perusahaan Anda. Misalnya sorotan behind the scene untuk menunjukkan bagaimana operasional bisnis Anda bekerja.

6. Navigasi Lebih Mudah

Manfaat highlight Instagram yang keenam adalah untuk memudahkan navigasi pengguna. Terkadang, pengguna mengunjungi halaman profil Anda untuk mencari informasi tertentu. Padahal jika Anda hanya memakai feed, maka Anda berisiko mempersulit pengguna karena harus scroll sampai ke bawah.

Cara terbaik untuk melakukannya adalah dengan memakai sorotan. Karena sorotan terbagi ke dalam beberapa kategori, maka pengguna bisa langsung memilih kategori sorotan sesuai informasi yang mereka butuhkan. 

Misalnya, sorotan Contact Person untuk memudahkan pengguna saat mencari kontak bisnis yang bisa mereka hubungi.

7. Lebih Dekat dengan Konsumen

Manfaat highlight Instagram yang ketujuh adalah engagement. Lewat sorotan, Anda bisa menjalin interaksi yang lebih intens dengan konsumen. Contohnya, Anda bisa merekam proses produksi yang menampilkan staf yang bekerja dengan riang. Konten semacam ini secara psikologis mampu mendekatkan konsumen.

Demi kepentingan jangka panjang, engagement adalah variabel yang wajib Anda optimalkan. Intensitas interaksi dan ikatan dengan konsumen adalah cara untuk mempertahankan loyalitas konsumen. 

Di sisi lain, konsumen yang sudah menjadi pelanggan Anda bisa sangat mungkin merekomendasikan produk Anda ke kerabatnya.

Cara Membuat Highlight Instagram

Setelah Anda memahami apa itu sorotan IG beserta manfaatnya, maka sekarang akan masuk ke bagian tutorial. Di bagian ini, Anda akan belajar cara membuat highlight Instagram di Android, iPhone, dan Web.

1. Cara Membuat Highlight Instagram di Android & iPhone

Caranya yakni:

  • Buka halaman profil IG Anda.
  • Tekan icon “+”. Jika Anda tidak menemukannya, tekan “Story highlight”.
  • Klik stories yang ingin Anda sorot, lalu klik “Next”.
  • PIlih foto sampul untuk sorotan Anda.
  • Beri nama sorotan, lalu klik “Done”.
highlight instagram
  • Jika ingin menambahkan stories ke dalam sorotan, klik “Edit highlight”.

2. Cara Membuat Highlight Instagram di Web

Caranya yakni:

  • Klik icon “+” atau “Story highlight”.
  • Masukkan nama sorotan, lalu klik “Next”.
  • Pilih stories yang ingin Anda masukkan ke sorotan, lalu klik “Next”.
highlight instagram
  • PIlih foto sampul untuk sorotan Anda.
  • Klik “Done”.

3. Cara Menambahkan Stories ke Highlight Instagram di Web

Caranya yakni:

  • Pilih sorotan yang ingin Anda edit.
highlight instagram
  • Klik bagian “…”.
  • Klik “Edit”.
highlight instagram

Selain cara-cara di atas, sebenarnya ada cara membuat highlight Instagram yang jauh lebih mudah, yaitu dengan menggunakan Instagram tools terbaik. Di dalamnya, Anda bisa memanfaatkan banyak fitur untuk social media marketing, termasuk kreasi sorotan IG.

Sudah Siap Menggunakan Highlight Instagram?

Sorotan IG terbukti ampuh untuk pemasaran bisnis. Fitur kategori membawa banyak sekali manfaat, baik untuk Anda sebagai pebisnis maupun untuk konsumen. Berdasarkan semua pertimbangan tersebut, apakah sekarang Anda sudah siap untuk mulai membuat highlight Instagram?

Makinrajin menyediakan jasa social media marketing yang dapat membantu Anda meningkatkan engagement media sosial Anda. Dengan begitu, akun media sosial Anda menjadi lebih terpercaya dan dikenal masyarakat.

Alexandromeo I'm an experienced SEO Specialist who can grow a website through organic channel. I'm also passionate about digital marketing and web development