Alexandromeo I'm an experienced SEO Specialist who can grow a website through organic channel. I'm also passionate about digital marketing and web development

8 Manfaat Logo Bagi Bisnis dan Perusahaan

2 min read

8 Manfaat Pentingnya Logo Bisnis Bagi Perusahaan

Pernahkah Anda memperhatikan logo dari setiap perusahaan? Jika iya, pasti Anda akan langsung berpikir bahwa logo-logo mereka itu berbeda. Perbedaan ini menjadi salah satu ciri khas dari perusahaan masing-masing. Karena manfaat logo sendiri tidak jauh dari identitas dari perusahaan. Jadi, sangat tidak lucu apabila perusahaan memiliki logo yang sama persis. 

Apa itu logo? Logo dapat diartikan sebagai tulisan maupun gambar yang didalamnya memiliki makna dan filosofi tertentu. Filosofi logo melambangkan semua aspek yang ada di perusahaan. Baik melambangkan ciri khas, keunikan, kelebihan, visi atau misi, bidang perusahaan, dan lain sebagainya.

8 Manfaat Logo Bagi Perusahaan

Bagi perusahaan, logo itu ibaratkan nama atau identitas. Terdapat sisi keunikan pada logo setiap perusahaan agar membuatnya berbeda dari usaha lain. Untuk mengetahui manfaat logo bagi perusahaan secara meluas, berikut adalah ulasan lengkapnya:

1. Memperlihatkan Kelebihan Perusahaan

Selain melakukan promosi melalui logo, Anda mampu memberitahukan kepada khalayak umum mengenai keunikan perusahaan. Caranya Anda harus membuat logo yang menampilkan sisi menonjol dan berbeda dari logo perusahaan lain.

Selain itu, manfaat logo juga bisa menggambarkan segala sesuatu yang berhubungan dengan perusahaan. Mulai dari visi, misi, tujuan, hingga hal-hal yang sebelumnya tidak dipublikasikan pada masyarakat.

2. Mempermudah Masyarakat Mengenali Brand Perusahaan

Setiap logo memang dibuat dengan bentuk, konsep, dan pola yang berbeda. Ada yang simpel, rumit, bahkan abstrak. Semua itu tergantung dari permintaan perusahaan untuk membuat logo yang paling sesuai.

Adapun desain ini dibuat karena manfaat logo yang sebenarnya adalah mempermudah masyarakat mengenali brand perusahaan atau dengan kata lain brand awareness. Tujuannya ialah membuat masyarakat langsung mengetahui produk dari perusahaan, meskipun hanya melihat logonya saja.

3. Menjadi Identitas Resmi Perusahaan

Manfaat logo yang berikutnya adalah menjadi identitas resmi perusahaan. Hal ini dikarenakan logo memiliki kaitan yang sangat erat untuk semua narasi yang dibangun oleh perusahaan. Meski narasi pada logo tidak tertulis dalam kalimat yang panjang, namun tersirat makna untuk para pembacanya.

Selain itu, logo juga memiliki elemen-elemen yang berhubungan langsung dengan perusahaan. Maka dari itu, biasanya pembuatan logo ini tidaklah sebentar. Butuh waktu yang cukup lama hingga jadi satu logo utuh yang unik, menarik, dan mengandung makna di dalamnya.

4. Mampu Membangun Kepercayaan Masyarakat

Perusahaan tanpa logo tidak akan mendapatkan kepercayaan dari masyarakat. Mengapa demikian? Alasannya saat ini ada banyak oknum tidak bertanggungjawab yang menjual produk-produk palsu.

Jadi, mau tidak mau masyarakat harus waspada akan keberadaan mereka yang masih berkeliaran. Salah satu caranya yakni dengan mengetahui seluk beluk perusahaan yang bisa dilakukan mulai dari logo.

Seperti yang sudah dibahas tadi, bahwa manfaat logo sendiri adalah sebagai identitas resmi perusahaan. Itu artinya perusahaan yang memiliki logo sudah bisa dipastikan kredibilitas dan kualitasnya. Maka dari itu, masyarakat pun akan lebih memilih membeli produk dari perusahaan resmi daripada gadungan.

5. Marketing

Apa manfaat logo bagi perusahaan? Apakah benar logo juga menjadi salah satu bentuk marketing yang dilakukan perusahaan? Memang benar adanya, mengingat hampir semua manfaat dari poin pertama sampai keempat memiliki keterkaitan dengan konsumen. Sudah pasti bahwa logo sendiri juga memiliki ikatan dengan pemasaran.

Dari sekian banyak jenis-jenis logo, semuanya pasti menjadi bentuk identitas atau citra dari perusahaan. Semakin unik logo perusahaan, maka semakin besar pula ketertarikan masyarakat untuk melihatnya. Jika sudah demikian, mudah rasanya membuat mereka untuk membeli produk tersebut.

6. Terhindar dari Plagiat Pesaing

Tidak ada bisnis yang tak memiliki pesaing. Jika produk yang dibuat oleh perusahaan Anda laris di pasaran, orang-orang akan berbondong untuk menirunya. Meski ada perbedaan entah itu dari segi kualitas, harga, maupun penampilan. Namun, tetap saja Anda harus mengklaim bahwa produk itu milik bisnis Anda.

Jangan sampai Anda yang sudah bersusah payah untuk mengembangkan bisnis, tapi tiba-tiba ada orang yang mengklaim itu miliknya. Nah, inilah manfaat logo yang berikutnya, yakni menghindari adanya plagiat dari pesaing.

Anda harus berani menciptakan logo yang berbeda dari orang lain. Tujuannya adalah memberitahu semua orang bahwa bisnis Anda itu unik. Dengan adanya logo yang pasti, maka pihak pesaing tidak akan berani macam-macam pada bisnis Anda.

7. Membuat Brand Semakin Terlihat Profesional

Percaya atau tidak, manfaat logo itu sangatlah besar untuk perkembangan bisnis Anda. Meski terlihat sepele, namun perannya cukup krusial pada bisnis. Ketika logo Anda sudah dikenal oleh banyak orang, maka brand dari bisnis juga akan terlihat profesional.

Calon konsumen akan lebih yakin ketika hendak membeli produk Anda. Sebab, pertimbangannya tak hanya perihal harga, melainkan kualitas. Masyarakat memegang teguh kepercayaan bahwa setiap brand yang memiliki logo yang jelas, pasti produknya berkualitas.

8. Membuat Brand Recognition Semakin Meningkat

Meningkatkan brand recognition bagi perusahaan itu tidaklah mudah. Perlu berbagai strategi, termasuk mempercantik bentuk logo bisnis. Pernahkah Anda melihat logo milik perusahaan telekomunikasi raksasa seperti Apple?

Jika iya, coba amati bentuk logonya. Sangat simpel, hanya memiliki bentuk layaknya buah apel yang tergigit bagian sampingnya. Meski demikian, orang mudah mengenalinya. Bahkan mereka tidak perlu melihat semua produknya dan bisa langsung menebak mereknya hanya dalam sekali lihat logo. 

Apakah Manfaat Logo Bagi Perusahaan yang Sudah Anda Rasakan?

Demikianlah penjelasan tentang manfaat logo. Pentingnya kehadiran logo untuk perusahaan mengharuskan Anda memiliki bentuk logo yang terbaik. Jika tidak memungkinkan untuk melakukan desain sendiri, Anda bisa menggunakan jasa desain logo kepada Makinrajin yang terpercaya dan tentunya kredibilitasnya terjamin.

Alexandromeo I'm an experienced SEO Specialist who can grow a website through organic channel. I'm also passionate about digital marketing and web development