Alexandromeo I'm an experienced SEO Specialist who can grow a website through organic channel. I'm also passionate about digital marketing and web development

Cara Membuat Desain Web yang Menarik dan Efektif

5 min read

Membuat Desain Web yang Menarik dan Efektif dengan Cara Sederhana

Membuat desain web sering menjadi hal penting yang terlupakan. Orang berlomba-lomba membuat website dengan fitur paling canggih, namun melupakan tampilan website itu sendiri. Padahal, tampilan sangat penting untuk memberikan kenyamanan bagi pengunjung.

Berikut ini adalah cara mendesain web supaya menarik dengan cara yang cukup mudah.

Apa Itu Desain Web?

Desain web adalah desain visual berupa warna dan gambar yang ada di dalam platform digital berupa website. Ini berfungsi untuk membuat situs web menjadi lebih menarik bagi pengunjung. Di dalam pengelolaan website, desain bersifat terpisah dari pemrograman.

Jadi, desain web hanya fokus pada tampilan yang terlihat pada website saja. Selain itu, desain yang baik harus membuat pengunjung nyaman dan mendapatkan informasi yang mereka butuhkan.

Bagaimana Cara Membuat Desain Web yang Menarik?

Ada beberapa aspek penting yang harus Anda perhatikan dalam mendesain website. Anda harus tahu tujuan utama website sebelum menentukan desain seperti apa yang akan Anda terapkan. Ini akan membantu pekerjaan mendesain web menjadi lebih efektif.

Salah satu cara untuk tahu website yang menarik adalah mencari referensi contoh desain website. Di samping itu, ada beberapa elemen yang perlu Anda perhatikan dalam proses pembuatan web. Adapun hal-hal yang perlu Anda perhatikan dalam proses membuat desain web adalah sebagai berikut:.

1. Tentukan Tujuan

Setiap pembuatan website memiliki tujuan yang berbeda-beda, apakah untuk menarik pengunjung, menampilkan informasi, meningkatkan penjualan, atau meningkatkan brand awareness. Bahkan, melalui website, Anda juga bisa meningkatkan traffic dan engagement.

Menentukan tujuan pembuatan website adalah langkah awal membuat desain web yang menarik. Jika tidak menentukan tujuan yang jelas sejak awal, website yang Anda buat tidak akan maksimal dan hanya membuang-buang anggaran saja.

2. Amati Tren Terbaru

Mengikuti tren adalah hal penting yang perlu Anda lakukan meskipun hanya membuat desain web sederhana. Menjaga kebaruan berarti Anda berusaha up-to-date dan tidak ketinggalan zaman. Teknologi selalu berkembang, begitu juga dengan teknologi desain web. Jika Anda hanya menggunakan teknologi lama, website tidak akan berkembang.

Informasi juga selalu berubah seiring dengan berjalannya waktu. Pengunjung butuh website yang bisa menyampaikan pesan secara efektif kepada mereka karena tujuan membuka website adalah mendapatkan informasi.

Jadi, dengan tampilan website terbaru, pengunjung akan merasa ada peningkatan pengalaman dalam kunjungan website. Selain itu, respon baik dari pengunjung akan meningkatkan reputasi. Tidak hanya reputasi website Anda, tapi juga brand secara keseluruhan.

3. Pilih Font yang Mudah Dibaca dan Unik

Cara membuat desain web berikutnya adalah memilih font yang mudah dibaca. Mengikuti tren bukan berarti Anda harus mengubah semua tampilan dalam website. Jika ada bentuk font baru tapi tidak sesuai dengan brand Anda, sebaiknya hindari untuk menggunakannya. Anda harus memilih font yang unik, tapi tetap mudah terbaca.

Font merupakan salah satu aspek visual yang penting di dalam tampilan website. Bentuk tulisan yang mudah dibaca akan membantu pengunjung dengan mudah mendapatkan informasi yang mereka butuhkan.

Pemilihan font yang sesuai dengan brand menjadi salah satu acuan bahwa website berhasil menggambarkan merek Anda. Dengan font yang unik tapi masih terbaca, brand Anda akan lebih mudah diingat di pikiran pengunjung. 

Konsistensi dalam pemilihan font juga dapat memperkuat identitas brand yang bermanfaat bagi pertumbuhan bisnis Anda.

4. Pilih Warna yang Sesuai

Setelah memilih berbagai elemen dan aspek dalam pengembangan website, Anda juga harus memikirkan warna yang akan diterapkan pada website. Pemilihan warna yang tidak tepat akan membuat website terkesan tidak nyambung. Efeknya adalah menurunkan kenyamanan pengunjung.

Warna adalah salah satu elemen yang dapat membangun branding. Oleh karena itu, Anda perlu memikirkan warna yang sesuai dengan identitas brand. Misalnya, brand Anda punya identitas ceria namun tetap berkelas, maka warna yang cocok adalah pastel warna-warni.

Engagement akan meningkat dengan pemilihan warna yang tepat. Tepat berarti sesuai dengan identitas brand dan menarik bagi pengunjung. Jika warna yang dipilih cocok, pengunjung akan betah berlama-lama berada di dalam situs Anda. Untuk menentukan palette warna yang cocok, Anda bisa menggunakan rekomendasi palette warna dari aplikasi tertentu.

5. Jangan Gunakan Gambar dengan Ukuran Besar

Dalam membuat desain web, Anda harus memikirkan gambar. Gambar adalah salah satu elemen yang dapat mendukung pengembangan website. Tujuan adanya gambar adalah memberikan ilustrasi atau informasi terkait dengan brand.

Hal yang perlu Anda perhatikan adalah ukuran gambarnya. Pasalnya, ukuran gambar yang terlalu besar berpengaruh pada kecepatan performa website. Website dengan banyak gambar berukuran besar akan membuat pengunjung bosan menunggu loading situs.

Oleh karena itu, gunakan gambar dengan ukuran lebih kecil namun tetap memperhatikan resolusi supaya gambar terlihat jelas. Selain itu, jika Anda hanya memperhatikan ukuran tanpa melihat ketajaman gambarnya, ini akan berpengaruh pada kenyamanan pengunjung. Sebab, gambar yang tajam menunjukkan profesionalitas dari sebuah brand.

6. Headline Menarik

Salah satu elemen penting dari pengembangan website yang menarik adalah pembuatan headline. Headline yang menarik berarti mampu membuat pengunjung tetap berlama-lama di dalam website Anda. Maka dari itu, headline harus dibuat dalam bentuk yang persuasif supaya pengunjung tertarik untuk eksplor lebih dalam.

Membuat headline yang persuasif dapat mendorong tindakan lain dari pengunjung, seperti pembelian produk atau melakukan pendaftaran. Secara tidak langsung, ini akan terjadi peningkatan performa website melalui headline.

Headline persuasif mampu membantu Anda dalam mencapai tujuan, salah satunya adalah peningkatan SEO website. Dengan SEO yang baik, brand Anda akan lebih sering muncul pada pencarian paling awal Google.

7. Berikan Detail Kontak

Dalam setiap bentuk website, menampilkan kontak merupakan salah satu aspek yang penting. Kontak berguna bagi pengunjung jika memiliki pertanyaan yang tidak mereka temukan jawabannya di dalam website.

Detail kontak bisa Anda tampilkan pada bagian bawah website (footer) supaya tetap terlihat walaupun pengunjung berpindah halaman. Selain itu, memberikan kontak dalam bentuk ikon akan mempermudah pengunjung. 

Misalnya, berbagai macam ikon media sosial seperti Instagram atau Facebook. Lebih lanjut lagi, Anda sebaiknya memberikan lebih dari satu kontak untuk menyesuaikan kebutuhan pengunjung.

Selain media sosial, Anda juga perlu memberikan alamat lengkap dan nomor telepon yang bisa dihubungi. Di samping mempermudah pengunjung untuk menghubungi Anda, detail kontak yang jelas juga bisa meningkatkan kepercayaan pengunjung.

Tips Membuat Desain Web yang Sederhana dan Efektif

Berikut ini adalah langkah-langkah membuat web desain yang sederhana dan mudah untuk Anda ikuti.

1. Pilih Web Hosting

Langkah pertama dalam cara membuat website adalah pemilihan hosting yang sesuai. Sesuai berarti sejalan dengan tujuan website dan mampu tim Anda lakukan. Meski harus sesuai dengan kemampuan, Anda wajib mempertimbangkan kualitas hosting. Jangan sampai memilih hosting murah namun kualitasnya tidak baik.

Pada bagian sebelumnya, Anda tentu sudah membaca terkait dengan tujuan website. Tujuan website adalah hal pokok yang menjadi acuan dalam pengembangan website, termasuk ketika memilih hosting. Web hosting satu dengan lainnya memiliki fitur berbeda, inilah yang perlu Anda perhatikan.

Ada beberapa hal pendukung yang perlu Anda pertimbangkan dalam memilih layanan hosting dalam membuat desain web. Misalnya, fitur tambahan yang meningkatkan performa website, layanan pelanggan yang mudah dihubungi, serta menyediakan panduan teknis untuk membantu Anda dalam proses pemasangan hosting.

2. Tentukan Platform

Platform yang Anda pilih akan berpengaruh pada penggunaan fitur, kemudahan penggunaan website, serta aspek fungsionalitasnya. Maka dari itu, Anda perlu menentukan terlebih dahulu platform apa yang akan Anda gunakan.

Pemilihan platform berhubungan dengan tujuan pembuatan dan kebutuhan website. Anda juga harus memikirkan anggaran dan kompetensi SDM (Sumber Daya Manusia) yang akan mengembangkan website. Memiliki standar tinggi memang baik, tapi apabila anggaran dan SDM tidak mampu, hal tersebut hanya akan menjadi angan yang sia-sia.

Ada 3 cara pengembangan website yang umum dilakukan, yaitu CMS (Content Management System), coding, dan website builder. CMS cocok Anda gunakan jika SDM belum mampu menggunakan coding. Sedangkan, website builder memungkinkan Anda mengembangkan website dengan template yang sudah tersedia pada aplikasi.

3. Install Tool yang Dibutuhkan Web

Anda pasti perlu tool tambahan sesuai dengan tujuan website dalam membuat desain web. Tool tambahan atau yang biasa disebut dengan plugin berfungsi untuk meningkatkan kecepatan loading website, memberikan fungsi tambahan, memudahkan marketing, serta meningkatkan keamanan website.

Misalnya plugin keamanan yang membantu menjaga website dari serangan virus dan hacking. Fitur yang ada di dalam plugin keamanan misalnya pemindai firewall, malware, serta autentikasi dua faktor. Plugin penting lainnya adalah plugin SEO. Ini dapat meningkatkan website pada posisi teratas mesin pencari Google.

Untuk membuat laporan kunjungan website, Anda membutuhkan plugin analisis. Dengan plugin analisis, Anda bisa melihat durasi kunjungan, jumlah pengunjung, dan sumber pengunjung. Analisis seperti ini berguna sebagai acuan dalam menentukan langkah selanjutnya untuk brand.

4. Buat Mockup Desain Web

Sebelum membuat desain web yang sesuai keinginan, sebaiknya Anda membuat mockup dalam bentuk sketsa pada media tradisional seperti kertas. Sketsa dasar ini penting Anda buat sebagai acuan desain. Tidak perlu terlalu detail, yang penting sketsa tersebut memuat apa saja yang akan Anda masukkan sebagai elemen website.

Jika tidak punya gambaran sama sekali, Anda bisa melihat referensi website yang serupa. Saat ini juga, sudah banyak aplikasi atau software yang menyediakan template untuk Anda. Dalam prosesnya, Anda masih bisa menambahkan detail-detail yang belum masuk ke dalam sketsa kertas.

Anda juga bisa membuat mockup dalam bentuk digital melalui komputer apabila memungkinkan. Namun, pembuatan mockup digital tidak semudah yang Anda bayangkan. 

Sebab, Anda perlu kompetensi khusus supaya bisa membuat mockup dengan efektif dan efisien. Membuat mockup tradisional pun tak masalah supaya tidak banyak waktu yang terbuang.

5. Cek Tampilan

Langkah terakhir dalam proses pembuatan desain web adalah pengecekan tampilan website melalui komputer, tablet, dan mobile. Ketiganya perlu Anda pertimbangkan karena kita tidak tahu perangkat apa yang pengunjung gunakan. Website mobile friendly adalah salah satu aspek yang dapat meningkatkan performa website.

Apabila Anda hanya fokus pada tampilan melalui komputer, biasanya tampilan di tablet atau mobile akan berantakan. Tampilan yang tidak beraturan ini kurang nyaman sehingga traffic bisa turun.

Jika tidak Anda perbaiki, keadaan ini akan mengakibatkan tingginya bounce rate. Bounce rate merupakan jumlah pengunjung yang masuk ke website Anda tapi pergi begitu saja tanpa membuka halaman lain atau melakukan interaksi.

Sudah Tahu Cara Membuat Desain Web?

Membuat desain web yang menarik mencakup banyak aspek yang harus Anda perhatikan. Namun, proses ini tidak sulit apabila Anda mengikuti langkah-langkahnya dengan benar. Salah satu hal yang perlu Anda ingat adalah elemen-elemen di dalam website saling berhubungan satu sama lain sebagai identitas brand.

Jadi, sebaiknya Anda tidak melakukan hal-hal di luar identitas brand. Membangun brand yang kuat melalui website dengan sendirinya akan meningkatkan nilai dari brand tersebut. Masih bingung mencari jasa pembuatan website? Makinrajin menyediakan jasa pembuatan website yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan Anda. Cek sekarang juga pada website Makinrajin!

Alexandromeo I'm an experienced SEO Specialist who can grow a website through organic channel. I'm also passionate about digital marketing and web development