Alexandromeo Lawrence I'm an experienced SEO Specialist who can grow a website through organic channel. I'm also passionate about digital marketing and web development

Apa Itu Website Mobile Friendly dan Mengapa Harus Menggunakan Versi Ini?

4 min read

Apa Itu Website Mobile Friendly dan Mengapa Harus Menggunakan Versi Ini

Website mobile friendly merupakan salah satu strategi yang banyak digunakan dalam pembuatan situs web saat ini. Alasan mengapa harus mobile friendly atau ramah perangkat ponsel salah satunya adalah karena banyaknya orang yang mengakses website lewat perangkat mobile saat ini.

Secara singkat, mobile friendly adalah cara mengoptimasi tampilan situs web ketika dibuka dalam perangkat mobile. Tanpa menggunakan fitur ini, tampilan website dalam perangkat mobile akan sedikit berantakan.

Apa itu Mobile Friendly 

Website mobile friendly adalah sebuah cara optimasi website untuk perangkat mobile. Saat ini, banyak orang mengenal website jenis ini dengan nama website responsive.

Nantinya, mulai dari ukuran, layout, dan juga bentuk konten website akan secara otomatis menyesuaikan dengan perangkat yang digunakan user ketika mengakses website tersebut.

Salah satu tujuan penggunaan website jenis ini adalah untuk memaksimalkan setiap user yang berkunjung dengan perangkat apapun. Dengan begitu, informasi yang ada pada website tetap bisa tersampaikan dengan baik.

Mengapa Website Anda Harus Mobile Friendly?

Ada beberapa alasan mengapa Anda harus membuat website yang responsif. Selain untuk optimasi, berikut adalah beberapa alasan mengapa website yang responsive sangat diperlukan saat ini:

1. Menjangkau Pengguna Mobile

Saat ini, kebanyakan orang mengakses website melalui perangkat mobile. Hal ini tidak lepas dari tren internet yang semakin mudah untuk diakses. Ini juga menjadi salah satu alasan mengapa Anda harus membuat website yang mobile friendly.

Dengan menyesuaikan ke mobile version, maka pengunjung bisa lebih nyaman ketika mengakses website Anda. Selain masalah kenyamanan, hal ini juga bertujuan agar informasi dalam website bisa tersampaikan dengan baik.

2. Berkaitan dengan SEO

Alasan lain mengapa Anda harus membuat website mobile friendly adalah berkaitan dengan SEO. Saat ini, algoritma Google lebih memprioritaskan website yang responsif dan ramah perangkat ponsel.

3. Memperluas Jangkauan

Hal lainnya yang menjadi alasan tentang desain website yang responsif adalah masalah jangkauan. Ketika Anda membuat website yang bisa diakses lewat perangkat mobile, maka itu artinya website Anda bisa diakses dari mana saja dan kapan saja.

Website yang responsif juga akan lebih mudah dibagikan ke orang lain. Semakin sering dibagikan tentu saja akan semakin banyak jumlah pengunjung yang datang ke website Anda.

4. User Experience Lebih Baik

Selain masalah interface, website mobile friendly juga akan memberikan pengalaman yang jauh lebih baik untuk pengguna ketika konten bisa diakses lewat perangkat mobile. Beberapa hal seperti navigasi dan waktu loading juga akan teroptimasi dengan baik.

5. Pengelolaan Lebih Mudah

Ketika Anda membuat desain website yang responsif, maka Anda tidak perlu membuat banyak desain untuk menyesuaikan dengan ukuran layar perangkat user. Melainkan Anda hanya perlu membuat satu layout saja.

Nantinya, layout ini akan menyesuaikan secara otomatis dengan perangkat yang digunakan user. Selain masalah pembuatan, hal ini juga akan sangat memudahkan dalam hal pengelolaan.

Cara Cek Website Mobile Friendly 

Karena pentingnya peran website yang responsive, maka saat ini juga ada beberapa tools dan cara untuk mengecek apakah sebuah website sudah ramah perangkat ponsel atau belum. Berikut adalah beberapa cara yang bisa Anda gunakan untuk cek website mobile friendly:

1. Inspeksi

Cara pertama yang bisa Anda lakukan adalah dengan menggunakan fungsi inspeksi. Pada beberapa browser, cara ini memiliki nama yang berbeda. Misalnya pada Mozilla Firefox, fitur ini disebut dengan Inspect Element.

Cara ini cukup mudah untuk dilakukan karena Anda hanya tinggal klik kanan kursor pada browser. Setelah itu, Anda hanya tinggal klik Toggle Device Bar atau cari logo mobile.

Selanjutnya, pilih menu Responsive lalu pilih jenis device. Nantinya, layar output akan menampilkan antarmuka sesuai pilihan perangkatnya. Jika layout website berubah menyesuaikan jenis device, itu artinya website sudah responsif.

2. Mobile friendly Test

Cara lainnya yang juga bisa Anda gunakan adalah Mobile Friendly Test. Ini merupakan tool yang tersedia dari Google Search Console. Tool ini juga berguna untuk melihat mobile usability dari website.

Cara menggunakannya juga cukup mudah. Anda hanya tinggal masuk ke websitenya lalu masukkan URL ataupun code website yang ingin Anda cek. Nantinya website akan memberikan jawaban apakah website tersebut sudah responsif atau tidak.

3. Am I Responsive?

Tool lainnya yang juga bisa Anda gunakan untuk melihat website yang sudah mobile friendly atau belum adalah dengan menggunakan situs Am I Responsive? Anda hanya tinggal masuk ke websitenya lalu masukan URL website yang ingin Anda cek.

Nantinya, website ini akan menampilkan perkiraan tampilan website saat dibuka dalam berbagai ukuran layar. 

Hal yang perlu Anda ingat adalah tool ini bukanlah alat testing. Artinya, tampilan yang akan Anda lihat adalah perkiraan jika dibuka di perangkat lain. Tampilan tersebut juga bukanlah ukuran real yang akan muncul nantinya. Inilah mengapa tool ini juga hanya menyediakan satu viewport saja.

Cara Membuat Website Anda Mobile Friendly 

Setelah memahami tentang seberapa penting penggunaan website responsif, mungkin Anda juga akan bertanya bagaimana cara membuat situs web tersebut. Berikut adalah langkah-langkahnya:

1. Gunakan Tema yang Responsif

Hal pertama yang bisa Anda lakukan untuk membuat website yang mobile friendly adalah dengan menggunakan tema yang responsif. Selain masalah tampilan, tema ini juga akan berpengaruh terhadap performa dari website.

Dilihat dari sisi teknis, tema yang responsif ini akan sangat membantu mempercepat waktu loading. Nantinya, mesin pencari tidak perlu melakukan redirect ke versi website yang teroptimasi.

2. Buatlah Menu yang Simpel

Masalah menu juga merupakan satu hal yang perlu Anda perhatikan ketika membuat situs web responsif. Terlalu banyak menu akan membuat user bingung ketika mengakses lewat perangkat mobile.

Untuk versi mobile, tampilkan menu yang penting saja. Sisanya bisa Anda simpan di menu navigasi yang bisa disembunyikan. Jika ingin lebih menarik, maka Anda juga bisa menggunakan Call to Action.

3. Sertakan Kolom Pencarian

Hal lainnya yang juga tidak kalah penting dalam membuat website responsif adalah menyertakan kolom pencarian. Hal ini bisa menjadi solusi untuk website yang memiliki banyak menu.

Kolom pencarian ini sendiri bertujuan untuk mempermudah user menemukan apa yang mereka cari. Dalam versi mobile, tentu akan sangat sulit untuk menemukan konten website secara manual.

4. Pilih Font yang Tepat

Karena ruang layar yang terbatas, maka aspek ukuran akan menjadi hal yang sangat diperhatikan ketika membuat website mobile friendly. Salah satunya adalah ketika memilih penggunaan jenis font dan ukurannya.

Jika ukurannya terlalu besar, maka berpotensi membuat konten berantakan saat ditampilkan dalam versi mobile. Namun jika terlalu kecil, maka bisa saja informasinya menjadi tidak terbaca.

Pemilihan jenis font juga berpengaruh. Misalnya, font yang terlalu dekoratif biasanya akan sulit dibaca dalam versi mobile. Lebih baik, gunakan font biasa saja yang pasti akan terbaca dalam ukuran layar yang mengecil.

5. Optimasi Gambar

Hal ini sebenarnya sangat berpengaruh dengan kecepatan. Semakin besar ukuran gambar, maka biasanya akan memakan waktu loading yang lebih lama. Hal ini tentu saja akan membuat website menjadi lebih lama.

Ketika ingin menggunakan gambar, maka ada baiknya Anda menggunakan format yang tepat, misalnya JPG atau JPEG. Selain itu, pastikan juga gambar tersebut sudah dikompresi.

6. Gunakan AMP

Ini merupakan cara yang banyak orang gunakan saat ini ketika membuat website mobile friendly. AMP sendiri merupakan kependekan dari Accelerated Mobile Pages. Cara ini akan membuat waktu loading website menjadi lebih cepat.

Cara kerja AMP ini sendiri cukup unik, misalnya:

  • Bekerja menggunakan cache yang difungsikan untuk menyimpan data website di gadget.
  • Membatasi dimensi atau resolusi gambar.
  • Mengubah format gambar agar sesuai dengan tampilan ponsel.
  • Menurunkan kualitas gambar agar waktu loading lebih cepat.
  • Mengamankan website menggunakan protokol HTTPS.

Baca juga: Apa itu AMP? Pengertian dan Manfaatnya untuk Website (Lengkap)

7. Jangan Menggunakan Pop Up

Dalam versi mobile, pop up merupakan hal yang sebaiknya Anda hindari. Ukuran pop up biasanya akan menutupi layar ponsel. Selain itu, tombol close pada pop up juga terkadang sulit untuk ditemukan karena terlalu kecil.

Gunakan Website Mobile friendly Sekarang!

Saat ini, hampir semua orang mengakses internet lewat perangkat mobile. Hal ini yang menjadi salah satu alasan mengapa penggunaan website mobile friendly menjadi sangat penting.

Selain masalah optimasi, hal ini juga berkaitan dengan kenyamanan user ketika mengakses website tersebut. Website mobile friendly juga bisa menjadi salah satu cara untuk memperluas pengunjung situs tersebut.

Alexandromeo Lawrence I'm an experienced SEO Specialist who can grow a website through organic channel. I'm also passionate about digital marketing and web development